lindung mereka yang
sebenarnya, dan lenyaplah dari mereka apa yang mereka adaadakan." (Yunus: 2E - 30)
403. Dan Allah To'qlo berfirman,
"Pada hari itu diberitakan kepado monusio apo yang telah
dikerjakonnya dan opa yong dilalaikonnya. Bahkan manusia itu
menjadi solcsi afos dirinya sendiri, meskipun dia mengemukokan
alason-alasannya. Janganlah kamu gerakkon lidahmu untuk
(membaca) AI-Qur' an karena hendak cepot-cepat (menguasai) nya.
Sesunggu h nya atos tanggungan Kamil ah mengump ulkannya ( di
dalam dadamu) dan (membuotmu pandai) membacanya. Apabila
Kami telah selesai membocakonnya, maka ikutilah bacaannya itu. "
(Al-Qiyamah: l3-lE)
404. Dan Allah To'olo berfirman,
"Dan tiap-tiap manusia telah Kami tetopkan amal perbuatannyo
( sebagaimana tetopnya kalung) poda lehemya. D an Kami keluarkan
bagtnya poda Hari Kiomat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka.
'Bacalah kitabmu, cukuploh dirimu sendiri pada waktu ini sebagai
penghitung terhadapmu. "' (Al-lsra' : 1 3- 1 4)
405. Dan Allah Subhon ahu waTa'qla berfirman,
"Dan berikanlah peringatan kepada monusia terhadap hari dimona
mereka didatangi adzab. Maka berkataloh orang-orang yang zholim:
'YaTUhan kami, beri tangguhlah kami (kembalikan kami ke dunio)
walaupun dalam woktu yangsedikit, niscayakami akan mematuhi
seruanEngkau, dan akan mengikuti rasul-rasul.' (lkpada mereka
dikatakan), 'Bukankah kamu telah bersumpoh dohulu (di dunia),
b ahw a sekali -koli kamu tidak aka n b i noso. D an kam u tel oh tin ggol di
tempt-tempat kediaman orang- orong yang menganiay a diri nte.r eko
sendiri? "' (lbrahim: 44-451
406. Dan Allah To'olo berfirman,
" D an (ingatlah) hari (ketika) langit pecah-belah mengeluarkart kabut.
dan diturunkanlah para malaikat bergelombang- gelombang.
Kerajaan yang hak pada hari itu adalah kepunyaan TUhan Yang
Maha Pemurah. Dan adalah (hari itu), hari yang penuh kesukaran
bagi orang-orang yang kat'ir. Dan (ingatlah) hari (ketika) orang yang
zhalim itu menggiEt dua tangannya, seraya berkata, Aduhai, kiranya
(dulu) aku mengambil ialan ( yang lurus) bersama Rasul. Kecelakaan
besarlah bagiku, kiranya aku (dulu) tidak menjadikan si Fulan
sebagai teman akrab (ku). Sesungguh nya dia telah menyesatkan aku
dan AI-Qur' an, ketika AI-Qur' an itu datang kepadaku.' Dan setan itu
tidak akan menolong manusia. " (Al-Furqan: 25-29\
407. Dan Allah Ta' ala berfirman,
"Dan (ingatlah) hari dimana Allah menghimpun mereka (orangorang musyrik) beserta apa gangmereka sembah selain Allah,lalu
Allah berkata (kepada yang disembah), 'Apakah kamu yang
menyesatkan hamba-hamba-Ku itu, atau mereka sendirikah yang
sesof dari jalan (yang benar)? Mereka (yang disembah itu)
menjawab, Mahasuci Engkau, tidaklah patut bagi kami mengambil
selain Engkau menjadi pelindung. Akan tetapi Engkau telah
memberi mereka dan bapak-bapak merekakenikmatan hidup,
sampai mereka lupa mengngat (Engkau), dan mereka adalah kaum
yang binasa. Dengan demikian, sesungguh nya mereka (yang
disembah itu) telah mendustakan kamu tentang apa yang kamu
katakan. OIeh karena itu, kamu tidak akan dapat menolak ( adzab),
dan tidak akan dapat menolong (dinmu). Dan barangsiapa di antara
kamu yang berbuat zhalim, niscaya Kami rasakan kepadanya adzab
yang besar." (Al-Furqan: 17- 19)
408. Dan Allah To'olo berfirman,
"lni adalah hori, dimana merekotidak dapat berbicara, dan tidak
diizinkan kepada mereka meminta moaf , sehingga mereka
(takkan) mendapat maaf . Kecelakaan yang besarlah poda hori itu
bagi orang-orong yang mendusfokon (hari kebangkitan). Ini
adalah hari keputusan. (Pada hari ini) Kami mengumpulkan kamu
dan orang-orang yangterdahulu. Jika kamu mempunyai tipudaya, maka lakukanlah tipu dayamu itu terhadap-Ku. " (AlMursalat:35-39)
409. Dan Allah To'olo berfirman," D an (ingatlah) hari dimana Allah menyeru mereka seraya berkata,
"Dimanakah sekutu-sekutu-Ku yang dahulu kamu katakan itu?
B e r kata I ah o r an g - o r an g y an g tel ah tetap Lukunt o n otos m er eka,' Ya
Tu hon kan t i, m er eka inil ah or on g- or ang y an g tel ah kom i sesatkan itu.
Kam i tel ah m eny esatkan m er eka, seb agai rn an a kam i ( sendir i) sesot.
Kami merryatakan berlepas diri (dari nereka) kepada Engkau'
Mereka sekali-kali tidak menyembah kami"' Dikatakan (kepado
n"tereka). 'Seruloh olehntu sekutu-sekutumu itu.' Lalu mereka
m e n y er u n y a. ter ny ata s ekutu - sekutu itu tidok m em p erkenankon
(seruan) rnereka. Dan (ketika) mereka melihat ctdzab, (mereka
berangan-artgan) andaikan dohulu mereka rnenerima petunjuk. Dan
(ingattoh) hari dimana Allah menyeru nereka, seraya berkata.
'Apakah iawabanmu kepada para Rasul?' Maka gelaploh bagi
mereka segala rnacam o/oson poda hari itu. korena itu mereka tidak
so/ing tanya'rnenanyo. " (Al-Qashash: 62-66)
410. Dan Allah To'olo berfirman,
"lni adalah hari dimana mereka tidak dapat berbicara, dan tidok
.Jiizinkan nt ereka meminta n'raat', sehingga mereka (tidak) mendapat
maaf . Kecelakoon yang besorlah pada hari itu bagi orang-orang yang
mendustakan (agama). " (Al-Mursalat: 35-37)
Tidak dapat berbicara. maksud tidak dapat menyampaikan alasan
apa pun yang berguna bagi nlereka.
411. Dan Allah To'olo berfirman,
,
"Kemudian tidok ada lagi fitnah (yang dapat dilakukan oleh) mereko
selain mengatakan, 'Demi AIIah, Tuhan kami, kami bukan orang
musyrik.' Lihatlah, bagaimana mereka berdusta terhadap diri
mereka sendiri, dan hilanglah dari mereka sembahan-sembahan
yang dahulu mereka ada-adakan " (Al-An am:23'241
4I2.Dem\kran pula Allah To'olo berfirman,
" (lngatlah) hari (ketika) mereka semua dibangkitkan AIIah, Ialu
mereka bersumpah kepada-Nya, (bohwa mereka bukon orang
musynk) sebagaimana mereka bersumpah kepadamu. Dan merekamengangko bohwa nrereko berada podu surttu (kebenur on)
Ketahuilah, bahwa sesungguh nyo ner ekalah oran.q-or or)!J
pendusta. " (Al-Mujadilah: 18)
Kenapakah mereka tidak berubah juga sikapnya? Denrikian talsir an
ayat di atas, sebagaimana pernyataan Ibnu Abbas ketika menlawab
mengenaisikap mereka kelak -dalam riwayat Al-Bukharidari Ibnu
Abbas- kepada seseorang yang menanyakan hal itu kepadanya
413. Dan demikian pulaAllah Ta'alaberfirman,
""Sebagian dari mereka menghadap kepada sebagian yang lain
b er b a ntah - b antahan. Par o p e ngikut b erkat a ( k ep ad a p et n im p i n -
pemimpin mereko): 'Sesungguh nya kamulah yang datong kepada
kami dari kanan.' Para pemimpin menjawab,'Sebenarnya kamulah
yang tidak beriman. Don sekali-koli komi tidok berkuasa
terhadapmu, bahkan kamulah kaum yang melampaui batas. Mako
pastilah putusan (adzab) Tuhan kita menimpa atas kita. Dan
sesungguhn ya kami pun akan merasakannya juga. Kami memang
telah menyesatkan kamu, (tapi) sesungguhnya kami punsesofjugo.'
Maka, sesungguhnya mereka pada hari itu bersama-somo dalam
' adzab.Sesungguhnya, demikianlahKami berbuatterhadap orangorang jahaf. Sesungguhnya mereka dahulu, apabila dikatakan
kepada mereka, 'Laa llaaha lllallah' (Tiada Tuhan yang berhak
disembah melainkan Allah), mereka menyombongkan diri, dan
mereka berkata, 'Sungguhkah kami horus meninggalkan
sesembahan- sesembahan kami demi ( menur uti) seorang peny air
gilo?' Sebenornya dia (Muhammad) telah datang membawa
kebenaran dan membenarkan Rosu/-rosu/ (sebelumnyo). " (AshShaffat:27-371
414. Dan Allah To'olo berfirman,
"Den merekaberkata, 'Bilakah (terjadinya) janji ini (Hari Kiamat),
jika kamu adalah orang-orang yang benar?' Mereka tidak menunggu
melainkan satu teriakan Sojo yang akan membinasakan mereka
ketika mereka sedangbertengkar. Lalu mereka tiada kuasa membuat
suofu u.rosiof pun, dan tidak (pula) dapat kembali kepada
keluargonya. D an ditiuplah sangkalala, maka tiba-tiba mereka keluar
dengan segera dari kuburnya (menuju) kepadaTuhan mereka.
Mereka berkata, 'Aduh celakalah komi! Siopokoh yang
membangkitkan kami dari tempat tidur (kubur) kami?' Inilah yang
dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah, dan benarlah rasulrasul(Nya) . Tidak adalah teriakan itu selain sekalitenakan saja, maka
tiba-tiba mereka semua dikumpulkan kepada Kami. Maka pado han
itu seseorang hdak akan diruEkan sedikit pun, dan kamu tidak diberi
balasan kecuali atas apa yang telah kamu kerjakan. " (Yasin: 48-54)
415. Dan Allah To'olo berfirman,
,
"Dan pada hari terjadinya Kiamat, di hari itu mereka (manusia)
bergolong-golongan. Adapun orang-orang yang beriman dan
mengerjakan amal ssleh, maka mereka di dalam taman (surga)
bergembira. Adapun orang-orang yang kat'ir dan mendustakan ayatayatKami (AI-Qur'an) serta (mendustakan) menemui hari akhirat,
maka mereka tetap berada di dalam siksoon (neraka). " (Ar-Rum:
14-r6)
416. Dan Allah To'olo berfirman,
" OIeh karena itu, hadapkanlah wajahmu kepada agama yang lurus
(lslam) sebelum datang dari Allah suatu hari yang tak dapat ditolak
(kedatangannya) . Pada hari itu mereka terpisah-pisah. Barangsiapo
yang kat'ir, maka dia sendirilah yang menanggung (akibat)
kekafirannya itu. Dan barangsiapa yang beramal saleh, maka untuk
diri mereka sendirilah mereka menyiapkan (tempat yang
menyenangkan). " (Ar-Rum: 43-44)
477 . DanAllah To'olo berfirman,
" Dan pada hari terj adiny a Kiam at, bersumpahlah oron g- orang y ang
berdosa, (bahwa) mereka tidak tinggal (dolam kubur) melainkan
sesoot (saja). Seperti itulah mereka selalu dipalingkan (dari
kebenaran) . Sedang orang-orangyang diberi ilmu pengetahuan dan
keimanan berkata (kepada orang-orang yang kafir) ,
' Sesungguhnya
kamu teloh tinggal (dalom kubur) menurut ketetapon AIIah, sampai
hari kebangkitan. Maka, inilah hari kebangkitan itu. Akan tetapi
kamu selalu tidak meyakini(nya).' Maka, pada hari itu tidak
bermanfaat (lagi) bagi orang-orong yang zhalim permintaan maal
mereka, dan tidak pula mereka diberi kesempatan bertaubat lagi. "
(Ar-Rum:55-57)
418. Dan Allah To'olo berfirman,
"Dan (ingatlah) hari dimana Allah mengumpulkan mereka
setnuonya, kemudian AIIah berfirman kepada para malaikat,
'Apakah mereko ini dahulu menyembah kamu?' Malaikat-malaikat
itu n t e ni aw ab.' M ahasu ci En gkau. En gkaulah Kekasih kam i, b ukan
m e r e k a. B ahk an m er eka tel ah m eny e mb ah j in. Keb an y akan m er eka
berhttan kepada iin itu.' Maka pada hari ini sebagian kamu tidak
berktrcsa (untuk memberikan) kemonfaatan don tidak pula
kentadharatan kepada sebagian gang lain. Dan Kami katakan
kepacla orang-orang yang zhalim .
'Rasakanlah olehmu adzab neraka
yang clahulunyo kamu dustakan if u. "' (Saba' : 4O-42l'
419. Dan Allah To'ola berfirman.
"Hai rnanusia, bertakwalah kepadaTuhan-mu, dan takutlah okan
suatu hari dimana seorang bapak tidak dapat menolong anaknya,
dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikit pun.
Ses u n ggu h n y o j an i i AII ah adal ah b en ar. M aka, j an ganl ah s ekali - k al i
kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu
(syaitan) mentperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah."
(Luqman:33)
420 . D anAllah Io'olo berfirm an,
"Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat
pelajaran bagi orang-orang yangtakut kepada adzab akhirat. Hari
Kiomat itu hari dimana semua manusia dikumpulkan untuk
(ntenghodopi)nya. Dan hari itu odalah hori yang disaksikan (oleh
sego/o makhluk). Dan kami takkan mengundurkannga melainkonsampai w al&r y ang tertentu. D i kala datnng han itu, tidak ada seorang
pun yang berbicara, melainkan atas izin-Nya. Maka, di antara
mereka ada yang celaka dan ada yang berbahagia. Adapun orangorang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, dimana
mereka mengeluarkan dan menarik nafas dengan (merintih).
M er ek a kekal di dal amn y a sel am a ada lanEt dan b um i, kecuali jika
Tihan- mu m enghen daki ( y ang lo i n) . Ses u ngguhny a Tuhan- mu
Maha Melaksanakan terhadap apa yang Dia dikehendaki. Adapun
orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga.
Mereka kekal di dalamnya selama ada lanEt dan bumi, kecuali jika
Tuhan-mu menghendaki (yang lain), sebagai karunia yang tiada
putus-putusnya. " (Hud: 103- 108)
421. Dan Allah To'olo berfirman,
"Sesungguhnya Hari Keputusan adalah suofu waktu yang
ditetapkan, yaitu hari ditiupnya sangkakala, lalu kamu datang
berkelompok-kelompok. D an dibukalah langit, maka terdapatlah
beberapa pintu. Dan dijalankanlah gunung-gunung, maka menjadi
fatamorganalah ia. Sesunggn rh nya neraka J ahannam itu (padanya)
ada tempat pengintai. Menjadi tempat kembali bagi orang-orang
yang melampaui batas. Mereka tinggal di dalamnya berabad-abad
Iamanya. Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak
(pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanoh,
sebagai pembalasan yang sehmpol. Sesunggu hya mereka dulu tidak
takut kepada hisab, dan mendusfokon ayat-ayat Kami dengan
sesungg.rh- sungguhnya. Dan segalo sesuafu su dah Kami catat dalam
suatu kitab. Karena itu, rasakanlah. Lalu, kami sekali-kali tidak akan
menambah kepada kamu selain adzab. Sesungguh nya orang-orang
yang bertakwa mendapat kemenangan, (yaitu) kebun-kebun dan
buah anggur, dan gadis-gadis remaja yang sebaya, dan gelas-gelas
yang p enuh (b erisi minuman) . D isana mereka tidak mendengar
perkataan yong sio-sio dan tidak (pula perkataan) dusta. Sebagai
balasan dari TUhan-mu, dan pemberian yang cukup banyak. (Yaitu)
Tuhon yang memelihara langit dan bumi dan apa-apa yang ada di
antara keduanya;Yang Maha Pemurah. Mereka tidak dapat
berbicara dengan Dia. Pada han, kehka ruh dan para malaikat berdin
bershat'-shat', mereka tidak berkata-kata, kecuali siapa yang diberi
izin olehT|hanYangMaha Pemurah; dan dia mengucapkan kata
yang benar. ltulah hari yang pasti terjadi. Maka, barangsiapa yang
menghendaki, niscaya dia menempuh jalan kembali kepada Tihannya. Sesun gguhnya Kami telah memperingatkan kepadamu (hai
orang kolirl sikso yang dekat, pada hari manusia melihat apo yong
telah diperbuat oleh kedua tangannya, dan orang kafir berkata,
"Alangkah baiknya sekiranya aku dahulu adalah tanah." (AnNaba' : 17-4O)
422. DanAllah To'olo berfirm an.
"Dengen menyebut naftte Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha
Peny ay ang. Apabil a matahari digulung, dan apabila bintang-bintang
berjatuhan, dan apabila gunung-gunung dihancurkan, dan apabila
unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak dipedulikan), dan apabila
binatang-binatang lior dikumpulkan, dan apobila lautan dipanaskan,
dan apabila ruh-ruh dipertemukan (dengan tubuh), apabila bayi
perempuon yang dikubur hidup-hidup ditanya, karena dosa apakah
dia dibunuh, dan apabila catatan-catatan (amal perbuatan manusia)
dibuka, dan apabilalangit dilenyapkan, dan apabila neraka jahim
dinyalokan, don apabila surga didekatkan, maka tiap-tiap jiwa akan
m en getahui ap a y ang tel ah dikerj akanny a. " (AtlTakw ir : 1 - I 4 )
423. Dan Allah To'olo berfirman,
"Dengan menyebut nomo AllahYongMahaPengasih lagi Maho
Penyayang. Apabila langit terbelah, dan apabila bintang-bintang
jatuh berserakan, dan apabila lautan diluapkon, dan apabila
kub ur an- kubur an dibongkar, maka tiap -tiap jiwa akan m engetahui
apa yangtelah dikerjakan dan yang dilalaikannya. Hai manusia,
apokah yang telah memperdayakan kamu (sehingga berbuat
durhaka) terhadap Tuhan-muYang Maha Pemurah. Yangteloh
menciptakan kamu, lalu menyempurnakan kejadianmu dan
menjadikan (susunon tubuh)mu seimbang. Dalam bentuk apa pun
yang dkehendak-Nya, Dia menyusun fubuhmu? Bukan hanya
durhaka saja, bahkan kamu mendustakan Hari Pembalasan.
Padahal sesungguhnya bagi kamu odo (malaikat-moloikat) yong
mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (disisi Allah), dan yang
m e nc atat ( p ekerj aan - p ek erj aanm u itu ) . M ereka m e n getahu i ap a
yang kamu kerjakan. Sesungguhnya orang-orang yang banyak
berbakti, benar-benar berada dalam surgo yang penuh
kenikmatan, Don sesun gguhnya orang-orang yang durhaka, benarbenar berada dalam neraka. Mereka mosuk ke dalamnya pada Hari
Pembalasan. Dan mereka sekali-kali tidak dapat keluar dari neraka
itu. Tahukah kamu apakah Hari Pembalasan itu? Sekali lagi,
tahukah kamu apakah Hari Pemboloson itu? (Yaitu) hari (ketika)
seseorong tidak berdaya sedikit pun untuk menolong orang lain.Dan segola uruson poda hari itu dalam kekuasaan Alloh. " (Allnfithar: 1-19)
424. D an Nlah To'olo berfirm an,
' Ap ab il a I an git terb el ah, dan p otuh kep ada Tuhan -ny a, do n s udo h
se'mestinya langit itu patuh. Apabila bumi diratakan, dan
memuntohkan apa yong oda di dolamnya dan meniadi kosong, sedo
patuh kepadaTuhon-nya, dan sudah semestinyo bumi itu patuh.
-
(fuda *oktu itu manusia akan mengetahui akibat perbuatonnyo) . Hoi
monusio, sesungguh nya kamu telah bekeria sungguh-sungguh
menuiu Tuhan- mu, m aka pasti komu akan menem u i -Nyo' Adopun
orang yong diberikan kitabnyo dari sebelah konannyo, maka dio
okaidiperikso dengan pemeriksoon yong mudoh, dan dia okon
kemboii kepada kaumnya (yang somo-somo beriman) dengan
gembira. Adapun orong yang diberikan kitabnya dori belakang,
mako dio akan berteriak, 'celakalah aku.' Dan dia akan mosuk ke
dalom api yong menyala-ngola (neraka). sesunggu hnya dia dohulu
(di dunia) bergembira di kolangan kaumnya (yang sama-sama kat'ir).
Sesungguh nyo dia dulu yakin, bahwa dia sekali-koli tidok okan
l<emUili ( kepada Tuhan-ny a) . ( B ukon demikion), y ong benar,
sesungguhnya Tuhan-nya selalu melihotnya' " (Al-lnsyiqaq: 1' I 5)
425.lmam Ahmad meriwayatkan, bahwa perawi hadits ini telah
mendengar Ibnu umar berkata, Rasulullah shollallohu Alaihi wa
Sallambersabda,
,,Borongsiapa ingin menyaksikan Hari Kiamat jelas-ielas seperti
melihal dengan mata kepalq mako bacalah surat, 'Idzas Syomsu
Kuwwirat, wa ldzas Somao'unfatharat', dan 'Wa ldzas
Somoo ' unsyaqqat.' Dan saya kira beliau juga mengatakan, 'Don
surotHud.
EAMBARAN AI.OUR'AN AL.KARIM
DAN HANITS-HAfIITS RASUL sAW
TENTANE KENEERIAN.KENEERIAN
BAN PERISTIWA-PERISTIWA
DAHSYAT DI HARI KIAMAT
"Tidakkah orang-orang itu yakin, bahwa sesungguhnya mereka akan
dibangkitkan pada suofu hari yang besar, (yaitu) hari (ketika)
monusia berdiri menghadap Tuhan semesta alam." (Al.
Muthaffifin:4-6)
427 .Dalam sebuah hadits shahih diterangkan, bahwa manusia di hari itu
berdiri, tenggelam dalam keringat masing-masing sampai ke
pertengahan telinga mereka. Dan dalam hadits yang lain dinyatakan,
kondisi mereka berbeda-beda tergantung am alnya, sebagaim ana
diterangkan di atas. Sedang dalam hadits mengenai syafaat seperti
yang akan diterangkan nanti, dinyatakan:
Diriwayatkan dalanr sebuah hadits shahih dari Abi Hurairah
Radhiy ill ah u A nh, .b a h wa Rasulullah Shall all ahu AI aihi .uo Sa llom
bersabda,
,,AdatujuhgolonganmanusiamendapatngunganAllahpadahari,
dimana tidak adaTaungan selainnoungon-Ny a -dalam riwayat lain:
selain naungan Arsy-Nyo- yaitu: pemimpin yang adil' pemuda yang
tumbuh dalam keadaansenonfioso taat kepada Allah, orang yong
hatinyatertambatdimesjid,orangyangdiajak(berkencan)oleh
seorang wanita berkedudukan dan cantik, namun dia berkata,
'Sesunlgu hnya aku takutkepada Allah,' dua orang yang saling
menciitii karena AIIah, keduanya berkumpul dan berpisah karena
Allah,danorongyangbersediakahdenganmerahasiakannya'
sehingga tangan"kirtnyi ttdot mengetahui apa yang disedekahkan
olehtangankanannYa'"
Kabar Gembira bagi Kaum Mukminin
42g.Diriwayatkan dari Ibnu IJmar Radhiyatlahu Anhu, Rasulullah
Shallallahu Alaihi r.uo Sollom bersabda,
Orang yang senonfios a mengucapkan,'Laa llaaha lllallaah' takkan
mengalami kesepian dalam kuburnya maupun pada Hart
Penghimpunan (Yaumul Mahsyar). S. polcon-olco n aku telah berada
bersama mereka saat mengibaskan debu dari waj ah mereka *r ay a
b erkata,' S egal a puji b agi Allah, y ang telah menghilangkan
kesedihandarikami."'
Aku katakan : Hadits ini diperkuat Al-Qur' an Al-'Azhim .
430. Yaitu firman Allah Ta' ala,
" Bahwaxnya orang-orang yang telah mendapdkan ketenpn yang
baik dari Kami, mereka itu dijauhkan dari neraka, merekatidak
mendengar sedikit pun suara api neraka, dan mereka kekal dalam
menikmah apa yang diingni oleh mereka. Mereka hdak disusohlcon
oleh kedahsyatan yangbesar (pada Hari Kiamat), dan mereka
disambut oteh para malaikat. (Malaikd berkda),' Inilah hanmu yang
telah dijanjikan kepadamu.' (Yattu) pada hari Kami menggulung
langlt *prti mengulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana
Kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan
mengulanglnya. ltulah janji yang posh Kami tepati. Sesungguhnyo
Kami-lah yang akan melalcsnakannp." (Al-fuiblya' : I 0 l- 104)
Telah kami terangkan dalam tafsir kami, bahwa ketika orang kafir
bangkit dari kubur, maka tangannya langsung dibimbing oleh setannya.
Setan itu menemaninya terus dan tidak meninggalkannya, sampai
keduanya dilemparkan bersama-sama ke dalam neraka. Dan Allah To'olo
berfirman,
"Dan datanglah tiap-tiap diri, disertai seorang penggiring dan
seorang penyaksi. " (Q af: 2 7)
Maksudnya, seorang malaikatyang menggiringnya ke Mahsyar, dan
malaikat lain yang memberi kesaksian atas amal-perbuatannya. Ini berlaku
bagi siapa saja, orang yang baik maupun jahat. Masing-masing menurut
kadaramalnya.
"Ses u ngguh ny a kam u dul u m el al aikan hal ini, ( hai manus ia) . M aka,
(kini) Kami singkapkan darimu tutup (yang menutupi) matemu,
sehingga penglihotanmu han ini omat tajam. Dan yang menyertai dio
b erkata,' I nil ah y ang ada padaku tel ah siap. "' (Qaf : 22 -23)
Maksudnya, "yang aku bawa ini adalah orang yang ditugaskan
kepadaku untuk menemaninya." Maka berfirmanlah Allah Ta' alakepada
si penggiring dan si penyaksi,
"Lemparkanlah olehmu berdua ke dalam neraka, semua orang yang
songot ingkar dan keras kepala, yang sangat enggan melakukan
kebajikan, melanggar batas lagi ragu-ragu, yang menyembah
sesembahan yang lain beserta Allah. Maka, lemparkanlah dia ke
dalam siksoon yang sangat pedih. Yang menyertai berkata (pula)
,
'Ya
Tlhan kami, aku tidak menyesatkannya, tetapi dialah yang beroda
dalam kesesatan yang jauh.' Allah berfirman, Janganlah Kamu
bertengkor di hadapan-Ku, padahal sesungguhnyaAku dahulu telah
memberikan ancoman kepadamu. Keputusandi sisi-Ku tidak dapat
diubah, dan Aku sekali-kali tidak menganiaya hamba-hamba-Ku.'
(Dan ingatlah akan) hari (yang pada hari itu) Kami bertanya kepada
Jahannam, Apakah kamu sudah penuh?' Dia menjawab, 'Masih
adakah tambahan? "' (Qaf: 24-3Ol
Perbandingan Jumtah Umat Muhammad Dengan
l,Jmat-umat Lainnya
431. Diriwayatkan dari Imran bin Hushain, bahwa Rasulullah Shallallahu
Aloihi wa Sallam dalam sebagian perjalanannya bersama para
sahabat. Tiba-tiba beliau membaca dua ayat berikut ini dengan
keras,
Hai manusia, bertakwalah kepada'lufnn- nru. Sesun gguhnya
keguncangan Hari Kiamat itu adalah suofu kejadian yong songot
besar (dahsyat). (lngatlah) pada hari (ketika) komu melihat
keguncangan itu, semua wanita yang menyusui tldak pedull dengan
anak yang disusuinyo, dan gugurlah segala kandungan wanlta yang
homil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal
mereka sebenarnya.tidak mabuk, akon tetapl adzab Allah ttu
sangatlah keras. " (Al.Haij : l-2)
Tatkala para sahabat mendengar bacaan itu, mereka mempcrcepat
hendaraan masing-mqsing. Mereka tahu pastiada yang ingin Rasul
katakan. Malam harinya, ketika mereka telah berada disekeliling beliau,
beliau bersabda, "Tahukah kamu sekalian, hari apakah itu? Haridimana
Adam dipanggil. la dipanggilTuhan-nya, "Ya Adam, kirimkan delegasi
neraka!"
Adam bertanya, "Apa itu delegasi neraka?"
Allah menerangkan, "Dari setiap seribu orang, kirimkan sembilan
ratus sembilan puluh sembilan ke neraka, dan satu orang ke surga."
(Mendengar itu), para sahabat merasa kecut hatinya dan tidak ada
yang tertawa, walau hanya menampakkan safu gigi, Melihat keadaan para
sahabat demikian, beliau bersabda, "Ketahuilah dan bergembiralah, demi
Allah yang menggenggam jiwa Muhammad, sesungguhnya kamu sekalian
disertaidua umat. Bangsa manapun akan digabung dengan mereka, pasti
berjumlah banyak. Itulah Ya'juj Ma'juj, ditambah dengan orang-orang
celaka, baik dari keturunan Adam maupun keturunan Iblis. "
Perawi hadits iniberkata, Maka para sahabat pun merasa lega.
Kemudian Rasulullah Shallollahu Alaihi wo Sallam bersabda pula,
"Ketahuilah dan bergembiralah, demi Allah yang menggenggam jiwa
Muhammad. Di tengah umat-umat yang lain, kamu sekalian hanyalah
bagaikan setitik noda di lambung onta, atau setitikwarna hitam di kaki
binatang kendaraan. " l)
Suacana Langlt dan Bunrl
Apabila manusia telah bangkitdari kubur masing-masing, mereka dapati
bumisudah berubah, tidak seperti bumisaat mereka tinggalkan dulu.
Gunung-gunungnya telah hancur, bukit-bukitnya telah hilang.
l{eadaannya semua ludah bcrubah sama sekali. Sungai-sungainya tidak
mengalir lagi, pohon-pohonnya telah tumbang, lautnya menjadi panas
membara. Jurang-jurang yang rendah dan tebing-tebing yang tinggi
menjadi rata, kota-kota dan desadesa hancur binasa. Agaknya bumitelah
mengalami gempa yang hebat dan mengeluarkan segala isinya. Maka
berkatalah manusia di waktu itu, "Apa yang telah terjadi dengan bumi ini?"
Demikian pula halnya langit dan seluruh penjurunya. Semuanya
telah terpecah-belah, dan seluruh penjuru-penjurunya telah rontok,
sementara para malaikat berjaga-jaga di segala penjurunya dengan mata
melotot. Matahari dan bulan redup, atau bahkan tidak bercahaya sama
sekali. Keduanya dikumpulkan disatu tempat. Setelah itu keduanya
digulung, lalu dilemparkan begitu saja +ebagaimana diterangkan dalam
hadits yang akan kamisebutkan nantimengenai neraka-bagaikan dua
ekor sapi yang disembelih.
432. Allah Ta' aloberfirman dalam Kitab-Nya yang mulia,
" (Yaitu) pada hori (ketika) bumi diganti dengan bumi yanglain, dan
( dent ikian pula) langit, dan mereka semuanq fterkumpul di padang
Mahsyor) menghadap ke hodirat Allah yang Maho Eso logi
NI ahaperkaso. " (lbrahim: 48)
4.1.1 Dan Allah Io'olo berfirman,
,
"Maka apabila langit telah terbelah, dan menjadi merah mawat
bagaikon (kilapan) minyak. Maka, nikmat Tuhan-mu yang manakah
yang kamu dustakan? " (Ar-Rahman: 37-38)
4i!4. Dan Allah To'alo berfirman,
" M aka pada hon itu terl adilah Kiamat, dan terbelahlah langtt, karena
pada hari itu langlt menjadi lemah. Dan malaikat-malaikat berada di
penjuru-penjuru langit. Pado hari itu, delapan orang malaikat
menjunjung Arsy TUhan-mu di atas (kerrc,la) mereka. Pada hari itu
kamu dihadapkan (kepadaTuhan-mu). Idolc odo s esuatu pun dan
keadaanmu yang tersembunyi (ba1d Ailah).. " (Al-Haqqah: I 5-18)
Dan Allah h'olo berfirman,
" Apabila ntatahari digulung, dan apabila bintang-bintang
berjatuhan. " (At-Takwir: l-2)
436. Dan Allah 'lo'oio berfirman.
"Apabila langit terbelah, dan apabila bintang-bintang jatuh
be.rserakan " (Al-lnfithar: 1-2)
437. Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan dari Abu Hazim, dari
Sahl b in Sa' ad. Nabi S hollo llahu Alaihi w a S allam bersabda. '"i fr .f )l
"Manusia dikumpulkan padaHari Kismot di tanah putih mengkilop
b agai ke p i ngon s u n gs u m, tidak ada tanda ap o pun p adany a y ang bisa
dikenali seseorang. " 1 )
Muhamad bin Qais dan Sa'id bin Jubair mengatakan, bahwa bumi
berubah menjadi rotiputih. Orang mukmin bisa memakannya daribawah
telapak kakinya.
Sedang menurut Al-Amasy, dari Khaitsamah, dari Ibnu Mas'ud
Radhiyallahu Anhu, dia berkata, "Pada H.rri Kiamat nanti, bumi
seluruhnya berupa api. Surga aCa di belakarngnya. memperlihatkan para
bidadari dan piala-pialanya. Sedang manusia dibanjiri keringatnya sampai
ke mulut seolah-olah terkekang olehnya, sementara mereka belum
dihisab-hisab juga."
438. Imam Ahmad meriwayatkan dariAisyah Radhiyallahu Anho, dia
berkata, 'Aku adalah orang yang pertama-tama menanyakan
kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam tentang maksud
ayat,
" (Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain, dan
(demikian pula) langit, danmereka sernuanyamenghadap ke hadirat
AII ah y an g M aha Es a I agi M ahap erkasa. " ( I brah i m : 48)
Aisyah berkata: Aku bertanya, "Di manakah manusia pada waktu
itu, ya RasulAllah?"
Rasul menjawab, "Di atas Shirath (jembatan)."2)
Sedang menurut riwayat Muslim dari Tsauban, ada seorang pendeta
Yahudi bertanya kepada Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam tentang
ayat di atas. Beliau menjawab,
" D alam kegelapan, di baw ah j emb atan. "
Berapa Lamakah Berlangsungnya Hari Kiamat?
440. Allah Ta' alaberfirman,
"D an mereka meminta kepadamu agar adzab diseg"rakor, padahal
AIIoh sekali-kali tidak akan menyalahi ianji-Nyo, Sesungguhnyo
sehari di sisi Tuhon -mu adalah seperti seribu tahun dari tahun-tahun
yang kamu hitung." (Al-Haii : 47)
Sebagian ahlitafsir mengatakan, bahwa hari yang sepanjang itu.
maksudnya ialah Hari Kiamat.
441. Dan Allah To'ola berfirman pula,
" S eseorang telah meminta didatangkannya adzab yang bakal terjadi,
untuk orang-orang kafir, yang tidak seorang pun dapat menolaknya.
(Yaitu adzab) dari Allah, Yang memiliki tempat-tempat naik.
Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada-N ya dalam
sehan yang kadarnya lima puluh nbu tahun. Maka bersabarlah kamu
dengan kesabar an yang baik. Sesungguh nya mereka memandang
siksoon itu jauh (mustahil). Sedangkan Kami memandangnya dekat
(pasti terjadil. " (Al-Ma'arii : 1-7)
Dalam tafsir kami ('tufsir lbnu Katsir), telah kami sebutkan
perbedaan pendapat di antara para ulama salaf dan khalaf tentang ayat
ini. Laits bin Abi Sulaim dan ulama lainnya umpamanya, telah
meriwayatkan dariMujahid, dari Ibnu Abbas tentang hariyang ukurannya
selama 50.000 tahun tersebut, dia berkata, "ltu adalah ukuran jarak antara
Arsy dan bumi ketujuh".
442. Adapun mengenaifirman Allah To'olo,
"Dalam satu hari yang kadar (lama)-nya adalah seribu tahun
menurut perhitunganmu. " (As-Saidah: 5)
Maka m enurut Ib n u Abbas Radhiy allahu Anhu, m aksudnya ialah,
lamanya waktu yang ditempuh bagi turunnya perintah dari langit ke bumi,
dan naik lagi dari bumi ke langit. Karena jarak langit dan bumi adalah
selama perjalanan 500 tahun.
Pendapat initelah diriwayatkan pula oleh lbnu Abi Hatim dan Ibnu
Jarir dariMujahid, dan diikuti pula oleh Al-Farra'.
Demikian pula pendapat Abu Abdillah Al-Hulaimi, sebagaimana
dikutip Al-Hafizh Abu Bakar Al-Baihaqi dalam kitabnya, A l-Ba'tsu wa AnNusyur. Berkata Al-Hulaimi, "Malaikat menempuh jarak tersebut dalam
temposetengah hari. Karena, kalau itu merupakan ukuran jarakyangbisa
ditempuh, maka takkan ada seorang pun yang bisa menempuhnya kecuali
dalam jangka 50.000 tahun." Oleh karena itu Al-Hulaimimenegaskan,
"Tidak mungkin ini merupakan ukuran Hari Kiamat." Untuk memperkuat
pendapatnya itu, Al-Hulaimi beralasan dengan:
443. Firman Allah To'olo,
"(Yaitu adzab) dari Allah, Yang memiliki tempat-tempat noik. " (AlMa'arij:3)
Makudnya, memiliki ketinggian dan keagungan.
444. D emlkian, sebagaim ana Allah To'olo menfirm ankan pula :
" ( D i al ah) Yan g M ah ati n ggi der aj at -N y a, Yan g m em p u n y ai Ar sy. "
(Al-Mukmin: 15)
445. Kemudian Allah Ta'ala menafsirkan kemahatinggian-Nya dengan
firman-Nyayang lain,
" Para malaikat dan J ibril naik menghadap kepada-N ya dalam jarak,
yang kadarnya lima puluh ribu tahun." (Al-Ma'arij : 4)
Disinikata "Yaum" diartikan "masafah" (.iarak). .Jadi maksudnya,
para malaikat dan Jibril naik menghadap kepada Allah, dengan
menempuh jarakyang jauhnya bisa ditenrpuh selama waktu perjalanan
50.000 tahun.
Berdasarkan pendapat ini. berartiyang dimaksud "Yaum" ialah
jarak tempat. demikian pendapat yang pertama.
Sementara itu ada pula pendapat kedua yang mengatakan. bahwa
yang dimaksud ialah umur dunia.
Pendapat ketiga mengatakan. yang dimaksud adalah waktu
pemisah antara dunia dan l{ari Kiamat. sebagaimana diriwayatkan oleh
ibnu Abi Hatim dari Muhammad bin Ka'ab Al-Qarzhi. Pendapat ini gharib
(aneh) .
Dan pendapat keempat ntengatakan, bahwa yang dimakud adaiah
Hari Kiamat. demikian menurut riwayat lainnya oleh Ibnu Abi Hatim juga,
dimana dia menyatakan, "Kami mendengar dariAhmad bin Sinan AlWasithi: dari Abdurrahman bin Mahdi. dari Israil, dariSammak, dari
Ikrimah, dari Ibnu Abbas, mengenaihariyang kadarnya 50.000 tahun.
Ibnu Abbas mengatakan. 'ltu adalah Hari Kiamat.' Sanad periwayatan ini
shahih.
Pendapat yang terakhir ini telah diriwayatkan pula oleh AtsjTsauri
darisammak, dari lkrimah. dariperkataan lbnu Abbas. Dan agaknya.
merupakan pendapat Al-Hasan, Adh-Dhahhak dan Ibnu Zaid'
446. Ibnu Abid Dunya berkata,"Kamimendengar dari Muhammad bin
Idris: dariAl-Hasan bin Rafi': dariDhamrah, dariSyau&ab, dariZaid
Ar-Rusyd, dia berkata, "Pada Hari l(amat manusia berdiri selama
seribu tahun, sedang pengadilan diantara mereka dilaksanakan
dalam ukuran waktu sepuluh ribu tahun."
M7 .Dandiriwayatkan dari lbnu Abbas, bahwa dia berkata, "Hari Kiamat
itu dijadikan Allah bagi orang-orang kafir terasa selama lima puluh
ribu tahun."
448.. Dan berkata Al-Kalabidalam Tafsir-nya, darilbnu Abbas, bahwa dia
berkata, "Andaikan penghitungan amal manusia (hisab) itu
dilakukan oleh selain Allah, niscaya tidak akan selesai dalam waktu
lima puluh ribu tahun," '
449. Sedang Al-Baihaqi mengatakan, bahwa Al-Hasan berkata,
"Dapatkah kamu bayangkan suatu hari, dimana manusia berdiri
selama limapuluh ribu tahun tanpa makan sesuap dan tanpa
minuman seteguk, sehingga leher mereka terpotong-potong karenakehausan, dan perut mereka terbakar karena kelaparan. Sesudah itu
mereka dibawa ke neraka, dimana mereka kemudian diberi minum
dari sumber air panas, yang benar-benar sangat panas dan benarbenar matang?"
Ini semua memang telah diriwayatkan dalam berbagai hadits.
WallahuA'lam.
Sebagian Adzab Yang Disediakan bagi Mereka Yang
Enggan Berzakat
450. Ahmad meriwayatkan dariAbu Hurairah Radhiyallahu Anhu,
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
"Tidak seorang pun pemilik harta yang tidak menunaikan
kewajibannya, melainkan dia diberi lempengan besi yang
dipanaskan dalam neraka Jahanam, maka dengan lempengon
dibakarlah dahi orang itu, pinggangnya dan punggungnya, sampai
Allah memberi keputusan di antara hamba-hambo-Nyo dalam
sehori yoAg kadornya lima puluh ribu tahun menurut hitunganm u.
Barulah kemudian diperlihatkan pada orang itu jalannya, ke surga
atau ke neraka."
Berikutnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menyebutkan
lanjutan hadits mengenai orang yang enggan mengeluarkan zakat
kambing dan unta:" Bahwa untuk binatang-binatang itu disediakan tanah lapang yang
Iuas, dimana kambing atau unta itu menginjak orang itu dengon
sepatu dan kuku-kukunya, dan menghunjamkan tanduknya
kepadanya. Setiap kali binatang yang terakhir telah berlalu, maka
binatang yang pertama mengulangi siksoon nya kembali
terhadapnya, sampai AIIah memberi keputuson di antara hambohamba-Nya dalam sehari yang ukuranya lima puluh ribu tahun
menurut hitungmu. Barulah orang itu kemudian melihat ialannya ke
surga atau ke neraka."r)
451. Sedang menurut riwayat Imam Ahmad, Abu Daud dan An-Nasa'i
dariAbu Hurairah Ro dhiyallahu Anhu, dia berkata, Saya mendengar
Nabi S hol/o II ohu Al aihi r.r.ro So //o m bersabda,Borangsropo mempLmgai unta, sedong dia tidak menunaikan
keutajibannya.' dalam keadaan sulit ataupun mudah, maka unta itu
akan dat an g p ad a H ar i Kiam at dal am keadaan ses u b u r- s u b ur ny a,
iumlahnyo banyak. gemuk-gemuk dan bentuk yong menyenangkan. Lal u dise diakanl ah untuk b inatang- b inatang itu tanah lapang
yang luas, maka unta-unta itu pun mengw'tjak-injak orang itu dengan
sepatu-sepatunya. Apabila unta yang terakhir telah berlalu, maka
yang unta yang pertarna ntengulang lagisiksoonnyo terhadap orang
itu dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun, scrmpoi
diadakannya pengadilan di antara monusio, barulah orang itu
melil'tat ialannya (ntenuju kemana) . Jika orang itu mempunyai sapi,
se<lang dia tidak ntenunaikan kewajibannya, dalam keadaan sulit
ata u p u n m u d ah. m aka sap i itu akan datang p ada H ar i Kiam at dal am
keadaan.sesubur-su burnya dan tubuh sebesar-besornye, segemukgemuknya dan sangat menyenangkan, jumlahnya sangat banyak,
tersebar dimano-mana. Lalu disediakanlah unfuk sopi-s api itu tanah
lapang yang luas. Maka sopi-sopi yangberkuku menginjak,injak
orong itu dengan kukunya, dan yangbertanduk menghunjomnyo
dengan tanduknya. Apabila sapi yangterakhir telah berlalu, maka
sapi yang pertama ke,mbali lagi menghajarnya dalam sehari yang
kadantya lirrta puluh ribu tahun, sampai diadakannya pengadilan di
antara rrionusio. barttlah orong itu melihat jalannya (menuju
4 .' kemana)."
Al-Baihaqi mengatakan. "Hadits ini tidak memuat kemungkinan
lain. selain menetapkan ukuran hari itu dengan 50.000 tahun hitungan
kamu "
Dan tentu. Allah jualah yang lebih tahu.
KEDUtrUKAN TERPUJI TMAOAMAN
MAHMUDANI YANE KHUsUs
OIBERII(411 KEPADA NABI
MUHAMMAB sAW
Di Hari Kiamat kelak, NabiMuhammad Shollallahu Alaihi wa Sallom
secara khusus akan diberikedudukan terpuji (Maqaman Mahmudan) yang
tidak diberikan kepada nabi-nabi lainnya. Antara lain berupa syafaat
terbesar (fu y-Syafaat Al-'Uzhma), yang beliau aj ukan kepada Allah Ta' ala
bagi umat manusia yang telah sekian lama berdiri menunggu pengadilan
Ailah di Mahsyar, agar Allah segera datang untuk mengadili dan memberi
keputusan tentang nasib mereka masing-masing, dan agar kaum
mukminin segera terlepas dari segala penderitaan di hari itu menuju ke
tempat yag terbaik.
452.Dalam hal iniAllah To'olo menjanjikan kepada beliau dalam firmanNya,
" D an p ada s eb agi an mal am, m aka shal at tahaj udl ah kam u, s eb agai
suofu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhan-mu
m en gan gkat kamu ke temp at y an g ter puj i. " (Al- I sra' : 7 9 )
453. Sementara itu Al-Bukhari meriwayatkan dariJabir bin Abdillah
Radhiy all ahu Anhu,sabda Rasulullah S hall all ahu AI aihi w a S all am,
Barangsiapa mengucapkan ketika mendengar adzan, 'Ya Allah,
Pemilik seruan yang sempurna dan shalat yang akan didirikan ini,
berikanlah kepada N abi Muhammad wasilah dan keutamaan. dan
angkatloh dia ke tempat terpuji yang teloh Engkau .ianjikan
kepadonya', mako orang itu akan mendapat syat'aatku pada Hari
Kiamat.
454. Dalam Shohih Al-Bukhari dan Shoh ih Muslim dan lainnya,
diriwayatkan dari Jabir dan lainnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa
So/lom bersabda.
" Aku diberi lima perkara yang tidak diberikan kepada seorong pun
diantara para nabi sebelumku: Aku diberi pertolongan berupa rasa
takut (di hati musuh) dalam jarak perjalanan satu bulan; Dihalalkan
bagiku harta rampasan perang, padahal itu tidak dihalalkan bagi
siopo pun s ebelumku; Bumi bagiku dtladikan tempat sujud dan suci,
sehingga di manapun seseorong dari umatku mengalami waktu
shalat, maka shalatlah; Aku diberi syat'aat. Dan setiap nabi hanya
diutus kepoda kaumnya saja, sedang aku diufus kepada seluruh umat
monusio. "1)
Pe rnyataan Nabi S ho llo Il ahu Al aihi w a Sall am, "Aku diberi syaf aat",
maksudnya ialah syafaat yang diminta oleh umat manusia kelak di Hari
Kiamat kepada Nabi Adam Aloihis Soloom, namun ternyata dia
mengatakan, "Aku tidak patut memberikan itu. Maka pbrgilah kalian
kepada Nuh. " Dan Nabi Nuh pun berkata sama dan menyarankan umat
manusia memintanya kepada kepada Nabi Ibrahim A/oihis Soloom. Dan
Nabi lbrahirn m6rr.'ye,,',,r,lir;ii !uiin!/d i;tarlintarrya kepada NabiMusa
A/oihis Solcarrr. fli;trii.in,i.,i i:{i-ir;.r it ienpararikan memintanya kepada Nabi
IsaA/aihis S alaam. Dan l,iabi lsa rnenyarankan memintanya kepada Nabi
Muham mada Shol/ollo h t Aloihi r.uo So//orr. Maka beliau berkata. "Akulah
pemilik syafaat itu, akulah pemilik syafaat itu."
Tentarrg hal ini, akan Citerangkan lagisecara panjang-lebar dalam
hadits-hadits mengenai syafaat rrntuk mengeluarkan para ahli maksiat dari
dalam neraka. Selain itu, kamitelah sebutkan jalur-jalur sanad hadits ini
dari sejumlah sahabat, l<etii<a kanii menafsirkan ayat inidalanr kitab tafsir
kami. Dengan demikian di sini tidak perlLr lagi disebutkan.
Nabi l{uhammad Pemimrpin Seluruh Anak Cucu
Adam pada Hari Kiamat
455. Dalam S hoh i h M uslim, dirirvayatkan dari Abi Hurairah Radhiy allohu
Anhu, Rasulullah Shollallal,::itAlaihi uro So//om bersabda,
" Aku adalah pemimpin ctnctk-cucu Adam pado Hari Kiamat, orang
y an g p ertam a - tam a dikel u arkan dar i r ek ahan b umi, y an g p ert am atama memberi syat'oat. don yong pertama-tama diterima
syafaatnya."
4l>6. Dan diriwayatkan pula oleh Muslim dari Ubaiy bin Ka'ab
Radhiyallahu Anhu, dalam hadits tentang dibacaya Al-Qur'an atas
tuj uh h uruf , Ras ul ullah S h al I all ahu Al aihi w a S all am bersabda,
aku menunda permohonanku yang ketigo sampoisuof u hari nanti,
dimana semua makhluk berharap kepadaku, termosuk No bi lbrahim
sekalipun."'
Nabi Muhannmad Pernimpin Seluruh Para Nabi di
Hari Kiamat
457. Ahmad meriwayatkan dari At-Thufail bin Ubaiy bin Ka'ab, dari
ayahnya, dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, beliau bersabda,
Apabila Hari Kiamat telahtiba" n nI:q ohu vvrcriacli pernftnpin para
nabi. juru bicara rrtereka,lart Devr.tltl'. s\'crlorf. jni ,l.r'-rkcln sctmbong." I)
458. Dar-r menurut riivayat Itrianr A.l''rrrar.l 1rr-rla ,larillnrlras Rcrdhiyallahu
Anhu,bahr"va Rasulullalr Shql!olktlt.L,'\/r.rilii uto.{iallctnt hersabda.
"HariKiamatakanterasasorrgr"rf;-,,:njrr-lglragirrriurusicl. Olehkarena
itu sebogian rnereka berkata kepu,Jt..uirn,.-; /r.rirr, 'lt'[urilalt kita pergi
menemui Adam, nenelt-rnoyang tnultJsit, suy;,ayn dia ntemberi
syat'aat (memohorkan) urtuk kito tr,.er:ctrla -l\lutn kitu, agar Dia
mernberi keputusan kepada ltita..' N!.rka La;lr rrylah rrtereka kepada
Adam laluberkata,'Mrshonlah urrlu/,, lr.txrik eL,,stJrt"lt.tlwr rnusupoyo
D ia m emb er i k ept.ttusan kepadu kcur r i. .ic: ur gL r \'-lcr n,'Ii ungguh, oku
tak sanggup ntenolong kalian, tapt ysergrlah l',nliarr ltepada i\uh,
p ent im p in p ar a nsb i itu.' NI aka m ere ku y: urr pergi r n enem ui I"l uh, I al u
berkata. 'IJcri Nuh, mohonlah u.rttuk har ni hepcdct'luh'tn-rnu, supayo
Dia memberi keputusan kepcd,-t kc;rni.' Ternyato lVLrh pun
menjowab. 'Surrgguh, aku tidal; sang:gL!t.) nrr:nolong ltalian. tapi
dat a n gl ah k ul i an k ep ada l b r uh i m, i'/<.r b i dcr n I{ hal i! u l l cr h it u.' lW er e ka
pun pergi merrcmti lbrohurt, l,:,lr.t bark,tta,. ! I :i lbrd rirn. nv>tnrilah
untuk kanti kepada Tuhan - mu. sulj(ryc IL iri r r p: v rber i keputusun
kepada korrr i. ' Tbrnyata jawah [brcthitrt pun. '5jrut.r.Lguh, aku tidak
sanggup ntenolong kolian. tapi datctnglnh lcrilian L:epada tvlusa,
Kalimullah gang telah dipilih oleh !\lvn urrtrl: rile.nyernpaikan risalatr isal at dan f ir m an"- f ir m an -l\'l v a.' lle rn u,'i i,: rt rn ere l; e p un p e r gi
menemui Mu.sc. lalu berkata. 'l-!,:i t\'lusu. rtrshryish untuk kan"ti
ke p a d a Tu h an - r rt u, s lrpa y o D i a rn e r l Ll e t i L; e- p utu s ct n lc e.y: a d a kam i.'
Dan ternyata iau.taban dia pun. 'Sunggr"rlr. oku ticink sanggup
menolongkalian. tapi datanglo.n ko!;',''' l't;7"'i1,1'' J:"t 11ilt rttrt l{alintat
Allah itu.' N[aka tnere.krt pun perqr v11,-'i1.-;7vtt.ri ,511. lillt r. Lter!<ata, 'Hai
/so, rrrohonlah untukkarnikepado'JLirnrr !r.!ri. sL!ij,-i!!r-'L\iornernberi
keputusan kepacla kanti.' Do.n l:crtr'1tt"to iur.r,rtL>r.ut tlic,. pLtn sa'rna,
'Sung.gulr, aku tidal< sat51gt q-: rtenolortsl:r.tii;st t, tapt dcttruryiah kalian
kepada Mtthanvnad..Sesirrr-qgu/rv1tt't ,'1" ,.t,-i,rl'-'lt ;.:t':rtr.ttr,tp p' tr,tl{ab;
dan telah diampurti dr;srt'cf,,.rs,-tttlr'l lrr.If rll ,i,t:',-t rr111'1puI ys;1n
belakangan.''lsorrrcrrgotd ortpnrta "''''tl ti:!,,r:!rir;/ii;rr, Jioluu sttalu
barang dimasukkan ke dalam suofu bejana tertutuys, daysatkah
seseorang mengambil barang yang ada dalarn bejana itu sebelunt
membuka tutupnya?' 'Tidak,' jawab mereka. Isa berkata,
'Sesu n ggu h ny a M uhammad adal ah p enutup paro No b i ^' Rasululloh
Shallallahu Alaihi wa Sallam melo njutkan sabdany o,' Maka mereko
pun datang menemui aku lalu berkato, 'HaiMuhammad, mohonlah
untuk kami kepadaTUhan-mu, supaya Dia memberi keputusan
kepada kam|' 'Ya,' kataku, lalu aku pergi ke pintu surga. Gelanggelang pintunya aku pegang seraya meminta dibukakan. Maka
terden garl ah p er tany aan,' Si ap a kam u?' Aku j aw ab,' M uham m ad.'
Maka pintu surga pun dibuka dan aku bersujud memuji Tuhanku
dengan pujian yang tidak pernah dipanjatkan oleh siapa pun
semisalnya, baik sebelum maupun sesudahnya. Maka Alloh
b er f ir m an, An gkatl ah kep al am u ! Katsk anl ah, n i scay a ( p erk ataan)
kamu didengar. Mintalah, niscaya kamu diberi. Sampaikan
syafaatmu, niscaya syafatmu diterima!' Aku berkata, '(Jmatku,
umatku.' Maka AIIah berfirman,'Keluarkan ( dari neroko) siapa pun
yang dolam hatinya ada keimanan, walou hanya seberat zarrah
sekalipun. ' Sobda Ras ulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam ,
"Maka
aku pun mengeluarkan mereka, kemudian merebahkan diriku
bersujud,"'r)
459. Sedang menurut riwayatAl-Bukhari, bahwa perawi hadits ini berkata,
aku mendengar lbnu Umar mengatakan, "Sesungguhnya manusia
pada Hari Kiamat akan bergegas, setiap umat mengikuti nabinya
seraya berkata. 'Hai Fulan, berilah syafaatl Hai Frrlan, berilah
syafaatl' Hingga berakhirlah permintaan syafaat itu kepada Nabi
Shallallahu Alaihi wa Sallam. Dan itulah hari dimana Allah
mengangkat beliau ke tempat yang terpuji (maqaman mahmudon)."
TELAEA NABI MUHAMMAD sAW
Berikut ini adalah berbagai hadits masyhur mengenai telaga Nabi
Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, yang diriwayatkan lewat
berbagaijalur sanad yang rno'fsur, yang saling mendukung satu sama lain,
meskipun para ahli bid'ah yang keras kepala mengingkari adanya telaga
tersebut. Agaknya merekalah yang paling pantas terhalang daritelaga itu,
sebagaimana dikatakan oleh sebagian ulama salaf, "Barangsiapa tidak
mempercayai suatu kernuliaan (karamah), maka dia tidak akan
memperolehnya."
Andaikan orang yang mengingkari adanya telaga Rasulullah
Shallallahu Alaihi wa Sallam itu mengetahui hadits-hadits yang akan kami
kemukakan berikut ini, niscaya mereka tidak akan menyatakan
keingkarannya itu.
Para Sahabat Yang Mempercayai adanya Telaga Nabi
Muhammad Pada Hari Kiamat, dan Meriwayatkan
Hadits-hadits Mengenainya
Ada sejumlah para sahabat Rasulullah ShallallahuAlaihi uo So//om yang
telah meriwayatkan hadits-hadits mengenai telaga beliau kelak di Hari
Kiamat, antara lain: Ubaiy bin Ka'ab, Jabir bin Samurah, Jabir bin
Abdullah, Jundub bin Abdullah Al-Bajli, Zaid bin Arqam, Salman Al-Farisi,
Haritsah bin Wahab, Hudzaifah bin Usaid, Hudzaifah bin Al-Yaman,
Samurah bin Jundub bin Sa'ad, Abdullah bin Zaid bin fuhim, Abdullah
bin Abbas, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Amr bin 'fuh, Abdullah bin
Mas'ud, Utbah bin Abd As-Sulami, Uqbah bin Amir Al-Jahmi, AnNuwwas bin Sam'an, Abu Umamah Al-Bahili, Abu Bazah Al-fulami, Abu
Bakrah, Abu Dzar Al-Ghifari, Abu Sa'id Al-Khudri, Abu Hurairah Ad
Dausi. Asrna bintiAbu Bakar. Aisyah dan Un'rmu Salarrrah--senroga Allah
Tu'ala senantiasa nreridhai nrereka semua. dan rr-ielrrnpahkarr berkahberkah mereka kepadakita- dan juga istri Hanrzah. paman Rasulullah
Shallallahu Alaihi Luo So//orn dari BaniNa.ijar.
Sekarang. perhatikanlah riwayat-riwayat nrereka:
RiwayatAnas bin Malik
460. Dalam Shohih Al-Bukhari diriwayatkan. bahwa perarvi hadits ini
berkata. Aku diceritai oleh Ar.ras bin Malik Ro dhiyallahu Anlrur. bahwa
Rasulullah Shollallahu Alaili r"uo S.r//orn bersabda.
.
'Sesunggu ltnya ukuran telagaktt oaolut',se/ucrs orroro Ai'loh clon
Shon'o di Yantan. don sesungguhnya kendi'kerdinya sebanyak
b intang- bintan g di I an 9i1.
"'
Iliwayat lainnya dari Anas bin Malik
-161 Dan Al-Bukhari meriwayatl<an pula dariAnas bin MalikEcrcll'iyallahu
Anhtt.dariNabi Shallallalu Alaili u'o So//onr bersabda.
'Akon ditolak seiumloh orangdari sahabat-sahabatku (dari telagaku
kelak), sehingga ketika aku melihat mereka. mereka nrclambaiIarnbaikan tangan kepadaku, maka aku pun berkata. 'Kalian
sah sb at - sahab atku?' Tb tap i ke m udian ada te gur an.'Ses u nggu hnyo
kamu tidak tahu bid'ah-bid'ah yong telah mereka adakan
sepeninggalmu."'
Riwayat Jabir bin Samurah
462. Muslim meriwayatkan clari Amir bin Sa'ad bin Abi Waqqash
Radhiyallah Anhu, dia berkata. Aku pernah menulis surat kepada
Jabir bin Sanrurah lewat anakku, Nafi'. "Beritahukan kepadakr.r
sesuatu yang rrernah kamu dengar dari Rasulullah shallallaLru Alaihi
waSallam"
Amir berkata. Maka Jabir menulis surat kepadaku: Aku pernah
mendengar beliau bersabda,
'Akulah yang menunggu (kedatangan kamu sekalian) di telaga."
Riwayat Jundub bin Abdullah Al-Bajli
463. Al-Bukhari meriwayatkan pula, bahwa perawi hadits ini berkata, Aku
mendengar Jundub berkata, Aku mendengar Rasulullah shallailahu
Alaihi wa Sallam bersabda.
'Aku menunggu (kedatangan) kamu sekalian di telaga."
Riwayat Jariyah bin Wahab Al-Khuza'i
464. Al-Bukhari meriwayatkan pula, bahwa perawi hadits ini berkata, Aku
mendengar Jariyah b,in Wahab berkata, Aku mendengar Nabi
shallallahu Alaihi wa,sallam bersabda dan menyebutkan bahwa
telaga beliau itu:
'
"Se/uos antara Madinah dan Shan' a. "
Ibnu Abi Adi menambahkan darisyu'bah, dariMa'bad bin Kharid,
dariJariyah bin Wahab. bahwa dia mendengar Nabi Shqllallahu Alaihi wa
Sallam.lalu dia katakan:
"klaga beliau adalah se/uos antarashon'o dan Madinah.',
Maka berkatalah Al-Mustaurid kepada Jariyah: "Tidakkah anda
mendengar beliau mengatakan: "Alaa wa innii" (Dan ketahuilah.
sesungguhnya aku. ... )?
'Tidak.' jawab Jariyah. MakaAl-Mustaurid pun mengarakan, 'Kami
lihatdalam hadits itu ada kata-kata.
" C aw an- caw anny a bagaikan bintang-bintang. "
Riwayat Sahl bin Sa'ad As-Sa'idi
465. Dan Al-Bukharimeriwayatkan pula dariSahlbin Sa'ad As-Sa'idi
Radhiy all ahu Anhu,sabd a Nab i S ho llo llahu AI aihi w a S al I am,
"Sesungguhnya aku menunggu (kedatangan) kamu sekalian di
telaga. Barangsiapa melewati, dia pasti minum. Dan barangsiapa
minum, maka diatidak akan dahaga selamanyo. Sesungguhnya
akan ada beberapa kaum yang ditolak (dari telaga itu), aku kenal
mereka, dan mereka pun kenol aku. Kemudian terhalanglah antaro
akudanmereka."
Abu Hazim (perawi hadits ini) berkata, An-Nu'man bin Abi 'lyasy
mendengar (hadits)-ku ini, maka dia bertanya, "Begitukah yang kamu
dengar dari Sahl?" Dan aku jawab, "Ya, bahkan aku menyaksikan Abu
Sa'id Al-Khudri menyatakan, "Sesungguhnya kami mendengarnya
begitu," lalu dia menambahkan,
Maka aku (Rasul) berkata, "Mereka darigolonganku."
Namun aku dibantah, "Sesungguhnya kamu tidak tahu bid'ahbid'ah yang telah mereka adakan sepeninggalmu."
Maka aku pun berkata, "Enyahlah, enyahlah, orang yang telah
merubah (agama) sepeninggalku."
Ibnu'lyasy menerangkan, "Suhqon" artinya: bu'dan (menjauhlah).
Kata-kata "Sahiiq" artinya: ba'iid (jauh). Dan 'Ashoqahu" artinya:
ab' adahu (menjauhkan dia).
Hanya Al-Bukhari sendiriyang meriway