ah setelah hijrah. Manusia akan menuju ke tempat
hijr ah N ab i lbr ahim Alaihis So/oom. W aktu itu y ang m osih hidup di
m uka b um i tin ggal or an g - o r an g y ang j ahat s aj a. M ereka te r u sir dar i
negeri mereka masing-masing, dihalau oleh api bersama dengan
monyet-monyet dan babi-babi. Monyet-monyet dan babi-babi itu
menginap bersama mereka di malam hari, dan tidur bersama
m ereka di sian g hari. S iopo saj a y an g tertinggal, dim akan api. "
Hadis di atas menunjukkan, bahwa yang dimaksud penghimpunan
disini ialah dihimpunnya seluruh makhluk yang masih hidup di akhir
dunia. Mereka akan dihimpun di tempat pengumpulan di negeriSyam
(Syria). Mereka terbagi menjadi tiga golongan:
Segolongan dikumpulkan dalam keadaan masih bisa makan.
berpakaian dan berkendaraan.
Segolongan lainnya terkadang berjalan, dan terkadang naik
kendaraan. Mereka bergantian menaiki seekor unta, sebagaimana
dinyatakan dalam hadits Al-Bukhari dan Muslim tersebut di atas. Ada yang
dua orang bergantian menaiki seekor unta, ada yang tiga orang, bahkan
sepuluh orang bergantian di atas seekor unta. Maksudnya, mereka
bergantian, karena sedikitnya kendaraan, sebagaimana diterangkan lebih
rinci lagidalam hadis lainnya.
Sedang selebihnya dihalau oleh apiyang keluar dari sebuah jurang
diAden. Api itu menghalau manusia daribelakang dan mengepung
mereka darisegala penjuru, menggring mereka semua menuju ke tempat
penghimpunan. Barangsiapa tertinggal, maka dilahapnya.
Inisemua menunjukkan, bahwa penghimpuan yang dimakud ialah
penghimpunan yang terjadipada akhir dunia. Karena masih ada yang
namanya makan, minum, berkendaraan, adayang lancardan adayang
tidak, bahkan yang tertinggal dilahap api segala.
Kalau dikatakan bahwa penghimpunan kali ini terjadi setelah tiupan
sangkakala kebangkitan, maka takkan ada kematian, kendaraan, makan,
minum maupun berpakaian di arena penghimpunan itu. Tetapi sungguh
mengherankan, kenapa Al-Hafizh Abu Bakar Al-Baihaqi, setelah
meriwayatkan berbagai hadis mengenaiini malah berkesimpulan, bahwa
kendaraan-kendaraan kali ini adalah kendaraan-kendaraan yang dinaiki
pada Hari Kiamat. Dia menyatakan, kesimpulannya itulah yang benar.
Sedang pendapatkami, dia anggap lemah. Itu mengherankan, sekalipun
untuk kesimpulannya itu dia beralasan dengan firman Allah To'olo,
329. Yangbunyinya,
"(lngatlah) hari (ketika) Kami mengumpulkan orang-orang yang
bertakwa kepadaTuhanYang Maha Pemurah sebagai perutusan
yang terhormat, dan Kami akan menghalau orang-orang yang
durhaka ke neraka J ahannam dalam keadaan dahaga. " (Maryam:
85-86)
Tidak Beralas Kaki, Telanjang dan Tidak Dikhitan
Bagaimana mungkin Al-Baihaqi menafsirkan ayat di atas dengan hadis
riwayat lbnu Umar berikut ini, padahal dalam hadis ini ada pernyataan:
Sesungguhnya mereka. diantaranya ada yang dua (bergantian)
menaiki seekor unta, ada yang tiga orang menaiki seekor unta,
bahkan ada sepuluh orang menaiki seekor unta?"
Bahkan kemudian dijelaskan, bahwa itu dikarenakan sedikitnya
kendaraan? Ter.rtu saja ini tidak sesuai Tapi, Allah jualah yang lebih tahu.
Adapun kendaraan yang dimaksud oleh Al-Baihaqi, tentu
kendaraan-kendaraan jemputan dari surga, yang dinaiki orang-orang
mukmin dariarena penghimpunan (Mahsyorl menuju ke surga, bukan
kendaraan kali ini. sebagaimana yang akan kami terangkan lebih lanjut
pacia babnya nanti.
Dan meniang ada juga haclis lain mengenaipenghimpunan, yang
drriwayatkan lewat jalur sanad yang lain, berasal dari sejumlah sahabat.
antara lain Ibnu Abbas. Ibnu Mas'ud, Aisyah dan lain-lain, yang
menyatakan.
"sesunggu ltnya kamu sekalian akan dihi'mpun t " hadirat Allai
dalam keadaan tanpa o/os koki, telanjang dan tidak berkhitan."
330 Demikian pula dinyatakan clalam Al-Quran.
"sebogoim ana Kami te,lol', ^e-ulai pe,tciptaon yang pertama.
b egitulah Kam i akan m en gul an giny a. " (A l-Anb iya' : I 04)
Tetapipenghimpunan yang dimaksud dalam hadis dan ayat ini,
bukanlah penghimpunan yang tersebut sebelurnnya. Penghimpunan kali
ini adalah penghimpunan yang terjadi di Hari Kiamat. setelah ditiupnya
sangkakala kebangkita n (N at'khatul B a' ats) . dini ana m anusia bangk it dari
kubur masing-masing dalam keaclaan tanpa alas kaki. telanjang dan tidak
berkhitan. Begitu juga, sebagaimana tersebul pada ayat sebelumnya,
bahwa orang-orang kafir akan dihalau ke neraka Jahananm dalam
keadaan dahaga.
331. Dan juga sepertiyang difirmankan Allah Subh anahu waTa'alapada
ayat lain,
,,Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada Hari Kiamat ( diseret)
atas muka mereka dalam keadaan buta, bisu dan pekak. kmpat
kediaman mereka adalah neraka J ahannam. Tiap -tiap kali ny ala api
Jahannam itu akan padam, Kami tambah lagi bagi mereka
nyalanya." (Al-Isra' : 97)
Yang inipun maksudnya, menerangkan keadaan mereka ketika
disuruh campakkan ke dalam neraka dari arena penghimpunan
(M al:rjy ar),sebagaim ana yang akan kam i j elaskan nanti pada tempatnya,
lnsya'allahu Ta'ala. Kepada Allah semata, kita berpegang teguh dan
berserah diri.
sementara itu telah disebutkan dalam hadis tentang tiupan
sangkakala (Shur) di atas, bahwa mayat-mayat dalam kubur tidak
merasakan sedikit pun tentang ap.a yang terjadi, akibat tiupan yang
mengejutkan (Nafkhatul Faza').Yang merasakan kejadian itu hanyalah
para syuhada. Mereka memang orang-orang yang dikecualikan Allah.
Karena mereka tetap hidup di sisi Allah dan senantiasa mendapat rizki.
Mereka merasakan tiupan itu, tetapi tidak terkejut karenanya. Begitu pula
mereka tidak mati gara-gara tiupan berikutnya, yaitu tiupan yang
mematikan (Nofkhafus Sha' iq) .
Dalam hal ini, para ahli tafsir memang berselisih pendapat tentang
siapa-siapa yang dikecualikan dari kematian. Ada banyak pendapat,
antara lain seperti tadi, yaitu para syuhada. Pendapat lain mengatakan,
mereka adalah Jibril, Mikail, Israfil dan malaikat maut ('lzrail). Dan yang
lain mengatakan, termasuk juga para malaikat pembawa'AtsV (Hamalahtl
Arsy) .Dan yang lain lagi mengatakan masih ada lagi lainnya. Tapi, Allah
jualah yang lebih tahu.
sebagaimana disebutkan dalam hadis tentang sangkakala di atas,
bahwa rentang waktu antara tiupan yang mengejutkan dan tiupan yang
mematikan (antara Nafkhatul Faza'dan No/khofus sho'iq/ dirasakan
sangat lama oleh penghunidunia yang masih hidup. Mereka selama itu
menyaksikan kejadian-kejadian mengerikan dan peristiwa-peristiwa
dahsyat, yang menyebabkan makhlukyang masih tersisa mati semua, baik
penghuni langit maupun penghuni bumi seperti manusia, jin dan malaikat,
kecualiyang dikehendakiAllah. Ada yang mengatakan, mereka yang
dikecualikan adalah para malaikat pembawa 'Arasy, Jibril, Mikail dan
Israfil. Pendapat lain mengatakan, mereka adalah para syuhada. Dan
pendapatyang lain lagi mengatakan, masih ada lagi selain rirerekaAkan halnya tiupan yang mematikan dan tiupan kebangkitan
kembali (No/khof us Sho'iq dan No/kh atul Ba'ats), Allah Ta'ala
berfirman,
"Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa pun yang di langit
dan di bumi, kecuali mereka yang dikehendaki AIIah. Kemudian
ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri
m e nu n ggu ( p utus ann y a m asin g- m asin g) . " (Az-Zumar : 6 8 )
333. Dan Allah To'olo berfirman pula,
"Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup, dan diangkatlah bumi
dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur.
Maka pada hari itu terjadilah Kiamat, dan terbelahloh langit.
Karena pada hari itu langit menjadi lemah. Dan malaikat-malaikat
berodo di penjuru-penjuru langit. Dan padahari itu delapan orang
malaikat menjunjung Arsy Tuhan-mu di atas (kepala) mereka. Pada
hari itu kamu dihadapkan (kepadaTuhan-mu), tiada sesuatu pun
dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi AIlahJ. " (Al-Haqqah:
r3-r8)
Begitu pula diterangkan dalam hadis tentang sangkakala di atas,
bahwa Allah Subhanahu waTa'ala berfirman kepada Israfil : "Tiuplah
tiupan yang mematikanl "
Maka Israfil pun meniup sangkakalanya dan matilah seluruh
makhluk yang hidup di langit dan di bumi, kecuali mereka yang
dikehendaki Allah. Selanjutnya Allah Subhanahu wa Tb'alaberfirman
kepada Malaikat-maut ('lzrail) -sekalipun Allah sebenarnya lebih tahu
siapa-siapa yang masih hidup- : "Siapakah yang masih hidup?"
Izrail menjawab, "Engkaulah Yang Mahahidup dan takkan pernah
mati. Dan juga para malaikat pembawa 'Arsy-Mu, Jibril dan Mikail."
Maka Allah menyuruh 'lzrailmencabut nyawa Jibrildan Mikail.
Kemudian menyuruhnya puia mencabut nyawa para malaikat pembawa
Arsy. Sesudah itu menyuruh dia sendirisupaya mati. Dengan demikian
'lzrail adalah makhluk yang mati paling akhir.
334. Demikian pula disebutkan dalam sebuah hadits shahih:" Pada Hari Kiamat nanti kematian didatangkan dalam wujud seekor
domba berwarna hitam -putih. Domba itu disembelih diantara surga
dan neraka, lalu dipermaklumkon,' Wohai skalian penghuni neroka,
kekallah kalian ( dalam neraka) tanpa mengalami kematian! Wahai
sekalian penghuni surgo, kekalloh kalian (dalam surga) tanpo
m e n gal ami kem atian. . .. "' Hadis in i m asih akan disempurnakan lagi
nanti.
Saat itu 'lzrailbinasa, dan sejak itu tidak akan ada lagi malaikat maut
yang lainnya buat selama-lam anya . Wallahu Al lam.
Kalau benar pernyataan di atas berasal dari Nabi Shallallahu Alaihi
wa Sallam, maka zhahir hadits itu menyatakan, bahwa 'lzrail takkan hidup
lagi sejak saat itu buat selama-lamanya. Tal$/il ini terlalu jauh, sekalipun
hadits itu shahih umpamanya. Dan Allah jualah yang lebih tahu mana
yangbenar.
Langit Digulung
Di atas sudah diterangkan dalam hadits Nabi Shollo llahu Alaihi w d Sallam
mengenai sangkakala, bahwa apabila sudah tidak ada lagiyang hidup
selain Allah Yang Mahasatu, Maha Mengalahkan, Maka Esa, Mahatunggal
dan Tempat bergantung, Yang tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan
tidak ada satu pun yang menyamai-Nya, Dialah Yang Mahaakhir dan juga
Mahadahulu, maka Allah menggulung langit dan bumi bagaikan
menggulung lembaran-lembara kertas. Kemudian menghamparkannya
kembali, kemudian melipatnya tiga kali seraya berfirman, "Akulah Yang
Mahakuasa," tiga kali, kemudian berseru: "Milik siapakah seluruh kerajaan
pada hari ini?" tiga kali. Namun tidak ada seorang pun yang menjawabNya. Kemudian Dia berfirman, menjawab kepada Diri-Nya sendiri, "Milik
Allah Yang Maha Esa lagiMaha Mengalahkan."
335. Dalam hal iniAllah To'aloberfirman,
"D an mereka hdak mengagungkan AIIah dengan pengagungan yang
semestinya. Padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada
Hari Kiamat, dan langit digulung dengan tangan konon-Nyo.
Mahasuci Dia dan Mahatinggl dan apa yang mereka persekuhtkan. "
(Az-Zumar:67)Dan Allah To'olo berfirman,
" (Yaitu) pada hari Kami menggulung langit sebagai menggulung
I em b ar an - I em b ar an ker tas. S eb agaim ana Kam i tel ah m emul ai
penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah
janji yang pasti Kami tepati. Sesungguhnya Kami-lah yang akan
melaksanakannya." (An-Anbiya' : I 04)
337. Dan Allah To'olo berfirman,
" Dialah Yang Aw al danYang Akhia Yang Zhahir dan Yang Batin. Dan
D ia M aha M engetahui sego/o sesuotu. " (Al-Hadid : 3 )
338. Dan Allah To'olo berfirman,
" (D ialah) Yang Mahatingg derajaf-Nyo, Yang mempunyai Arsy, Yang
mengutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepado siopo
yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hambo-Nyo, supaya dia
memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan (Hari Kiamat),
( y aitu ) hari ( ketika) m ereka keluar ( dari kubur) . Tidak ada sesuatu
p un d i antar a hal - ihw al m ereka y ang tersemb uny i b agi AII ah. ( Lal u
AIIah berfirman): "Kepunyaan siopokoh s eluruh kerajaan pada hari
ini? " Kepunyaan AIIah Yang Maha Eso logi Maha Mengalahkan.
Pada hari ini tiolt-tiop jiwa diberi bqloson otas apo yang teloh
diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini.
Sesun ggu h ny a Alloh amat cepat hisabny a. " (Al-Mukmin : I 5- I 7 )
339. Dalam Shahih Al -B ukhan dan S hoh i h M uslim d iriwayatkan dari Ab u
Hurairah Radhiy all ahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallall ahu Alaihi
waSallam bersabcla,
" Allah menggenggam bumi dan menggulung langit dengan tangan
konon-Nyo, lalu berfirman,'Aku-lah Raj a, Aku-lah Yang M ahokuoso.
Manakah raja-raja di bumi? Manakah para penguasa? Manakah
m anusia- mon usio som bong? "
340. Dan diriwayatkan pula dalam ShahihAl-Bukhoridan Shohih Muslim
dari hnu Umar Rodh iyallahu Anhumo, bahwa Rasulullah Shallallahu
Alaihi w a Sallam bersabda,
"sesunggu hnya Allah menggenggam langit dengan tangan kananNya, kemudian berfirman, Akulah Raja. "'
341. Sedang dalam Musnad lmam Ahmad dan Shohih Muslim,
diriwayatkan dari hnu Um ar Ro dhiyallahu An h u, bahwa pada suatu
hari Rasulullah S hollol lahu Alaihi w a S allam m embaca ayat berikut
inidiatas mimbar,
"D an mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengggungsn yang
semestinya, padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada
Hari Kiamat, dan langit digulung dengan tangan konon-Nyo.
Mahasuci Dia dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan."
(Az-Zumar:671
Demikianlah sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi uro Sollom sambil
menggerakkan tangan beliau, yaknimendorongnya ke depan dan ke
belakang seraya katanya, 'Allah memuji Diri-Nya (seraya berfirman),
'Akulah Yang Mahakuasa, Akulah Yang patut menyombongkan diri, Akulah Raja, AkulahYang Mahamulia, AkulahYang Maha Pemurah."
(Begitu kerasnya gerakan tangan) Rasulullah Shallallahu Alaihi wa
Sallam, sampai mimbar berguncang keras, dan kami pun berkata,
"Mimbar pasti roboh bersama beliau. "
Lafazh hadits ini menurut Ahmad.
Sementara itu, kamitelah menyebutkan pula beberapa hadits
lainnya yang berkaitan dengan masalah iniketika menafsirkan ayat ini
dalam kitab tafsir kami, lengkap dengan berbagai sanad dan lafazhnya,
sehingga tak perlu kita perpanjang lagi di sini. Alhom dulillah.
Bumi Berganti
Dalam hadits tentang sangkakala di atas, Rasulullah Shollollahu Alaihi wa
Sallam menyatakan, bahwa Allah kelak akan mengganti bumi ini dengan
bumi yang lain, lalu menghamparkan dan membentangkannya bagaikan
membentangkan kulit yang telah disamak.
342. Allah Ta'ala menggambarkan keadaan bumidi waktu itu dalam
firman-Nya,
"Tidak ada sedikit pun kamu lihat padany a tempat y ang rendah dan
\1angtinggi. " (Thaha: 107)
Kemudian Allah To'olo menghentak seluruh makhluk dengan satu
hentakan, maka tiba-tiba mereka berada dalam bumiyang sudah berganti
itu.
Demikianlah, sebagaimana Dia firmankan pada ayat lain,
" (Yaitu) pada han (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain, dan
(demikian pula) langit. Dan mereka semuanya (berkumpul di
padang Mahsyar) menghodap ke hadirat AllahYang Maho Eso logi
Mahaperkaso. " (lbrahlm: 4t)
344. Sementara itu dalam Shohih Muslim diriwayatkan dariAisyah
Radhiyallahu Anha, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam
pernah ditanya, "Dimanakah manusia berada ketika bumi dan langit
diganti?"
Beliau menjawab, "Dalam kegelapan dibawah jembatan."
Tapi, ada kemungkinan yang dimaksud penggantian bumipada
ayat di atas, bukan penggantian yang dimaksud dalam hadits ini. Karena
yang dimaksud penggantian pada ayat diatas adalah, bahwa gununggunung dan bangunan-bangunan besar lainya dimuka bumimengalami
pergeseran hebat selama waktu antara dua tiupan: tiupan kematian dan
tiupan kebangkitan (No/khofus Sho'iq dan Ndkhatul Ba' ats). Yakni, bahwa
gunung-gunung itu berjalan dan bumi berguncang hebat, dan semuanya
berubah menjadi satu hamparan, tidak ada lekukan-lekukan tanah, tidak
ada bukit-bukit dan tidak ada lembah-lembah.
345. Allah Ta' alaberfirman,
" D an mereka bertanya kepadamu tentang gunung- gunung. M oka
katakanl ah,'Tuhan- ku akan m enghancurkannV a ( di H ari Kiamat)
sehancur- han cur ny a, m aka D ia akan m enj adik an ( b e kas ) gun un g -
gunung itu datar somo sekoli, tidak ado sedikit pun kamu lihat
padany a tempat y an g r e ndah m aupun y ong tingg1, "' (Thaha : I O5-
r07)
346. Dan Allah Ta' ala berfirm an,
" D an dij alankanlah gunun g- gunung, maka m enj adi t'atamorgonalah
io. " (An-Naba': 2O)
347. Dan Allah To'olo berfirman,
"Dan gunung-gunung menjadi seperti bulu yang dihamburhamburkan " (Al-Qari'ah: 5)
348. Dan Allah To'olo berfirman,
" D an diangkatlah b umi dan gunun g- gunun g, I alu dib enturkan
keduanya sekali bentur. " (Al-Haqqah: 1 4)
349. Dan Allah To'olo berfirman,
Dan (ingatlah) akon hari (yang ketika itu) Kami peryalankan Wnung
gunung, dan kamu akan melihat bumi itu datar, dan Kami
kumpulkan seluruh manusia tonpo Kamif inggolkon s eorang pun dan
mereka. Dan mereka okan dibawake hadapanTihan-mu dengan
berbarls. sesungguh nya komu datang kepada Kami, sebagaimana
Kami menciptakan kamu pada kali yang pertama. Tetapi kamu
malah mengatakan, bahwa Kami sekali-kali tidak akan menetapkan
bogikamuwaktu (memenuhi) perjanjian " (Al'Kahftz 47'481
Jacad-faead Tumbuh
Dalam hadib tentang sangkakala, Rasulullah ShallollohuAlaihi uo Sollom
juga menceritakan, "Allah Ta'alakemudian menurunkan air dari bawah
'Arsy. Maka hujan pun turun selama empat puluh hari, sehingga air berada
pada ketinggian dua belas hasta di atas kamu. Kemudian Allah menyuruh
jasad-jasad tumbuh. Maka jasad-jasad itu pun tumbuhlah bagaikan
Thorofs its, t) yaitu mentim un kecil atau sayuran lainnya. "
350. Begitu pula, telah disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan Imam
Ahmad dan Muslim dari Abdutlah bin Umar Rodh iyallahu Anhuma,
Rasulullah Shallallahu Alaihi tuo Sallom bersabda,
" Ker nudian lsrat'il meniup sangkakala. Maka tidak seorang pun yang
mendengar melainkan menundukkan batang Iehernya lalu
mendongakkannya. Adapun yang pertama-tama mendengar adalah
seseorong yang tengah melepa kolarnnya, maka dia pun mati. Tidak
seorang pun yang mendengar melainkan mati. Kemudian Allah
mengirimkan hujan bagaikan kobut tebal atau naungan, maka
tumbuhlah jasad seluruh makhluk. Kemudian Israt'il meniupkan lagi
sangkakalanya, maka mereka pun bangkit menunggu. Kemudion
dise r ul ah,' H ai m anusia, kem ar il ah m enghadap Tuh an - m u! "'
35 1 . Seda ng Al-Bukhari m eriwayatkan dari Abu Hurair ah Radhiy all ahu
Anhu, dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam. bahwa beliau
bersabda,
"Jarak antara dua tiupan adalah empat puluh." Orang-orang
bertanya, "Hai Abu Huraiah, empat puluh hari?" Dia jawab,
" Entoh. " 1 ) " Emp at pul uh b ulan? " tany a m ereka p ula, dan dia j aw ab,
" Entahlah. " " EmpatpLtluh tahun? " tanya m ereka sekali lagi, tapi dia
tetap menjawab, "Entah. Dan apa pun daritubuh manusia okon
hancur kecuali tulang ekornya. Dari tulang ekor itulah tubuhnya
okon disusunkembali."
352. Dan Muslim juga meriwayatkan seperti di atas, dan menambahkan:
Sete lah Abu l-lurair ah Radhiy all ahu Anhu, menj awab entahlah untuk
ketiga kalinya, maka dia berkata, "Kemudian turunlah hujan dari
langit. maka mereka pun tumbuhlah bagaikan tumbuhnya sayuran.
Dan tidak ada sesuatu pun dari tubuh manusia yang tidak hancur.
kecualisatu tulang saja, yaitu tulang ekor. Daritulang inilah tubuhnya
akan disusun kembali pada HariKiamat."
TIUPAN KEBANEKITAN
353. Allah Ta' alaberfirman,
"Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa pun yang ada di
Iangit dan di bumi, kecuali mereka yang dikehendaki Allah,
Kemudisn ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka
b erdir i menunggu ( putus anny a masing- masing) . D an ter angbenderanglah bumi ( padang Mahsyar) dengan cahaya (keadilan)
Tuhan-nya., Dan dibenkanlah buku (perhitungan perbuatanmcsingmosing/ dan didatangkanlah para nabi don solcsi-solcsi, lolu dibert
keputusan di antara mereka dengan adil, sedang merekatidak
dirugkan. Dan disempurnakan bagi tiap-ttap jiwa (balasan atas) apa
yang telah dikerjakannya, dan Dia lebih mengetahui apo yang
mereka kerjakan. " (Az-Zumar: 68-70)
354. Dan Allah Tb' alaberfirman,
"(Yaitu) hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala, lalu kamu
datang berkelompok-kelompok, dan dibukalah langit, maka
terdapotlah beberapa pintu. D an dijalankanlah gunung- gunung,
maka menj adi t'atamorganalah ia. " (An-Naba' : 1 8-20)
355. Dan Allah Ta'slo berfirman,
" Aaitu) pada hari Allah memanggil kamu, Ialu kamu mematuhi-Nya
sambil memuji-Nyo, dan kamu mengra, bahwa kamu tidak berdiam
( di dalam kub ur ) kecuali seb entar saj a. " (Al-lsra. : 52 )
356. Dan Allah To'olo berfirman,
"Sesungguh nya pengembalian itu hanyalah dengan satu kali tiupan
saja, maka dengan serta merta mereka hidup kembali di permukaan
bumi." (An-Nazi'at: 13- 14)
357. Dan Allah To'olo berfirman,
"Dan ditiuplah sangkalala, maka tiba-tiba mereka keluar dengan
segera dari kuburnya (menuju) kepadaTuhan mereka. Mereka
berkata, 'Aduh celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan
kami dari tempat tidur kami (kubur)? " lnilah yang dijanjikan (Tuhan)
Yan g M aha Pe m ur ah, dan b en arl ah rosu/-rosu t (N y a) . Tidak ad,al ah
teriakan itu selain sekali teriakan saja, maka tiba-tiba mereka semua
dikumpulkan kep ada Kami. M aka, pada han itu sqeorang tidak akan
diruEkan sedikit pun, dan kamu tidak dibalas kecuali atas apa yang
telah kamu kerl akan." (Yasin : 5 1 -54)
Adapun dalam hadits tentang sangkakala di atas disebutkan, setelah
tiupan yang mematikan (No/kofus sha'iq), maka bangkitlah seluruh
makhluk. Sementara itu Allah Yang Mahahidup dan tak pernah mati tetap
kekalabadi. Dia memang telah ada sebelum adanya apa-apa, dan adalah
DiaYang Mahaakhirsetelah berakhirnya segala yang ada.
Lalu, digantilah langit dan bumi pada rentang waktu antara dua
tiupan. Kemudian Allah ro'olo menyuruh turunkan hujan. Dan dariair
hujan itulah jasad-jasad makhluk terbentuk kembali, tersusun dalam kubur
mereka seperti sediakala ketika masih hidup didunia, tapibelum lagi
bernyawa.
sesudah itu Allah ra'ala berfirman, ".Fiiduplah para malaikat
pembawa Arsy." Maka mereka pun hidup kembali.
Dan disuruh-Nya Israfil mengambilsangkakala. Maka dia letakkan
benda itu di mulutnya.
Kemudian Allah berfirman, "Hiduplah Jibrildan Mikail." Maka
mereka berdua pun hidup kembali.
Dan selanj utnya Allah ra' alam enyuruh mengambil roh-roh, maka
roh-roh pun didatangkan. Roh kaum mukminin tampak berkilauan
cahaya, sedang roh-roh yang lain nampak gelap. Roh-roh itu semua
kemudian digenggam-Nya lalu dimasukkan ke dalam sangkakala.
Kemudian Allah ro'ala menyuruh Israfilmeniup sangkakahny" d"ngun
tiupan kebangkitan. Israilpun meniupnya, dan keluarlah roh-roh bagaikan
lebah memenuhi ruang antara langitdan bumi.
Allah Ta'ala berfirman, "Demi kemuliaan dan kebesaran-Ku,
kembalilah semua roh ke jasad yang pernah ditempatinya didunia." Maka
roh-roh mendatangijasad masing-masing dan masuk lewat pangkal
hidung, lalu merambat ke seluruh tubuh sepertimerambatnya racun ke
sekujur tubuh orang yang digigit binatang berbisa.
"sesudah itu bumi pun merekah bagimu," demikian sabda
Rasulullah Shaltallahu Alaihi wa Sallam, "dan aku adalah orang yang
pertama-tama bangkit dari rekahan bumi itu. "
Selanjutnya kamu sekalian cepat-cepat keluar menuju kepada
Tuhan-mu, dan bergegas memenuhi panggilan malaikat penyeru,
sementara orang-orang kafir berkata, "lnilah hariyang berat." Semuanya
tanpa alas kaki, telanjang dan tidakberkhitan.
358. Allah Ta' alaberfirman,
" (Yaitu) pada hari mereka keluar dari kubur dengan cepat, seakanakan mereka pergi dengan segerakepada berhala-berhala (sewaktu
di dunia), dalam keadaan mereka menekurkan pandangannyo
(serta) diliputi kehinaan. Itulah hari yang dahulunya diancamkan
kepada mereka. " (Al-Ma'a rii: 43'44)
359. Dan Allah To'alo berfirman,
" D an dengarkanlah (seruan) pada hari penyeru ( malaikat) menyeru
dari tempat yang dekat. (Yaitu) pada hari mereka mendengar
teriakan dengan sebenar-benarnya. ltulah hari keluar (dari kubur).
Sesungguh nya Kami menghidupkan dan mematikan, dan hanya
kepada Kami-lah tempat kembali (semua makhluk)' Aaitu) pada han
bumi terb elah- b elah m enampakkan mereka (lalu mereka keluar)
dengan cepat. Yang demikian itu adalah pengumpulan yang mudah
bagi Kami." (Qaf: 4l-441
360. Dan Allah To'olo berfirman,
"Maka berpalinglah kamu dari mereka. (lngatlah) hari (ketika)
s eor an g p eny er u ( m al aikat) m eny er u kepada ses uaf u y an g tidak
menyenangkan (hari pembalason)' Som bil menundukkan
pandangan-pandangan mereka, mereka keluar dari kuburan,
seakan-akan mereka belalang yang beterbangan. Mereka datang
dengan cepat kepada Wny eru itu. Sedang orang-orang kafir berkatn,
'Ini adalah hari yangberat."' (Al-Qamar: 6'8)
Dan Allah Ts'olo berfirman,
"D ari bumi (tanah) itulah Kami menjadikan kamu, dan kepadanya
Kami akan mengembalikankomu, dan donpdanyapulaKami akan
mengeluarkan kamu pada kali yang lain. " (Thaha : 55)
362. Dan Allah Ta' ala berfirm an,
"Di bumi itu kamu hidup, dan di di bumi itu kamu mati, dan dari
bumiitu (pula) kamuakandibongkitkan." (Al-Araf : 25)
363. Dan Allah To'olo berfirman,
" D an Allah menumbuhkon kamu dari tanah dengan sebaik-baiknya,
kemudian Dia mengembalikan kamu ke dalam tanah, dan akan
mengeluarkan kamu (daripadanya pada Hari Kiamat) dengan
sebenar-benarnya." (Nuh: 17- I 8)
364. Dan Allah Ta' alaberfirman,
"(Yaitu) hari (yangpada waktu itu) ditiup sangkakala,lalu kamu
datang berkelompok-kelompok. " (An-Naba' : I 8)
Bangkit dari Kubur
Hari Kiamat, atau Iebih tegasnya tiupan sangkakala untuk membangkitkan
jasad-jasad yang telah terkubur, terjadipada hari Jum'at. Dalam hal ini
banyaklah hadits-hadits yang diriwayatkan, antara lain:
365. Imam Malik bin Anas meriwayatkan dari Abu Hurairah Ro dhiyallahu
Anhu,sabda Rasulullah S hallallahu Alaihi waSollom,
" Sebaik-baik hari yang disinari matahari adalah hari Jum'at. Pada
han itu Adam diciptakan, pada hari itu dia diturunkan, pada hari itu
dia diterima taubatnya, pada hari itu dia meninggal, dan pada hari
itu pula teryadinya Kiamat. Dan tidak seekor pun bigatang melata
di bumi melainkan terlelap pada hari Jum'at, seiak mulainya waktu
Subuh sampai terbit matahari, karena takut kepoda Hari Kiamat,
selainmonusio dan jin. Danpada hariJum'atitu adasuotu sqat, di
mana tidak seo r an g pun hamb a AII ah y an g m usl im, y ang keb etul an
melakukan shalat dan meminta sesuatu kepada Allah saat itu,
m elainkan AIIah pasti m emb eriny a. " 1)
Jasad Para Nabi Tidak Hancur oleh Thnah
366. Imam Ahmad bin Hambal meriwayatkan dariAus bin Aus AtsTs aqaf i Radhiy al I ahu Anhu,s abda Rasulullah S hall all ahu AI aihi w a
Sallam,
"sebaik-baik harimu adalah hari Jum'at. Pada hari itu Allah
menciptakan Adam, pada hari itu pula dia dicabut nyawanya. Pada
hari itu sangkakala ditiup (tiupan yang mengejutkan), dan pada hari
itu pula (ditiup tiupan yang) mematikan' Maka perbanyaklah
membaca shalawatkepadaku pada hari Jum'at, karena shalawat
kamu sekalian diperlihatkan kepadaku. Para sahabatbertanya, 'Ya
Rasul Alllah, bagaimana mungkin shalawat kami diperlihatkan, jika
engkau telah hancur?' Rasul meniawab, 'Sesungguhnya AIIah
mengharamkan bumi memakan jasad para nabi Shallawatul lahi
Alaihim."'
Bumi Rekah Pertama Kali Bagi Nabi Muhammad
367. Muslim bin Hajjaj meriwayatkan, bahwa perawi hadis iniberkata,
Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu telah menceritakan kepadaku
sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam,
" Aku adalah pemimpin anak-cucu Adam di Hari Kiamat, orang yang
pertama-tama dikeluarkan dari rekahan bumi, orang yang pertama_
tama memberi syafaat, dan orang pertama-tama yang diterima
syat'aatnya."
Dan dalam sebuah hadits lain dalam shohih Musrim Rasulullah
Shall allahu Alaihi w a Sallam bersabda,
'Aku adalah orang yang pertama-tama direkahkan bumi. Tiba-tiba
aku melihatNobi Muso berpegangan pada kaki Arsy. Aku tidak tahu,
apakah dia memang sudah siumon sebelum aku, ataukah itu
merupakan balasan bagnya atos pingsannya ( dulu pada peristtwa di)
bukitThur itu."
i Dalam hadits ini disebutkan tentang apa yang akan dialamiNabi
I Musa saat rekahnya bumidi hari kebangkitan. Tapi, kata-kata tersebut
I kemungkinan berasal dari seseorang perawi, dikarenakan teringat olehnya
I suatu hadis lain lalu dia selipkan ke dalam hadits ini. sebab, keraguin
I VangdinyatakanolehRasulullahSho//o/lahuAlaihiwasallamdisinitidak
I j.tur apa maksudnya, terutama sabda beliau, "Ataukah itu merupakan
I boloson baginya atas pingsannya (dulu pada peristiwa di) bukitThur."
I
I Sekali lagi: fidak Beralas Kaki, Telanjang dan Tidak ! Dikhit.tt
I
| 369. Imam Ahmad meriwayatkan dari Aisyah Rod hiyallahu Anho, bahwa
I RusulullahShallallahuAlaihiwasallambersabda,
| "Pada Hari Kiamat kelak manusia akan dibangkitkan dalam
I keadaan tanpa alas kaki, telanjang, dan tidakberkhitan.:
Perawi hadits ini berkata, Maka Aisyah bertanya, "Ya RasulAllah,
bagaimana halnya dengan aurat?"
Beliau menjawab (dengan membacakan ayat),
"Setiap orang dari mereko pada hari itu mempunyai urusan yang
cukup menyibukkannya. " (Abasa: 37)
Nabi lbrahim Khalilullah Yang Pertama-tama Diberi
Pakaian
370. hnam Ahmad meriwayatkan, bahwa perawi hadits iniberkata. Aku
mendengar Ibnu Abbas berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi wo
So//om pernah berdiri di hadapan kami, memberi nasihat seraya
bersabda.
" Manusia akan dikumpulkon di hadirat Allah dalom keadaan tanpa
alas kaki, telanjang dan tidak berkhitan, (sebagaimana dit'irmankan
Allah Ta'ala) ,
'Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan yang
pertama, begitulah Kami akan mengulanginyo. "' (An-Anbiya':
104)
Dan ketahuilah, sesungguhnya orang yang pertama-tana diberi
pakaian adalah Ibrahim. Dan sesungguhnya akan ada beberapa orang
dari umatku yang hidup, mereka diselewengkan ke arah kiri. Maka aku
katakan (pada Hari Kiamat),'(Mereka adalah) sahabat-sahabatku'.
Namun aku dibantah, 'Sesungguhnya kamu tidak tahu bid'ah-bid'ah yang
mereka perbuat sepeninggalmu'. Oleh karena itu aku pun berkata seperti
perkataan hamba yang saleh (lsa bin Maryam),
'Dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka selagi aku ada di
tengah mereka. Maka setelah Engkau wat'atkan aku, Engkau-lah
yong mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Meyaksikan
ofos segolo sesuofu. Jika engkau menyiksa mereka, maka
sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu juga. Dan jika
Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkau-lah Yang
Mahaperkaso /ogi Mahabijaksana. "' (Al-Maidah: 1 1 7- I 18)
Maka dikatakan (kepadaku), "Mereka selalu berbalik ke belakang
(murtad) sejakkamu berpisah dengan mereka."
EAMBARAN AL.QUR'AN AL-KARIM
TENTANE SEBAEIAN
KEDAHSYATAN HARI KIAMAT
37 1. Allah Ta' alaberfirman,
" Maka pada hari itu terladilah Kiamat, dan terbelahlah langit, karena
pada hari itu langit menjadi lemah. Dan malaikat-malaikat berada di
penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu ada delapan orang
m al aikat m enj unj u ng Ar sy TAh an - m u di atas ( kep al a) m ereka. Pada
hari itu kamu dihadapkan (kepadaTihan-mu) ,
tiada sesuatu pun dori
hal -ihw almu y an g tersembuny i (ba1i Allah). " (Al -Haqqah : I 5- I 8)
37 2. D anAllah To'olo berfirman,
Dan <lengarkanlah (seruan) y:ada hari dimana seorang penyeru
(malaikat) menyeru dari tempat yang dekat. (Yaitu) pada hari
mereko rnendengar teriakan dengan sebenar-benarnya, itulah hari
keluar (dari kuburl. Sesungguhnya Kami menghidupkan dan
mematikan, dan hanya kepada Kami-lah tempat kembali (semua
rnakhluk). (Yaitu) pada hari bumi terbelah-belah menampakkan
ntereka (lalu mereka keluar) dengan cepat. Yang demikian itu adalah
p en gur n p ulan y an g mudah b agi Kami. " (Qaf : 4t - 4 4\
373 Dan Allah To'o/o berfirman,
" Kar e n a ses u n ggu h n yo podo s is i Kami ada b elenggu- b elenggu y ang
berat, neraka yang bernyala-nyala, makanan yang menyumbat di
kerongkongan dan adzab yang pedih. Pada hari bumi dan gununggunung berguncang, dan menj adilah gunung-gunung itu tumpukan
pasir y ang bete.rbangan. " (Al-Muzammil : l2-L4\
374. Sampai dengan firman Allah To'olo,
"Maka bagaimanakah kamu akan dapat memelihara dirimu, jika
kamu tetap kat'ir kepada hari yang menjadikan anak-anak beruban.
Langit(pun) menjadi pecah-belah pada hari itu, karena (kehendak)
Allah. Adalah janji-Nyo ifu pastiterlaksona. " (Al-Muzammil: 17-
18)
375. Dan Allah To'olo berfirman,
"Dan (ingatlah) akan hari dimana Allah mengumpulkan mereka.
(Mereka merasa di hari itu) seakan-akan mereka tidak pernah
berdiam (di dunia) melainkan sesoof sojo disiong hari. Di waktu itu
mereka saling berkenalon. Sesungguhnya rugilah orang-orang yang
mendustakan pertemuan mereka dengan AIIah, sedang mereka
tidak mendapat petunjuk. " (Yunus: 45)
376. Dan Allah To'olo berfirman,
"Dan (ingatlah) akan hari, dimana Kami menjalankan guninggunung, dan kamu akan melihat bumi itu datar, dan Kami
kumpulkan seluruh manusia tanpa Kami tinggalkan seorang pun dan
mer eka. D an m ereko akan dib aw a ke hadapan Tuhan- mu dengan
berbaris. Sesungguh nya kamu datang kepada Kami, dalam keadaan
seperti ketikaKami menciptakan kamu pada kali yang pertama.
Tetapi kamu malohan mengatakan, bahwa Kami sekali-kali tidak
akan menetapkan bagi komu waktu (memenuhi) perianjian. Dan
diletakkanlah kitab, Ialu kamu akan melihat orang-orang yang
bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan
mereka berkata, 'Aduhai celaka kami, kitob apakah ini yang tidok
m enin ggolkon y an g ke c il don ti d ak ( p ul a) y an g b es ar, m el ainkan ia
mencatat semuango. Dan mereka dapati apa yangtelah mereka
keryakan ada (tertulis) . DanT\han'mu tidak menganiaya seorang jua
pLtn." (Al-Kahfi: 47 -49)
37 7 . DanAllah To'olo berfirman,
" D an mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagunEan yang
semestinya, padahal bumi seluruhnya dalam genggamon-Nya pada
Hari Kiamat, dan langit digulung dengan tongan konon-Nyo.
Mahasuci Dia dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan.
D an ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa pun yang oda di lon$t
dan di bumi, kecuali mereka yang dikehendaki AIIah. Kemudian
ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri
menunggu ( putusannyo masing mosing/. Dan terang-benderanglah
bumi (padang Mahsyar) dengan cahaya (keadilan) Tuhan-nya,
d ib er ik anl ah b uku ( p e rhitu n gan p er b u atan m as in g- m as in g), dan
didatangkanlah para nabi dan soksi-soksi, Ialu diberi keputuson di
antara mereka dengon adil, sedang merekatidak dirugikan- Dan
disempurnakan bagi tiap-tiap jiwa (balasan atas) apa yang telah
dikerjokannya, dan Dia lebih mengetahui apa yang mereka
kerj akan. " (Az-Zumar : 67 -7 O\
378. Dan Allah To'olo berfirman,
"Apabila sangkakala ditiup, maka tidak ada lagi pertalian nasob di
antara mereka pada hari itu, dan tidak pula mereka saling bertanya.
Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka
itulah orang-orang yang mendapat keberuntungan. Dan
barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orangorang yang merugkan dirinya sendin, mereka kekal di dalam neraka
J ahannam." (Al-Mukminun: f 0 1- 103)
379. Dan Allah To'olo berfirman,
"Pada hari ketika langit menjadi seperti luluhan perak. Dan gununggunung menjadi seperti bulu (yang beterbangan). Dan tidak ado
seorang pun teman akrab yang menanyakan temannya, sedang
mereka 'sd/ing merihat. orang kafir irrgin urtdarktt^ menebus rlia rrolnt (dirinya) dari adzob hari itu;":";r;";:rak ,n<tkrryo. saudaranya, kyum t'amilinyo yang melindunginyo (didurriu).
orang-orang cjon di atas bumi sertt^thiyo. x",nuii,oriI,o kan) 1rn"ugh*op tebusa,n ita dapat menyeratmatkonnyo.
Sesungguh i"iotrioti tidak crapat.
mengeluposlccn
nya nerako itu adalah ap'i vr"n [";;eiolak, yang kulit kepala, yang rnemanggil orarrg yang m e m b el aka n g,i ! a n b e r p a I i' n g 1 dar i a {a n n ) r; r;;';
" (harto n gu m p u I k an bendo) lalu menjimpinnyo ,, (Al-Ma,arij : E- I E)
380. Dan Allah To'olo berfirman,
"Dan apabira datang syora yang n'temekakkan (tiupan sangkarara yang kedua), pada hqri ketikar,Jnt,sio
dan rari dari sau,Jionyo, dari ibu bapaknva, dari istri dart onoi-.orokr*r,. pada i*',riilng dari mereka hari itu mempunyai urusan yang cukup menyibukkannyo. Banyak muka pada hari'itu berseri-seri. tertowa dan gernbira banyak (pura) ria. don muka pada hari it, i"rn,tup debu. chn1itutup kegelapan. rogi oreh Mereka itulah orttna (Abasa: 33-4rj " tlvtwt t vt rtr tg-ofaflg yortg kalir lagi durhoka,"
381. Dan Allah Ta,o/o berfirman.
datang.
"Maka apabira
pada
marapetaka u,rg s.rrgo t besor (f1ori Kiontat) terah hari (ketika),r,,,,,i,rio
dikerj
teri,gat aka, apa ya,g telah ak an n y a, d o n d i p e r I i h at k tu t n e r a k a dJ n go n i
"
t or' k
" orang yong melihat p ad a s eti ap
,Adapun oreng
m e
vang melantpaui batas, dan lebih n su t am ak an ke h i d u p a n <l t, t i s. n, o k or"r r,;;;;;;;" tempot n er akal a h tinggar(,nya). Dan acraltttrr orang-orong yang takut kepada kebesaran Tuhan-nya.
nat's
,Ion ,,,",ruuhan ,Jiri dori keinginar.t hqwa u ny o. rn oka ses t r nggu h r r ycr s.u r ga l ah
-te
m p
"r
fi n oi' t f rir a ) . ( O r o n g _
o r a n s k af i r ) b e r t a n y a k e p a, r a i t u M, ;-;;' ;"oi )" i'J n, u, s h o r i k e b an gki ta n, k ap a n k a h te r i art n ru a? S.i a2ak a h t ",r,i r "' i,,t gga ) cl op at rn e n v e b utk an ( w aktu n v a ) ? Ke p o,J s Tu h a n ;, fo' i"iii
",, kesudahannyo b u r i k a, (ketent;o" *"i;;;yo) Kornu halryolah rler.rberi peringatan basi s1.7oo
hari mereka
vangtoktt kepadanya h;,ri;";;;l'kitan1 eada melih.ot saat X"Ao,,g,ilnn itu. mereko (rtrerasa)seokon. akan tidok pernoh tinggal (di riuntia) ntelainkan uaktu f r"i"rr"r.soio/ di sore atau pagi hii.,. (A"-fVuri,at: 34-46)
382 Dan Allah Io'olo berfirman.
'Jongan ( berbuatdemikian). Apabila bumi diguncangkan bertrrt rt. turut' dan datanglah Tuhan-ntti. dii,irnE para ntalaikat berboris baris
Dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahannam. Pada hari itu
manusia barulah ingat, akan tetapi tidak berguna lagi mengingat itu
baginya. Dia mengatakan, Alangkah baiknya kiranya aku dahulu
mengerjakan (amal saleh) untuk hidupku ini.' Maka pada hari itu
tiada seorang pun dapat menyiksa seperti sikso-Nyo, dan tiada
s eo r on g pu n y an g dapat m engikat seperti ikofo n-Nyo. H ai i iw a y an g
tenang, kemb alil ah kep ada Tuhan- mu dengan hati y ang puos /ogi
diridhai-N ya. Maka, masuklah ke dalam iama' ah hamba-hamba-Ku,
don masuklah ke dalam surga-Ku. " (Al-Fair: 21-30)
383. Dan Allah To'olo berfirman,
" S udah datangkah kepadamu b erita (tentan g) H ari Pemb al asan?
Bonyak muka pada hari itu tunduk terhina, bekerja keras lagi
kepayahan, memasuki api yang sangot panas (neraka), diberi
minum dengan air dari sunrber yang sangat panas. Mereka tiada
memperoleh makanan selain dari pohon yantgberduri, yangtidak
menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar' Banyak muka
pada hari itu berseri-seri, merasa senang karena usahanya, berada
dalamsurgo yang tinggi, tidak komu dengar di dalamnya perkataan
yang tidak berguna. Di dalamnya ada mata air yang mengalir. Di
dalamnya ada tahta-tahta yang ditinggikon, dan gelas-gelas yang
terletak (di dekatnya), dan bantal-bantal sqndaran yangtersusun,
dan perm adani-perm adani y ang terhampar. M aka, apakah mereka
tidak memperhatikan unta, bagaimona dia diciptakan?" (Al'
Ghasyiyah: l-17)
384. Dan Allah To'olo berfirman,
" Apabila terjadi Han Kiamat, maka teriadinya Kiamat itu tidak dapat
didustakan (disangkat). (Kejadian itu) merendahkan ( satu golongan)
dan meninggikan ( golongan yang loin) . Apabila bumi diguncangkan
sedahsyat-dasyatnya, dan gunung-gunung dihancur-luluhkan
sehancur-hencurnya, maka ia meniadi debu yang beterbangan, don
kamu menjadi tiga golongan, yaitu: Golongan kanan. Alangkah
mulianya golongon kanan itu. Dan golongan kiri' Alangkah
sengsaranya golongan kiri itu. Dan golongan orang-orang yang
paling dahulu beriman. Mereka itulah orang yang didekatkan
(kepada AIIah). Berada dalam surgo-surga kenikmafon. " (Al'
Waqi'ah: l-l2l
Kemudian Allah To'olo menyebutkan balasan bagi masing-masing
dari ketiga golongan tersebut saat mereka menghadap ke hadirat Ilahi,
sebal;aimana kami lerangkan c'lalanr tafsir kami, ketika menafsirkan akhir
suralyang mulia ini.
385. Dan Allah To'olo berfirman,
"Maka berpalinglah kamu dari mereka. (lngatlah) hari (ketika)
seorang penyeru (malaikat) menyeru kepada sesuofu yang tidak
nenyenongkan (Llari PentbalasonJ. Som bil menundukkan
pandangan mereka, mereka keluar dari kuburan. seakan-akan
rnereka belalang yang beterbongan. Mereka datang dengan cepat
k ep ad a p e n y e r u itu. S e dan g o r an g- o r ang kaf ir b er koto,' I nil ah h or i
yang berat. "' (Al-Qamar: 6-8)
386. Dan Allah To'olo berfirman,
" (Yaiht) pada hari ( ketika) bum i diganti dengan bumi y an g I ai r-t, dan
(demikian pulo) Iangit. Dan mereka semuanyo (di padangMahsyar)
berkumpul menghadap ke hadirat Allah Yang Maha Escr logi
Mahaperkasa. Dan kamu akan melihat orang-orang yangberdosa
pada hari itu diikat bersamo dengon belenggu. Pakaian mereka
adalah dari pelangkin (ter), dan muka mereka ditutup oleh api
neraka, agar Allah memberi pembalasan kepadatiap-tiap orang atas
ap a y an g dio uso ho ko n. Ses u n ggu h ny a AII ah M ahacepat h iso b -Nyo.
( Al - Q ur' an ) ini adal ah p e n j el asan y ang sempurna b ag m an usia, dan
supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalahTuhanYang
Moha Eso, don agar orang-orang yang berakal mengambil
pelajaran. " (lbrahim : 48-52)
387. Dan Allah To'olo berfirman,
"(Dia-lah) Yang Mahatinggi derajat-N.ya, Yang mempunyai 'Arsy,
Yang mengutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepada
siapa pun yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hambo-Nyo,
supaya dia mempenngatkan ( manusia) tentang hari pertemuan (Hari
Kiamat), ( y aitu) hari (ketika) m ereka keluar ( dari kubur), tiada suatu
pun dari hal-ihwal mereka yangtersembunyi bagi Allah. (Lalu AIIah
berfirman),'Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini?'
Kepunyaan AllahYang Maho Eso lagi Maha Mengalahkan. Pada hariini tiap - tiap j iw a dib er i b ol asar t at as a pa y an g dn t sahuk o r n y a f i d uk
ada yong dirugikon pado hari inr. Sesungguhnga Alloh atrwl cepal
hisabnya. " (Al-Ivlukmln : I 5' I 7 )
388. Dan Allah To'olo berfirman.
" B er il ah mereka per in gatan te ntan g ha r i y an g dekat ( H ar i Kiam at)
(Yaitu) ketika hoti (menyesok/ somp oi di kerongkongan dengan
menahan kesedihan. Orang-orong yong zholim tidak ntempunyai
teman setio seorong pun dan tidak (pula) mempunyoi seorang
pemberi syat'oot yang diterima syofaotnyo. Allah mengetohui
( pandongan) matu yong khianat don apa yang disembuny ikon oleh
hoti. Dan AIIoh menghukum dengan keodilon, Dan sembohonsembahon yang mereko sembah selain Allah itu tidok dopot
menghukum dengansuotu opa pun. Sesungguh nya Allah, Dia-lah
Yang M aho M endengar lagi M aho M elihat. " (Al'Muhm I n : I E'20)
389. Dan Allah To'olo berfirman.
"Ses u n ggu hn y o Tihon' m u hany ol ah AII oh, y an g tidok oda tuh an
(yong berhak disemboh) selain Dia' Pengefohuon-Nya meliputi
segala sesuofu. Demikianlah Kami kisohkon kepadamu
(Muhammad) sebagion kisoh umat yang teloh lalu, don
sesungguh nnyateloh Kami berikan kepadomu dori sisiKomisuotu
peringatan ( AI -Qur' an) . B arangsiapa yong berpaling daripada Al -
Qur'on. mokasesungguh nyo dio akon memikul doso yangbesor di
Hari Kiamot. mereka kekal di dalam keodaan itu. Don amat burukloh
doso ifu sebagai beban atas mereko di Hari Kiomat. (Yaitu) di hori
(yang poda wat:tu itu) ditiup songkokola, don Kami akon
mengumpulkan pada hari itu orang-orong yongberdosa dengon
muka yang biru buram. Mereko berbisik-bisik sesomo mereka:
"Komu tidak tinggal (di dunia) melainkan honya sepuluh (hari) ' Kami
Iebih mengetahui apo yong mereka katokan, ketika orang yang
paling lurus jalonnya diontaro mereka berkots, 'Kamu tidak tinggal
( di dunia) melainkan hanya sehari.' Don mereka bertanya kepodomu
tentang gunung-gunung. Maka katakanlah, 'Tuhon'ku okon
m e nghancurkanny a ( di H a r i Ki am at) se hancur - han cur n y a. I ol u D io
akan menjadikan (bekas) gunung-gunungitu datar samo sekoli, tidak
odo sedikit pun komu lihot podanya tempat yang rendah maupun
y ang tin ggi. fuda har i itu m o n usio m engikuti ( m enui u kep ada suar o)
penyeru dengon tidak berbelok-belok. Don merendahloh semuQ
s uo ro kep ado Yan g M aha Pem ur ah. M aka, kam u tidok m e nden gar
kecuali bisikon soja. Pada hari itu tidak berguna syat'aat, kecuali
( syafaat) orong yang telah diberi izin oleh Allah Yang Maha Pemurah,
sedangDiatelah meridhoi perkataannya. Dia rnengetahui apa yang
ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka,
sedangkan ilmu mereka tidak dapat meliputi ilmu-Nya. Dan
tunduklah semua muka (dengan berendah diri) di hadapanYang
Hidup Kekal lagi senantiasa mengurus (makhluk-Nya). Dan
sesungguhnya telah rnerugilah orang yang telah melakuksn
kezhaliman. " (Thaha: 98-111)
390. Dan Allah To'olo berfirman,
"Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah)
sebagion dari rizki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum
datang hari dimana tidak ado lagi jual-beli, tidak ada lagi
persahabatan yang akrab, dan tidak ada lagi syafaaL Dan orangor an g kaf ir itul ah or ong- or on g y an g zhalim. " (Al-Baqarah : 2 5 4 )
391. Dan Allah To'alo berfirman.
" D an p elihar alah dirimu dari ( adzab y ang terj adi p ada) hari dimana
kamu senlua sekalian dikembalikan kepada AIIah. Kemudion
mosing-mos ing diri diberi balasan yang sempurna atas apa yang telah
dikerjakannya, dedang mereka sedikit pun tidak dianiaya." (AlBaqarah:281l,
392. D anAllah To'olo berfirm an,
"Pada hari dimana ada muka yang putih berseri, dan ada pula muka
yang hitam muram. Adopun orang-orang yang hitam muram
mukanga, mc,ka (kepada mereka dikatakan), 'Kenapa kamu kat'ir
sesudch kamu b eriman? Karena itu, rasakanlah adzab diseb abkan
kekat'iranmu itu.' Adapun orang-orang yang putih berseri mukanya,
maka mereka berada dalam rahmat Allah (surga)
, mereka kekal di
dalamnya." (Ali Imran: 106-107)
Dan Allah Ta' alaberfirman,
"Tidak mungkin seorang nabi berkhianat (dalam urusan harta"
rampasan perang). Barangsiapa berkhianat (dalam uruson
rampasan perang itu), maka pada Hari Kiamst dia akan datang
membawa apa yang dikhianatkannya itu. Kemudiantiap-tiap diri
akan diberi pembalason ofos apa yang dia kerjakan dengan
(pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya." (Ali Imran:
161)
394. Dan Allah To'olo berfirman,
"(Dan ingatlah) akan hari (ketika) kami bangkitkan padatiap-tiap
umat seorang soksi atas mereka dari kalangan mereka sendiri, dan
Kami datangkan kamu (M uhammmad) menj adi soksi atas selur uh
umat manusio. Don Kami turunkan kepadamu AI-Kitab (Al-Qur' an)
untuk menjelaskan segala sesuofu dan petunjuk serta rahmat bagi
orang- orang y ang berserah diri. " (An-Nahl : 89)
395. Dan Allah To'olo berfirman,
"Dan (ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan dari tiap-tiap
umat seorang soksi (rasul)
, kemudian tidak diizinkan kepada orangorang yang kafir (untuk membela diri), dan tidak (pula) mereka
dibolehkan meminta maaf . Dan apabila orang-orang zhalim telah
menyaksikan adzab, maka tidaklah diringankan adzab bag mereka,
dan tidak pula mereka dibei tangguh. Dan apabila orang-orang yang
mempersekutukan (AIIah) melihat sekutu-sekutu mereka, mereka
beikata, 'YaTuhan kami, mereka inilah sekufu-sekutu kami, yang
dahulu kami semb ah selain dan Engkau.' Lalu skutu- sekutu mer.gka
mengatakan kepada mereka, 'Sesungguh nya kamu benar-benar
orang yang dusta.' D an sekutu-sekufu itu menyatakan ketundukannya kepada AIIah, dan pada hari itu hilonglah dari orang-orang
musyrik itu apa yang selalu mereka ada-adakan. Orang-orang yong
kat'ir dan menghalangi (manusia) dari jalan Allah, Kami tambahkan
kepada merekasiksoon di atas siksoon, disebabkan mereka selalu
b erbuat kerusakan. " (An-Nahl : 84-88)
396. Dan Allah To'olo berfirman,
"AIIah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia.
Sesungguh nya Dia akan mengumpulkan kamu di Hari Kiamat, yang
tidak ada keraguan tentang (terjadi)-nya. Dan siapakah yang lebih
b en ar p erk ataan ( ny a) darip ada AII ah? " (An-Ni sa' : 87 )
397 . DanAllah To'olo berfirman,
"Maka demi Pemelihara langit dan bumi, sesungguh nya yang
dijanjikan itu adalah benar-benar (akan terjadi), seperti perkataan
yang kamu ucapkan. " (Adlz-D zariyat: 23)
398. Dan Allah To'olo berfirman,
" (lngatlah)
, hari diwaldu AIIah mengumpulkan para Rasul, Ialu Allah
bertanya (kepada mereka), 'Apa jawaban kaummu terhadap
( seruon) -mu?' Para Rasul menjawab, Tidak ada pengetalutan kami
(tentang itu) , sesungguhnya Engkau-lah Yang Maha Mengetahui
perkara yang ghaib. "' (Al-Ma' idah: 109)
399. Dan Allah To'olo berfirman,
"Makasesungguh nya Kami akan menanyai umat-umat yang telah
diufus rasul-rasul kepada mereka, dan sesungguhnyaKami akan
menanyai (pula) rosu/-rosu/ (Kami). Maka,sesungguhn ya akan Kami
kabarkan kepada mereka (apa-apa yangtelah mereka perbuat),
sedang (Kami) mengetahui (keadaan mereka) , dan Kami sekali-kali
tidak j auh ( dari mereka) . Timb angan pada hari itu ialah kebenaran
( ke adil an ) . M aka, b ar an gsi ap a b er at ti m b angan keb aikanny a,
mereka itulah orang-orang yangberuntung. Dan barangsiapa yang
ringan timbangan kebaikannya, itulah orang-orang yang meruEkan
dirinya sendiri, disebabkan mereka selalu mengingkari ayat-ayat
Kami." (Al-Araf:6-9)
400. Dan Allah To'olo berfirman,
"Pada hari ketika tiap-tiap diri mendapati segala kebajikan
dihadapkan (dimukanya). Begitu (juga) kejahatan yang telah
dikerjakannya. Dia ingin andaikan antara dia dengan hari itu ada
mosa yang jauh. Dan AIIah memperingatkan kamu terhadap Diri
(s i kso/ -Nyo . D an AII ah M aha Pe ny ay ang terhadap hamb a - hamb a -
Nyo." (Ali lmran: 30)
40 1 . Dan Allah Ta' al a berfirm an,
"Sehingga apabila orang-orong yang berpaling itu datang kepada
Kami (di Hari Kamat), dia berkata (kepada setan), Aduhai, andaikan
(jarak) antara aku dan kamu seperti jarak antara timur dan barat.'
Maka setan itu adalah sejahat-jahat teman (yang menyertai
manusia) . (Harapanmu itu) sekali-kali tidak akan memberi manf aat
kepadamu di hari itu, karena kamu telah menganiaya (dirimu
sendiri). Sesungguhnyakamu bersekutu dalam adzab itu." (AzZukhruf:38-89)
402. Dan Allah To'olo berfirman,
" (lngatlah) suatu hari dimana Kami mengumpulkan mereka
semuanya, kemudian Kami berkata kepada orong-orang yang
m empersekutukan (Tuhan),'Tbtaplah kamu dan sekutu-sekutumu di
tempatmu (masing-masing)!' Lalu Kami pisahkan mereka, dan
berkatalah sekutu-sekutu mereka,' Kamu sekali-kali tidak pernoh
menyembah kami. Dan cukuplah AIIah menjadi saksi antara kami
dan kam u, b ahw a kam i tidok tahu m enahu tentan g p eny emb ahan
kamu (kepada kami) .' Di tempat itu (padangMahsyar)
, tiap-tiap diri
merasakan pembalasan atas apa yangtelah dikerjakonnya dahulu,
dan mereka dikembalikan kepoda Alloh Pe