Jumat, 03 Januari 2025

kiamat menurut islam 7


 ah setelah hijrah. Manusia akan menuju ke tempat

hijr ah N ab i lbr ahim Alaihis So/oom. W aktu itu y ang m osih hidup di

m uka b um i tin ggal or an g - o r an g y ang j ahat s aj a. M ereka te r u sir dar i

negeri mereka masing-masing, dihalau oleh api bersama dengan

monyet-monyet dan babi-babi. Monyet-monyet dan babi-babi itu

menginap bersama mereka di malam hari, dan tidur bersama

m ereka di sian g hari. S iopo saj a y an g tertinggal, dim akan api. "

Hadis di atas menunjukkan, bahwa yang dimaksud penghimpunan

disini ialah dihimpunnya seluruh makhluk yang masih hidup di akhir

dunia. Mereka akan dihimpun di tempat pengumpulan di negeriSyam

(Syria). Mereka terbagi menjadi tiga golongan:

Segolongan dikumpulkan dalam keadaan masih bisa makan.

berpakaian dan berkendaraan.

Segolongan lainnya terkadang berjalan, dan terkadang naik

kendaraan. Mereka bergantian menaiki seekor unta, sebagaimana

dinyatakan dalam hadits Al-Bukhari dan Muslim tersebut di atas. Ada yang

dua orang bergantian menaiki seekor unta, ada yang tiga orang, bahkan

sepuluh orang bergantian di atas seekor unta. Maksudnya, mereka

bergantian, karena sedikitnya kendaraan, sebagaimana diterangkan lebih

rinci lagidalam hadis lainnya.

Sedang selebihnya dihalau oleh apiyang keluar dari sebuah jurang

diAden. Api itu menghalau manusia daribelakang dan mengepung

mereka darisegala penjuru, menggring mereka semua menuju ke tempat

penghimpunan. Barangsiapa tertinggal, maka dilahapnya.

Inisemua menunjukkan, bahwa penghimpuan yang dimakud ialah

penghimpunan yang terjadipada akhir dunia. Karena masih ada yang

namanya makan, minum, berkendaraan, adayang lancardan adayang

tidak, bahkan yang tertinggal dilahap api segala.

Kalau dikatakan bahwa penghimpunan kali ini terjadi setelah tiupan

sangkakala kebangkitan, maka takkan ada kematian, kendaraan, makan,

minum maupun berpakaian di arena penghimpunan itu. Tetapi sungguh

mengherankan, kenapa Al-Hafizh Abu Bakar Al-Baihaqi, setelah

meriwayatkan berbagai hadis mengenaiini malah berkesimpulan, bahwa

kendaraan-kendaraan kali ini adalah kendaraan-kendaraan yang dinaiki

pada Hari Kiamat. Dia menyatakan, kesimpulannya itulah yang benar.

Sedang pendapatkami, dia anggap lemah. Itu mengherankan, sekalipun

untuk kesimpulannya itu dia beralasan dengan firman Allah To'olo,

329. Yangbunyinya,

"(lngatlah) hari (ketika) Kami mengumpulkan orang-orang yang

bertakwa kepadaTuhanYang Maha Pemurah sebagai perutusan

yang terhormat, dan Kami akan menghalau orang-orang yang

durhaka ke neraka J ahannam dalam keadaan dahaga. " (Maryam:

85-86)

Tidak Beralas Kaki, Telanjang dan Tidak Dikhitan

Bagaimana mungkin Al-Baihaqi menafsirkan ayat di atas dengan hadis

riwayat lbnu Umar berikut ini, padahal dalam hadis ini ada pernyataan:

Sesungguhnya mereka. diantaranya ada yang dua (bergantian)

menaiki seekor unta, ada yang tiga orang menaiki seekor unta,

bahkan ada sepuluh orang menaiki seekor unta?"

Bahkan kemudian dijelaskan, bahwa itu dikarenakan sedikitnya

kendaraan? Ter.rtu saja ini tidak sesuai Tapi, Allah jualah yang lebih tahu.

Adapun kendaraan yang dimaksud oleh Al-Baihaqi, tentu

kendaraan-kendaraan jemputan dari surga, yang dinaiki orang-orang

mukmin dariarena penghimpunan (Mahsyorl menuju ke surga, bukan

kendaraan kali ini. sebagaimana yang akan kami terangkan lebih lanjut

pacia babnya nanti.

Dan meniang ada juga haclis lain mengenaipenghimpunan, yang

drriwayatkan lewat jalur sanad yang lain, berasal dari sejumlah sahabat.

antara lain Ibnu Abbas. Ibnu Mas'ud, Aisyah dan lain-lain, yang

menyatakan.


"sesunggu ltnya kamu sekalian akan dihi'mpun t " hadirat Allai

dalam keadaan tanpa o/os koki, telanjang dan tidak berkhitan."

330 Demikian pula dinyatakan clalam Al-Quran.


"sebogoim ana Kami te,lol', ^e-ulai pe,tciptaon yang pertama.

b egitulah Kam i akan m en gul an giny a. " (A l-Anb iya' : I 04)

Tetapipenghimpunan yang dimaksud dalam hadis dan ayat ini,

bukanlah penghimpunan yang tersebut sebelurnnya. Penghimpunan kali

ini adalah penghimpunan yang terjadi di Hari Kiamat. setelah ditiupnya

sangkakala kebangkita n (N at'khatul B a' ats) . dini ana m anusia bangk it dari

kubur masing-masing dalam keaclaan tanpa alas kaki. telanjang dan tidak

berkhitan. Begitu juga, sebagaimana tersebul pada ayat sebelumnya,

bahwa orang-orang kafir akan dihalau ke neraka Jahananm dalam

keadaan dahaga.

331. Dan juga sepertiyang difirmankan Allah Subh anahu waTa'alapada

ayat lain,


,,Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada Hari Kiamat ( diseret)

atas muka mereka dalam keadaan buta, bisu dan pekak. kmpat

kediaman mereka adalah neraka J ahannam. Tiap -tiap kali ny ala api

Jahannam itu akan padam, Kami tambah lagi bagi mereka

nyalanya." (Al-Isra' : 97)

Yang inipun maksudnya, menerangkan keadaan mereka ketika

disuruh campakkan ke dalam neraka dari arena penghimpunan

(M al:rjy ar),sebagaim ana yang akan kam i j elaskan nanti pada tempatnya,

lnsya'allahu Ta'ala. Kepada Allah semata, kita berpegang teguh dan

berserah diri.

sementara itu telah disebutkan dalam hadis tentang tiupan

sangkakala (Shur) di atas, bahwa mayat-mayat dalam kubur tidak

merasakan sedikit pun tentang ap.a yang terjadi, akibat tiupan yang

mengejutkan (Nafkhatul Faza').Yang merasakan kejadian itu hanyalah

para syuhada. Mereka memang orang-orang yang dikecualikan Allah.

Karena mereka tetap hidup di sisi Allah dan senantiasa mendapat rizki.

Mereka merasakan tiupan itu, tetapi tidak terkejut karenanya. Begitu pula

mereka tidak mati gara-gara tiupan berikutnya, yaitu tiupan yang

mematikan (Nofkhafus Sha' iq) .

Dalam hal ini, para ahli tafsir memang berselisih pendapat tentang

siapa-siapa yang dikecualikan dari kematian. Ada banyak pendapat,

antara lain seperti tadi, yaitu para syuhada. Pendapat lain mengatakan,

mereka adalah Jibril, Mikail, Israfil dan malaikat maut ('lzrail). Dan yang

lain mengatakan, termasuk juga para malaikat pembawa'AtsV (Hamalahtl

Arsy) .Dan yang lain lagi mengatakan masih ada lagi lainnya. Tapi, Allah

jualah yang lebih tahu.

sebagaimana disebutkan dalam hadis tentang sangkakala di atas,

bahwa rentang waktu antara tiupan yang mengejutkan dan tiupan yang

mematikan (antara Nafkhatul Faza'dan No/khofus sho'iq/ dirasakan

sangat lama oleh penghunidunia yang masih hidup. Mereka selama itu

menyaksikan kejadian-kejadian mengerikan dan peristiwa-peristiwa

dahsyat, yang menyebabkan makhlukyang masih tersisa mati semua, baik

penghuni langit maupun penghuni bumi seperti manusia, jin dan malaikat,

kecualiyang dikehendakiAllah. Ada yang mengatakan, mereka yang

dikecualikan adalah para malaikat pembawa 'Arasy, Jibril, Mikail dan

Israfil. Pendapat lain mengatakan, mereka adalah para syuhada. Dan

pendapatyang lain lagi mengatakan, masih ada lagi selain rirerekaAkan halnya tiupan yang mematikan dan tiupan kebangkitan

kembali (No/khof us Sho'iq dan No/kh atul Ba'ats), Allah Ta'ala

berfirman,

"Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa pun yang di langit

dan di bumi, kecuali mereka yang dikehendaki AIIah. Kemudian

ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri

m e nu n ggu ( p utus ann y a m asin g- m asin g) . " (Az-Zumar : 6 8 )

333. Dan Allah To'olo berfirman pula,

"Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup, dan diangkatlah bumi

dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur.

Maka pada hari itu terjadilah Kiamat, dan terbelahloh langit.

Karena pada hari itu langit menjadi lemah. Dan malaikat-malaikat

berodo di penjuru-penjuru langit. Dan padahari itu delapan orang

malaikat menjunjung Arsy Tuhan-mu di atas (kepala) mereka. Pada

hari itu kamu dihadapkan (kepadaTuhan-mu), tiada sesuatu pun

dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi AIlahJ. " (Al-Haqqah:

r3-r8)

Begitu pula diterangkan dalam hadis tentang sangkakala di atas,

bahwa Allah Subhanahu waTa'ala berfirman kepada Israfil : "Tiuplah

tiupan yang mematikanl "

Maka Israfil pun meniup sangkakalanya dan matilah seluruh

makhluk yang hidup di langit dan di bumi, kecuali mereka yang

dikehendaki Allah. Selanjutnya Allah Subhanahu wa Tb'alaberfirman

kepada Malaikat-maut ('lzrail) -sekalipun Allah sebenarnya lebih tahu

siapa-siapa yang masih hidup- : "Siapakah yang masih hidup?"

Izrail menjawab, "Engkaulah Yang Mahahidup dan takkan pernah

mati. Dan juga para malaikat pembawa 'Arsy-Mu, Jibril dan Mikail."

Maka Allah menyuruh 'lzrailmencabut nyawa Jibrildan Mikail.

Kemudian menyuruhnya puia mencabut nyawa para malaikat pembawa

Arsy. Sesudah itu menyuruh dia sendirisupaya mati. Dengan demikian

'lzrail adalah makhluk yang mati paling akhir.

334. Demikian pula disebutkan dalam sebuah hadits shahih:" Pada Hari Kiamat nanti kematian didatangkan dalam wujud seekor

domba berwarna hitam -putih. Domba itu disembelih diantara surga

dan neraka, lalu dipermaklumkon,' Wohai skalian penghuni neroka,

kekallah kalian ( dalam neraka) tanpa mengalami kematian! Wahai

sekalian penghuni surgo, kekalloh kalian (dalam surga) tanpo

m e n gal ami kem atian. . .. "' Hadis in i m asih akan disempurnakan lagi

nanti.

Saat itu 'lzrailbinasa, dan sejak itu tidak akan ada lagi malaikat maut

yang lainnya buat selama-lam anya . Wallahu Al lam.

Kalau benar pernyataan di atas berasal dari Nabi Shallallahu Alaihi

wa Sallam, maka zhahir hadits itu menyatakan, bahwa 'lzrail takkan hidup

lagi sejak saat itu buat selama-lamanya. Tal$/il ini terlalu jauh, sekalipun

hadits itu shahih umpamanya. Dan Allah jualah yang lebih tahu mana

yangbenar.

Langit Digulung

Di atas sudah diterangkan dalam hadits Nabi Shollo llahu Alaihi w d Sallam

mengenai sangkakala, bahwa apabila sudah tidak ada lagiyang hidup

selain Allah Yang Mahasatu, Maha Mengalahkan, Maka Esa, Mahatunggal

dan Tempat bergantung, Yang tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan

tidak ada satu pun yang menyamai-Nya, Dialah Yang Mahaakhir dan juga

Mahadahulu, maka Allah menggulung langit dan bumi bagaikan

menggulung lembaran-lembara kertas. Kemudian menghamparkannya

kembali, kemudian melipatnya tiga kali seraya berfirman, "Akulah Yang

Mahakuasa," tiga kali, kemudian berseru: "Milik siapakah seluruh kerajaan

pada hari ini?" tiga kali. Namun tidak ada seorang pun yang menjawab￾Nya. Kemudian Dia berfirman, menjawab kepada Diri-Nya sendiri, "Milik

Allah Yang Maha Esa lagiMaha Mengalahkan."

335. Dalam hal iniAllah To'aloberfirman,

"D an mereka hdak mengagungkan AIIah dengan pengagungan yang

semestinya. Padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada

Hari Kiamat, dan langit digulung dengan tangan konon-Nyo.

Mahasuci Dia dan Mahatinggl dan apa yang mereka persekuhtkan. "

(Az-Zumar:67)Dan Allah To'olo berfirman,

" (Yaitu) pada hari Kami menggulung langit sebagai menggulung

I em b ar an - I em b ar an ker tas. S eb agaim ana Kam i tel ah m emul ai

penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah

janji yang pasti Kami tepati. Sesungguhnya Kami-lah yang akan

melaksanakannya." (An-Anbiya' : I 04)

337. Dan Allah To'olo berfirman,

" Dialah Yang Aw al danYang Akhia Yang Zhahir dan Yang Batin. Dan

D ia M aha M engetahui sego/o sesuotu. " (Al-Hadid : 3 )

338. Dan Allah To'olo berfirman,

" (D ialah) Yang Mahatingg derajaf-Nyo, Yang mempunyai Arsy, Yang

mengutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepado siopo

yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hambo-Nyo, supaya dia

memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan (Hari Kiamat),

( y aitu ) hari ( ketika) m ereka keluar ( dari kubur) . Tidak ada sesuatu

p un d i antar a hal - ihw al m ereka y ang tersemb uny i b agi AII ah. ( Lal u

AIIah berfirman): "Kepunyaan siopokoh s eluruh kerajaan pada hari

ini? " Kepunyaan AIIah Yang Maha Eso logi Maha Mengalahkan.

Pada hari ini tiolt-tiop jiwa diberi bqloson otas apo yang teloh

diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini.

Sesun ggu h ny a Alloh amat cepat hisabny a. " (Al-Mukmin : I 5- I 7 )

339. Dalam Shahih Al -B ukhan dan S hoh i h M uslim d iriwayatkan dari Ab u

Hurairah Radhiy all ahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallall ahu Alaihi

waSallam bersabcla,

" Allah menggenggam bumi dan menggulung langit dengan tangan

konon-Nyo, lalu berfirman,'Aku-lah Raj a, Aku-lah Yang M ahokuoso.

Manakah raja-raja di bumi? Manakah para penguasa? Manakah

m anusia- mon usio som bong? "

340. Dan diriwayatkan pula dalam ShahihAl-Bukhoridan Shohih Muslim

dari hnu Umar Rodh iyallahu Anhumo, bahwa Rasulullah Shallallahu

Alaihi w a Sallam bersabda,

"sesunggu hnya Allah menggenggam langit dengan tangan kanan￾Nya, kemudian berfirman, Akulah Raja. "'

341. Sedang dalam Musnad lmam Ahmad dan Shohih Muslim,

diriwayatkan dari hnu Um ar Ro dhiyallahu An h u, bahwa pada suatu

hari Rasulullah S hollol lahu Alaihi w a S allam m embaca ayat berikut

inidiatas mimbar,

"D an mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengggungsn yang

semestinya, padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada

Hari Kiamat, dan langit digulung dengan tangan konon-Nyo.

Mahasuci Dia dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan."

(Az-Zumar:671

Demikianlah sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi uro Sollom sambil

menggerakkan tangan beliau, yaknimendorongnya ke depan dan ke

belakang seraya katanya, 'Allah memuji Diri-Nya (seraya berfirman),

'Akulah Yang Mahakuasa, Akulah Yang patut menyombongkan diri, Aku￾lah Raja, AkulahYang Mahamulia, AkulahYang Maha Pemurah."

(Begitu kerasnya gerakan tangan) Rasulullah Shallallahu Alaihi wa

Sallam, sampai mimbar berguncang keras, dan kami pun berkata,

"Mimbar pasti roboh bersama beliau. "

Lafazh hadits ini menurut Ahmad.

Sementara itu, kamitelah menyebutkan pula beberapa hadits

lainnya yang berkaitan dengan masalah iniketika menafsirkan ayat ini

dalam kitab tafsir kami, lengkap dengan berbagai sanad dan lafazhnya,

sehingga tak perlu kita perpanjang lagi di sini. Alhom dulillah.

Bumi Berganti

Dalam hadits tentang sangkakala di atas, Rasulullah Shollollahu Alaihi wa

Sallam menyatakan, bahwa Allah kelak akan mengganti bumi ini dengan

bumi yang lain, lalu menghamparkan dan membentangkannya bagaikan

membentangkan kulit yang telah disamak.

342. Allah Ta'ala menggambarkan keadaan bumidi waktu itu dalam

firman-Nya,

"Tidak ada sedikit pun kamu lihat padany a tempat y ang rendah dan

\1angtinggi. " (Thaha: 107)

Kemudian Allah To'olo menghentak seluruh makhluk dengan satu

hentakan, maka tiba-tiba mereka berada dalam bumiyang sudah berganti

itu.

Demikianlah, sebagaimana Dia firmankan pada ayat lain,

" (Yaitu) pada han (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain, dan

(demikian pula) langit. Dan mereka semuanya (berkumpul di

padang Mahsyar) menghodap ke hadirat AllahYang Maho Eso logi

Mahaperkaso. " (lbrahlm: 4t)

344. Sementara itu dalam Shohih Muslim diriwayatkan dariAisyah

Radhiyallahu Anha, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam

pernah ditanya, "Dimanakah manusia berada ketika bumi dan langit

diganti?"

Beliau menjawab, "Dalam kegelapan dibawah jembatan."

Tapi, ada kemungkinan yang dimaksud penggantian bumipada

ayat di atas, bukan penggantian yang dimaksud dalam hadits ini. Karena

yang dimaksud penggantian pada ayat diatas adalah, bahwa gunung￾gunung dan bangunan-bangunan besar lainya dimuka bumimengalami

pergeseran hebat selama waktu antara dua tiupan: tiupan kematian dan

tiupan kebangkitan (No/khofus Sho'iq dan Ndkhatul Ba' ats). Yakni, bahwa

gunung-gunung itu berjalan dan bumi berguncang hebat, dan semuanya

berubah menjadi satu hamparan, tidak ada lekukan-lekukan tanah, tidak

ada bukit-bukit dan tidak ada lembah-lembah.

345. Allah Ta' alaberfirman,

" D an mereka bertanya kepadamu tentang gunung- gunung. M oka

katakanl ah,'Tuhan- ku akan m enghancurkannV a ( di H ari Kiamat)

sehancur- han cur ny a, m aka D ia akan m enj adik an ( b e kas ) gun un g -

gunung itu datar somo sekoli, tidak ado sedikit pun kamu lihat

padany a tempat y an g r e ndah m aupun y ong tingg1, "' (Thaha : I O5-

r07)

346. Dan Allah Ta' ala berfirm an,

" D an dij alankanlah gunun g- gunung, maka m enj adi t'atamorgonalah

io. " (An-Naba': 2O)

347. Dan Allah To'olo berfirman,

"Dan gunung-gunung menjadi seperti bulu yang dihambur￾hamburkan " (Al-Qari'ah: 5)

348. Dan Allah To'olo berfirman,

" D an diangkatlah b umi dan gunun g- gunun g, I alu dib enturkan

keduanya sekali bentur. " (Al-Haqqah: 1 4)

349. Dan Allah To'olo berfirman,

Dan (ingatlah) akon hari (yang ketika itu) Kami peryalankan Wnung

gunung, dan kamu akan melihat bumi itu datar, dan Kami

kumpulkan seluruh manusia tonpo Kamif inggolkon s eorang pun dan

mereka. Dan mereka okan dibawake hadapanTihan-mu dengan

berbarls. sesungguh nya komu datang kepada Kami, sebagaimana

Kami menciptakan kamu pada kali yang pertama. Tetapi kamu

malah mengatakan, bahwa Kami sekali-kali tidak akan menetapkan

bogikamuwaktu (memenuhi) perjanjian " (Al'Kahftz 47'481

Jacad-faead Tumbuh

Dalam hadib tentang sangkakala, Rasulullah ShallollohuAlaihi uo Sollom

juga menceritakan, "Allah Ta'alakemudian menurunkan air dari bawah

'Arsy. Maka hujan pun turun selama empat puluh hari, sehingga air berada

pada ketinggian dua belas hasta di atas kamu. Kemudian Allah menyuruh

jasad-jasad tumbuh. Maka jasad-jasad itu pun tumbuhlah bagaikan

Thorofs its, t) yaitu mentim un kecil atau sayuran lainnya. "

350. Begitu pula, telah disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan Imam

Ahmad dan Muslim dari Abdutlah bin Umar Rodh iyallahu Anhuma,

Rasulullah Shallallahu Alaihi tuo Sallom bersabda,

" Ker nudian lsrat'il meniup sangkakala. Maka tidak seorang pun yang

mendengar melainkan menundukkan batang Iehernya lalu

mendongakkannya. Adapun yang pertama-tama mendengar adalah

seseorong yang tengah melepa kolarnnya, maka dia pun mati. Tidak

seorang pun yang mendengar melainkan mati. Kemudian Allah

mengirimkan hujan bagaikan kobut tebal atau naungan, maka

tumbuhlah jasad seluruh makhluk. Kemudian Israt'il meniupkan lagi

sangkakalanya, maka mereka pun bangkit menunggu. Kemudion

dise r ul ah,' H ai m anusia, kem ar il ah m enghadap Tuh an - m u! "'

35 1 . Seda ng Al-Bukhari m eriwayatkan dari Abu Hurair ah Radhiy all ahu

Anhu, dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam. bahwa beliau

bersabda,

"Jarak antara dua tiupan adalah empat puluh." Orang-orang

bertanya, "Hai Abu Huraiah, empat puluh hari?" Dia jawab,

" Entoh. " 1 ) " Emp at pul uh b ulan? " tany a m ereka p ula, dan dia j aw ab,

" Entahlah. " " EmpatpLtluh tahun? " tanya m ereka sekali lagi, tapi dia

tetap menjawab, "Entah. Dan apa pun daritubuh manusia okon

hancur kecuali tulang ekornya. Dari tulang ekor itulah tubuhnya

okon disusunkembali."

352. Dan Muslim juga meriwayatkan seperti di atas, dan menambahkan:

Sete lah Abu l-lurair ah Radhiy all ahu Anhu, menj awab entahlah untuk

ketiga kalinya, maka dia berkata, "Kemudian turunlah hujan dari

langit. maka mereka pun tumbuhlah bagaikan tumbuhnya sayuran.

Dan tidak ada sesuatu pun dari tubuh manusia yang tidak hancur.

kecualisatu tulang saja, yaitu tulang ekor. Daritulang inilah tubuhnya

akan disusun kembali pada HariKiamat."

TIUPAN KEBANEKITAN

353. Allah Ta' alaberfirman,

"Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa pun yang ada di

Iangit dan di bumi, kecuali mereka yang dikehendaki Allah,

Kemudisn ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka

b erdir i menunggu ( putus anny a masing- masing) . D an ter ang￾benderanglah bumi ( padang Mahsyar) dengan cahaya (keadilan)

Tuhan-nya., Dan dibenkanlah buku (perhitungan perbuatanmcsing￾mosing/ dan didatangkanlah para nabi don solcsi-solcsi, lolu dibert

keputusan di antara mereka dengan adil, sedang merekatidak

dirugkan. Dan disempurnakan bagi tiap-ttap jiwa (balasan atas) apa

yang telah dikerjakannya, dan Dia lebih mengetahui apo yang

mereka kerjakan. " (Az-Zumar: 68-70)

354. Dan Allah Tb' alaberfirman,


"(Yaitu) hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala, lalu kamu

datang berkelompok-kelompok, dan dibukalah langit, maka

terdapotlah beberapa pintu. D an dijalankanlah gunung- gunung,

maka menj adi t'atamorganalah ia. " (An-Naba' : 1 8-20)

355. Dan Allah Ta'slo berfirman,

" Aaitu) pada hari Allah memanggil kamu, Ialu kamu mematuhi-Nya

sambil memuji-Nyo, dan kamu mengra, bahwa kamu tidak berdiam

( di dalam kub ur ) kecuali seb entar saj a. " (Al-lsra. : 52 )

356. Dan Allah To'olo berfirman,

"Sesungguh nya pengembalian itu hanyalah dengan satu kali tiupan

saja, maka dengan serta merta mereka hidup kembali di permukaan

bumi." (An-Nazi'at: 13- 14)

357. Dan Allah To'olo berfirman,

"Dan ditiuplah sangkalala, maka tiba-tiba mereka keluar dengan

segera dari kuburnya (menuju) kepadaTuhan mereka. Mereka

berkata, 'Aduh celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan

kami dari tempat tidur kami (kubur)? " lnilah yang dijanjikan (Tuhan)

Yan g M aha Pe m ur ah, dan b en arl ah rosu/-rosu t (N y a) . Tidak ad,al ah

teriakan itu selain sekali teriakan saja, maka tiba-tiba mereka semua

dikumpulkan kep ada Kami. M aka, pada han itu sqeorang tidak akan

diruEkan sedikit pun, dan kamu tidak dibalas kecuali atas apa yang

telah kamu kerl akan." (Yasin : 5 1 -54)

Adapun dalam hadits tentang sangkakala di atas disebutkan, setelah

tiupan yang mematikan (No/kofus sha'iq), maka bangkitlah seluruh

makhluk. Sementara itu Allah Yang Mahahidup dan tak pernah mati tetap

kekalabadi. Dia memang telah ada sebelum adanya apa-apa, dan adalah

DiaYang Mahaakhirsetelah berakhirnya segala yang ada.

Lalu, digantilah langit dan bumi pada rentang waktu antara dua

tiupan. Kemudian Allah ro'olo menyuruh turunkan hujan. Dan dariair

hujan itulah jasad-jasad makhluk terbentuk kembali, tersusun dalam kubur

mereka seperti sediakala ketika masih hidup didunia, tapibelum lagi

bernyawa.

sesudah itu Allah ra'ala berfirman, ".Fiiduplah para malaikat

pembawa Arsy." Maka mereka pun hidup kembali.

Dan disuruh-Nya Israfil mengambilsangkakala. Maka dia letakkan

benda itu di mulutnya.

Kemudian Allah berfirman, "Hiduplah Jibrildan Mikail." Maka

mereka berdua pun hidup kembali.

Dan selanj utnya Allah ra' alam enyuruh mengambil roh-roh, maka

roh-roh pun didatangkan. Roh kaum mukminin tampak berkilauan

cahaya, sedang roh-roh yang lain nampak gelap. Roh-roh itu semua

kemudian digenggam-Nya lalu dimasukkan ke dalam sangkakala.

Kemudian Allah ro'ala menyuruh Israfilmeniup sangkakahny" d"ngun


tiupan kebangkitan. Israilpun meniupnya, dan keluarlah roh-roh bagaikan

lebah memenuhi ruang antara langitdan bumi.

Allah Ta'ala berfirman, "Demi kemuliaan dan kebesaran-Ku,

kembalilah semua roh ke jasad yang pernah ditempatinya didunia." Maka

roh-roh mendatangijasad masing-masing dan masuk lewat pangkal

hidung, lalu merambat ke seluruh tubuh sepertimerambatnya racun ke

sekujur tubuh orang yang digigit binatang berbisa.

"sesudah itu bumi pun merekah bagimu," demikian sabda

Rasulullah Shaltallahu Alaihi wa Sallam, "dan aku adalah orang yang

pertama-tama bangkit dari rekahan bumi itu. "

Selanjutnya kamu sekalian cepat-cepat keluar menuju kepada

Tuhan-mu, dan bergegas memenuhi panggilan malaikat penyeru,

sementara orang-orang kafir berkata, "lnilah hariyang berat." Semuanya

tanpa alas kaki, telanjang dan tidakberkhitan.

358. Allah Ta' alaberfirman,

" (Yaitu) pada hari mereka keluar dari kubur dengan cepat, seakan￾akan mereka pergi dengan segerakepada berhala-berhala (sewaktu

di dunia), dalam keadaan mereka menekurkan pandangannyo

(serta) diliputi kehinaan. Itulah hari yang dahulunya diancamkan

kepada mereka. " (Al-Ma'a rii: 43'44)

359. Dan Allah To'alo berfirman,

" D an dengarkanlah (seruan) pada hari penyeru ( malaikat) menyeru

dari tempat yang dekat. (Yaitu) pada hari mereka mendengar

teriakan dengan sebenar-benarnya. ltulah hari keluar (dari kubur).

Sesungguh nya Kami menghidupkan dan mematikan, dan hanya

kepada Kami-lah tempat kembali (semua makhluk)' Aaitu) pada han

bumi terb elah- b elah m enampakkan mereka (lalu mereka keluar)

dengan cepat. Yang demikian itu adalah pengumpulan yang mudah

bagi Kami." (Qaf: 4l-441

360. Dan Allah To'olo berfirman,

"Maka berpalinglah kamu dari mereka. (lngatlah) hari (ketika)

s eor an g p eny er u ( m al aikat) m eny er u kepada ses uaf u y an g tidak

menyenangkan (hari pembalason)' Som bil menundukkan

pandangan-pandangan mereka, mereka keluar dari kuburan,

seakan-akan mereka belalang yang beterbangan. Mereka datang

dengan cepat kepada Wny eru itu. Sedang orang-orang kafir berkatn,

'Ini adalah hari yangberat."' (Al-Qamar: 6'8)

Dan Allah Ts'olo berfirman,

"D ari bumi (tanah) itulah Kami menjadikan kamu, dan kepadanya

Kami akan mengembalikankomu, dan donpdanyapulaKami akan

mengeluarkan kamu pada kali yang lain. " (Thaha : 55)

362. Dan Allah Ta' ala berfirm an,

"Di bumi itu kamu hidup, dan di di bumi itu kamu mati, dan dari

bumiitu (pula) kamuakandibongkitkan." (Al-Araf : 25)

363. Dan Allah To'olo berfirman,

" D an Allah menumbuhkon kamu dari tanah dengan sebaik-baiknya,

kemudian Dia mengembalikan kamu ke dalam tanah, dan akan

mengeluarkan kamu (daripadanya pada Hari Kiamat) dengan

sebenar-benarnya." (Nuh: 17- I 8)

364. Dan Allah Ta' alaberfirman,

"(Yaitu) hari (yangpada waktu itu) ditiup sangkakala,lalu kamu

datang berkelompok-kelompok. " (An-Naba' : I 8)

Bangkit dari Kubur

Hari Kiamat, atau Iebih tegasnya tiupan sangkakala untuk membangkitkan

jasad-jasad yang telah terkubur, terjadipada hari Jum'at. Dalam hal ini

banyaklah hadits-hadits yang diriwayatkan, antara lain:

365. Imam Malik bin Anas meriwayatkan dari Abu Hurairah Ro dhiyallahu

Anhu,sabda Rasulullah S hallallahu Alaihi waSollom,


" Sebaik-baik hari yang disinari matahari adalah hari Jum'at. Pada

han itu Adam diciptakan, pada hari itu dia diturunkan, pada hari itu

dia diterima taubatnya, pada hari itu dia meninggal, dan pada hari

itu pula teryadinya Kiamat. Dan tidak seekor pun bigatang melata

di bumi melainkan terlelap pada hari Jum'at, seiak mulainya waktu

Subuh sampai terbit matahari, karena takut kepoda Hari Kiamat,

selainmonusio dan jin. Danpada hariJum'atitu adasuotu sqat, di

mana tidak seo r an g pun hamb a AII ah y an g m usl im, y ang keb etul an

melakukan shalat dan meminta sesuatu kepada Allah saat itu,

m elainkan AIIah pasti m emb eriny a. " 1)

Jasad Para Nabi Tidak Hancur oleh Thnah

366. Imam Ahmad bin Hambal meriwayatkan dariAus bin Aus Ats￾Ts aqaf i Radhiy al I ahu Anhu,s abda Rasulullah S hall all ahu AI aihi w a

Sallam,


"sebaik-baik harimu adalah hari Jum'at. Pada hari itu Allah

menciptakan Adam, pada hari itu pula dia dicabut nyawanya. Pada

hari itu sangkakala ditiup (tiupan yang mengejutkan), dan pada hari

itu pula (ditiup tiupan yang) mematikan' Maka perbanyaklah

membaca shalawatkepadaku pada hari Jum'at, karena shalawat

kamu sekalian diperlihatkan kepadaku. Para sahabatbertanya, 'Ya

Rasul Alllah, bagaimana mungkin shalawat kami diperlihatkan, jika

engkau telah hancur?' Rasul meniawab, 'Sesungguhnya AIIah

mengharamkan bumi memakan jasad para nabi Shallawatul lahi

Alaihim."'


Bumi Rekah Pertama Kali Bagi Nabi Muhammad

367. Muslim bin Hajjaj meriwayatkan, bahwa perawi hadis iniberkata,

Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu telah menceritakan kepadaku

sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam,


" Aku adalah pemimpin anak-cucu Adam di Hari Kiamat, orang yang

pertama-tama dikeluarkan dari rekahan bumi, orang yang pertama_

tama memberi syafaat, dan orang pertama-tama yang diterima

syat'aatnya."

Dan dalam sebuah hadits lain dalam shohih Musrim Rasulullah

Shall allahu Alaihi w a Sallam bersabda,


'Aku adalah orang yang pertama-tama direkahkan bumi. Tiba-tiba

aku melihatNobi Muso berpegangan pada kaki Arsy. Aku tidak tahu,

apakah dia memang sudah siumon sebelum aku, ataukah itu

merupakan balasan bagnya atos pingsannya ( dulu pada peristtwa di)

bukitThur itu."


i Dalam hadits ini disebutkan tentang apa yang akan dialamiNabi

I Musa saat rekahnya bumidi hari kebangkitan. Tapi, kata-kata tersebut

I kemungkinan berasal dari seseorang perawi, dikarenakan teringat olehnya

I suatu hadis lain lalu dia selipkan ke dalam hadits ini. sebab, keraguin

I VangdinyatakanolehRasulullahSho//o/lahuAlaihiwasallamdisinitidak

I j.tur apa maksudnya, terutama sabda beliau, "Ataukah itu merupakan

I boloson baginya atas pingsannya (dulu pada peristiwa di) bukitThur."

I

I Sekali lagi: fidak Beralas Kaki, Telanjang dan Tidak ! Dikhit.tt

I

| 369. Imam Ahmad meriwayatkan dari Aisyah Rod hiyallahu Anho, bahwa

I RusulullahShallallahuAlaihiwasallambersabda,

| "Pada Hari Kiamat kelak manusia akan dibangkitkan dalam

I keadaan tanpa alas kaki, telanjang, dan tidakberkhitan.:


Perawi hadits ini berkata, Maka Aisyah bertanya, "Ya RasulAllah,

bagaimana halnya dengan aurat?"

Beliau menjawab (dengan membacakan ayat),


"Setiap orang dari mereko pada hari itu mempunyai urusan yang

cukup menyibukkannya. " (Abasa: 37)

Nabi lbrahim Khalilullah Yang Pertama-tama Diberi

Pakaian

370. hnam Ahmad meriwayatkan, bahwa perawi hadits iniberkata. Aku

mendengar Ibnu Abbas berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi wo

So//om pernah berdiri di hadapan kami, memberi nasihat seraya

bersabda.

" Manusia akan dikumpulkon di hadirat Allah dalom keadaan tanpa

alas kaki, telanjang dan tidak berkhitan, (sebagaimana dit'irmankan

Allah Ta'ala) , 

'Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan yang

pertama, begitulah Kami akan mengulanginyo. "' (An-Anbiya':

104)

Dan ketahuilah, sesungguhnya orang yang pertama-tana diberi

pakaian adalah Ibrahim. Dan sesungguhnya akan ada beberapa orang

dari umatku yang hidup, mereka diselewengkan ke arah kiri. Maka aku

katakan (pada Hari Kiamat),'(Mereka adalah) sahabat-sahabatku'.

Namun aku dibantah, 'Sesungguhnya kamu tidak tahu bid'ah-bid'ah yang

mereka perbuat sepeninggalmu'. Oleh karena itu aku pun berkata seperti

perkataan hamba yang saleh (lsa bin Maryam),


'Dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka selagi aku ada di

tengah mereka. Maka setelah Engkau wat'atkan aku, Engkau-lah

yong mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Meyaksikan

ofos segolo sesuofu. Jika engkau menyiksa mereka, maka

sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu juga. Dan jika

Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkau-lah Yang

Mahaperkaso /ogi Mahabijaksana. "' (Al-Maidah: 1 1 7- I 18)

Maka dikatakan (kepadaku), "Mereka selalu berbalik ke belakang

(murtad) sejakkamu berpisah dengan mereka."





EAMBARAN AL.QUR'AN AL-KARIM

TENTANE SEBAEIAN

KEDAHSYATAN HARI KIAMAT

37 1. Allah Ta' alaberfirman,


" Maka pada hari itu terladilah Kiamat, dan terbelahlah langit, karena

pada hari itu langit menjadi lemah. Dan malaikat-malaikat berada di

penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu ada delapan orang

m al aikat m enj unj u ng Ar sy TAh an - m u di atas ( kep al a) m ereka. Pada

hari itu kamu dihadapkan (kepadaTihan-mu) , 

tiada sesuatu pun dori

hal -ihw almu y an g tersembuny i (ba1i Allah). " (Al -Haqqah : I 5- I 8)

37 2. D anAllah To'olo berfirman,


Dan <lengarkanlah (seruan) y:ada hari dimana seorang penyeru

(malaikat) menyeru dari tempat yang dekat. (Yaitu) pada hari

mereko rnendengar teriakan dengan sebenar-benarnya, itulah hari

keluar (dari kuburl. Sesungguhnya Kami menghidupkan dan

mematikan, dan hanya kepada Kami-lah tempat kembali (semua

rnakhluk). (Yaitu) pada hari bumi terbelah-belah menampakkan

ntereka (lalu mereka keluar) dengan cepat. Yang demikian itu adalah

p en gur n p ulan y an g mudah b agi Kami. " (Qaf : 4t - 4 4\

373 Dan Allah To'o/o berfirman,

" Kar e n a ses u n ggu h n yo podo s is i Kami ada b elenggu- b elenggu y ang

berat, neraka yang bernyala-nyala, makanan yang menyumbat di

kerongkongan dan adzab yang pedih. Pada hari bumi dan gunung￾gunung berguncang, dan menj adilah gunung-gunung itu tumpukan

pasir y ang bete.rbangan. " (Al-Muzammil : l2-L4\

374. Sampai dengan firman Allah To'olo,

"Maka bagaimanakah kamu akan dapat memelihara dirimu, jika

kamu tetap kat'ir kepada hari yang menjadikan anak-anak beruban.

Langit(pun) menjadi pecah-belah pada hari itu, karena (kehendak)

Allah. Adalah janji-Nyo ifu pastiterlaksona. " (Al-Muzammil: 17-

18)

375. Dan Allah To'olo berfirman,


"Dan (ingatlah) akan hari dimana Allah mengumpulkan mereka.

(Mereka merasa di hari itu) seakan-akan mereka tidak pernah

berdiam (di dunia) melainkan sesoof sojo disiong hari. Di waktu itu

mereka saling berkenalon. Sesungguhnya rugilah orang-orang yang

mendustakan pertemuan mereka dengan AIIah, sedang mereka

tidak mendapat petunjuk. " (Yunus: 45)

376. Dan Allah To'olo berfirman,

"Dan (ingatlah) akan hari, dimana Kami menjalankan guning￾gunung, dan kamu akan melihat bumi itu datar, dan Kami

kumpulkan seluruh manusia tanpa Kami tinggalkan seorang pun dan

mer eka. D an m ereko akan dib aw a ke hadapan Tuhan- mu dengan

berbaris. Sesungguh nya kamu datang kepada Kami, dalam keadaan


seperti ketikaKami menciptakan kamu pada kali yang pertama.

Tetapi kamu malohan mengatakan, bahwa Kami sekali-kali tidak

akan menetapkan bagi komu waktu (memenuhi) perianjian. Dan

diletakkanlah kitab, Ialu kamu akan melihat orang-orang yang

bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan

mereka berkata, 'Aduhai celaka kami, kitob apakah ini yang tidok

m enin ggolkon y an g ke c il don ti d ak ( p ul a) y an g b es ar, m el ainkan ia

mencatat semuango. Dan mereka dapati apa yangtelah mereka

keryakan ada (tertulis) . DanT\han'mu tidak menganiaya seorang jua

pLtn." (Al-Kahfi: 47 -49)

37 7 . DanAllah To'olo berfirman,

" D an mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagunEan yang

semestinya, padahal bumi seluruhnya dalam genggamon-Nya pada

Hari Kiamat, dan langit digulung dengan tongan konon-Nyo.

Mahasuci Dia dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan.

D an ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa pun yang oda di lon$t

dan di bumi, kecuali mereka yang dikehendaki AIIah. Kemudian

ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri

menunggu ( putusannyo masing mosing/. Dan terang-benderanglah

bumi (padang Mahsyar) dengan cahaya (keadilan) Tuhan-nya,

d ib er ik anl ah b uku ( p e rhitu n gan p er b u atan m as in g- m as in g), dan

didatangkanlah para nabi dan soksi-soksi, Ialu diberi keputuson di

antara mereka dengon adil, sedang merekatidak dirugikan- Dan

disempurnakan bagi tiap-tiap jiwa (balasan atas) apa yang telah

dikerjokannya, dan Dia lebih mengetahui apa yang mereka

kerj akan. " (Az-Zumar : 67 -7 O\

378. Dan Allah To'olo berfirman,

"Apabila sangkakala ditiup, maka tidak ada lagi pertalian nasob di

antara mereka pada hari itu, dan tidak pula mereka saling bertanya.

Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka

itulah orang-orang yang mendapat keberuntungan. Dan

barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang￾orang yang merugkan dirinya sendin, mereka kekal di dalam neraka

J ahannam." (Al-Mukminun: f 0 1- 103)

379. Dan Allah To'olo berfirman,

"Pada hari ketika langit menjadi seperti luluhan perak. Dan gunung￾gunung menjadi seperti bulu (yang beterbangan). Dan tidak ado

seorang pun teman akrab yang menanyakan temannya, sedang

mereka 'sd/ing merihat. orang kafir irrgin urtdarktt^ menebus rlia rrolnt (dirinya) dari adzob hari itu;":";r;";:rak ,n<tkrryo. saudaranya, kyum t'amilinyo yang melindunginyo (didurriu). 

orang-orang cjon di atas bumi sertt^thiyo. x",nuii,oriI,o kan) 1rn"ugh*op tebusa,n ita dapat menyeratmatkonnyo. 

Sesungguh i"iotrioti tidak crapat.

mengeluposlccn 

nya nerako itu adalah ap'i vr"n [";;eiolak, yang kulit kepala, yang rnemanggil orarrg yang m e m b el aka n g,i ! a n b e r p a I i' n g 1 dar i a {a n n ) r; r;;'; 

" (harto n gu m p u I k an bendo) lalu menjimpinnyo ,, (Al-Ma,arij : E- I E)

380. Dan Allah To'olo berfirman,

"Dan apabira datang syora yang n'temekakkan (tiupan sangkarara yang kedua), pada hqri ketikar,Jnt,sio 

dan rari dari sau,Jionyo, dari ibu bapaknva, dari istri dart onoi-.orokr*r,. pada i*',riilng dari mereka hari itu mempunyai urusan yang cukup menyibukkannyo. Banyak muka pada hari'itu berseri-seri. tertowa dan gernbira banyak (pura) ria. don muka pada hari it, i"rn,tup debu. chn1itutup kegelapan. rogi oreh Mereka itulah orttna (Abasa: 33-4rj " tlvtwt t vt rtr tg-ofaflg yortg kalir lagi durhoka,"

381. Dan Allah Ta,o/o berfirman.

datang. 

"Maka apabira 

pada 

marapetaka u,rg s.rrgo t besor (f1ori Kiontat) terah hari (ketika),r,,,,,i,rio 

dikerj 

teri,gat aka, apa ya,g telah ak an n y a, d o n d i p e r I i h at k tu t n e r a k a dJ n go n i 

t or' k 

" orang yong melihat p ad a s eti ap

,Adapun oreng 

m e 

vang melantpaui batas, dan lebih n su t am ak an ke h i d u p a n <l t, t i s. n, o k or"r r,;;;;;;;" tempot n er akal a h tinggar(,nya). Dan acraltttrr orang-orong yang takut kepada kebesaran Tuhan-nya. 

nat's 

,Ion ,,,",ruuhan ,Jiri dori keinginar.t hqwa u ny o. rn oka ses t r nggu h r r ycr s.u r ga l ah 

-te 

m p 

"r 

fi n oi' t f rir a ) . ( O r o n g _

o r a n s k af i r ) b e r t a n y a k e p a, r a i t u M, ;-;;' ;"oi )" i'J n, u, s h o r i k e b an gki ta n, k ap a n k a h te r i art n ru a? S.i a2ak a h t ",r,i r "' i,,t gga ) cl op at rn e n v e b utk an ( w aktu n v a ) ? Ke p o,J s Tu h a n ;, fo' i"iii 

",, kesudahannyo b u r i k a, (ketent;o" *"i;;;yo) Kornu halryolah rler.rberi peringatan basi s1.7oo 

hari mereka 

vangtoktt kepadanya h;,ri;";;;l'kitan1 eada melih.ot saat X"Ao,,g,ilnn itu. mereko (rtrerasa)seokon. akan tidok pernoh tinggal (di riuntia) ntelainkan uaktu f r"i"rr"r.soio/ di sore atau pagi hii.,. (A"-fVuri,at: 34-46)

382 Dan Allah Io'olo berfirman.

'Jongan ( berbuatdemikian). Apabila bumi diguncangkan bertrrt rt. turut' dan datanglah Tuhan-ntti. dii,irnE para ntalaikat berboris baris

Dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahannam. Pada hari itu

manusia barulah ingat, akan tetapi tidak berguna lagi mengingat itu

baginya. Dia mengatakan, Alangkah baiknya kiranya aku dahulu

mengerjakan (amal saleh) untuk hidupku ini.' Maka pada hari itu

tiada seorang pun dapat menyiksa seperti sikso-Nyo, dan tiada

s eo r on g pu n y an g dapat m engikat seperti ikofo n-Nyo. H ai i iw a y an g

tenang, kemb alil ah kep ada Tuhan- mu dengan hati y ang puos /ogi

diridhai-N ya. Maka, masuklah ke dalam iama' ah hamba-hamba-Ku,

don masuklah ke dalam surga-Ku. " (Al-Fair: 21-30)

383. Dan Allah To'olo berfirman,

" S udah datangkah kepadamu b erita (tentan g) H ari Pemb al asan?

Bonyak muka pada hari itu tunduk terhina, bekerja keras lagi

kepayahan, memasuki api yang sangot panas (neraka), diberi

minum dengan air dari sunrber yang sangat panas. Mereka tiada

memperoleh makanan selain dari pohon yantgberduri, yangtidak

menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar' Banyak muka

pada hari itu berseri-seri, merasa senang karena usahanya, berada

dalamsurgo yang tinggi, tidak komu dengar di dalamnya perkataan

yang tidak berguna. Di dalamnya ada mata air yang mengalir. Di

dalamnya ada tahta-tahta yang ditinggikon, dan gelas-gelas yang

terletak (di dekatnya), dan bantal-bantal sqndaran yangtersusun,

dan perm adani-perm adani y ang terhampar. M aka, apakah mereka

tidak memperhatikan unta, bagaimona dia diciptakan?" (Al'

Ghasyiyah: l-17)

384. Dan Allah To'olo berfirman,

" Apabila terjadi Han Kiamat, maka teriadinya Kiamat itu tidak dapat

didustakan (disangkat). (Kejadian itu) merendahkan ( satu golongan)

dan meninggikan ( golongan yang loin) . Apabila bumi diguncangkan

sedahsyat-dasyatnya, dan gunung-gunung dihancur-luluhkan

sehancur-hencurnya, maka ia meniadi debu yang beterbangan, don

kamu menjadi tiga golongan, yaitu: Golongan kanan. Alangkah

mulianya golongon kanan itu. Dan golongan kiri' Alangkah

sengsaranya golongan kiri itu. Dan golongan orang-orang yang

paling dahulu beriman. Mereka itulah orang yang didekatkan

(kepada AIIah). Berada dalam surgo-surga kenikmafon. " (Al'

Waqi'ah: l-l2l

Kemudian Allah To'olo menyebutkan balasan bagi masing-masing

dari ketiga golongan tersebut saat mereka menghadap ke hadirat Ilahi,

sebal;aimana kami lerangkan c'lalanr tafsir kami, ketika menafsirkan akhir

suralyang mulia ini.

385. Dan Allah To'olo berfirman,


"Maka berpalinglah kamu dari mereka. (lngatlah) hari (ketika)

seorang penyeru (malaikat) menyeru kepada sesuofu yang tidak

nenyenongkan (Llari PentbalasonJ. Som bil menundukkan

pandangan mereka, mereka keluar dari kuburan. seakan-akan

rnereka belalang yang beterbongan. Mereka datang dengan cepat

k ep ad a p e n y e r u itu. S e dan g o r an g- o r ang kaf ir b er koto,' I nil ah h or i

yang berat. "' (Al-Qamar: 6-8)

386. Dan Allah To'olo berfirman,

" (Yaiht) pada hari ( ketika) bum i diganti dengan bumi y an g I ai r-t, dan

(demikian pulo) Iangit. Dan mereka semuanyo (di padangMahsyar)

berkumpul menghadap ke hadirat Allah Yang Maha Escr logi

Mahaperkasa. Dan kamu akan melihat orang-orang yangberdosa

pada hari itu diikat bersamo dengon belenggu. Pakaian mereka

adalah dari pelangkin (ter), dan muka mereka ditutup oleh api

neraka, agar Allah memberi pembalasan kepadatiap-tiap orang atas

ap a y an g dio uso ho ko n. Ses u n ggu h ny a AII ah M ahacepat h iso b -Nyo.

( Al - Q ur' an ) ini adal ah p e n j el asan y ang sempurna b ag m an usia, dan

supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalahTuhanYang

Moha Eso, don agar orang-orang yang berakal mengambil

pelajaran. " (lbrahim : 48-52)

387. Dan Allah To'olo berfirman,

"(Dia-lah) Yang Mahatinggi derajat-N.ya, Yang mempunyai 'Arsy,

Yang mengutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepada

siapa pun yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hambo-Nyo,

supaya dia mempenngatkan ( manusia) tentang hari pertemuan (Hari

Kiamat), ( y aitu) hari (ketika) m ereka keluar ( dari kubur), tiada suatu

pun dari hal-ihwal mereka yangtersembunyi bagi Allah. (Lalu AIIah

berfirman),'Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini?'

Kepunyaan AllahYang Maho Eso lagi Maha Mengalahkan. Pada hariini tiap - tiap j iw a dib er i b ol asar t at as a pa y an g dn t sahuk o r n y a f i d uk

ada yong dirugikon pado hari inr. Sesungguhnga Alloh atrwl cepal

hisabnya. " (Al-Ivlukmln : I 5' I 7 )

388. Dan Allah To'olo berfirman.

" B er il ah mereka per in gatan te ntan g ha r i y an g dekat ( H ar i Kiam at)

(Yaitu) ketika hoti (menyesok/ somp oi di kerongkongan dengan

menahan kesedihan. Orang-orong yong zholim tidak ntempunyai

teman setio seorong pun dan tidak (pula) mempunyoi seorang

pemberi syat'oot yang diterima syofaotnyo. Allah mengetohui

( pandongan) matu yong khianat don apa yang disembuny ikon oleh

hoti. Dan AIIoh menghukum dengan keodilon, Dan sembohon￾sembahon yang mereko sembah selain Allah itu tidok dopot

menghukum dengansuotu opa pun. Sesungguh nya Allah, Dia-lah

Yang M aho M endengar lagi M aho M elihat. " (Al'Muhm I n : I E'20)

389. Dan Allah To'olo berfirman.

"Ses u n ggu hn y o Tihon' m u hany ol ah AII oh, y an g tidok oda tuh an

(yong berhak disemboh) selain Dia' Pengefohuon-Nya meliputi

segala sesuofu. Demikianlah Kami kisohkon kepadamu

(Muhammad) sebagion kisoh umat yang teloh lalu, don

sesungguh nnyateloh Kami berikan kepadomu dori sisiKomisuotu

peringatan ( AI -Qur' an) . B arangsiapa yong berpaling daripada Al -

Qur'on. mokasesungguh nyo dio akon memikul doso yangbesor di

Hari Kiamot. mereka kekal di dalam keodaan itu. Don amat burukloh

doso ifu sebagai beban atas mereko di Hari Kiomat. (Yaitu) di hori

(yang poda wat:tu itu) ditiup songkokola, don Kami akon

mengumpulkan pada hari itu orang-orong yongberdosa dengon

muka yang biru buram. Mereko berbisik-bisik sesomo mereka:

"Komu tidak tinggal (di dunia) melainkan honya sepuluh (hari) ' Kami

Iebih mengetahui apo yong mereka katokan, ketika orang yang

paling lurus jalonnya diontaro mereka berkots, 'Kamu tidak tinggal

( di dunia) melainkan hanya sehari.' Don mereka bertanya kepodomu

tentang gunung-gunung. Maka katakanlah, 'Tuhon'ku okon

m e nghancurkanny a ( di H a r i Ki am at) se hancur - han cur n y a. I ol u D io

akan menjadikan (bekas) gunung-gunungitu datar samo sekoli, tidak

odo sedikit pun komu lihot podanya tempat yang rendah maupun

y ang tin ggi. fuda har i itu m o n usio m engikuti ( m enui u kep ada suar o)

penyeru dengon tidak berbelok-belok. Don merendahloh semuQ

s uo ro kep ado Yan g M aha Pem ur ah. M aka, kam u tidok m e nden gar

kecuali bisikon soja. Pada hari itu tidak berguna syat'aat, kecuali

( syafaat) orong yang telah diberi izin oleh Allah Yang Maha Pemurah,

sedangDiatelah meridhoi perkataannya. Dia rnengetahui apa yang

ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka,

sedangkan ilmu mereka tidak dapat meliputi ilmu-Nya. Dan

tunduklah semua muka (dengan berendah diri) di hadapanYang

Hidup Kekal lagi senantiasa mengurus (makhluk-Nya). Dan

sesungguhnya telah rnerugilah orang yang telah melakuksn

kezhaliman. " (Thaha: 98-111)

390. Dan Allah To'olo berfirman,


"Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah)

sebagion dari rizki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum

datang hari dimana tidak ado lagi jual-beli, tidak ada lagi

persahabatan yang akrab, dan tidak ada lagi syafaaL Dan orang￾or an g kaf ir itul ah or ong- or on g y an g zhalim. " (Al-Baqarah : 2 5 4 )

391. Dan Allah To'alo berfirman.


" D an p elihar alah dirimu dari ( adzab y ang terj adi p ada) hari dimana

kamu senlua sekalian dikembalikan kepada AIIah. Kemudion

mosing-mos ing diri diberi balasan yang sempurna atas apa yang telah

dikerjakannya, dedang mereka sedikit pun tidak dianiaya." (Al￾Baqarah:281l,

392. D anAllah To'olo berfirm an,

"Pada hari dimana ada muka yang putih berseri, dan ada pula muka

yang hitam muram. Adopun orang-orang yang hitam muram

mukanga, mc,ka (kepada mereka dikatakan), 'Kenapa kamu kat'ir

sesudch kamu b eriman? Karena itu, rasakanlah adzab diseb abkan

kekat'iranmu itu.' Adapun orang-orang yang putih berseri mukanya,

maka mereka berada dalam rahmat Allah (surga) 

, mereka kekal di

dalamnya." (Ali Imran: 106-107)


Dan Allah Ta' alaberfirman,

"Tidak mungkin seorang nabi berkhianat (dalam urusan harta"

rampasan perang). Barangsiapa berkhianat (dalam uruson

rampasan perang itu), maka pada Hari Kiamst dia akan datang

membawa apa yang dikhianatkannya itu. Kemudiantiap-tiap diri

akan diberi pembalason ofos apa yang dia kerjakan dengan

(pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya." (Ali Imran:

161)

394. Dan Allah To'olo berfirman,

"(Dan ingatlah) akan hari (ketika) kami bangkitkan padatiap-tiap

umat seorang soksi atas mereka dari kalangan mereka sendiri, dan

Kami datangkan kamu (M uhammmad) menj adi soksi atas selur uh

umat manusio. Don Kami turunkan kepadamu AI-Kitab (Al-Qur' an)

untuk menjelaskan segala sesuofu dan petunjuk serta rahmat bagi

orang- orang y ang berserah diri. " (An-Nahl : 89)

395. Dan Allah To'olo berfirman,

"Dan (ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan dari tiap-tiap

umat seorang soksi (rasul) 

, kemudian tidak diizinkan kepada orang￾orang yang kafir (untuk membela diri), dan tidak (pula) mereka

dibolehkan meminta maaf . Dan apabila orang-orang zhalim telah

menyaksikan adzab, maka tidaklah diringankan adzab bag mereka,

dan tidak pula mereka dibei tangguh. Dan apabila orang-orang yang

mempersekutukan (AIIah) melihat sekutu-sekutu mereka, mereka

beikata, 'YaTuhan kami, mereka inilah sekufu-sekutu kami, yang

dahulu kami semb ah selain dan Engkau.' Lalu skutu- sekutu mer.gka

mengatakan kepada mereka, 'Sesungguh nya kamu benar-benar

orang yang dusta.' D an sekutu-sekufu itu menyatakan ketundukan￾nya kepada AIIah, dan pada hari itu hilonglah dari orang-orang

musyrik itu apa yang selalu mereka ada-adakan. Orang-orang yong

kat'ir dan menghalangi (manusia) dari jalan Allah, Kami tambahkan

kepada merekasiksoon di atas siksoon, disebabkan mereka selalu

b erbuat kerusakan. " (An-Nahl : 84-88)

396. Dan Allah To'olo berfirman,

"AIIah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia.

Sesungguh nya Dia akan mengumpulkan kamu di Hari Kiamat, yang

tidak ada keraguan tentang (terjadi)-nya. Dan siapakah yang lebih

b en ar p erk ataan ( ny a) darip ada AII ah? " (An-Ni sa' : 87 )

397 . DanAllah To'olo berfirman,

"Maka demi Pemelihara langit dan bumi, sesungguh nya yang

dijanjikan itu adalah benar-benar (akan terjadi), seperti perkataan

yang kamu ucapkan. " (Adlz-D zariyat: 23)

398. Dan Allah To'olo berfirman,

" (lngatlah) 

, hari diwaldu AIIah mengumpulkan para Rasul, Ialu Allah

bertanya (kepada mereka), 'Apa jawaban kaummu terhadap

( seruon) -mu?' Para Rasul menjawab, Tidak ada pengetalutan kami

(tentang itu) , sesungguhnya Engkau-lah Yang Maha Mengetahui

perkara yang ghaib. "' (Al-Ma' idah: 109)

399. Dan Allah To'olo berfirman,

"Makasesungguh nya Kami akan menanyai umat-umat yang telah

diufus rasul-rasul kepada mereka, dan sesungguhnyaKami akan

menanyai (pula) rosu/-rosu/ (Kami). Maka,sesungguhn ya akan Kami

kabarkan kepada mereka (apa-apa yangtelah mereka perbuat),

sedang (Kami) mengetahui (keadaan mereka) , dan Kami sekali-kali

tidak j auh ( dari mereka) . Timb angan pada hari itu ialah kebenaran

( ke adil an ) . M aka, b ar an gsi ap a b er at ti m b angan keb aikanny a,

mereka itulah orang-orang yangberuntung. Dan barangsiapa yang

ringan timbangan kebaikannya, itulah orang-orang yang meruEkan

dirinya sendiri, disebabkan mereka selalu mengingkari ayat-ayat

Kami." (Al-Araf:6-9)

400. Dan Allah To'olo berfirman,

"Pada hari ketika tiap-tiap diri mendapati segala kebajikan

dihadapkan (dimukanya). Begitu (juga) kejahatan yang telah

dikerjakannya. Dia ingin andaikan antara dia dengan hari itu ada

mosa yang jauh. Dan AIIah memperingatkan kamu terhadap Diri

(s i kso/ -Nyo . D an AII ah M aha Pe ny ay ang terhadap hamb a - hamb a -

Nyo." (Ali lmran: 30)

40 1 . Dan Allah Ta' al a berfirm an,

"Sehingga apabila orang-orong yang berpaling itu datang kepada

Kami (di Hari Kamat), dia berkata (kepada setan), Aduhai, andaikan

(jarak) antara aku dan kamu seperti jarak antara timur dan barat.'

Maka setan itu adalah sejahat-jahat teman (yang menyertai

manusia) . (Harapanmu itu) sekali-kali tidak akan memberi manf aat

kepadamu di hari itu, karena kamu telah menganiaya (dirimu

sendiri). Sesungguhnyakamu bersekutu dalam adzab itu." (Az￾Zukhruf:38-89)

402. Dan Allah To'olo berfirman,

" (lngatlah) suatu hari dimana Kami mengumpulkan mereka

semuanya, kemudian Kami berkata kepada orong-orang yang

m empersekutukan (Tuhan),'Tbtaplah kamu dan sekutu-sekutumu di

tempatmu (masing-masing)!' Lalu Kami pisahkan mereka, dan

berkatalah sekutu-sekutu mereka,' Kamu sekali-kali tidak pernoh

menyembah kami. Dan cukuplah AIIah menjadi saksi antara kami

dan kam u, b ahw a kam i tidok tahu m enahu tentan g p eny emb ahan

kamu (kepada kami) .' Di tempat itu (padangMahsyar) 

, tiap-tiap diri

merasakan pembalasan atas apa yangtelah dikerjakonnya dahulu,

dan mereka dikembalikan kepoda Alloh Pe