Jumat, 03 Januari 2025

kiamat menurut islam 8


 lindung mereka yang

sebenarnya, dan lenyaplah dari mereka apa yang mereka ada￾adakan." (Yunus: 2E - 30)

403. Dan Allah To'qlo berfirman,

"Pada hari itu diberitakan kepado monusio apo yang telah

dikerjakonnya dan opa yong dilalaikonnya. Bahkan manusia itu

menjadi solcsi afos dirinya sendiri, meskipun dia mengemukokan

alason-alasannya. Janganlah kamu gerakkon lidahmu untuk

(membaca) AI-Qur' an karena hendak cepot-cepat (menguasai) nya.

Sesunggu h nya atos tanggungan Kamil ah mengump ulkannya ( di

dalam dadamu) dan (membuotmu pandai) membacanya. Apabila

Kami telah selesai membocakonnya, maka ikutilah bacaannya itu. "

(Al-Qiyamah: l3-lE)

404. Dan Allah To'olo berfirman,

"Dan tiap-tiap manusia telah Kami tetopkan amal perbuatannyo

( sebagaimana tetopnya kalung) poda lehemya. D an Kami keluarkan

bagtnya poda Hari Kiomat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka.

'Bacalah kitabmu, cukuploh dirimu sendiri pada waktu ini sebagai

penghitung terhadapmu. "' (Al-lsra' : 1 3- 1 4)

405. Dan Allah Subhon ahu waTa'qla berfirman,

"Dan berikanlah peringatan kepada monusia terhadap hari dimona

mereka didatangi adzab. Maka berkataloh orang-orang yang zholim:

'YaTUhan kami, beri tangguhlah kami (kembalikan kami ke dunio)

walaupun dalam woktu yangsedikit, niscayakami akan mematuhi

seruanEngkau, dan akan mengikuti rasul-rasul.' (lkpada mereka

dikatakan), 'Bukankah kamu telah bersumpoh dohulu (di dunia),

b ahw a sekali -koli kamu tidak aka n b i noso. D an kam u tel oh tin ggol di

tempt-tempat kediaman orang- orong yang menganiay a diri nte.r eko

sendiri? "' (lbrahim: 44-451

406. Dan Allah To'olo berfirman,

" D an (ingatlah) hari (ketika) langit pecah-belah mengeluarkart kabut.

dan diturunkanlah para malaikat bergelombang- gelombang.

Kerajaan yang hak pada hari itu adalah kepunyaan TUhan Yang

Maha Pemurah. Dan adalah (hari itu), hari yang penuh kesukaran

bagi orang-orang yang kat'ir. Dan (ingatlah) hari (ketika) orang yang

zhalim itu menggiEt dua tangannya, seraya berkata, Aduhai, kiranya

(dulu) aku mengambil ialan ( yang lurus) bersama Rasul. Kecelakaan

besarlah bagiku, kiranya aku (dulu) tidak menjadikan si Fulan

sebagai teman akrab (ku). Sesungguh nya dia telah menyesatkan aku

dan AI-Qur' an, ketika AI-Qur' an itu datang kepadaku.' Dan setan itu

tidak akan menolong manusia. " (Al-Furqan: 25-29\

407. Dan Allah Ta' ala berfirman,

"Dan (ingatlah) hari dimana Allah menghimpun mereka (orang￾orang musyrik) beserta apa gangmereka sembah selain Allah,lalu

Allah berkata (kepada yang disembah), 'Apakah kamu yang

menyesatkan hamba-hamba-Ku itu, atau mereka sendirikah yang

sesof dari jalan (yang benar)? Mereka (yang disembah itu)

menjawab, Mahasuci Engkau, tidaklah patut bagi kami mengambil

selain Engkau menjadi pelindung. Akan tetapi Engkau telah

memberi mereka dan bapak-bapak merekakenikmatan hidup,

sampai mereka lupa mengngat (Engkau), dan mereka adalah kaum

yang binasa. Dengan demikian, sesungguh nya mereka (yang

disembah itu) telah mendustakan kamu tentang apa yang kamu

katakan. OIeh karena itu, kamu tidak akan dapat menolak ( adzab),

dan tidak akan dapat menolong (dinmu). Dan barangsiapa di antara

kamu yang berbuat zhalim, niscaya Kami rasakan kepadanya adzab

yang besar." (Al-Furqan: 17- 19)

408. Dan Allah To'olo berfirman,

"lni adalah hori, dimana merekotidak dapat berbicara, dan tidak

diizinkan kepada mereka meminta moaf , sehingga mereka

(takkan) mendapat maaf . Kecelakaan yang besarlah poda hori itu

bagi orang-orong yang mendusfokon (hari kebangkitan). Ini

adalah hari keputusan. (Pada hari ini) Kami mengumpulkan kamu

dan orang-orang yangterdahulu. Jika kamu mempunyai tipu￾daya, maka lakukanlah tipu dayamu itu terhadap-Ku. " (Al￾Mursalat:35-39)

409. Dan Allah To'olo berfirman," D an (ingatlah) hari dimana Allah menyeru mereka seraya berkata,

"Dimanakah sekutu-sekutu-Ku yang dahulu kamu katakan itu?

B e r kata I ah o r an g - o r an g y an g tel ah tetap Lukunt o n otos m er eka,' Ya

Tu hon kan t i, m er eka inil ah or on g- or ang y an g tel ah kom i sesatkan itu.

Kam i tel ah m eny esatkan m er eka, seb agai rn an a kam i ( sendir i) sesot.

Kami merryatakan berlepas diri (dari nereka) kepada Engkau'

Mereka sekali-kali tidak menyembah kami"' Dikatakan (kepado

n"tereka). 'Seruloh olehntu sekutu-sekutumu itu.' Lalu mereka

m e n y er u n y a. ter ny ata s ekutu - sekutu itu tidok m em p erkenankon

(seruan) rnereka. Dan (ketika) mereka melihat ctdzab, (mereka

berangan-artgan) andaikan dohulu mereka rnenerima petunjuk. Dan

(ingattoh) hari dimana Allah menyeru nereka, seraya berkata.

'Apakah iawabanmu kepada para Rasul?' Maka gelaploh bagi

mereka segala rnacam o/oson poda hari itu. korena itu mereka tidak

so/ing tanya'rnenanyo. " (Al-Qashash: 62-66)

410. Dan Allah To'olo berfirman,

"lni adalah hari dimana mereka tidak dapat berbicara, dan tidok

.Jiizinkan nt ereka meminta n'raat', sehingga mereka (tidak) mendapat

maaf . Kecelakoon yang besorlah pada hari itu bagi orang-orang yang

mendustakan (agama). " (Al-Mursalat: 35-37)

Tidak dapat berbicara. maksud tidak dapat menyampaikan alasan

apa pun yang berguna bagi nlereka.

411. Dan Allah To'olo berfirman,

,

"Kemudian tidok ada lagi fitnah (yang dapat dilakukan oleh) mereko

selain mengatakan, 'Demi AIIah, Tuhan kami, kami bukan orang

musyrik.' Lihatlah, bagaimana mereka berdusta terhadap diri

mereka sendiri, dan hilanglah dari mereka sembahan-sembahan

yang dahulu mereka ada-adakan " (Al-An am:23'241

4I2.Dem\kran pula Allah To'olo berfirman,

" (lngatlah) hari (ketika) mereka semua dibangkitkan AIIah, Ialu

mereka bersumpah kepada-Nya, (bohwa mereka bukon orang

musynk) sebagaimana mereka bersumpah kepadamu. Dan merekamengangko bohwa nrereko berada podu surttu (kebenur on)

Ketahuilah, bahwa sesungguh nyo ner ekalah oran.q-or or)!J

pendusta. " (Al-Mujadilah: 18)

Kenapakah mereka tidak berubah juga sikapnya? Denrikian talsir an

ayat di atas, sebagaimana pernyataan Ibnu Abbas ketika menlawab

mengenaisikap mereka kelak -dalam riwayat Al-Bukharidari Ibnu

Abbas- kepada seseorang yang menanyakan hal itu kepadanya

413. Dan demikian pulaAllah Ta'alaberfirman,

""Sebagian dari mereka menghadap kepada sebagian yang lain

b er b a ntah - b antahan. Par o p e ngikut b erkat a ( k ep ad a p et n im p i n -

pemimpin mereko): 'Sesungguh nya kamulah yang datong kepada

kami dari kanan.' Para pemimpin menjawab,'Sebenarnya kamulah

yang tidak beriman. Don sekali-koli komi tidok berkuasa

terhadapmu, bahkan kamulah kaum yang melampaui batas. Mako

pastilah putusan (adzab) Tuhan kita menimpa atas kita. Dan

sesungguhn ya kami pun akan merasakannya juga. Kami memang

telah menyesatkan kamu, (tapi) sesungguhnya kami punsesofjugo.'

Maka, sesungguhnya mereka pada hari itu bersama-somo dalam

' adzab.Sesungguhnya, demikianlahKami berbuatterhadap orang￾orang jahaf. Sesungguhnya mereka dahulu, apabila dikatakan

kepada mereka, 'Laa llaaha lllallah' (Tiada Tuhan yang berhak

disembah melainkan Allah), mereka menyombongkan diri, dan

mereka berkata, 'Sungguhkah kami horus meninggalkan

sesembahan- sesembahan kami demi ( menur uti) seorang peny air

gilo?' Sebenornya dia (Muhammad) telah datang membawa

kebenaran dan membenarkan Rosu/-rosu/ (sebelumnyo). " (Ash￾Shaffat:27-371

414. Dan Allah To'olo berfirman,

"Den merekaberkata, 'Bilakah (terjadinya) janji ini (Hari Kiamat),

jika kamu adalah orang-orang yang benar?' Mereka tidak menunggu

melainkan satu teriakan Sojo yang akan membinasakan mereka

ketika mereka sedangbertengkar. Lalu mereka tiada kuasa membuat

suofu u.rosiof pun, dan tidak (pula) dapat kembali kepada

keluargonya. D an ditiuplah sangkalala, maka tiba-tiba mereka keluar

dengan segera dari kuburnya (menuju) kepadaTuhan mereka.

Mereka berkata, 'Aduh celakalah komi! Siopokoh yang

membangkitkan kami dari tempat tidur (kubur) kami?' Inilah yang

dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah, dan benarlah rasul￾rasul(Nya) . Tidak adalah teriakan itu selain sekalitenakan saja, maka

tiba-tiba mereka semua dikumpulkan kepada Kami. Maka pado han

itu seseorang hdak akan diruEkan sedikit pun, dan kamu tidak diberi

balasan kecuali atas apa yang telah kamu kerjakan. " (Yasin: 48-54)

415. Dan Allah To'olo berfirman,

,

"Dan pada hari terjadinya Kiamat, di hari itu mereka (manusia)

bergolong-golongan. Adapun orang-orang yang beriman dan

mengerjakan amal ssleh, maka mereka di dalam taman (surga)

bergembira. Adapun orang-orang yang kat'ir dan mendustakan ayat￾ayatKami (AI-Qur'an) serta (mendustakan) menemui hari akhirat,

maka mereka tetap berada di dalam siksoon (neraka). " (Ar-Rum:

14-r6)

416. Dan Allah To'olo berfirman,

" OIeh karena itu, hadapkanlah wajahmu kepada agama yang lurus

(lslam) sebelum datang dari Allah suatu hari yang tak dapat ditolak

(kedatangannya) . Pada hari itu mereka terpisah-pisah. Barangsiapo

yang kat'ir, maka dia sendirilah yang menanggung (akibat)

kekafirannya itu. Dan barangsiapa yang beramal saleh, maka untuk

diri mereka sendirilah mereka menyiapkan (tempat yang

menyenangkan). " (Ar-Rum: 43-44)

477 . DanAllah To'olo berfirman,

" Dan pada hari terj adiny a Kiam at, bersumpahlah oron g- orang y ang

berdosa, (bahwa) mereka tidak tinggal (dolam kubur) melainkan

sesoot (saja). Seperti itulah mereka selalu dipalingkan (dari

kebenaran) . Sedang orang-orangyang diberi ilmu pengetahuan dan

keimanan berkata (kepada orang-orang yang kafir) , 

' Sesungguhnya

kamu teloh tinggal (dalom kubur) menurut ketetapon AIIah, sampai

hari kebangkitan. Maka, inilah hari kebangkitan itu. Akan tetapi

kamu selalu tidak meyakini(nya).' Maka, pada hari itu tidak

bermanfaat (lagi) bagi orang-orong yang zhalim permintaan maal

mereka, dan tidak pula mereka diberi kesempatan bertaubat lagi. "

(Ar-Rum:55-57)

418. Dan Allah To'olo berfirman,


"Dan (ingatlah) hari dimana Allah mengumpulkan mereka

setnuonya, kemudian AIIah berfirman kepada para malaikat,

'Apakah mereko ini dahulu menyembah kamu?' Malaikat-malaikat

itu n t e ni aw ab.' M ahasu ci En gkau. En gkaulah Kekasih kam i, b ukan

m e r e k a. B ahk an m er eka tel ah m eny e mb ah j in. Keb an y akan m er eka

berhttan kepada iin itu.' Maka pada hari ini sebagian kamu tidak

berktrcsa (untuk memberikan) kemonfaatan don tidak pula

kentadharatan kepada sebagian gang lain. Dan Kami katakan

kepacla orang-orang yang zhalim . 

'Rasakanlah olehmu adzab neraka

yang clahulunyo kamu dustakan if u. "' (Saba' : 4O-42l'

419. Dan Allah To'ola berfirman.

"Hai rnanusia, bertakwalah kepadaTuhan-mu, dan takutlah okan

suatu hari dimana seorang bapak tidak dapat menolong anaknya,

dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikit pun.

Ses u n ggu h n y o j an i i AII ah adal ah b en ar. M aka, j an ganl ah s ekali - k al i

kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu

(syaitan) mentperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah."

(Luqman:33)

420 . D anAllah Io'olo berfirm an,

"Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat

pelajaran bagi orang-orang yangtakut kepada adzab akhirat. Hari

Kiomat itu hari dimana semua manusia dikumpulkan untuk

(ntenghodopi)nya. Dan hari itu odalah hori yang disaksikan (oleh

sego/o makhluk). Dan kami takkan mengundurkannga melainkonsampai w al&r y ang tertentu. D i kala datnng han itu, tidak ada seorang

pun yang berbicara, melainkan atas izin-Nya. Maka, di antara

mereka ada yang celaka dan ada yang berbahagia. Adapun orang￾orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, dimana

mereka mengeluarkan dan menarik nafas dengan (merintih).

M er ek a kekal di dal amn y a sel am a ada lanEt dan b um i, kecuali jika

Tihan- mu m enghen daki ( y ang lo i n) . Ses u ngguhny a Tuhan- mu

Maha Melaksanakan terhadap apa yang Dia dikehendaki. Adapun

orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga.

Mereka kekal di dalamnya selama ada lanEt dan bumi, kecuali jika

Tuhan-mu menghendaki (yang lain), sebagai karunia yang tiada

putus-putusnya. " (Hud: 103- 108)

421. Dan Allah To'olo berfirman,

"Sesungguhnya Hari Keputusan adalah suofu waktu yang

ditetapkan, yaitu hari ditiupnya sangkakala, lalu kamu datang

berkelompok-kelompok. D an dibukalah langit, maka terdapatlah

beberapa pintu. Dan dijalankanlah gunung-gunung, maka menjadi

fatamorganalah ia. Sesunggn rh nya neraka J ahannam itu (padanya)

ada tempat pengintai. Menjadi tempat kembali bagi orang-orang

yang melampaui batas. Mereka tinggal di dalamnya berabad-abad

Iamanya. Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak

(pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanoh,

sebagai pembalasan yang sehmpol. Sesunggu hya mereka dulu tidak

takut kepada hisab, dan mendusfokon ayat-ayat Kami dengan

sesungg.rh- sungguhnya. Dan segalo sesuafu su dah Kami catat dalam

suatu kitab. Karena itu, rasakanlah. Lalu, kami sekali-kali tidak akan

menambah kepada kamu selain adzab. Sesungguh nya orang-orang

yang bertakwa mendapat kemenangan, (yaitu) kebun-kebun dan

buah anggur, dan gadis-gadis remaja yang sebaya, dan gelas-gelas

yang p enuh (b erisi minuman) . D isana mereka tidak mendengar

perkataan yong sio-sio dan tidak (pula perkataan) dusta. Sebagai

balasan dari TUhan-mu, dan pemberian yang cukup banyak. (Yaitu)

Tuhon yang memelihara langit dan bumi dan apa-apa yang ada di

antara keduanya;Yang Maha Pemurah. Mereka tidak dapat

berbicara dengan Dia. Pada han, kehka ruh dan para malaikat berdin

bershat'-shat', mereka tidak berkata-kata, kecuali siapa yang diberi

izin olehT|hanYangMaha Pemurah; dan dia mengucapkan kata

yang benar. ltulah hari yang pasti terjadi. Maka, barangsiapa yang

menghendaki, niscaya dia menempuh jalan kembali kepada Tihan￾nya. Sesun gguhnya Kami telah memperingatkan kepadamu (hai

orang kolirl sikso yang dekat, pada hari manusia melihat apo yong

telah diperbuat oleh kedua tangannya, dan orang kafir berkata,

"Alangkah baiknya sekiranya aku dahulu adalah tanah." (An￾Naba' : 17-4O)

422. DanAllah To'olo berfirm an.

"Dengen menyebut naftte Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha

Peny ay ang. Apabil a matahari digulung, dan apabila bintang-bintang

berjatuhan, dan apabila gunung-gunung dihancurkan, dan apabila

unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak dipedulikan), dan apabila

binatang-binatang lior dikumpulkan, dan apobila lautan dipanaskan,

dan apabila ruh-ruh dipertemukan (dengan tubuh), apabila bayi

perempuon yang dikubur hidup-hidup ditanya, karena dosa apakah

dia dibunuh, dan apabila catatan-catatan (amal perbuatan manusia)

dibuka, dan apabilalangit dilenyapkan, dan apabila neraka jahim

dinyalokan, don apabila surga didekatkan, maka tiap-tiap jiwa akan

m en getahui ap a y ang tel ah dikerj akanny a. " (AtlTakw ir : 1 - I 4 )

423. Dan Allah To'olo berfirman,

"Dengan menyebut nomo AllahYongMahaPengasih lagi Maho

Penyayang. Apabila langit terbelah, dan apabila bintang-bintang

jatuh berserakan, dan apabila lautan diluapkon, dan apabila

kub ur an- kubur an dibongkar, maka tiap -tiap jiwa akan m engetahui

apa yangtelah dikerjakan dan yang dilalaikannya. Hai manusia,

apokah yang telah memperdayakan kamu (sehingga berbuat

durhaka) terhadap Tuhan-muYang Maha Pemurah. Yangteloh

menciptakan kamu, lalu menyempurnakan kejadianmu dan

menjadikan (susunon tubuh)mu seimbang. Dalam bentuk apa pun

yang dkehendak-Nya, Dia menyusun fubuhmu? Bukan hanya

durhaka saja, bahkan kamu mendustakan Hari Pembalasan.

Padahal sesungguhnya bagi kamu odo (malaikat-moloikat) yong

mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (disisi Allah), dan yang

m e nc atat ( p ekerj aan - p ek erj aanm u itu ) . M ereka m e n getahu i ap a

yang kamu kerjakan. Sesungguhnya orang-orang yang banyak

berbakti, benar-benar berada dalam surgo yang penuh

kenikmatan, Don sesun gguhnya orang-orang yang durhaka, benar￾benar berada dalam neraka. Mereka mosuk ke dalamnya pada Hari

Pembalasan. Dan mereka sekali-kali tidak dapat keluar dari neraka

itu. Tahukah kamu apakah Hari Pembalasan itu? Sekali lagi,

tahukah kamu apakah Hari Pemboloson itu? (Yaitu) hari (ketika)

seseorong tidak berdaya sedikit pun untuk menolong orang lain.Dan segola uruson poda hari itu dalam kekuasaan Alloh. " (Al￾lnfithar: 1-19)

424. D an Nlah To'olo berfirm an,

' Ap ab il a I an git terb el ah, dan p otuh kep ada Tuhan -ny a, do n s udo h

se'mestinya langit itu patuh. Apabila bumi diratakan, dan

memuntohkan apa yong oda di dolamnya dan meniadi kosong, sedo

patuh kepadaTuhon-nya, dan sudah semestinyo bumi itu patuh.

(fuda *oktu itu manusia akan mengetahui akibat perbuatonnyo) . Hoi

monusio, sesungguh nya kamu telah bekeria sungguh-sungguh

menuiu Tuhan- mu, m aka pasti komu akan menem u i -Nyo' Adopun

orang yong diberikan kitabnyo dari sebelah konannyo, maka dio

okaidiperikso dengan pemeriksoon yong mudoh, dan dia okon

kemboii kepada kaumnya (yang somo-somo beriman) dengan

gembira. Adapun orong yang diberikan kitabnya dori belakang,

mako dio akan berteriak, 'celakalah aku.' Dan dia akan mosuk ke

dalom api yong menyala-ngola (neraka). sesunggu hnya dia dohulu

(di dunia) bergembira di kolangan kaumnya (yang sama-sama kat'ir).

Sesungguh nyo dia dulu yakin, bahwa dia sekali-koli tidok okan

l<emUili ( kepada Tuhan-ny a) . ( B ukon demikion), y ong benar,

sesungguhnya Tuhan-nya selalu melihotnya' " (Al-lnsyiqaq: 1' I 5)

425.lmam Ahmad meriwayatkan, bahwa perawi hadits ini telah

mendengar Ibnu umar berkata, Rasulullah shollallohu Alaihi wa

Sallambersabda,

,,Borongsiapa ingin menyaksikan Hari Kiamat jelas-ielas seperti

melihal dengan mata kepalq mako bacalah surat, 'Idzas Syomsu

Kuwwirat, wa ldzas Somao'unfatharat', dan 'Wa ldzas

Somoo ' unsyaqqat.' Dan saya kira beliau juga mengatakan, 'Don

surotHud.

EAMBARAN AI.OUR'AN AL.KARIM

DAN HANITS-HAfIITS RASUL sAW

TENTANE KENEERIAN.KENEERIAN

BAN PERISTIWA-PERISTIWA

DAHSYAT DI HARI KIAMAT


"Tidakkah orang-orang itu yakin, bahwa sesungguhnya mereka akan

dibangkitkan pada suofu hari yang besar, (yaitu) hari (ketika)

monusia berdiri menghadap Tuhan semesta alam." (Al.

Muthaffifin:4-6)

427 .Dalam sebuah hadits shahih diterangkan, bahwa manusia di hari itu

berdiri, tenggelam dalam keringat masing-masing sampai ke

pertengahan telinga mereka. Dan dalam hadits yang lain dinyatakan,

kondisi mereka berbeda-beda tergantung am alnya, sebagaim ana

diterangkan di atas. Sedang dalam hadits mengenai syafaat seperti

yang akan diterangkan nanti, dinyatakan:



Diriwayatkan dalanr sebuah hadits shahih dari Abi Hurairah

Radhiy ill ah u A nh, .b a h wa Rasulullah Shall all ahu AI aihi .uo Sa llom

bersabda,


,,AdatujuhgolonganmanusiamendapatngunganAllahpadahari,

dimana tidak adaTaungan selainnoungon-Ny a -dalam riwayat lain:

selain naungan Arsy-Nyo- yaitu: pemimpin yang adil' pemuda yang

tumbuh dalam keadaansenonfioso taat kepada Allah, orang yong

hatinyatertambatdimesjid,orangyangdiajak(berkencan)oleh

seorang wanita berkedudukan dan cantik, namun dia berkata,

'Sesunlgu hnya aku takutkepada Allah,' dua orang yang saling

menciitii karena AIIah, keduanya berkumpul dan berpisah karena

Allah,danorongyangbersediakahdenganmerahasiakannya'

sehingga tangan"kirtnyi ttdot mengetahui apa yang disedekahkan

olehtangankanannYa'"

Kabar Gembira bagi Kaum Mukminin

42g.Diriwayatkan dari Ibnu IJmar Radhiyatlahu Anhu, Rasulullah

Shallallahu Alaihi r.uo Sollom bersabda,


Orang yang senonfios a mengucapkan,'Laa llaaha lllallaah' takkan

mengalami kesepian dalam kuburnya maupun pada Hart

Penghimpunan (Yaumul Mahsyar). S. polcon-olco n aku telah berada

bersama mereka saat mengibaskan debu dari waj ah mereka *r ay a

b erkata,' S egal a puji b agi Allah, y ang telah menghilangkan

kesedihandarikami."'

Aku katakan : Hadits ini diperkuat Al-Qur' an Al-'Azhim .

430. Yaitu firman Allah Ta' ala,


" Bahwaxnya orang-orang yang telah mendapdkan ketenpn yang

baik dari Kami, mereka itu dijauhkan dari neraka, merekatidak

mendengar sedikit pun suara api neraka, dan mereka kekal dalam

menikmah apa yang diingni oleh mereka. Mereka hdak disusohlcon

oleh kedahsyatan yangbesar (pada Hari Kiamat), dan mereka

disambut oteh para malaikat. (Malaikd berkda),' Inilah hanmu yang

telah dijanjikan kepadamu.' (Yattu) pada hari Kami menggulung

langlt *prti mengulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana

Kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan

mengulanglnya. ltulah janji yang posh Kami tepati. Sesungguhnyo

Kami-lah yang akan melalcsnakannp." (Al-fuiblya' : I 0 l- 104)


Telah kami terangkan dalam tafsir kami, bahwa ketika orang kafir

bangkit dari kubur, maka tangannya langsung dibimbing oleh setannya.

Setan itu menemaninya terus dan tidak meninggalkannya, sampai

keduanya dilemparkan bersama-sama ke dalam neraka. Dan Allah To'olo

berfirman,

"Dan datanglah tiap-tiap diri, disertai seorang penggiring dan

seorang penyaksi. " (Q af: 2 7)

Maksudnya, seorang malaikatyang menggiringnya ke Mahsyar, dan

malaikat lain yang memberi kesaksian atas amal-perbuatannya. Ini berlaku

bagi siapa saja, orang yang baik maupun jahat. Masing-masing menurut

kadaramalnya.

"Ses u ngguh ny a kam u dul u m el al aikan hal ini, ( hai manus ia) . M aka,

(kini) Kami singkapkan darimu tutup (yang menutupi) matemu,

sehingga penglihotanmu han ini omat tajam. Dan yang menyertai dio

b erkata,' I nil ah y ang ada padaku tel ah siap. "' (Qaf : 22 -23)

Maksudnya, "yang aku bawa ini adalah orang yang ditugaskan

kepadaku untuk menemaninya." Maka berfirmanlah Allah Ta' alakepada

si penggiring dan si penyaksi,

"Lemparkanlah olehmu berdua ke dalam neraka, semua orang yang

songot ingkar dan keras kepala, yang sangat enggan melakukan

kebajikan, melanggar batas lagi ragu-ragu, yang menyembah

sesembahan yang lain beserta Allah. Maka, lemparkanlah dia ke

dalam siksoon yang sangat pedih. Yang menyertai berkata (pula) 

'Ya

Tlhan kami, aku tidak menyesatkannya, tetapi dialah yang beroda

dalam kesesatan yang jauh.' Allah berfirman, Janganlah Kamu

bertengkor di hadapan-Ku, padahal sesungguhnyaAku dahulu telah

memberikan ancoman kepadamu. Keputusandi sisi-Ku tidak dapat

diubah, dan Aku sekali-kali tidak menganiaya hamba-hamba-Ku.'

(Dan ingatlah akan) hari (yang pada hari itu) Kami bertanya kepada

Jahannam, Apakah kamu sudah penuh?' Dia menjawab, 'Masih

adakah tambahan? "' (Qaf: 24-3Ol

Perbandingan Jumtah Umat Muhammad Dengan

l,Jmat-umat Lainnya

431. Diriwayatkan dari Imran bin Hushain, bahwa Rasulullah Shallallahu

Aloihi wa Sallam dalam sebagian perjalanannya bersama para

sahabat. Tiba-tiba beliau membaca dua ayat berikut ini dengan

keras,

Hai manusia, bertakwalah kepada'lufnn- nru. Sesun gguhnya

keguncangan Hari Kiamat itu adalah suofu kejadian yong songot

besar (dahsyat). (lngatlah) pada hari (ketika) komu melihat

keguncangan itu, semua wanita yang menyusui tldak pedull dengan

anak yang disusuinyo, dan gugurlah segala kandungan wanlta yang

homil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal

mereka sebenarnya.tidak mabuk, akon tetapl adzab Allah ttu

sangatlah keras. " (Al.Haij : l-2)

Tatkala para sahabat mendengar bacaan itu, mereka mempcrcepat

hendaraan masing-mqsing. Mereka tahu pastiada yang ingin Rasul

katakan. Malam harinya, ketika mereka telah berada disekeliling beliau,

beliau bersabda, "Tahukah kamu sekalian, hari apakah itu? Haridimana

Adam dipanggil. la dipanggilTuhan-nya, "Ya Adam, kirimkan delegasi

neraka!"

Adam bertanya, "Apa itu delegasi neraka?"

Allah menerangkan, "Dari setiap seribu orang, kirimkan sembilan

ratus sembilan puluh sembilan ke neraka, dan satu orang ke surga."

(Mendengar itu), para sahabat merasa kecut hatinya dan tidak ada

yang tertawa, walau hanya menampakkan safu gigi, Melihat keadaan para

sahabat demikian, beliau bersabda, "Ketahuilah dan bergembiralah, demi

Allah yang menggenggam jiwa Muhammad, sesungguhnya kamu sekalian

disertaidua umat. Bangsa manapun akan digabung dengan mereka, pasti

berjumlah banyak. Itulah Ya'juj Ma'juj, ditambah dengan orang-orang

celaka, baik dari keturunan Adam maupun keturunan Iblis. "

Perawi hadits iniberkata, Maka para sahabat pun merasa lega.

Kemudian Rasulullah Shallollahu Alaihi wo Sallam bersabda pula,

"Ketahuilah dan bergembiralah, demi Allah yang menggenggam jiwa

Muhammad. Di tengah umat-umat yang lain, kamu sekalian hanyalah

bagaikan setitik noda di lambung onta, atau setitikwarna hitam di kaki

binatang kendaraan. " l)

Suacana Langlt dan Bunrl

Apabila manusia telah bangkitdari kubur masing-masing, mereka dapati

bumisudah berubah, tidak seperti bumisaat mereka tinggalkan dulu.

Gunung-gunungnya telah hancur, bukit-bukitnya telah hilang.

l{eadaannya semua ludah bcrubah sama sekali. Sungai-sungainya tidak

mengalir lagi, pohon-pohonnya telah tumbang, lautnya menjadi panas

membara. Jurang-jurang yang rendah dan tebing-tebing yang tinggi

menjadi rata, kota-kota dan desadesa hancur binasa. Agaknya bumitelah

mengalami gempa yang hebat dan mengeluarkan segala isinya. Maka

berkatalah manusia di waktu itu, "Apa yang telah terjadi dengan bumi ini?"

Demikian pula halnya langit dan seluruh penjurunya. Semuanya

telah terpecah-belah, dan seluruh penjuru-penjurunya telah rontok,

sementara para malaikat berjaga-jaga di segala penjurunya dengan mata

melotot. Matahari dan bulan redup, atau bahkan tidak bercahaya sama

sekali. Keduanya dikumpulkan disatu tempat. Setelah itu keduanya

digulung, lalu dilemparkan begitu saja +ebagaimana diterangkan dalam

hadits yang akan kamisebutkan nantimengenai neraka-bagaikan dua

ekor sapi yang disembelih.

432. Allah Ta' aloberfirman dalam Kitab-Nya yang mulia,


" (Yaitu) pada hori (ketika) bumi diganti dengan bumi yanglain, dan

( dent ikian pula) langit, dan mereka semuanq fterkumpul di padang

Mahsyor) menghadap ke hodirat Allah yang Maho Eso logi

NI ahaperkaso. " (lbrahim: 48)

4.1.1 Dan Allah Io'olo berfirman,

,

"Maka apabila langit telah terbelah, dan menjadi merah mawat

bagaikon (kilapan) minyak. Maka, nikmat Tuhan-mu yang manakah

yang kamu dustakan? " (Ar-Rahman: 37-38)

4i!4. Dan Allah To'alo berfirman,

" M aka pada hon itu terl adilah Kiamat, dan terbelahlah langtt, karena

pada hari itu langlt menjadi lemah. Dan malaikat-malaikat berada di

penjuru-penjuru langit. Pado hari itu, delapan orang malaikat

menjunjung Arsy TUhan-mu di atas (kerrc,la) mereka. Pada hari itu

kamu dihadapkan (kepadaTuhan-mu). Idolc odo s esuatu pun dan

keadaanmu yang tersembunyi (ba1d Ailah).. " (Al-Haqqah: I 5-18)


Dan Allah h'olo berfirman,

" Apabila ntatahari digulung, dan apabila bintang-bintang

berjatuhan. " (At-Takwir: l-2)

436. Dan Allah 'lo'oio berfirman.

"Apabila langit terbelah, dan apabila bintang-bintang jatuh

be.rserakan " (Al-lnfithar: 1-2)

437. Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan dari Abu Hazim, dari

Sahl b in Sa' ad. Nabi S hollo llahu Alaihi w a S allam bersabda. '"i fr .f )l


"Manusia dikumpulkan padaHari Kismot di tanah putih mengkilop

b agai ke p i ngon s u n gs u m, tidak ada tanda ap o pun p adany a y ang bisa

dikenali seseorang. " 1 )

Muhamad bin Qais dan Sa'id bin Jubair mengatakan, bahwa bumi

berubah menjadi rotiputih. Orang mukmin bisa memakannya daribawah

telapak kakinya.

Sedang menurut Al-Amasy, dari Khaitsamah, dari Ibnu Mas'ud

Radhiyallahu Anhu, dia berkata, "Pada H.rri Kiamat nanti, bumi

seluruhnya berupa api. Surga aCa di belakarngnya. memperlihatkan para

bidadari dan piala-pialanya. Sedang manusia dibanjiri keringatnya sampai

ke mulut seolah-olah terkekang olehnya, sementara mereka belum

dihisab-hisab juga."

438. Imam Ahmad meriwayatkan dariAisyah Radhiyallahu Anho, dia

berkata, 'Aku adalah orang yang pertama-tama menanyakan

kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam tentang maksud

ayat,

" (Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain, dan

(demikian pula) langit, danmereka sernuanyamenghadap ke hadirat

AII ah y an g M aha Es a I agi M ahap erkasa. " ( I brah i m : 48)

Aisyah berkata: Aku bertanya, "Di manakah manusia pada waktu

itu, ya RasulAllah?"

Rasul menjawab, "Di atas Shirath (jembatan)."2)


Sedang menurut riwayat Muslim dari Tsauban, ada seorang pendeta

Yahudi bertanya kepada Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam tentang

ayat di atas. Beliau menjawab,


" D alam kegelapan, di baw ah j emb atan. "

Berapa Lamakah Berlangsungnya Hari Kiamat?

440. Allah Ta' alaberfirman,


"D an mereka meminta kepadamu agar adzab diseg"rakor, padahal

AIIoh sekali-kali tidak akan menyalahi ianji-Nyo, Sesungguhnyo

sehari di sisi Tuhon -mu adalah seperti seribu tahun dari tahun-tahun

yang kamu hitung." (Al-Haii : 47)

Sebagian ahlitafsir mengatakan, bahwa hari yang sepanjang itu.

maksudnya ialah Hari Kiamat.

441. Dan Allah To'ola berfirman pula,


" S eseorang telah meminta didatangkannya adzab yang bakal terjadi,

untuk orang-orang kafir, yang tidak seorang pun dapat menolaknya.

(Yaitu adzab) dari Allah, Yang memiliki tempat-tempat naik.

Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada-N ya dalam

sehan yang kadarnya lima puluh nbu tahun. Maka bersabarlah kamu

dengan kesabar an yang baik. Sesungguh nya mereka memandang

siksoon itu jauh (mustahil). Sedangkan Kami memandangnya dekat

(pasti terjadil. " (Al-Ma'arii : 1-7)


Dalam tafsir kami ('tufsir lbnu Katsir), telah kami sebutkan

perbedaan pendapat di antara para ulama salaf dan khalaf tentang ayat

ini. Laits bin Abi Sulaim dan ulama lainnya umpamanya, telah

meriwayatkan dariMujahid, dari Ibnu Abbas tentang hariyang ukurannya

selama 50.000 tahun tersebut, dia berkata, "ltu adalah ukuran jarak antara

Arsy dan bumi ketujuh".

442. Adapun mengenaifirman Allah To'olo,


"Dalam satu hari yang kadar (lama)-nya adalah seribu tahun

menurut perhitunganmu. " (As-Saidah: 5)

Maka m enurut Ib n u Abbas Radhiy allahu Anhu, m aksudnya ialah,

lamanya waktu yang ditempuh bagi turunnya perintah dari langit ke bumi,

dan naik lagi dari bumi ke langit. Karena jarak langit dan bumi adalah

selama perjalanan 500 tahun.

Pendapat initelah diriwayatkan pula oleh lbnu Abi Hatim dan Ibnu

Jarir dariMujahid, dan diikuti pula oleh Al-Farra'.

Demikian pula pendapat Abu Abdillah Al-Hulaimi, sebagaimana

dikutip Al-Hafizh Abu Bakar Al-Baihaqi dalam kitabnya, A l-Ba'tsu wa An￾Nusyur. Berkata Al-Hulaimi, "Malaikat menempuh jarak tersebut dalam

temposetengah hari. Karena, kalau itu merupakan ukuran jarakyangbisa

ditempuh, maka takkan ada seorang pun yang bisa menempuhnya kecuali

dalam jangka 50.000 tahun." Oleh karena itu Al-Hulaimimenegaskan,

"Tidak mungkin ini merupakan ukuran Hari Kiamat." Untuk memperkuat

pendapatnya itu, Al-Hulaimi beralasan dengan:

443. Firman Allah To'olo,

"(Yaitu adzab) dari Allah, Yang memiliki tempat-tempat noik. " (Al￾Ma'arij:3)

Makudnya, memiliki ketinggian dan keagungan.

444. D emlkian, sebagaim ana Allah To'olo menfirm ankan pula :

" ( D i al ah) Yan g M ah ati n ggi der aj at -N y a, Yan g m em p u n y ai Ar sy. "

(Al-Mukmin: 15)

445. Kemudian Allah Ta'ala menafsirkan kemahatinggian-Nya dengan

firman-Nyayang lain,

" Para malaikat dan J ibril naik menghadap kepada-N ya dalam jarak,

yang kadarnya lima puluh ribu tahun." (Al-Ma'arij : 4)


Disinikata "Yaum" diartikan "masafah" (.iarak). .Jadi maksudnya,

para malaikat dan Jibril naik menghadap kepada Allah, dengan

menempuh jarakyang jauhnya bisa ditenrpuh selama waktu perjalanan

50.000 tahun.

Berdasarkan pendapat ini. berartiyang dimaksud "Yaum" ialah

jarak tempat. demikian pendapat yang pertama.

Sementara itu ada pula pendapat kedua yang mengatakan. bahwa

yang dimaksud ialah umur dunia.

Pendapat ketiga mengatakan. yang dimaksud adalah waktu

pemisah antara dunia dan l{ari Kiamat. sebagaimana diriwayatkan oleh

ibnu Abi Hatim dari Muhammad bin Ka'ab Al-Qarzhi. Pendapat ini gharib

(aneh) .

Dan pendapat keempat ntengatakan, bahwa yang dimakud adaiah

Hari Kiamat. demikian menurut riwayat lainnya oleh Ibnu Abi Hatim juga,

dimana dia menyatakan, "Kami mendengar dariAhmad bin Sinan Al￾Wasithi: dari Abdurrahman bin Mahdi. dari Israil, dariSammak, dari

Ikrimah, dari Ibnu Abbas, mengenaihariyang kadarnya 50.000 tahun.

Ibnu Abbas mengatakan. 'ltu adalah Hari Kiamat.' Sanad periwayatan ini

shahih.

Pendapat yang terakhir ini telah diriwayatkan pula oleh AtsjTsauri

darisammak, dari lkrimah. dariperkataan lbnu Abbas. Dan agaknya.

merupakan pendapat Al-Hasan, Adh-Dhahhak dan Ibnu Zaid'

446. Ibnu Abid Dunya berkata,"Kamimendengar dari Muhammad bin

Idris: dariAl-Hasan bin Rafi': dariDhamrah, dariSyau&ab, dariZaid

Ar-Rusyd, dia berkata, "Pada Hari l(amat manusia berdiri selama

seribu tahun, sedang pengadilan diantara mereka dilaksanakan

dalam ukuran waktu sepuluh ribu tahun."

M7 .Dandiriwayatkan dari lbnu Abbas, bahwa dia berkata, "Hari Kiamat

itu dijadikan Allah bagi orang-orang kafir terasa selama lima puluh

ribu tahun."

448.. Dan berkata Al-Kalabidalam Tafsir-nya, darilbnu Abbas, bahwa dia

berkata, "Andaikan penghitungan amal manusia (hisab) itu

dilakukan oleh selain Allah, niscaya tidak akan selesai dalam waktu

lima puluh ribu tahun," '

449. Sedang Al-Baihaqi mengatakan, bahwa Al-Hasan berkata,

"Dapatkah kamu bayangkan suatu hari, dimana manusia berdiri

selama limapuluh ribu tahun tanpa makan sesuap dan tanpa

minuman seteguk, sehingga leher mereka terpotong-potong karenakehausan, dan perut mereka terbakar karena kelaparan. Sesudah itu

mereka dibawa ke neraka, dimana mereka kemudian diberi minum

dari sumber air panas, yang benar-benar sangat panas dan benar￾benar matang?"

Ini semua memang telah diriwayatkan dalam berbagai hadits.

WallahuA'lam.

Sebagian Adzab Yang Disediakan bagi Mereka Yang

Enggan Berzakat

450. Ahmad meriwayatkan dariAbu Hurairah Radhiyallahu Anhu,

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

"Tidak seorang pun pemilik harta yang tidak menunaikan

kewajibannya, melainkan dia diberi lempengan besi yang

dipanaskan dalam neraka Jahanam, maka dengan lempengon

dibakarlah dahi orang itu, pinggangnya dan punggungnya, sampai

Allah memberi keputusan di antara hamba-hambo-Nyo dalam

sehori yoAg kadornya lima puluh ribu tahun menurut hitunganm u.

Barulah kemudian diperlihatkan pada orang itu jalannya, ke surga

atau ke neraka."

Berikutnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menyebutkan

lanjutan hadits mengenai orang yang enggan mengeluarkan zakat

kambing dan unta:" Bahwa untuk binatang-binatang itu disediakan tanah lapang yang

Iuas, dimana kambing atau unta itu menginjak orang itu dengon

sepatu dan kuku-kukunya, dan menghunjamkan tanduknya

kepadanya. Setiap kali binatang yang terakhir telah berlalu, maka

binatang yang pertama mengulangi siksoon nya kembali

terhadapnya, sampai AIIah memberi keputuson di antara hambo￾hamba-Nya dalam sehari yang ukuranya lima puluh ribu tahun

menurut hitungmu. Barulah orang itu kemudian melihat ialannya ke

surga atau ke neraka."r)

451. Sedang menurut riwayat Imam Ahmad, Abu Daud dan An-Nasa'i

dariAbu Hurairah Ro dhiyallahu Anhu, dia berkata, Saya mendengar

Nabi S hol/o II ohu Al aihi r.r.ro So //o m bersabda,Borangsropo mempLmgai unta, sedong dia tidak menunaikan

keutajibannya.' dalam keadaan sulit ataupun mudah, maka unta itu

akan dat an g p ad a H ar i Kiam at dal am keadaan ses u b u r- s u b ur ny a,

iumlahnyo banyak. gemuk-gemuk dan bentuk yong menyenang￾kan. Lal u dise diakanl ah untuk b inatang- b inatang itu tanah lapang

yang luas, maka unta-unta itu pun mengw'tjak-injak orang itu dengan

sepatu-sepatunya. Apabila unta yang terakhir telah berlalu, maka

yang unta yang pertarna ntengulang lagisiksoonnyo terhadap orang

itu dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun, scrmpoi

diadakannya pengadilan di antara monusio, barulah orang itu

melil'tat ialannya (ntenuju kemana) . Jika orang itu mempunyai sapi,

se<lang dia tidak ntenunaikan kewajibannya, dalam keadaan sulit

ata u p u n m u d ah. m aka sap i itu akan datang p ada H ar i Kiam at dal am

keadaan.sesubur-su burnya dan tubuh sebesar-besornye, segemuk￾gemuknya dan sangat menyenangkan, jumlahnya sangat banyak,

tersebar dimano-mana. Lalu disediakanlah unfuk sopi-s api itu tanah

lapang yang luas. Maka sopi-sopi yangberkuku menginjak,injak

orong itu dengan kukunya, dan yangbertanduk menghunjomnyo

dengan tanduknya. Apabila sapi yangterakhir telah berlalu, maka

sapi yang pertama ke,mbali lagi menghajarnya dalam sehari yang

kadantya lirrta puluh ribu tahun, sampai diadakannya pengadilan di

antara rrionusio. barttlah orong itu melihat jalannya (menuju

4 .' kemana)."

Al-Baihaqi mengatakan. "Hadits ini tidak memuat kemungkinan

lain. selain menetapkan ukuran hari itu dengan 50.000 tahun hitungan

kamu "

Dan tentu. Allah jualah yang lebih tahu.


KEDUtrUKAN TERPUJI TMAOAMAN

MAHMUDANI YANE KHUsUs

OIBERII(411 KEPADA NABI

MUHAMMAB sAW

Di Hari Kiamat kelak, NabiMuhammad Shollallahu Alaihi wa Sallom

secara khusus akan diberikedudukan terpuji (Maqaman Mahmudan) yang

tidak diberikan kepada nabi-nabi lainnya. Antara lain berupa syafaat

terbesar (fu y-Syafaat Al-'Uzhma), yang beliau aj ukan kepada Allah Ta' ala

bagi umat manusia yang telah sekian lama berdiri menunggu pengadilan

Ailah di Mahsyar, agar Allah segera datang untuk mengadili dan memberi

keputusan tentang nasib mereka masing-masing, dan agar kaum

mukminin segera terlepas dari segala penderitaan di hari itu menuju ke

tempat yag terbaik.

452.Dalam hal iniAllah To'olo menjanjikan kepada beliau dalam firman￾Nya,

" D an p ada s eb agi an mal am, m aka shal at tahaj udl ah kam u, s eb agai

suofu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhan-mu

m en gan gkat kamu ke temp at y an g ter puj i. " (Al- I sra' : 7 9 )

453. Sementara itu Al-Bukhari meriwayatkan dariJabir bin Abdillah

Radhiy all ahu Anhu,sabda Rasulullah S hall all ahu AI aihi w a S all am,

Barangsiapa mengucapkan ketika mendengar adzan, 'Ya Allah,

Pemilik seruan yang sempurna dan shalat yang akan didirikan ini,

berikanlah kepada N abi Muhammad wasilah dan keutamaan. dan

angkatloh dia ke tempat terpuji yang teloh Engkau .ianjikan

kepadonya', mako orang itu akan mendapat syat'aatku pada Hari

Kiamat.

454. Dalam Shohih Al-Bukhari dan Shoh ih Muslim dan lainnya,

diriwayatkan dari Jabir dan lainnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa

So/lom bersabda.

" Aku diberi lima perkara yang tidak diberikan kepada seorong pun

diantara para nabi sebelumku: Aku diberi pertolongan berupa rasa

takut (di hati musuh) dalam jarak perjalanan satu bulan; Dihalalkan

bagiku harta rampasan perang, padahal itu tidak dihalalkan bagi

siopo pun s ebelumku; Bumi bagiku dtladikan tempat sujud dan suci,

sehingga di manapun seseorong dari umatku mengalami waktu

shalat, maka shalatlah; Aku diberi syat'aat. Dan setiap nabi hanya

diutus kepoda kaumnya saja, sedang aku diufus kepada seluruh umat

monusio. "1)

Pe rnyataan Nabi S ho llo Il ahu Al aihi w a Sall am, "Aku diberi syaf aat",

maksudnya ialah syafaat yang diminta oleh umat manusia kelak di Hari

Kiamat kepada Nabi Adam Aloihis Soloom, namun ternyata dia

mengatakan, "Aku tidak patut memberikan itu. Maka pbrgilah kalian

kepada Nuh. " Dan Nabi Nuh pun berkata sama dan menyarankan umat

manusia memintanya kepada kepada Nabi Ibrahim A/oihis Soloom. Dan

Nabi lbrahirn m6rr.'ye,,',,r,lir;ii !uiin!/d i;tarlintarrya kepada NabiMusa

A/oihis Solcarrr. fli;trii.in,i.,i i:{i-ir;.r it ienpararikan memintanya kepada Nabi

IsaA/aihis S alaam. Dan l,iabi lsa rnenyarankan memintanya kepada Nabi

Muham mada Shol/ollo h t Aloihi r.uo So//orr. Maka beliau berkata. "Akulah

pemilik syafaat itu, akulah pemilik syafaat itu."

Tentarrg hal ini, akan Citerangkan lagisecara panjang-lebar dalam

hadits-hadits mengenai syafaat rrntuk mengeluarkan para ahli maksiat dari

dalam neraka. Selain itu, kamitelah sebutkan jalur-jalur sanad hadits ini

dari sejumlah sahabat, l<etii<a kanii menafsirkan ayat inidalanr kitab tafsir

kami. Dengan demikian di sini tidak perlLr lagi disebutkan.

Nabi l{uhammad Pemimrpin Seluruh Anak Cucu

Adam pada Hari Kiamat

455. Dalam S hoh i h M uslim, dirirvayatkan dari Abi Hurairah Radhiy allohu

Anhu, Rasulullah Shollallal,::itAlaihi uro So//om bersabda,

" Aku adalah pemimpin ctnctk-cucu Adam pado Hari Kiamat, orang

y an g p ertam a - tam a dikel u arkan dar i r ek ahan b umi, y an g p ert am a￾tama memberi syat'oat. don yong pertama-tama diterima

syafaatnya."

4l>6. Dan diriwayatkan pula oleh Muslim dari Ubaiy bin Ka'ab

Radhiyallahu Anhu, dalam hadits tentang dibacaya Al-Qur'an atas

tuj uh h uruf , Ras ul ullah S h al I all ahu Al aihi w a S all am bersabda,


aku menunda permohonanku yang ketigo sampoisuof u hari nanti,

dimana semua makhluk berharap kepadaku, termosuk No bi lbrahim

sekalipun."'

Nabi Muhannmad Pernimpin Seluruh Para Nabi di

Hari Kiamat

457. Ahmad meriwayatkan dari At-Thufail bin Ubaiy bin Ka'ab, dari

ayahnya, dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, beliau bersabda,


Apabila Hari Kiamat telahtiba" n nI:q ohu vvrcriacli pernftnpin para

nabi. juru bicara rrtereka,lart Devr.tltl'. s\'crlorf. jni ,l.r'-rkcln sctmbong." I)

458. Dar-r menurut riivayat Itrianr A.l''rrrar.l 1rr-rla ,larillnrlras Rcrdhiyallahu

Anhu,bahr"va Rasulullalr Shql!olktlt.L,'\/r.rilii uto.{iallctnt hersabda.

"HariKiamatakanterasasorrgr"rf;-,,:njrr-lglragirrriurusicl. Olehkarena

itu sebogian rnereka berkata kepu,Jt..uirn,.-; /r.rirr, 'lt'[urilalt kita pergi

menemui Adam, nenelt-rnoyang tnultJsit, suy;,ayn dia ntemberi

syat'aat (memohorkan) urtuk kito tr,.er:ctrla -l\lutn kitu, agar Dia

mernberi keputusan kepada ltita..' N!.rka La;lr rrylah rrtereka kepada

Adam laluberkata,'Mrshonlah urrlu/,, lr.txrik eL,,stJrt"lt.tlwr rnusupoyo

D ia m emb er i k ept.ttusan kepadu kcur r i. .ic: ur gL r \'-lcr n,'Ii ungguh, oku

tak sanggup ntenolong kalian, tapt ysergrlah l',nliarr ltepada i\uh,

p ent im p in p ar a nsb i itu.' NI aka m ere ku y: urr pergi r n enem ui I"l uh, I al u

berkata. 'IJcri Nuh, mohonlah u.rttuk har ni hepcdct'luh'tn-rnu, supayo

Dia memberi keputusan kepcd,-t kc;rni.' Ternyato lVLrh pun

menjowab. 'Surrgguh, aku tidal; sang:gL!t.) nrr:nolong ltalian. tapi

dat a n gl ah k ul i an k ep ada l b r uh i m, i'/<.r b i dcr n I{ hal i! u l l cr h it u.' lW er e ka

pun pergi merrcmti lbrohurt, l,:,lr.t bark,tta,. ! I :i lbrd rirn. nv>tnrilah

untuk kanti kepada Tuhan - mu. sulj(ryc IL iri r r p: v rber i keputusun

kepada korrr i. ' Tbrnyata jawah [brcthitrt pun. '5jrut.r.Lguh, aku tidak

sanggup ntenolong kolian. tapi datctnglnh lcrilian L:epada tvlusa,

Kalimullah gang telah dipilih oleh !\lvn urrtrl: rile.nyernpaikan risalat￾r isal at dan f ir m an"- f ir m an -l\'l v a.' lle rn u,'i i,: rt rn ere l; e p un p e r gi

menemui Mu.sc. lalu berkata. 'l-!,:i t\'lusu. rtrshryish untuk kan"ti

ke p a d a Tu h an - r rt u, s lrpa y o D i a rn e r l Ll e t i L; e- p utu s ct n lc e.y: a d a kam i.'

Dan ternyata iau.taban dia pun. 'Sunggr"rlr. oku ticink sanggup

menolongkalian. tapi datanglo.n ko!;',''' l't;7"'i1,1'' J:"t 11ilt rttrt l{alintat

Allah itu.' N[aka tnere.krt pun perqr v11,-'i1.-;7vtt.ri ,511. lillt r. Lter!<ata, 'Hai

/so, rrrohonlah untukkarnikepado'JLirnrr !r.!ri. sL!ij,-i!!r-'L\iornernberi

keputusan kepacla kanti.' Do.n l:crtr'1tt"to iur.r,rtL>r.ut tlic,. pLtn sa'rna,

'Sung.gulr, aku tidal< sat51gt q-: rtenolortsl:r.tii;st t, tapt dcttruryiah kalian

kepada Mtthanvnad..Sesirrr-qgu/rv1tt't ,'1" ,.t,-i,rl'-'lt ;.:t':rtr.ttr,tp p' tr,tl{ab;

dan telah diampurti dr;srt'cf,,.rs,-tttlr'l lrr.If rll ,i,t:',-t rr111'1puI ys;1n

belakangan.''lsorrrcrrgotd ortpnrta "''''tl ti:!,,r:!rir;/ii;rr, Jioluu sttalu

barang dimasukkan ke dalam suofu bejana tertutuys, daysatkah

seseorang mengambil barang yang ada dalarn bejana itu sebelunt

membuka tutupnya?' 'Tidak,' jawab mereka. Isa berkata,

'Sesu n ggu h ny a M uhammad adal ah p enutup paro No b i ^' Rasululloh

Shallallahu Alaihi wa Sallam melo njutkan sabdany o,' Maka mereko

pun datang menemui aku lalu berkato, 'HaiMuhammad, mohonlah

untuk kami kepadaTUhan-mu, supaya Dia memberi keputusan

kepada kam|' 'Ya,' kataku, lalu aku pergi ke pintu surga. Gelang￾gelang pintunya aku pegang seraya meminta dibukakan. Maka

terden garl ah p er tany aan,' Si ap a kam u?' Aku j aw ab,' M uham m ad.'

Maka pintu surga pun dibuka dan aku bersujud memuji Tuhanku

dengan pujian yang tidak pernah dipanjatkan oleh siapa pun

semisalnya, baik sebelum maupun sesudahnya. Maka Alloh

b er f ir m an, An gkatl ah kep al am u ! Katsk anl ah, n i scay a ( p erk ataan)

kamu didengar. Mintalah, niscaya kamu diberi. Sampaikan

syafaatmu, niscaya syafatmu diterima!' Aku berkata, '(Jmatku,

umatku.' Maka AIIah berfirman,'Keluarkan ( dari neroko) siapa pun

yang dolam hatinya ada keimanan, walou hanya seberat zarrah

sekalipun. ' Sobda Ras ulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam , 

"Maka

aku pun mengeluarkan mereka, kemudian merebahkan diriku

bersujud,"'r)

459. Sedang menurut riwayatAl-Bukhari, bahwa perawi hadits ini berkata,

aku mendengar lbnu Umar mengatakan, "Sesungguhnya manusia

pada Hari Kiamat akan bergegas, setiap umat mengikuti nabinya

seraya berkata. 'Hai Fulan, berilah syafaatl Hai Frrlan, berilah

syafaatl' Hingga berakhirlah permintaan syafaat itu kepada Nabi

Shallallahu Alaihi wa Sallam. Dan itulah hari dimana Allah

mengangkat beliau ke tempat yang terpuji (maqaman mahmudon)."



TELAEA NABI MUHAMMAD sAW

Berikut ini adalah berbagai hadits masyhur mengenai telaga Nabi

Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, yang diriwayatkan lewat

berbagaijalur sanad yang rno'fsur, yang saling mendukung satu sama lain,

meskipun para ahli bid'ah yang keras kepala mengingkari adanya telaga

tersebut. Agaknya merekalah yang paling pantas terhalang daritelaga itu,

sebagaimana dikatakan oleh sebagian ulama salaf, "Barangsiapa tidak

mempercayai suatu kernuliaan (karamah), maka dia tidak akan

memperolehnya."

Andaikan orang yang mengingkari adanya telaga Rasulullah

Shallallahu Alaihi wa Sallam itu mengetahui hadits-hadits yang akan kami

kemukakan berikut ini, niscaya mereka tidak akan menyatakan

keingkarannya itu.

Para Sahabat Yang Mempercayai adanya Telaga Nabi

Muhammad Pada Hari Kiamat, dan Meriwayatkan

Hadits-hadits Mengenainya

Ada sejumlah para sahabat Rasulullah ShallallahuAlaihi uo So//om yang

telah meriwayatkan hadits-hadits mengenai telaga beliau kelak di Hari

Kiamat, antara lain: Ubaiy bin Ka'ab, Jabir bin Samurah, Jabir bin

Abdullah, Jundub bin Abdullah Al-Bajli, Zaid bin Arqam, Salman Al-Farisi,

Haritsah bin Wahab, Hudzaifah bin Usaid, Hudzaifah bin Al-Yaman,

Samurah bin Jundub bin Sa'ad, Abdullah bin Zaid bin fuhim, Abdullah

bin Abbas, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Amr bin 'fuh, Abdullah bin

Mas'ud, Utbah bin Abd As-Sulami, Uqbah bin Amir Al-Jahmi, An￾Nuwwas bin Sam'an, Abu Umamah Al-Bahili, Abu Bazah Al-fulami, Abu

Bakrah, Abu Dzar Al-Ghifari, Abu Sa'id Al-Khudri, Abu Hurairah Ad￾



Dausi. Asrna bintiAbu Bakar. Aisyah dan Un'rmu Salarrrah--senroga Allah

Tu'ala senantiasa nreridhai nrereka semua. dan rr-ielrrnpahkarr berkah￾berkah mereka kepadakita- dan juga istri Hanrzah. paman Rasulullah

Shallallahu Alaihi Luo So//orn dari BaniNa.ijar.

Sekarang. perhatikanlah riwayat-riwayat nrereka:

RiwayatAnas bin Malik

460. Dalam Shohih Al-Bukhari diriwayatkan. bahwa perarvi hadits ini

berkata. Aku diceritai oleh Ar.ras bin Malik Ro dhiyallahu Anlrur. bahwa

Rasulullah Shollallahu Alaili r"uo S.r//orn bersabda.

.

'Sesunggu ltnya ukuran telagaktt oaolut',se/ucrs orroro Ai'loh clon

Shon'o di Yantan. don sesungguhnya kendi'kerdinya sebanyak

b intang- bintan g di I an 9i1. 

"'

Iliwayat lainnya dari Anas bin Malik

-161 Dan Al-Bukhari meriwayatl<an pula dariAnas bin MalikEcrcll'iyallahu

Anhtt.dariNabi Shallallalu Alaili u'o So//onr bersabda.

'Akon ditolak seiumloh orangdari sahabat-sahabatku (dari telagaku

kelak), sehingga ketika aku melihat mereka. mereka nrclambai￾Iarnbaikan tangan kepadaku, maka aku pun berkata. 'Kalian

sah sb at - sahab atku?' Tb tap i ke m udian ada te gur an.'Ses u nggu hnyo

kamu tidak tahu bid'ah-bid'ah yong telah mereka adakan

sepeninggalmu."'

Riwayat Jabir bin Samurah

462. Muslim meriwayatkan clari Amir bin Sa'ad bin Abi Waqqash

Radhiyallah Anhu, dia berkata. Aku pernah menulis surat kepada


Jabir bin Sanrurah lewat anakku, Nafi'. "Beritahukan kepadakr.r

sesuatu yang rrernah kamu dengar dari Rasulullah shallallaLru Alaihi

waSallam"

Amir berkata. Maka Jabir menulis surat kepadaku: Aku pernah

mendengar beliau bersabda,


'Akulah yang menunggu (kedatangan kamu sekalian) di telaga."

Riwayat Jundub bin Abdullah Al-Bajli

463. Al-Bukhari meriwayatkan pula, bahwa perawi hadits ini berkata, Aku

mendengar Jundub berkata, Aku mendengar Rasulullah shallailahu

Alaihi wa Sallam bersabda.

'Aku menunggu (kedatangan) kamu sekalian di telaga."

Riwayat Jariyah bin Wahab Al-Khuza'i

464. Al-Bukhari meriwayatkan pula, bahwa perawi hadits ini berkata, Aku

mendengar Jariyah b,in Wahab berkata, Aku mendengar Nabi

shallallahu Alaihi wa,sallam bersabda dan menyebutkan bahwa

telaga beliau itu:

'

"Se/uos antara Madinah dan Shan' a. "

Ibnu Abi Adi menambahkan darisyu'bah, dariMa'bad bin Kharid,

dariJariyah bin Wahab. bahwa dia mendengar Nabi Shqllallahu Alaihi wa

Sallam.lalu dia katakan:

"klaga beliau adalah se/uos antarashon'o dan Madinah.',

Maka berkatalah Al-Mustaurid kepada Jariyah: "Tidakkah anda

mendengar beliau mengatakan: "Alaa wa innii" (Dan ketahuilah.

sesungguhnya aku. ... )?

'Tidak.' jawab Jariyah. MakaAl-Mustaurid pun mengarakan, 'Kami


lihatdalam hadits itu ada kata-kata.


" C aw an- caw anny a bagaikan bintang-bintang. "

Riwayat Sahl bin Sa'ad As-Sa'idi

465. Dan Al-Bukharimeriwayatkan pula dariSahlbin Sa'ad As-Sa'idi

Radhiy all ahu Anhu,sabd a Nab i S ho llo llahu AI aihi w a S al I am,

"Sesungguhnya aku menunggu (kedatangan) kamu sekalian di

telaga. Barangsiapa melewati, dia pasti minum. Dan barangsiapa

minum, maka diatidak akan dahaga selamanyo. Sesungguhnya

akan ada beberapa kaum yang ditolak (dari telaga itu), aku kenal

mereka, dan mereka pun kenol aku. Kemudian terhalanglah antaro

akudanmereka."

Abu Hazim (perawi hadits ini) berkata, An-Nu'man bin Abi 'lyasy

mendengar (hadits)-ku ini, maka dia bertanya, "Begitukah yang kamu

dengar dari Sahl?" Dan aku jawab, "Ya, bahkan aku menyaksikan Abu

Sa'id Al-Khudri menyatakan, "Sesungguhnya kami mendengarnya

begitu," lalu dia menambahkan,

Maka aku (Rasul) berkata, "Mereka darigolonganku."

Namun aku dibantah, "Sesungguhnya kamu tidak tahu bid'ah￾bid'ah yang telah mereka adakan sepeninggalmu."

Maka aku pun berkata, "Enyahlah, enyahlah, orang yang telah

merubah (agama) sepeninggalku."

Ibnu'lyasy menerangkan, "Suhqon" artinya: bu'dan (menjauhlah).

Kata-kata "Sahiiq" artinya: ba'iid (jauh). Dan 'Ashoqahu" artinya:

ab' adahu (menjauhkan dia).

Hanya Al-Bukhari sendiriyang meriway