ahmat yang diperoleh pada
saat menerima Sakramen Pembaptisan dan Penguatan, dan membuat kita berkembang
dalam cinta kepada sesama, memperkuat kita dalam cinta kasih, menghapus dosa-
293. Bagaimana kemungkinan memberikan Komuni Kudus kepada orang
Kristen yang lain?
Pelayan Katolik boleh memberikan Komuni Kudus secara legitim kepada
anggota Gereja Timur yang tidak dalam kesatuan penuh dengan Gereja Katolik
jika mereka memintanya dengan kehendak mereka sendiri dan mempunyai
disposisi yang memenuhi syarat. Sedangkan, kepada anggota komunitas
mempunyai disposisi yang dituntut, dan ada tanda yang jelas bahwa mereka juga
mempunyai iman yang sama mengenai Sakramen Ekaristi.
294. Mengapa Ekaristi merupakan ”jaminan untuk kemuliaan yang akan
datang”?
Ekaristi merupakan jaminan untuk kemuliaan yang akan datang karena
Ekaristi memberikan berkat dan rahmat surgawi kepada kita, memperkuat kita
1385-1389
1415
1391-1397
1416
1398-1401
1402-1405
dosa ringan, dan menjaga kita dari bahaya dosa berat di masa depan.
gerejawi lainnya boleh diberikan jika mereka memintanya atas kemauan sendiri,
Komuni Kudus mempererat kesatuan kita dengan Kristus dan dengan Gereja-
Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen
105
1. Qual e` il disegno di Dio per l’uomo?
1Dio, infinitamente perfetto e beato in se stesso, per un disegno di pura
bonta` ha liberamente creato l’uomo per renderlo partecipe della sua vita
beata. Nella pienezza dei tempi, Dio Padre ha mandato suo Figlio come
redentore e salvatore degli uomini caduti nel peccato, convocandoli nella
sua Chiesa e rendendoli figli adottivi per opera dello Spirito Santo ed eredi
della sua eterna beatitudine.
CAPITOLO PRIMO
L’UOMO E` «CAPACE» DI DIO
2
2. Perche´ nell’uomo c’e` il desiderio di Dio?
34Dio stesso, creando l’uomo a propria immagine, ha iscritto nel suo
cuore il desiderio di vederlo. Anche se tale desiderio e` spesso ignorato,
Dio non cessa di attirare l’uomo a se´, perche´ viva e trovi in lui quella
pienezza di verita` e di felicita`, che cerca senza posa. Per natura e per
vocazione, l’uomo e` pertanto un essere religioso, capace di entrare in co-
munione con Dio. Questo intimo e vitale legame con Dio conferisce all’uo-
mo la sua fondamentale dignita`.
3. Come si puo` conoscere Dio con la sola luce della ragione?
56Partendo dalla creazione, cioe` dal mondo e dalla persona umana,
l’uomo, con la sola ragione, puo` con certezza conoscere Dio come origine
e fine dell’universo e come sommo bene, verita` e bellezza infinita.
4. Basta la sola luce della ragione per conoscere il mistero di Dio?
7L’uomo, nel conoscere Dio con la sola luce della ragione, incontra
molte difficolta`. Inoltre non puo` entrare da solo nell’intimita` del mistero
divino. Per questo, Dio l’ha voluto illuminare con la sua Rivelazione non
1-25
30
27-30
44-45
31-36
46-47
37-38
dalam peziarahan kita dalam kehidupan ini dan membuat kita rindu akan kehidupan
kekal. Ekaristi mempersatukan kita dengan Kristus yang duduk di sisi kanan Bapa,
dengan Gereja di surga, dengan Perawan Maria yang Terberkati, dan dengan semua
santo-santa.
Dalam Ekaristi, kita ”memecah-mecah satu roti
yang memberi kita obat keabadian, penawar racun kematian,
dan makanan yang membuat kita hidup selamanya dalam Yesus Kristus”
(Santo Ignatius dari Antiokhia)
BAB DUA
SAKraMEN-SAKraMEN PENYEMBUhAN
295. Mengapa Kristus menetapkan Sakramen Pengampunan Dosa dan
Sakramen Pengurapan orang Sakit?
kramen ini karena kehidupan baru yang Dia berikan kepada kita dalam Sakramen-
SAKRAMEN TOBAT
296. Apa nama Sakramen ini?
Namanya Sakramen Penebusan Dosa, Sakramen Rekonsiliasi, Sakramen
Pengampunan, Sakramen Pengakuan, dan Sakramen Tobat.
297. Mengapa ada Sakramen Rekonsiliasi setelah Sakramen Pembaptisan?
Karena rahmat kehidupan baru yang diterima dalam Sakramen Pembaptisan
tidak menghapuskan kelemahan kodrat manusia dan juga kecenderungan kepada
dosa (yang ini konkupisensi), Kristus menetapkan Sakramen ini untuk
pertobatan orang yang dibaptis yang terpisah dari Dia karena dosa.
1420-1421
1426
1422-1424
1425-1426
1484
itu, Kristus menghendaki agar Gereja melanjutkan karya penyembuhan dan
penyelamatan-Nya melalui Sakramen-Sakramen ini.
Kristus, Sang Penyembuh jiwa dan badan kita, menetapkan Sakramen-Sa-
Sakramen inisiasi Kristiani dapat melemah, bahkan hilang karena dosa. Karena
Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja
106
298. Bilamana Kristus menetapkan Sakramen ini?
Tuhan yang sudah bangkit menetapkan Sakramen ini pada malam Paskah
ketika Dia menampakkan Diri kepada para Rasul dan berkata kepada mereka:
”Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya
diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap
ada” (Yoh 20:23).
299. Apakah orang yang dibaptis itu membutuhkan pertobatan?
Panggilan Kristus untuk pertobatan terus berlangsung selama hidup
orang yang dibaptis. Pertobatan merupakan kewajiban terus-menerus bagi se-
luruh Gereja. Gereja itu kudus, tetapi di dalamnya juga termasuk orang-orang
berdosa.
300. Apa itu pertobatan batin?
Perbuatan silih dapat diungkapkan dalam macam-macam bentuk, tetapi
terutama dalam puasa, doa, dan memberi derma. Bentuk-bentuk itu dan banyak
bentuk yang lainnya dapat dipraktekkan dalam kehidupan seorang Kristen, secara
khusus selama masa Puasa dan pada hari Jumat, hari silih.
302. Apa unsur-unsur pokok Sakramen Rekonsiliasi?
Unsur-unsur pokok itu ada dua: tindakan orang yang datang dan bertobat
melalui karya Roh Kudus dan pengampunan dosa dari Imam yang bertindak
atas nama Kristus untuk memberikan pengampunan, menentukan cara untuk
berbuat silih atas dosa-dosa yang diperbuatnya.
1450-1460
1487-1492
1427-1429
1434-1439
303. Apa yang harus dilakukan oleh peniten?
Yang harus dilakukan adalah: pemeriksaan batin yang saksama; pertobatan
(atau penyesalan) akan sempurna jika motivasinya cinta akan Allah; tidak
sempurna jika berdasarkan pada motivasi-motivasi lainnya dan disertai niat
yang tulus untuk tidak berdosa lagi; pengakuan terdiri dari menyatakan dosa-
dosanya kepada Imam dan perbuatan silih atau laku tapa yang diusulkan oleh
bapa pengakuan kepada orang yang bertobat untuk memperbaiki ”kerusakan”
yang terjadi akibat dosa.
304. Dosa-dosa apa yang harus diakukan?
Semua dosa berat yang belum diakukan yang disadari melalui pemeriksaan
batin yang teliti harus dibawa ke dalam Sakramen Tobat. Pengakuan dosa-do-
sa berat merupakan satu-satunya cara yang biasa untuk mendapatkan peng-
ampunan.
305. Bilamana seseorang itu harus mengakukan dosa maut?
Setiap umat beriman yang sudah mencapai umur diskresi (mampu mem-
bedakan antara yang baik dan yang jahat) terikat untuk mengakukan dosa-dosa
mautnya paling sedikit sekali setahun dan selalu dilakukan sebelum menerima
Komuni Kudus.
306. Mengapa dosa-dosa ringan juga dapat menjadi objek pengakuan Sa-
kramental?
Pengakuan dosa-dosa ringan juga sangat dianjurkan oleh Gereja, bahkan
walaupun hal ini tidak mutlak perlu karena bisa membantu kita untuk membentuk
suara hati yang benar dan melawan kecenderungan jahat. Ini membantu kita untuk
disembuhkan oleh Kristus dan berkembang maju dalam hidup Roh.
307. Siapa pelayan Sakramen ini?
Kristus telah mempercayakan pelayanan Rekonsiliasi ini kepada para Rasul-
Nya, kepada para Uskup yang menjadi pengganti-pengganti para Rasul dan kepada
para imam, rekan sekerja Uskup. Mereka ini menjadi alat kerahiman dan kebenaran
Allah. Mereka melaksanakan kuasa pengampunan dosa atas nama Bapa dan Putra
dan Roh Kudus.
1485
1456
1457
1458
1461-1466
1495
1434-1439
1430-1433
1490
longan Allah. Orang yang bertobat ini berharap penuh kepada kerahiman ilahi.
yang digerakkan oleh rahmat ilahi untuk menjawab cinta yang penuh kerahiman
Pertobatan batin ialah suatu dinamika ”hati yang patah dan remuk (Mzm 51:19)
dari Allah. Pertobatan ini mengandung penyesalan akan dosa-dosa yang telah dilaku-
301. Apa bentuk-bentuk silih dalam kehidupan Kristen?
kan, niat yang kuat untuk tidak berdosa lagi di masa datang, dan percaya akan perto-
Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen
107
298. Bilamana Kristus menetapkan Sakramen ini?
Tuhan yang sudah bangkit menetapkan Sakramen ini pada malam Paskah
ketika Dia menampakkan Diri kepada para Rasul dan berkata kepada mereka:
”Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya
diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap
ada” (Yoh 20:23).
299. Apakah orang yang dibaptis itu membutuhkan pertobatan?
Panggilan Kristus untuk pertobatan terus berlangsung selama hidup
orang yang dibaptis. Pertobatan merupakan kewajiban terus-menerus bagi se-
luruh Gereja. Gereja itu kudus, tetapi di dalamnya juga termasuk orang-orang
berdosa.
300. Apa itu pertobatan batin?
Pertobatan batin ialah suatu dinamika ”hati yang hancur” (Mzm 51:19) yang
digerakkan oleh rahmat ilahi untuk menjawab cinta yang penuh kerahiman dari
Allah. Pertobatan ini mengandung penyesalan akan dosa-dosa yang telah dilakukan,
niat yang kuat untuk tidak berdosa lagi di masa datang dan percaya akan pertolongan
Allah. Orang yang bertobat ini berharap penuh kepada kerahiman ilahi.
301. Apa bentuk-bentuk silih dalam kehidupan Kristen?
Perbuatan silih dapat diungkapkan dalam macam-macam bentuk, tetapi
terutama dalam puasa, doa, dan memberi derma. Bentuk-bentuk itu dan banyak
bentuk yang lainnya dapat dipraktekkan dalam kehidupan seorang Kristen, secara
khusus selama masa Puasa dan pada hari Jumat, hari silih.
302. Apa unsur-unsur pokok Sakramen Rekonsiliasi?
Unsur-unsur pokok itu ada dua: tindakan orang yang datang dan bertobat
melalui karya Roh Kudus dan pengampunan dosa dari Imam yang bertindak
atas nama Kristus untuk memberikan pengampunan, menentukan cara untuk
berbuat silih atas dosa-dosa yang diperbuatnya.
1450-1460
1487-1492
1427-1429
1434-1439
303. Apa yang harus dilakukan oleh peniten?
Yang harus dilakukan adalah: pemeriksaan batin yang saksama; pertobatan
(atau penyesalan) akan sempurna jika motivasinya cinta akan Allah; tidak
sempurna jika berdasarkan pada motivasi-motivasi lainnya dan disertai niat
yang tulus untuk tidak berdosa lagi; pengakuan terdiri dari menyatakan dosa-
dosanya kepada Imam dan perbuatan silih atau laku tapa yang diusulkan oleh
bapa pengakuan kepada orang yang bertobat untuk memperbaiki ”kerusakan”
yang terjadi akibat dosa.
304. Dosa-dosa apa yang harus diakukan?
Semua dosa berat yang belum diakukan yang disadari melalui pemeriksaan
batin yang teliti harus dibawa ke dalam Sakramen Tobat. Pengakuan dosa-do-
sa berat merupakan satu-satunya cara yang biasa untuk mendapatkan peng-
ampunan.
305. Bilamana seseorang itu harus mengakukan dosa maut?
Setiap umat beriman yang sudah mencapai umur diskresi (mampu mem-
bedakan antara yang baik dan yang jahat) terikat untuk mengakukan dosa-dosa
Komuni Kudus.
306. Mengapa dosa-dosa ringan juga dapat menjadi objek pengakuan Sa-
kramental?
Pengakuan dosa-dosa ringan juga sangat dianjurkan oleh Gereja, bahkan
walaupun hal ini tidak mutlak perlu karena bisa membantu kita untuk membentuk
suara hati yang benar dan melawan kecenderungan jahat. Ini membantu kita untuk
disembuhkan oleh Kristus dan berkembang maju dalam hidup Roh.
307. Siapa pelayan Sakramen ini?
Kristus telah mempercayakan pelayanan Rekonsiliasi ini kepada para Rasul-
Nya, kepada para Uskup yang menjadi pengganti-pengganti para Rasul dan kepada
para imam, rekan sekerja Uskup. Mereka ini menjadi alat kerahiman dan kebenaran
Allah. Mereka melaksanakan kuasa pengampunan dosa atas nama Bapa dan Putra
dan Roh Kudus.
1485
1456
1457
1458
1461-1466
1495
beratnya paling sedikit sekali setahun dan selalu dilakukan sebelum menerima
Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja
108
308. Kepada siapa pengampunan dosa-dosa tertentu dikhususkan?
Pengampunan dosa-dosa berat tertentu (misalnya, yang dihukum dengan
atau Imam yang diberi kuasa khusus oleh Uskup. Tetapi, setiap Imam dapat
309. Apakah bapa pengakuan terikat oleh rahasia?
Setiap bapa pengakuan, tanpa kecuali dan di bawah ancaman hukuman yang
amat berat, terikat untuk memegang teguh ”meterai pengakuan” yang berarti
kerahasiaan mutlak tentang dosa-dosa yang diungkapkan kepadanya dalam
pengakuan karena keagungan pelayanan ini dan hormat yang harus diberikan
kepada pribadi manusia.
310. Apa buah Sakramen ini?
311. Dalam kasus tertentu, dapatkah Sakramen ini dilaksanakan dengan
pengakuan umum dan absolusi umum?
Dalam kasus kebutuhan yang amat mendesak (seperti dalam bahaya maut)
bisa dilakukan upacara rekonsiliasi umum dengan pengakuan umum dan absolusi
umum, sejauh norma-norma Gereja dipatuhi dan ada intensi secara pribadi untuk
mengakukan dosa-dosa berat jika hal itu memungkinkan.
312. Apa itu indulgensi?
Indulgensi ialah penghapusan hukuman sementara di hadapan Allah seba-
gai akibat dari dosa-dosa yang kesalahannya sudah diampuni. Umat Kristen yang
setia bisa mendapatkan indulgensi ini bagi dirinya sendiri atau bagi orang-orang
1463
1467
1468-1470
1496
1471-1479
1498
1480-1484
yang berada dalam bahaya maut.
ekskomunikasi) dikhususkan kepada Takhta Suci atau kepada Uskup setempat
memberikan pengampunan atas setiap dosa dan ekskomunikasi kepada orang
keadaan rahmat jika keadaan itu sudah hilang karena dosa, penghapusan hukuman
Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen
kekal karena dosa-dosa berat dan penghapusan, paling sedikit untuk sebagian,
Buah Sakramen Tobat ialah: berdamai kembali dengan Allah karena itu juga
hukuman sementara sebagai akibat dosa. Sakramen ini juga memberikan keda-
berarti pengampunan dosa-dosa, dan berdamai kembali dengan Gereja; pemulihan
maian, ketenangan suara hati, penghiburan rohani, dan bertambahnya keku-
atan rohani untuk berjuang dalam kehidupan Kristen.
109
yang sudah meninggal dengan syarat-syarat tertentu. Indulgensi ini diberikan
melalui petugas Gereja, sebagai penyalur rahmat penebusan, membagikan keka-
yaan rahmat Kristus dan santo-santa.
SAKRAMEN PENGURAPAN ORANG SAKIT
313. Bagaimana Perjanjian lama memandang penyakit?
Dalam Perjanjian Lama, penyakit dialami sebagai tanda kelemahan dan
sekaligus dipahami sebagai sesuatu yang terikat dengan dosa. Para nabi menyadari
bahwa penyakit dapat juga mempunyai nilai penebusan bagi dosa-dosanya sendiri
dan orang lain. Demikianlah, penyakit ini dialami di hadapan Allah yang kepada-
Nya mereka mohon kesembuhan.
314. Apa makna bela rasa Yesus kepada orang sakit?
Bela rasa Yesus kepada orang sakit dan banyak penyembuhan yang dilakukan-
Nya bagi yang sakit merupakan suatu tanda nyata bahwa Kerajaan Allah sudah
datang bersama-Nya dan karena itu juga berarti kemenangan terhadap dosa,
terhadap penderitaan, dan terhadap kematian. Dengan penderitaan dan kematian-
Nya, Yesus memberikan makna baru kepada penderitaan kita yang jika dipersatukan
dengan penderitaan-Nya dapat menjadi sarana pemurnian dan penyelamatan bagi
kita dan bagi orang lain.
315. Bagaimana sikap Gereja terhadap orang sakit?
Setelah menerima tugas dari Allah untuk menyembuhkan orang sakit, Gereja
berusaha melaksanakannya dengan merawat orang sakit dan menemani mereka
ditujukan bagi orang sakit. Sakramen ini ditetapkan oleh Kristus dan ditegaskan
316. Siapa yang dapat menerima Sakramen pengurapan orang sakit?
Setiap anggota umat beriman dapat menerima Sakramen ini segera setelah dia
berada dalam bahaya maut karena penyakit atau usia lanjut. Si sakit bisa menerima
1499-1502
1503-1505
1506-1513
1526-1527
1514-1515
1528-1529
Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja
ngan minyak dalam nama Tuhan” (Yak 5:14).
oleh Santo Yakobus, ”Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia me-
dengan doa permohonan. Terlebih lagi, Gereja mempunyai Sakramen yang khusus
manggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya de-
110
Sakramen ini beberapa kali jika penyakitnya bertambah berat atau karena ada pe-
nyakit berat lainnya. Upacara sakramen ini, jika memungkinkan, didahului dengan
pengakuan dosa pribadi si sakit.
317. Siapa pelayan Sakramen ini?
Sakramen ini hanya dapat dilayani oleh Imam tertahbis (Uskup atau
Pastor).
318. Bagaimana upacara Sakramen ini dilaksanakan?
Upacara Sakramen ini secara esensial terdiri dari pengurapan dengan minyak
yang, sedapat mungkin, diberkati oleh Uskup. Pengurapan ini diberikan pada dahi
dan kedua tangan si sakit (ritus Roma) atau juga bagian-bagian tubuh lainnya (dalam
ritus lainnya) diiringi dengan doa Imam yang memohon rahmat khusus Sakramen
ini bagi si sakit.
319. Apa buah Sakramen ini?
Sakramen ini memberikan rahmat khusus yang mempersatukan si sakit
pengampunan dosa jika si sakit tidak mampu mengakukan dosanya. Kadang-kadang
Rumah Bapa.
320. Apa itu viaticum?
Viaticum adalah Ekaristi Kudus yang diterima oleh mereka yang akan
meninggalkan kehidupan dunia ini dan mempersiapkan diri untuk perjalanan
menuju kehidupan kekal. Komuni dalam rupa tubuh dan darah Kristus yang wafat
dan bangkit dari mati, yang diterima pada saat keberangkatan dari dunia ini menuju
Bapa, merupakan benih kehidupan kekal dan kekuatan kebangkitan.
1516
1530
1517-1519
1531
1520-1523
1532
1524-1525
Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen
lebih erat dengan Pribadi Kristus untuk kebaikannya dan kebaikan seluruh Gereja.
Secara umum, Pengurapan ini mempersiapkan si sakit untuk perjalanan menuju
Sakramen ini memberikan penghiburan, kedamaian, keberanian, dan bahkan
jika dikehendaki Allah, Sakramen ini bahkan dapat mengembalikan kesehatan fisik.
111
BAB TIGA
SAKraMEN UNTUK PElAYANAN PERSEKUTUAN DAN
PERUTUSAN
321. Sakramen untuk pelayanan persekutuan dan perutusan?
Dua Sakramen, Penahbisan dan Perkawinan, memberikan rahmat khusus
untuk perutusan tertentu dalam Gereja untuk melayani dan membangun Umat
Allah. Sakramen-Sakramen ini memberikan sumbangan dengan cara yang khusus
pada persekutuan gerejawi dan penyelamatan orang-orang lain.
SAKRAMEN PENAHBISAN
323. Mengapa Sakramen ini ini dengan Penahbisan?
Allah.
ilahi?
Sakramen ini sudah dipralambangkan dalam Perjanjian Lama dalam pelayanan
para Levi, dalam imamat Harun, dan dalam penetapan tujuh puluh ”Penatua” (Bil
melalui kurban salib-Nya merupakan ”satu pengantara antara Allah dan manusia”
1533-1535
1537-1538
1539-1546
1590-1591
1536Sakramen yang melaluinya perutusan yang dipercayakan Kristus pada pa-
ra Rasul-Nya terus dilaksanakan dalam Gereja sampai akhir zaman.
324. Di mana tempat Sakramen Penahbisan dalam rencana penyelamatan
Tahbisan (ordo) menunjukkan tingkatan gerejawi yang dimasuki oleh se-
seorang melalui upacara pengudusan khusus (ordinasi). Melalui rahmat khusus
Roh Kudus, Sakramen ini membuat orang yang ditahbiskan mampu melaksa-
11:25). Pralambang awal ini mencapai pemenuhannya dalam diri Yesus Kristus yang
Kristus yang tunggal dihadirkan melalui imamat jabatan.
(1Tim 2:5), ”Imam Besar menurut peraturan Melkisedek” (Ibr 5:10). Imamat
nakan kuasa suci atas nama dan dengan wewenang Kristus untuk pelayanan Umat
Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja
322. Apa itu Sakramen Penahbisan?
112
1. Qual e` il disegno di Dio per l’uomo?
1Dio, infinitamente perfetto e beato in se stesso, per un disegno di pura
bonta` ha liberamente creato l’uomo per renderlo partecipe della sua vita
beata. Nella pienezza dei tempi, Dio Padre ha mandato suo Figlio come
redentore e salvatore degli uomini caduti nel peccato, convocandoli nella
sua Chiesa e rendendoli figli adottivi per opera dello Spirito Santo ed eredi
della sua eterna beatitudine.
CAPITOLO PRIMO
L’UOMO E` «CAPACE» DI DIO
2
2. Perche´ nell’uomo c’e` il desiderio di Dio?
34Dio stesso, creando l’uomo a propria immagine, ha iscritto nel suo
cuore il desiderio di vederlo. Anche se tale desiderio e` spesso ignorato,
Dio non cessa di attirare l’uomo a se´, perche´ viva e trovi in lui quella
pienezza di verita` e di felicita`, che cerca senza posa. Per natura e per
vocazione, l’uomo e` pertanto un essere religioso, capace di entrare in co-
munione con Dio. Questo intimo e vitale legame con Dio conferisce all’uo-
mo la sua fondamentale dignita`.
3. Come si puo` conoscere Dio con la sola luce della ragione?
56Partendo dalla creazione, cioe` dal mondo e dalla persona umana,
l’uomo, con la sola ragione, puo` con certezza conoscere Dio come origine
e fine dell’universo e come sommo bene, verita` e bellezza infinita.
4. Basta la sola luce della ragione per conoscere il mistero di Dio?
7L’uomo, nel conoscere Dio con la sola luce della ragione, incontra
molte difficolta`. Inoltre non puo` entrare da solo nell’intimita` del mistero
divino. Per questo, Dio l’ha voluto illuminare con la sua Rivelazione non
1-25
30
27-30
44-45
31-36
46-47
37-38
”Hanya Kristuslah Imam yang sejati,
yang lainnya hanyalah pembantu-pembantu-Nya”
(Santo Thomas Aquinas)
325. Apa tingkatan-tingkatan dalam Sakramen Penahbisan?
Sakramen Penahbisan terdiri dari tiga tingkatan yang tak tergantikan dalam
struktur organik Gereja, yaitu: Episkopat, Presbiterat, dan Diakonat.
326. Apa buah Penahbisan Episkopat?
Penahbisan episkopat memberikan kepenuhan Sakramen Penahbisan.
Penahbisan ini menyebabkan seorang Uskup menjadi penerus sah para Rasul dan
mengintegrasikannya ke dalam kolegium para Uskup untuk bersama-sama dengan
menguduskan, dan memerintah.
327. Apa wewenang yang diserahkan kepada seorang Uskup dalam Gereja
partikular?
merupakan kepala yang kelihatan dan dasar kesatuan bagi Gereja partikular
tersebut. Demi Gereja dan sebagai wakil Kristus, seorang Uskup menjalankan
wewenangnya sebagai gembala dibantu para Imam dan Diakon.
328. Apa buah Penahbisan Presbiterat?
Pengurapan Roh memeteraikan Imam dengan suatu meterai rohani yang
tak dapat dihapuskan dan yang menjadikan dia serupa dengan Kristus sang Imam
Agung, dan membuatnya mampu bertindak atas nama Kristus sang Kepala. Sebagai
rekan kerja Uskup, dia ditahbiskan untuk mewartakan Injil, melaksanakan upacara
liturgi, terutama Sakramen Ekaristi, dari sinilah dia mendapatkan kekuatan dalam
pelayanannya, dan menjadi gembala umat beriman.
329. Bagaimana Imam melaksanakan pelayanan ini?
Seorang Imam, walaupun ditahbiskan untuk perutusan universal, melaksana-
kan pelayanannya dalam Gereja partikular. Pelayanan ini dilakukan dalam persau-
daraan sakramental dengan yang lainnya yang bersama-sama membentuk ”Presbi-
1554
1593
1557-1558
1594
1560-1561
1562-1567
1595
1568
Paus melayani seluruh Gereja. Penahbisan ini memberikan wewenang mengajar,
Uskup yang diserahi tanggung jawab untuk mengurus Gereja partikular
Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen
113
terat”. Dalam kesatuan dengan Uskup dan tergantung darinya, mereka bertanggung
jawab atas Gereja partikular.
Diakon yang dipersatukan dengan Kristus sang pelayan untuk semua,
ditah biskan untuk pelayanan Gereja. Dia melaksanakan pelayanannya di bawah
wewenang Uskupnya dengan pelayanan Sabda, upacara liturgi, reksa pastoral, dan
karya karitatif.
331. Bagaimana pelaksanaan upacara Sakramen Penahbisan?
Sakramen Penahbisan dilaksanakan, dalam setiap tingkatannya, dengan cara
penumpangan tangan ke atas kepala yang ditahbiskan oleh Uskup yang mengucapkan
doa agung Penahbisan. Dengan doa ini, Uskup memohon kepada Allah, bagi yang
ditahbiskan, pencurahan Roh Kudus dan anugerah Roh sesuai dengan pelayanan
yang dimaksud oleh Penahbisan tersebut.
332. Siapa yang dapat melayani Sakramen ini?
Hanya para Uskup yang ditahbiskan dengan sah sebagai pengganti para
333. Siapa yang dapat menerima Sakramen ini?
Sakramen ini hanya dapat diterima secara sah oleh orang yang sudah dibaptis.
Gereja mengakui dirinya terikat pada pilihan yang sudah dibuat oleh Tuhan. Tak
seorang pun dapat menuntut untuk menerima Sakramen Penahbisan ini, tetapi
334. Apakah perlu menjalani hidup selibat untuk menerima Sakramen
Penahbisan?
setelah seseorang ditahbiskan. Orang yang sudah kawin dapat ditahbiskan
menjadi Diakon permanen.
1569-1571
1596
1572-1574
1597
1575-1576
1600
1577-1578
1598
1579-1580
1599yang dipilih adalah orang yang Katolik dan mempraktekkan selibat: orang-orang
Untuk episkopat, mutlak perlu. Untuk presbiterat dalam Gereja Latin,
(Mat 19:12). Dalam Gereja-Gereja Timur, perkawinan tidak boleh dilaksanakan
yang bermaksud melanjutkan penghayatan hidup selibat ”karena Kerajaan Surga”
Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja
330. Apa buah Penahbisan Diakonat?
Rasul yang dapat melaksanakan Sakramen Penahbisan ini.
harus melalui penilaian kelayakan untuk pelayanan ini oleh otoritas Gereja.
114
Sakramen ini memberikan pencurahan khusus Roh Kudus yang menjadikan
orang yang menerimanya serupa dengan Kristus dalam tiga jabatan-Nya sebagai
Imam, Nabi, dan Raja sesuai dengan tingkatan Sakramen yang diterimanya.
Penahbisan memberikan meterai spiritual yang tidak dapat dihapuskan, dan karena
itu tidak dapat diulangi atau diberikan untuk sementara waktu.
336. Dengan wewenang apakah pelayanan imamat itu dilaksanakan?
Dalam menjalankan tugas pelayanan sucinya, para Imam yang ditahbiskan
berbicara dan bertindak bukan atas wewenang mereka sendiri, bukan pula karena
Kepala dan atas nama Gereja. Karena itu, imamat jabatan ini berbeda secara esensial
dan tidak hanya dalam tingkatan dengan imamat umum seluruh umat beriman.
Untuk pelayanan umat beriman, Kristus menetapkan Sakramen ini.
SAKRAMEN PERKAWINAN
337. Apa rencana Allah berkenaan dengan laki-laki dan perempuan?
338. Untuk tujuan apa Allah menetapkan Perkawinan?
Hubungan perkawinan antara laki-laki dan perempuan, yang didasarkan
dan didukung dengan hukum-hukumnya sendiri oleh sang Pencipta, menurut
serta mendidik anak-anak. Menurut rencana ilahi asali, persatuan perkawinan ini
1581-1589
1547-1553
1592
1601-1605
1659-1660
335. Apa buah Sakramen Penahbisan?
mandat atau delegasi komunitas tertentu, tetapi atas nama Pribadi Kristus Sang
Allah yang adalah cinta dan yang telah menciptakan laki-laki dan perempuan
dan perempuan, Allah memanggil mereka kepada persatuan hidup yang intim dan
bah banyak” (Kej 1:28).
19:6). Allah bersabda dan memberkati mereka: ”Beranak-cuculah dan bertam-
untuk cinta telah memanggil mereka untuk mencinta. Dengan menciptakan laki-laki
tak dapat diceraikan, seperti Yesus Kristus menegaskan: ”Apa yang telah dipersa-
kodratnya bertujuan untuk persatuan dan kebaikan pasangan dan menurunkan
tukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia” (Mrk 10:9).
Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen
cinta dalam perkawinan. ”Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu” (Mat
115
339. Bagaimana dosa mengancam Perkawinan?
Karena dosa asal, yang menyebabkan perpecahan persekutuan laki-laki dan
perempuan yang dianugerahkan Allah, kesatuan perkawinan sangat sering terancam
oleh ketidakharmonisan dan ketidaksetiaan. Tetapi, Allah dalam kerahiman-Nya
yang tanpa batas memberikan kepada laki-laki dan perempuan rahmat untuk
membawa kesatuan hidup mereka ke dalam harmoni dengan rencana ilahi asali.
340. Apa yang diajarkan Perjanjian lama mengenai Perkawinan?
Allah membantu umat-Nya terutama melalui ajaran Hukum dan para Nabi
perkawinan. Perjanjian perkawinan antara Allah dengan Israel mempersiapkan
dan melambangkan awal Perjanjian Baru yang ditetapkan oleh Yesus Kristus, Putra
Allah, dengan mempelai-Nya, yaitu Gereja.
341. Unsur baru apa yang diberikan Kristus kepada Perkawinan?
Kristus tidak hanya memulihkan tujuan asali perkawinan, tetapi mengangkat-
rahmat khusus untuk menghayati perkawinan mereka sebagai simbol cinta
342. Apakah semua orang harus kawin?
Perkawinan bukanlah suatu keharusan bagi setiap orang, terutama karena
343. Bagaimana upacara Sakramen Perkawinan dilaksanakan?
Karena Sakramen Perkawinan menetapkan kedua mempelai dalam sebuah
status publik kehidupan dalam Gereja, pelaksanaan liturginya bersifat publik terjadi
di hadapan seorang Imam (atau seorang saksi yang diberi wewenang oleh Gereja)
dan para saksi lainnya.
1606-1608
1609-1611
1612-1617
1661
1618-1620
1621-1624
untuk sedikit demi sedikit mendalami pemahaman kesatuan dan ketakterceraian
nya ke dalam martabat Sakramen, memberikan kepada kedua mempelai suatu
dapatkan hal-hal yang baik dari perkawinan ini dalam rangka memusatkan diri
Allah memanggil beberapa laki-laki dan perempuan untuk mengikuti Yesus dalam
pada urusan-urusan Allah dan berusaha menyenangkan-Nya. Mereka menjadi tan-
hidup keperawanan atau selibat demi Kerajaan Surga. Pantangan untuk men-
da keunggulan mutlak cinta Kristus dan penantian kembalinya kemuliaan-Nya.
Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja
Kristus untuk mempelai-Nya, Gereja: ”Hai suami, kasihilah istrimu sebagaimana
Kristus telah mengasihi jemaat ” (Ef 5:25).
116
344. Apa kesepakatan Perkawinan itu?
Kesepakatan perkawinan diberikan ketika seorang laki-laki dan seorang
perempuan mengungkapkan kehendak untuk saling memberikan diri mereka satu
sama lain dengan tujuan untuk hidup bersama dalam perjanjian cinta yang setia
dan subur. Karena kesepakatan menyebabkan perkawinan terjadi, kesepakatan itu
mutlak perlu dan tidak tergantikan. Agar perkawinan itu sah, persetujuan ini harus
jelas-jelas mengenai perkawinan yang sungguh-sungguh dan merupakan tindakan
manusia yang sadar, bebas, tanpa kekerasan dan paksaan.
345. Apa yang diperlukan jika salah satu mempelai bukan Katolik?
Perkawinan campur (antara seorang Katolik dan seorang yang dibaptis bukan
Katolik) membutuhkan izin otoritas gerejawi demi layaknya. Dalam kasus disparitas
kultus (antara seorang Katolik dan seorang yang tidak dibaptis) memerlukan
dispensasi demi sahnya. Dalam kedua kasus itu, hal yang pokok ialah kedua belah
pihak mengakui dan menerima tujuan pokok dan ciri khas perkawinan. Perlu juga
ditekankan bahwa pihak Katolik menerima kewajiban, yang juga sudah diketahui
oleh pihak non-Katolik, untuk tetap menghayati imannya dan membaptis serta
mendidik anak-anak mereka secara Katolik.
346. Apa buah Sakramen Perkawinan?
Sakramen Perkawinan menetapkan ikatan yang kekal dan eksklusif antara
kedua mempelai. Allah memeteraikan kesepakatan perkawinan mereka. Karena
itu, perkawinan yang sudah dilaksanakan dengan sah (ratum) dan sudah dilengkapi
dengan persetubuhan (consumatum) antara dua orang yang sudah dibaptis tidak
pernah dapat diceraikan. Terlebih lagi, Sakramen ini memberikan rahmat yang
dibutuhkan bagi kedua mempelai untuk mencapai kesucian dalam kehidupan
perkawinan mereka dan jika dianugerahi anak-anak, menerima tanggung jawab
untuk merawat dan mendidik mereka.
347. Dosa apa yang sungguh-sungguh bertentangan dengan Sakramen Per-
kawinan?
Perzinaan dan poligami bertentangan dengan Sakramen Perkawinan karena
kedua hal itu betul-betul berlawanan dengan martabat kesetaraan antara laki-laki
dan perempuan dan dengan kesatuan dan eksklusivitas cinta perkawinan. Dosa-
1625-1632
1662-1663
1633-1637
1638-1642
1645-1648
Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen
117
dosa lainnya termasuk penolakan secara sadar untuk kemungkinan mempunyai
anak yang bertentangan dengan kesuburan cinta perkawinan dan keterbukaan akan
anugerah anak serta perceraian yang bertentangan dengan sifat tak terceraikannya
perkawinan.
348. Bilamana Gereja mengizinkan perpisahan fisik antara pasangan suami-
istri?
Gereja mengizinkan perpisahan fisik pasangan suami-istri jika karena alasan
yang serius mereka tidak mungkin hidup bersama, walaupun mungkin ada harapan
untuk rekonsiliasi. Tetapi selama salah satu dari pasangan itu masih hidup, yang
lainnya tidak bebas untuk kawin lagi kecuali jika perkawinan itu batal dan dinyata-
kan demikian oleh otoritas Gereja.
349. Apa sikap Gereja terhadap mereka yang cerai dan kemudian kawin
lagi?
Gereja, karena setia kepada Tuhannya, tidak dapat mengakui perkawinan
orang-orang yang secara sipil bercerai dan kawin lagi. ”Barangsiapa menceraikan
istrinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinaan terhadap
istrinya itu. Dan jika si istri menceraikan suaminya dan kawin dengan laki-laki lain,
ia berbuat zina” (Mrk 10:11-12). Gereja benar-benar menunjukkan keprihatinan
yang dalam terhadap orang-orang itu, dan menganjurkan mereka hidup dalam
iman, doa, beramal, dan memberikan pendidikan Kristiani bagi anak-anak mereka.
Tetapi, mereka tidak dapat menerima absolusi Sakramental, menerima Komuni
Kudus, atau mengemban tanggung jawab gerejawi tertentu selama situasi mereka
tidak berubah karena secara objektif bertentangan dengan perintah Allah.
350. Mengapa keluarga Kristen ini Gereja domestik?
Keluarga Kristen ini Gereja domestik karena keluarga menampilkan dan
menghayati kodrat keluarga dan komunal Gereja sebagai keluarga Allah. Setiap
anggota keluarga, sesuai dengan peranannya masing-masing, melaksanakan imamat
baptisan dan memberikan sumbangan untuk menjadikan sebuah keluarga itu suatu
komunitas rahmat dan doa, sebuah sekolah keutamaan manusiawi dan Kristiani
dan merupakan tempat iman pertama kali diwartakan kepada anak-anak.
1629
1649
1650-1651
1665
1655-1658
1666
Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja
118
BAB EMPAT
UPACAra-UPACAra lITURGI lAINNYA
SAKRAMENTALI
351. Apa itu Sakramentali?
Sakamentali adalah tanda-tanda suci yang ditetapkan oleh Gereja untuk
menguduskan macam-macam situasi kehidupan. Di sini, termasuk doa yang diiringi
dengan tanda salib dan tanda-tanda lainnya. Di antara Sakramentali yang penting
untuk memperoleh karunia-Nya, pemberkatan seseorang dan barang-barang bagi
ibadah kepada Allah.
352. Apa itu pengusiran setan?
wa seseorang atau objek tertentu dilindungi terhadap kuasa si Jahat dan mem-
bebaskannya dari cengkeraman si Jahat, maka hal itu ini dengan pengusiran
Pembaptisan. Exorcisme Meriah dapat dilaksanakan hanya oleh seorang Imam yang
diberi wewenang oleh Uskup.
353. Bentuk-bentuk kesalehan populer apa yang mengiringi hidup Sa-
kramental Gereja?
tuk kesalehan yang mengiringi hidup Sakramental Gereja, misalnya penghormatan
terhadap relikwi, kunjungan terhadap tampat-tempat suci, ziarah, prosesi, jalan
salib, dan rosario. Gereja dengan terang iman mendukung bentuk-bentuk auten tik
kesalehan populer ini.
1667-1672
1677-1678
1673
1674-1676
1679
ialah: pemberkatan-pemberkatan yang merupakan pujian kepada Allah dan doa
setan (exorcisme). Dalam bentuk biasa, hal ini dilaksanakan dalam ritus Sakramen
Bilamana Gereja meminta dengan otoritasnya dalam nama Yesus bah-
Cita rasa religius umat Kristen selalu terungkap dalam bermacam-macam ben-
Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen
119
PEMAKAMAN KRISTEN
354. Apa hubungan antara Sakramen-Sakramen dan kematian seorang
Kristen?
Seorang Kristen yang meninggal dalam Kristus, pada akhir eksistensinya
di dunia ini, mencapai kepenuhan kehidupan baru yang sudah dimulai dalam
Sakramen Pembaptisan, diperkuat dalam Sakramen Penguatan, dan diberi makan
Kristen menjadi jelas dalam terang wafat dan kebangkitan Kristus, satu-satunya
355. Apa yang diungkapkan oleh ritus pemakaman?
Walaupun dilaksanakan dalam bermacam-macam ritus yang berbeda sesuai
dengan situasi dan tradisi macam-macam daerah, pemakaman mengungkapkan
ciri khas pascakematian Kristen dalam pengharapan akan kebangkitan. Pema-
kaman juga menampilkan arti persekutuan dengan orang-orang yang sudah
meninggal secara khusus melalui doa untuk pemurnian jiwa-jiwa mereka.
356. Apa momen-momen utama dalam pemakaman?
Biasanya, ritus pemakaman terdiri dari empat bagian utama: penyambutan
jenazah oleh jemaat dengan kata-kata penghiburan dan pengharapan, liturgi
Sabda, Ekaristi, dan perpisahan yang antara lain berisi penyerahan jiwa orang
yang meninggal ke dalam tangan Allah, Sumber kehidupan kekal, sementara
jenazah dimakamkan dengan harapan akan kebangkitan.
1680-1683
1684-1685
1686-1690
dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan” (2Kor 5:8).
harapan kita. Orang Kristen yang meninggal dalam Kristus Yesus pergi ”beralih
dalam Ekaristi, sebagai antisipasi dari perjamuan surgawi. Makna kematian seorang
Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja
120 Kompendium
Bagian Dua 121
122 Kompendium
Dalam lukisan ini, Yesus duduk bersama para Rasul di sekitar meja yang berbentuk
”Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam
Ekaristi adalah persekutuan dengan Yesus dan makanan rohani untuk menunjang umat
beriman dalam perjuangan hidupnya untuk menaati perintah-perintah-Nya.
”Juru Selamat ... selalu dan sepenuhnya hadir bagi mereka yang hidup dalam Dia. Dia
mencukupi setiap kebutuhan mereka. Dia adalah segalanya bagi mereka dan tidak akan
yang terpisah dari-Nya. Bagi para kudus, betul-betul tak ada sesuatu pun yang lain yang
mereka butuhkan kecuali hanya Dia; Dia memberi mereka kehidupan dan perkembangan;
memberi makan. Dialah yang memberikan roti kehidupan dan yang Dia berikan itu Diri-Nya,
jalan dan juga tempat istirahat, dan tujuan akhir. Kita adalah anggota-anggota-Nya, Dia
adalah Kepala. Apakah perlu bertempur? Dia bertempur bersama dengan kita, dan Dialah
yang memaklumkan kemenangan kepada mereka yang layak menerima kehormatan. Apakah
kita menang? Lihatlah, Dialah mahkota kemenangan. Jadi dari setiap arah, Dia membimbing
pikiran kita kembali kepada-Nya, dan Dia tidak akan membiarkan kita berpaling kepada hal-
hal lain ataupun ditangkap oleh cinta akan sesuatu yang lain. ... Dari apa yang sudah kita
katakan seharusnya menjadi jelas bahwa hidup dalam Kristus tidak hanya berkenaan dengan
masa yang akan datang, tetapi Dia sungguh sudah hadir bagi para Kudus yang hidup dan
berkarya di dalamnya” (N. Cabasilas, Hidup dalam Kristus, 1, 13-15).
___________
Jacob Copista, Illustration from the Tetraevangelo, Library of the Mechitarist Fathers, Vienna.
murid terhadap undangan Sang Guru.
membiark an mereka memalingkan muka mereka kepada hal-hal lain atau mencari sesuatu
Yohanes menyandarkan kepalanya ke dada Yesus (bdk. Yoh 13:25). Yohanes menampakkan
mu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku” (Yoh 15:5.9-10).
Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak. ... Tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau ka-
persatuan cinta yang dihasilkan Ekaristi dalam diri umat beriman. Ini merupakan jawaban
Dia memberi mereka makan; Dia merupakan cahaya dan napas mereka; Dia membentuk
yang akan memakainya. Sekali lagi, Dialah yang membuat kita mampu berjalan dan Dialah
kehidupan dari segala yang hidup, keharuman bagi yang menghirup, pakaian bagi mereka
mudian menampakkan Diri-Nya kepada mereka. Dia sekaligus makanan dan Dia yang
dalam sebuah ruang besar dengan permadani menutup lantai (bdk. Mrk 14:15).
piala. Di meja, terletak roti dan anggur. Ruangan yang digambarkan dengan latar belakang
melambangkan Gereja, tempat tinggal Kristus Ekaristi. Ada detail yang cukup berarti, Rasul
”Ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecah-
perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa’.” (Mat 26:26-28).
kannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: ’Ambillah, makanlah, ini-
Ilustrasi ini menggambarkan Perjamuan Malam Terakhir dengan penetapan Ekaristi
lah tubuh-Ku’. Sesudah itu, Ia mengambil cawan, mengucap syukur, lalu memberikannya ke-
pada mereka dan berkata: ’Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah
arsitektur yang dikerjakan dengan teliti, bangunan dan tabernakel bundar dengan tujuh tiang
gambaran Diri-Nya dalam diri mereka; Dia menyinari mereka dengan sinar-Nya dan ke-
Bagian Tiga 123
BAGIAN TIGA
hIDUP DAlAM KRISTUS
124 Kompendium
Bagian Tiga 125
SEKSI SATU
PANGGIlAN MANUSIA: hIDUP DAlAM Roh
SEZIONE PRIMA
LA VOCAZIONE DELL’UOMO:
LA VITA NELLO SPIRITO
126 Kompendium
Maria, Panhagia (seluruhnya kudus) merupakan karya agung Roh Kudus (Panhagion).
Eksistensinya, sejak dikandung tanpa noda sampai dengan kenaikannya yang mulia ke surga,
ditopang sepenuh-penuhnya oleh cinta Allah. Roh cinta Bapa dan Putra menjadikan Maria
suatu ciptaan baru, yaitu Hawa yang baru. Hati dan pikirannya diarahkan kepada pujian
dan ketaatan kepada Bapa surgawi. Dia adalah anak-Nya yang terkasih dan dikhususkan
untuk menerima dan melayani Putra. Dia adalah ibu dan sekaligus murid-Nya. Jiwanya
juga diarahkan kepada penyerahan dan kerja sama dengan Roh Kudus, dan bagi-Nya Maria
adalah tempat suci yang sangat berharga.
Dalam lukisan ini, Maria dikelilingi oleh para malaikat yang sedang memainkan alat-
alat musik dan berpesta, kepalanya bermahkotakan cinta ilahi Roh Kudus, yang disimbolkan
oleh burung merpati. Maria adalah bunda dan pelindung Gereja (pada kakinya tampak
samar-samar bangunan suci). Melalui perantaraannya sebagai bunda bersama dengan Yesus,
Maria mencurahkan rahmat surgawi yang berlimpah-limpah kepada Gereja (disimbolkan
Di bawah sebelah kiri, Rasul Yohanes yang sedang berkontemplasi tentang Maria yang
tak bernoda, melambangkan setiap orang dari umat beriman yang melihat dalam diri Maria
sebagai model sempurna, guru, dan penuntun untuk hidup dalam Roh.
Seorang abas Cistercian yang bernama Kristiano (abad ke-12) merefleksikan bagaimana
para Rasul berbagi pengalaman spiritual mereka dengan Maria. Sambil membandingkan
mereka dengan kedua belas bintang yang memahkotai Perawan Terberkati ini, dia menulis:
”Sering mereka berkumpul bersama mengelilingi Perawan yang sangat bijak ini seperti
para murid mengelilingi guru mereka untuk belajar dengan sungguh-sungguh mengenai
kebenaran yang telah dia lakukan, kebenaran yang akan mereka wartakan kepada orang lain
pada saat yang tepat. Karena dia secara ilahi dikhususkan dan diajar, dia tampak menjadi
sebuah tempat penyimpanan autentik kebijaksanaan surgawi sebab dalam kehidupannya
sehari-hari dia sangat dekat sebagai teman satu-satunya dengan kebijaksanaan itu sendiri,
yaitu Putranya, dan belajar mengingat dan menyimpan dalam hati dengan setia segala sesuatu
yang sudah dia lihat dan dengar (Khotbah I tentang Maria diangkat ke surga)
___________
EL GRECO, Saint John Contemplates the Immaculate Conception, Museum of Santa
Cruz, Toledo.
dengan bunga mawar yang sedang mekar).
1. Qual e` il disegno di Dio per l’uomo?
1Dio, infinitamente perfetto e beato in se stesso, per un disegno di pura
bonta` ha liberamente creato l’uomo per renderlo partecipe della sua vita
beata. Nella pienezza dei tempi, Dio Padre ha mandato suo Figlio come
redentore e salvatore degli uomini caduti nel peccato, convocandoli nella
sua Chiesa e rendendoli figli adottivi per opera dello Spirito Santo ed eredi
della sua eterna beatitudine.
CAPITOLO PRIMO
L’UOMO E` «CAPACE» DI DIO
2
2. Perche´ nell’uomo c’e` il desiderio di Dio?
34Dio stesso, creando l’uomo a propria immagine, ha iscritto nel suo
cuore il desiderio di vederlo. Anche se tale desiderio e` spesso ignorato,
Dio non cessa di attirare l’uomo a se´, perche´ viva e trovi in lui quella
pienezza di verita` e di felicita`, che cerca senza posa. Per natura e per
vocazione, l’uomo e` pertanto un essere religioso, capace di entrare in co-
munione con Dio. Questo intimo e vitale legame con Dio conferisce all’uo-
mo la sua fondamentale dignita`.
3. Come si puo` conoscere Dio con la sola luce della ragione?
56Partendo dalla creazione, cioe` dal mondo e dalla persona umana,
l’uomo, con la sola ragione, puo` con certezza conoscere Dio come origine
e fine dell’universo e come sommo bene, verita` e bellezza infinita.
4. Basta la sola luce della ragione per conoscere il mistero di Dio?
7L’uomo, nel conoscere Dio con la sola luce della ragione, incontra
molte difficolta`. Inoltre non puo` entrare da solo nell’intimita` del mistero
divino. Per questo, Dio l’ha voluto illuminare con la sua Rivelazione non
1-25
30
27-30
44-45
31-36
46-47
37-38
357. Bagaimana kehidupan moral Kristen berhubungan dengan iman dan
Sakramen?
Apa yang diakui dalam pengakuan iman disampaikan oleh Sakramen-Sakramen.
Melalui Sakramen-Sakramen, orang beriman menerima rahmat Kristus dan anugerah-
anugerah Roh Kudus yang membuat mereka mampu mengalami kehidupan baru
sebagai anak-anak Allah dalam diri Kristus yang mereka terima dalam iman.
”Hai orang-orang Kristen, kenalilah martabatmu”
(Santo Leo Agung)
BAB SATU
MARTABAT PRIBADI MANUSIA
MANUSIA GAMBARAN ALLAH
358. Apa akar martabat manusia?
Martabat pribadi manusia berakar pada penciptaannya menurut gambar
dan rupa Allah. Dilengkapi dengan jiwa yang spiritual dan tak dapat mati, intelek
kebahagiaan kekal dalam jiwa dan badannya.
PANGGILAN KITA UNTUK KEBAHAGIAAN
359. Bagaimana kita mencapai kebahagiaan?
Kita mencapai kebahagiaan melalui jasa rahmat Kristus yang membuat kita
ambil bagian dalam kehidupan ilahi. Dalam Injil, Kristus menunjukkan kepada para
pengikut-Nya, jalan menuju kepada kebahagiaan abadi: Sabda Bahagia. Rahmat
1699-1715
1691-1698
dan kehendak bebas, pribadi manusia terarah kepada Allah dan dipanggil untuk
1716
128
Kristus juga bekerja dalam diri setiap orang yang mengikuti suara hatinya yang benar,
mencari dan mencintai kebenaran dan kebaikan serta menghindari yang jahat.
360. Mengapa Sabda Bahagia itu penting bagi kita?
Sabda bahagia merupakan inti pewartaan Yesus. Sabda itu melaksanakan dan
memenuhi janji yang dibuat Allah sejak Abraham. Sabda itu melukiskan wajah
Yesus dan menjadi ciri hidup Kristen yang autentik, serta menunjukkan tujuan
akhir hidup manusia, yaitu kebahagiaan abadi.
361. Apa hubungan antara Sabda Bahagia dan kerinduan kita akan keba-
hagiaan?
Sabda Bahagia menjawab kerinduan asali akan kebahagiaan yang diletakkan
Allah ke dalam hati manusia untuk menarik kita kepada-Nya. Hanya Allah yang
dapat memuaskan kerinduan ini.
362. Apa kebahagiaan abadi itu?
Ialah memandang Allah dalam kehidupan kekal saat kita sepenuhnya
”mengambil bagian dalam kodrat ilahi” (2Ptr 1:4), dalam kemuliaan Kristus
dan kegembiraan hidup Tritunggal. Kebahagiaan ini melampaui kemampuan
manusia, merupakan anugerah adikodrati dan cuma-cuma dari Allah seperti
menantang kita untuk membuat pilihan moral yang tegas berkenaan dengan hal-
hal duniawi, dan mendorong kita untuk mencintai Allah di atas segala-galanya.
KEBEBASAN MANUSIA
363. Apakah kebebasan itu?
Kebebasan adalah kemampuan yang diberikan Allah untuk bertindak atau
tidak bertindak, untuk melakukan ini atau itu, dan dengan demikian melaksanakan
tindakan yang sudah dipertimbangkan dan atas tanggung jawab sendiri. Kebebasan
merupakan ciri tindakan manusia. Semakin seseorang itu melakukan yang baik,
semakin bebaslah dia. Kebebasan mencapai kesempurnaannya jika diarahkan kepada
1716-1717
1725-1726
1718-1719
1739-1742
1748
17491754
1757-1758
untuk memilih antara yang baik dan yang jahat. Pilihan akan yang jahat merupakan
penyalahgunaan kebebasan dan akan berujung pada perbudakan dosa.
364. Apa hubungan antara kebebasan dan tanggung jawab?
Kebebasan membuat orang bertanggung jawab terhadap tindakannya
sejauh tindakan itu dikehendaki, bahkan walaupun kesalahan dan tanggung
jawab dari suatu tindakan dapat berkurang atau kadang-kadang malah ditiadakan
karena ketidaktahuan, kelalaian, paksaan dengan kekerasan, ketakutan, kelekatan
yang tidak teratur, atau kebiasaan.
365. Mengapa setiap orang mempunyai hak untuk melaksanakan kebe-
basannya?
Melaksanakan kebebasan adalah hak setiap orang karena kebebasan itu tidak
terpisahkan dari martabatnya sebagai pribadi manusia. Karena itu, hak ini harus
selalu dihormati, khususnya yang menyangkut hal-hal moral dan religius, dan
kebebasan ini harus diakui dan dilindungi oleh otoritas sipil dalam batas-batas
kebaikan umum dan tatanan publik yang adil.
366. Di mana tempat kebebasan manusia dalam rencana keselamatan?
Kebebasan kita menjadi lemah karena dosa asal. Kelemahan ini menjadi
lebih berat lagi karena dosa-dosa yang dilakukan sesudahnya. Tetapi, Kristus
membebaskan kita ”sehingga kita harus tetap tinggal bebas” (Gal 5:1). Berkat
rahmat-Nya, Roh Kudus membimbing kita ke arah kebebasan spiritual untuk
menjadikan kita teman sekerja dengan-Nya dalam Gereja dan dunia.
367. Apa sumber-sumber moralitas tindakan manusia?
Moralitas tindakan manusia tergantung dari tiga sumber: objek yang dipilih,
apakah berupa kebaikan sejati atau semu, intensi dari subjek yang melakukan
tindakan, yaitu tujuan yang dimaksud oleh subjek dalam melaksanakan tin-
dakannya, dan konteks yang berkenaan dengan tindakan itu, termasuk juga kon-
sekuensinya.
368. Kapan suatu tindakan itu baik secara moral?
Suatu tindakan itu baik secara moral jika mencakup sekaligus kebaikan dari
objek, tujuan, dan konteksnya. Objek yang dipilih dapat menyebabkan tindakan
1738
1747
1720-1724
1727-1729
1743-1744
1734-1737
1745-1746
1730-1733
halnya rahmat yang menuntun ke arahnya. Kebahagiaan yang dijanjikan ini
Allah, Kebaikan tertinggi dan Kebahagiaan kita. Kebebasan juga berarti kemungkin-
Bagian Tiga: Hidup dalam Kristus
129
Kristus juga bekerja dalam diri setiap orang yang mengikuti suara hatinya yang benar,
mencari dan mencintai kebenaran dan kebaikan serta menghindari yang jahat.
360. Mengapa Sabda Bahagia itu penting bagi kita?
Sabda bahagia merupakan inti pewartaan Yesus. Sabda itu melaksanakan dan
memenuhi janji yang dibuat Allah sejak Abraham. Sabda itu melukiskan wajah
Yesus dan menjadi ciri hidup Kristen yang autentik, serta menunjukkan tujuan
akhir hidup manusia, yaitu kebahagiaan abadi.
361. Apa hubungan antara Sabda Bahagia dan kerinduan kita akan keba-
hagiaan?
Sabda Bahagia menjawab kerinduan asali akan kebahagiaan yang diletakkan
Allah ke dalam hati manusia untuk menarik kita kepada-Nya. Hanya Allah yang
dapat memuaskan kerinduan ini.
362. Apa kebahagiaan abadi itu?
Ialah memandang Allah dalam kehidupan kekal saat kita sepenuhnya
”mengambil bagian dalam kodrat ilahi” (2Ptr 1:4), dalam kemuliaan Kristus
dan kegembiraan hidup Tritunggal. Kebahagiaan ini melampaui kemampuan
manusia, merupakan anugerah adikodrati dan cuma-cuma dari Allah seperti
halnya rahmat yang menuntun ke arahnya. Kebahagiaan yang dijanjikan ini
menantang kita untuk membuat pilihan moral yang tegas berkenaan dengan hal-
hal duniawi, dan mendorong kita untuk mencintai Allah di atas segala-galanya.
KEBEBASAN MANUSIA
363. Apakah kebebasan itu?
Kebebasan adalah kemampuan yang diberikan Allah untuk bertindak atau
tidak bertindak, untuk melakukan ini atau itu, dan dengan demikian melaksanakan
tindakan yang sudah dipertimbangkan dan atas tanggung jawab sendiri. Kebebasan
merupakan ciri tindakan manusia. Semakin seseorang itu melakukan yang baik,
semakin bebaslah dia. Kebebasan mencapai kesempurnaannya jika diarahkan kepada
Allah, kebaikan tertinggi dan kebahagiaan kita. Kebebasan juga berarti kemungkinan
1716-1717
1725-1726
1718-1719
1739-1742
1748
1757-1758
364. Apa hubungan antara kebebasan dan tanggung jawab?
Kebebasan membuat orang bertanggung jawab terhadap tindakannya
jawab dari suatu tindakan dapat berkurang atau kadang-kadang malah ditiadakan
karena ketidaktahuan, kelalaian, paksaan dengan kekerasan, ketakutan, kelekatan
yang tidak teratur, atau kebiasaan.
365. Mengapa setiap orang mempunyai hak untuk melaksanakan kebe-
basannya?
Melaksanakan kebebasan adalah hak setiap orang karena kebebasan itu tidak
terpisahkan dari martabatnya sebagai pribadi manusia. Karena itu, hak ini harus
selalu dihormati, khususnya yang menyangkut hal-hal moral dan religius, dan
kebebasan ini harus diakui dan dilindungi oleh otoritas sipil dalam batas-batas
kebaikan umum dan tatanan publik yang adil.
366. Di mana tempat kebebasan manusia dalam rencana keselamatan?
Kebebasan kita menjadi lemah karena dosa asal. Kelemahan ini menjadi
lebih berat lagi karena dosa-dosa yang dilakukan sesudahnya. Tetapi, Kristus
367. Apa sumber-sumber moralitas tindakan manusia?
Moralitas tindakan manusia tergantung dari tiga sumber: objek yang dipilih,
apakah berupa kebaikan sejati atau semu, intensi dari subjek yang melakukan
tindakan, yaitu tujuan yang dimaksud oleh subjek dalam melaksanakan tin-
dakannya, dan konteks yang berkenaan dengan tindakan itu, termasuk juga kon-
sekuensinya.
368. Kapan suatu tindakan itu baik secara moral?
Suatu tindakan itu baik secara moral jika mencakup sekaligus kebaikan dari
objek, tujuan, dan konteksnya. Objek yang dipilih dapat menyebabkan tindakan
1738
1747
1720-1724
1727-1729
17301733
1743-1744
1734-1737
1745-1746
1755-1756
1759-1760
an untuk memilih antara yang baik dan yang jahat. Pilihan akan yang jahat merupa-
sejauh tindakan itu dikehendaki, bahkan walaupun kesalahan dan tanggung
kan penyalahgunaan kebebasan dan akan berujung pada perbudakan dosa.
menjadikan kita teman sekerja dengan-Nya dalam Gereja dan dunia.
rahmat-Nya, Roh Kudus membimbing kita ke arah kebebasan spiritual untuk
1749-1754
Seksi Satu: Panggilan Manusia – Hidup dalam Roh
membebaskan kita ”supaya kita sungguh-sungguh merdeka” (Gal 5:1). Berkat
130
itu buruk seluruhnya (secara moral), bahkan walaupun intensinya baik. Tidaklah
bisa dibenarkan melakukan suatu kejahatan agar kebaikan dapat muncul darinya.
Tujuan yang jahat merusak tindakan, bahkan walaupun objeknya itu baik pada
dirinya sendiri. Di lain pihak, tujuan yang baik tidak membuat suatu tindakan
itu baik jika objek tindakan itu buruk karena tujuan tidak menghalalkan sarana.
Keadaan konteks dapat menambah atau mengurangi tanggung jawab seseorang
yang melakukan tindakan, tetapi tidak dapat mengubah kualitas moral tindakan
itu sendiri. Konteks tidak pernah dapat membuat suatu tindakan yang buruk pada
dirinya sendiri menjadi baik.
369. Apakah ada tindakan yang selalu tidak halal?
Ada tindakan-tindakan tertentu yang selalu tidak halal pada dirinya sendiri
karena objeknya (misalnya, menghujat Allah, pembunuhan manusia, perzinaan).
Memilih tindakan-tindakan tersebut menyebabkan kekacauan kehendak. Suatu
keburukan moral tidak pernah dapat dibenarkan dengan menunjuk kepada akibat
MORALITAS NAFSU
370. Apa itu nafsu?
Nafsu ialah perasaan, emosi, atau gerakan dari selera yang dirasakan – komponen
alamiah dari psikologi manusia – yang mendorong manusia untuk bertindak atau
tidak bertindak menurut apa yang dipandangnya baik atau buruk. Nafsu-nafsu yang
penting ialah cinta dan benci, keinginan dan ketakutan, kegembiraan, kesedihan, dan
kemarahan. Nafsu yang utama ialah cinta yang didorong oleh kebaikan. Seseorang
hanya dapat mencintai apa yang baik, entah nyata entah palsu.
371. Secara moral, nafsu itu baik atau buruk?
Nafsu, sejauh merupakan gerakan selera yang bisa dirasakan, tidak baik dan
juga tidak buruk pada dirinya sendiri. Nafsu bisa menjadi baik jika ikut andil
dalam melaksanakan suatu tindakan yang baik, dan bisa menjadi buruk dalam
hal sebaliknya. Nafsu bisa diangkat menjadi keutamaan atau dibelokkan oleh
kebiasaan buruk.
1783-1788
1799-1800
1789
SUARA HATI MORAL
372. Apakah suara hati moral itu?
Suara hati moral yang terdapat dalam hati setiap orang, merupakan suatu
pertimbangan akal budi yang muncul pada saat tertentu dan mengarahkannya
untuk melakukan yang baik dan menghindari yang jahat. Berkat suara hati moral
ini, pribadi manusia memahami kualitas moral suatu tindakan untuk dilaksanakan
atau sudah dilakukan, membuat dia bisa mengambil tanggung jawab terhadap
tindakannya. Jika betul-betul memperhatikan suara hati moral ini, orang bijak
dapat mendengar suara Allah yang berbicara kepadanya.
373. Apa peranan martabat manusia berhadapan dengan suara hati moral
ini?
Martabat pribadi manusia menuntut suara hati moral ini lurus dan benar
(yang berarti sesuai dengan apa yang adil dan baik menurut hukum Allah). Karena
menyangkut martabat manusia, tak seorang pun dapat dipaksa untuk melakukan
tindakan yang berlawanan dengan suara hatinya, atau dihalangi untuk bertindak
sesuai dengan suara hatinya, khususnya dalam hal-hal religius dan dalam batas-
batas kebaikan umum.
374. Bagaimana membentuk suara hati agar menjadi lurus dan benar?
Suara hati yang lurus dan benar dibentuk melalui pendidikan, penghayatan
Sabda Allah dan pengajaran Gereja, didukung oleh anugerah Roh Kudus dan
dibantu oleh orang-orang bijak. Doa dan penelitian batin juga dapat sangat
membantu pembentukan suara hati moral ini.
375. Norma-norma apa yang selalu harus diikuti oleh suara hati?
Ada tiga norma umum: 1) seseorang tidak pernah boleh melakukan se-
suatu yang jahat untuk mendapatkan hasil yang baik darinya, 2) Perintah Emas
mengatakan: ”Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat
kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka” (Mat 7:12), 3) kasih selalu
mulai dengan menghormati sesama dan suara hatinya walaupun ini bukan berarti
menganggap baik apa yang secara objektif jahat.
1762-1766
1771-1772
1767-1770
1773-1775
1656, 1761
baik yang mungkin dapat muncul darinya.
Bagian Tiga: Hidup dalam Kristus
131
itu buruk seluruhnya (secara moral), bahkan walaupun intensinya baik. Tidaklah
bisa dibenarkan melakukan suatu kejahatan agar kebaikan dapat muncul darinya.
Tujuan yang jahat merusak tindakan, bahkan walaupun objeknya itu baik pada
dirinya sendiri. Di lain pihak, tujuan yang baik tidak membuat suatu tindakan
itu baik jika objek tindakan itu buruk karena tujuan tidak menghalalkan sarana.
Keadaan konteks dapat menambah atau mengurangi tanggung jawab seseorang
yang melakukan tindakan, tetapi tidak dapat mengubah kualitas moral tindakan
itu sendiri. Konteks tidak pernah dapat membuat suatu tindakan yang buruk pada
dirinya sendiri menjadi baik.
369. Apakah ada tindakan yang selalu tidak halal?
Ada tindakan-tindakan tertentu yang selalu tidak halal pada dirinya sendiri
karena objeknya (misalnya, menghujat Allah, pembunuhan manusia, perzinaan).
Memilih tindakan-tindakan tersebut menyebabkan kekacauan kehendak. Suatu
keburukan moral tidak pernah dapat dibenarkan dengan menunjuk kepada akibat
baik yang mungkin dapat muncul dari padanya.
MORALITAS NAFSU
370. Apa itu nafsu?
Nafsu ialah perasaan, emosi, atau gerakan dari selera yang dirasakan – komponen
alamiah dari psikologi manusia – yang mendorong manusia untuk bertindak atau
tidak bertindak menurut apa yang dipandangnya baik atau buruk. Nafsu-nafsu yang
penting ialah cinta dan benci, keinginan dan ketakutan, kegembiraan, kesedihan, dan
kemarahan. Nafsu yang utama ialah cinta yang didorong oleh kebaikan. Seseorang
hanya dapat mencintai apa yang baik, entah nyata entah palsu.
371. Secara moral, nafsu itu baik atau buruk?
Nafsu, sejauh merupakan gerakan selera yang bisa dirasakan, tidak baik dan
juga tidak buruk pada dirinya sendiri. Nafsu bisa menjadi baik jika ikut andil
dalam melaksanakan suatu tindakan yang baik, dan bisa menjadi buruk dalam
hal sebaliknya. Nafsu bisa diangkat menjadi keutamaan atau dibelokkan oleh
kebiasaan buruk.
1783-1788
1799-1800
1789
SUARA HATI MORAL
372. Apakah suara hati moral itu?
pertimbangan akal budi yang muncul pada saat tertentu dan mengarahkannya
untuk melakukan yang baik dan menghindari yang jahat. Berkat suara hati moral
ini, pribadi manusia memahami kualitas moral suatu tindakan untuk dilaksanakan
atau sudah dilakukan, membuat dia bisa mengambil tanggung jawab terhadap
tindakannya. Jika betul-betul memperhatikan suara hati moral ini, orang bijak
dapat mendengar suara Allah yang berbicara kepadanya.
ini?
Martabat pribadi manusia menuntut suara hati moral ini lurus dan benar
(yang berarti sesuai dengan apa yang adil dan baik menurut hukum Allah). Karena
menyangkut martabat manusia, tak seorang pun dapat dipaksa untuk melakukan
tindakan yang berlawanan dengan suara hatinya, atau dihalangi untuk bertindak
sesuai dengan suara hatinya, khususnya dalam hal-hal religius dan dalam batas-
batas kebaikan umum.
374. Bagaimana membentuk suara hati agar menjadi lurus dan benar?
Suara hati yang lurus dan benar dibentuk melalui pendidikan, penghayatan
Sabda Allah dan pengajaran Gereja, didukung oleh anugerah Roh Kudus dan
dibantu oleh orang-orang bijak. Doa dan penelitian batin juga dapat sangat
membantu pembentukan suara hati moral ini.
375. Norma-norma apa yang selalu harus diikuti oleh suara hati?
Ada tiga norma umum: 1) seseorang tidak pernah boleh melakukan se-
mengatakan: ”Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat
kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka” (Mat 7:12), 3) kasih selalu
mulai dengan menghormati sesama dan suara hatinya walaupun ini bukan berarti
menganggap baik apa yang secara objektif jahat.
1762-1766
1771-1772
1767-1770
1773-1775
1776-1780
1795-1797
1780-1782
1798
suatu yang jahat untuk mendapatkan hasil yang baik darinya, 2) Hukum Emas
Seksi Satu: Panggilan Manusia – Hidup dalam Roh
Suara hati moral yang terdapat dalam hati setiap orang merupakan suatu
373. Apa peranan martabat manusia berhadapan dengan suara hati moral
132
376. Apakah suara hati moral dapat membuat penilaian yang salah?
Seseorang harus selalu menaati penilaian yang keluar dari suara hatinya, tetapi
ada kemungkinan dia membuat penilaian yang salah karena alasan-alasan yang
mungkin berasal dari kesalahan orangnya. Tetapi, kesalahan dari suatu tindakan
buruk yang dilakukan karena ketidaktahuan yang tak disengaja tidak dapat
ditimpakan kepadanya. Namun demikian, tindakan tersebut tetaplah buruk secara
objektif. Karena itu, seseorang harus berusaha untuk memperbaiki kesalahan suara
hati moralnya.
KEUTAMAAN
377. Apa itu keutamaan?
Suatu keutamaan adalah disposisi yang tegas dan menjadi kebiasaan untuk
melakukan kebaikan. ”Tujuan kehidupan yang utama ialah untuk menjadi serupa
dengan Allah” (Santo Gregorius dari Nyssa). Ada keutamaan manusiawi dan ada
pula keutamaan teologal.
Keutamaan manusiawi adalah kesempurnaan intelek dan kehendak, yang
stabil dan menjadi kebiasaan, yang mengendalikan tindakan, mengatur nafsu, dan
dan diperkuat lewat kebiasaan melakukan tindakan yang baik secara moral,
dimurnikan, dan diangkat oleh rahmat ilahi.
Keutamaan-keutamaan manusiawi yang penting ini keutamaan pokok,
semua yang lain dikelompokkan di bawahnya dan merupakan sendi kehidupan
utama. Keutamaan-keutamaan pokok itu adalah kebijaksanaan, keadilan, kebe-
ranian, dan penguasaan diri.
Kebijaksanaan menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan ke-
baikan kita yang sejati dalam setiap situasi dan memilih sarana yang tepat
untuk mencapainya. Kebijaksanaan menuntun keutamaan yang lainnya dengan
menunjukkan ukuran dan kualitasnya.
1790-1794
1801-1802
381. Apa itu keadilan?
Keadilan tampak dalam kehendak yang teguh dan terus-menerus untuk
memberikan kepada orang lain yang menjadi haknya. Keadilan terhadap Allah
ini ”keutamaan religius”.
382. Apa itu keberanian?
Keberanian tampak dalam kekuatan di tengah-tengah kesulitan dan terus-
menerus mengikuti kebaikan. Keberanian bahkan dapat sampai pada kemampuan
untuk mengorbankan hidup demi alasan yang bisa dibenarkan.
383. Apa itu penguasaan diri?
Penguasaan diri bisa membatasi kecenderungan daya tarik untuk kesenangan,
mampu mengendalikan kehendak terhadap naluri, dan memberi keseimbangan
dalam penggunaan barang-barang ciptaan.
384. Apa itu keutamaan teologal?
Objek langsung, alasan, dan asal mula keutamaan teologal ialah Allah. Di-
penuhi dengan rahmat pengudusan, keutamaan teologal memberikan kepada
seseorang kemampuan untuk hidup dalam hubungan dengan Tritunggal. Ke-
utamaan-keutamaan teologal merupakan dasar dan kekuatan bagi tindakan moral
seorang Kristen dan memberi hidup pada keutamaan manusiawi. Keutamaan
teologal merupakan jaminan kehadiran dan karya Roh Kudus dalam kemampuan-
kemampuan manusiawi.
385. Apa saja itu keutamaan teologal?
Keutamaan teologal adalah iman, harapan, dan cinta kasih.
386. Apa itu keutamaan iman?
Iman adalah keutamaan teologal yang olehnya kita percaya kepada Allah dan
semua yang sudah diwahyukan kepada kita dan disampaikan oleh Gereja karena
Allah adalah Kebenaran. Melalui iman, manusia dengan bebas menyerahkan
dirinya kepada Allah. Karena itu, orang yang percaya berusaha mencari dan
melaksanakan kehendak Allah karena ”iman bekerja melalui cinta kasih” (Gal
5:6).
1805
1834
1806
1835
1803-1833
1804
1810-1811
1834, 1839
Bagian Tiga: Hidup dalam Kristus
380. Apa itu kebijaksanaan?
menuntun perbuatan kita menurut akal budi dan iman. Keutamaan ini diperoleh
379. Apa saja keutamaan-keutamaan manusiawi yang penting?
378. Apakah keutamaan manusiawi itu?
133
381. Apa itu keadilan?
Keadilan tampak dalam kehendak yang teguh dan terus-menerus untuk
memberikan kepada orang lain yang menjadi haknya. Keadilan terhadap Allah
ini ”keutamaan religius”.
382. Apa itu keberanian?
Keberanian tampak dalam kekuatan di tengah-tengah kesulitan dan terus-
menerus mengikuti kebaikan. Keberanian bahkan dapat sampai pada kemampuan
untuk mengorbankan hidup demi alasan yang bisa dibenarkan.
383. Apa itu penguasaan diri?
Penguasaan diri bisa membatasi kecenderungan daya tarik untuk kesenangan,
mampu mengendalikan kehendak terhadap naluri, dan memberi keseimbangan
dalam penggunaan barang-barang ciptaan.
384. Apa itu keutamaan teologal?
Objek langsung, alasan, dan asal mula keutamaan teologal ialah Allah. Di-
penuhi dengan rahmat pengudusan, keutamaan teologal memberikan kepada
seseorang kemampuan untuk hidup dalam hubungan dengan Tritunggal. Ke-
utamaan-keutamaan teologal merupakan dasar dan kekuatan bagi tindakan moral
seorang Kristen dan memberi hidup pada keutamaan manusiawi. Keutamaan
teologal merupakan jaminan kehadiran dan karya Roh Kudus dalam kemampuan-
kemampuan manusiawi.
385. Apa saja itu keutamaan teologal?
Keutamaan teologal adalah iman, harapan, dan cinta kasih.
386. Apa itu keutamaan iman?
semua yang sudah diwahyukan kepada kita dan disampaikan oleh Gereja karena
Allah adalah Kebenaran. Melalui iman, manusia dengan bebas menyerahkan
dirinya kepada Allah. Karena itu, orang yang percaya berusaha mencari dan
1805
1834
1806
1835
1807
1836
1808
1837
1809
1838
1812-1813
1840-1841
1813
1814-1816
1842
melaksanakan kehendak Allah karena ”iman bekerja melalui kasih” (Gal 5:6).
Iman adalah keutamaan teologal yang olehnya kita percaya kepada Allah dan
Seksi Satu: Panggilan Manusia – Hidup dalam Roh
134
387. Apa itu harapan?
Harapan adalah keutamaan teologal, dengannya kita merindukan dan
menantikan kehidupan abadi yang berasal dari Allah sebagai kebahagiaan kita,
Roh Kudus agar pantas menerimanya dan tetap bertahan sampai akhir hidup kita.
388. Apa itu cinta kasih?
cinta kasih sebagai perintah yang baru, pemenuhan hukum. ”Cinta kasih adalah
pengikat kesempurnaan” (Kol 3:14) dan dasar dari keutamaan yang lainnya. Dari
cinta kasih ini, semua keutamaan yang lain memperoleh hidup, inspirasi, dan
389. Apa itu karunia-karunia Roh Kudus?
sebagai buah-buah pertama kemuliaan abadi. Tradisi Gereja membuat daftar
dan kemurnian (Gal 5:22-23, Vulgata).
DOSA
391. Apa yang dituntut dari kita untuk menerima kerahiman Allah?
Yang dituntut adalah agar kita mengakui kesalahan-kesalahan kita dan
menyesal atas dosa-dosa kita. Allah dengan Sabda-Nya dan Roh-Nya telah
menyingkap dosa-dosa kita dan memberikan kebenaran suara hati dan harapan
akan pengampunan.
1817-1821
1843
1852-1853
1873
1854
1862-1864
1875
392. Apa itu dosa?
Dosa adalah ”perkataan, tindakan, atau keinginan yang bertentangan
dengan Hukum Abadi” (Santo Agustinus). Dosa adalah penghinaan terhadap
Allah dalam ketidaktaatan kepada cinta-Nya. Dosa melukai kodrat dan solidaritas
manusia. Kristus dalam penderitaan-Nya menyingkap sepenuhnya keseriusan
dosa dan mengatasinya dengan kerahiman-Nya.
393. Apakah ada bermacam-macam dosa?
Ada banyak macam dosa. Dosa bisa digolongkan menurut objek atau ke-
utamaan atau perintah yang dilanggar. Dosa dapat secara langsung berkenaan
dengan Allah, sesama, atau diri kita sendiri, dapat pula dibagi menjadi dosa pikiran,
perkataan, perbuatan, atau kelalaian.
394. Bagaimana dosa dibedakan menurut beratnya?
Perbedaannya ialah dosa maut dan dosa ringan.
395. Bilamana orang melakukan dosa maut?
Seseorang melakukan dosa maut bilamana secara serentak terdapat unsur-
unsur: hal berat, pengetahuan penuh, dan persetujuan bebas. Dosa ini merusak
cinta kasih dalam diri kita, kita kehilangan rahmat pengudusan, dan jika tidak
menyesal akan membawa kita kepada kematian abadi neraka. Dosa ini dapat
diampuni dengan cara biasa melalui Sakramen Pembaptisan dan Tobat atau
Rekonsiliasi.
396. Kapan seseorang melakukan dosa ringan?
Seseorang melakukan dosa ringan yang berbeda secara esensial dengan dosa
maut jika berkenaan dengan hal yang kurang serius, atau jika menyangkut hal besar,
di dalamnya tidak terdapat pengetahuan yang penuh dan persetujuan yang lengkap.
Dosa ringan tidak merusak perjanjian dengan Allah, tetapi melemahkan cinta
kasih dan memunculkan afeksi yang tidak teratur terhadap barang-barang ciptaan.
Dosa ini menghalangi kemajuan jiwa dalam melaksanakan keutamaan dan dalam
mempraktekkan kebaikan moral. Dosa ini patut mendapatkan ganjaran hukuman
sementara yang memurnikan.
1849-1851
1871-1872
1822-1829
1844
1832
1870
Cinta kasih adalah keutamaan teologal, dengannya kita mengasihi Allah di
atas segala sesuatu dan mengasihi sesama seperti diri kita sendiri. Yesus menyebut
mempercayakan diri kita kepada janji Kristus, dan bersandar pada bantuan rahmat
1830-1831
1845
kemurahan hati, kelemahlembutan, kesetiaan, kesederhanaan, penguasaan diri,
390. Apa itu buah-buah Roh Kudus?
dah mengikuti ilham Roh Kudus. Karunia-karunia itu ada tujuh: hikmat, pengertian,
Buah-buah Roh Kudus adalah kesempurnaan yang dibentuk dalam diri kita
Karunia-karunia Roh Kudus adalah disposisi tetap yang membuat kita mu-
nasihat, keperkasaan, pengenalan akan Allah, kesalehan, dan Roh takut akan Allah.
dua belas: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, k ebaikan hati, kebajikan,
1846-1848
Bagian Tiga: Hidup dalam Kristus
yang gemerincing” dan ”aku sama sekali tidak berguna” (1Kor 13:1-3).
keteraturan. Tanpa cinta kasih, ”sama dengan gong yang berkumandang dan canang
135
387. Apa itu harapan?
Harapan adalah keutamaan teologal, dengannya kita merindukan dan
menantikan kehidupan abadi yang berasal dari Allah sebagai kebahagiaan kita,
mempercayakan diri kita kepada janji Kristus, dan bersandar pada bantuan rahmat
Roh Kudus agar pantas menerimanya dan tetap bertahan sampai akhir hidup kita.
388. Apa itu cinta kasih?
Cinta kasih adalah keutamaan teologal, dengannya kita mengasihi Allah di
atas segala sesuatu dan mengasihi sesama seperti diri kita sendiri. Yesus menyebut
cinta kasih sebagai perintah yang baru, pemenuhan hukum. ”Cinta kasih adalah
pengikat kesempurnaan” (Kol 3:14) dan dasar dari keutamaan yang lainnya. Dari
cinta kasih ini, semua keutamaan yang lain memperoleh hidup, inspirasi, dan
keteraturan. Tanpa cinta kasih, ”aku bukan apa-apa” dan ”aku tidak mendapatkan
apa-apa” (1Kor 13:1-3).
389. Apa itu karunia-karunia Roh Kudus?
Karunia-karunia Roh Kudus adalah disposisi tetap yang membuat kita
mudah mengikuti ilham Roh Kudus. Karunia-karunia itu ada tujuh: kebijaksanaan,
pemahaman, nasihat, keteguhan hati, pengetahuan, kesucian, dan takut akan Allah.
390. Apa itu buah-buah Roh Kudus?
Buah-buah Roh Kudus adalah kesempurnaan yang dibentuk dalam diri kita
sebagai buah-buah pertama kemuliaan abadi. Tradisi Gereja membuat daftar
dua belas: cinta kasih, kegembiraan, damai, kesabaran, keramahan, kebaikan,
kemurahan hati, kelemahlembutan, kesetiaan, kesederhanaan, penguasaan diri,
dan kemurnian (Gal 5:22-23, Vulgata).
DOSA
391. Apa yang dituntut dari kita untuk menerima kerahiman Allah?
Yang dituntut adalah agar kita mengakui kesalahan-kesalahan kita dan
menyesal atas dosa-dosa kita. Allah dengan Sabda-Nya dan Roh-Nya telah
menyingkap dosa-dosa kita dan memberikan kebenaran suara hati dan harapan
akan pengampunan.
1817-1821
1843
1852-1853
1873
1854
1862-1864
1875
392. Apa itu dosa?
Dosa adalah ”perkataan, tindakan, atau keinginan yang bertentangan
dengan Hukum Abadi” (Santo Agustinus). Dosa adalah penghinaan terhadap
Allah dalam ketidaktaatan kepada cinta-Nya. Dosa melukai kodrat dan solidaritas
manusia. Kristus dalam penderitaan-Nya menyingkap sepenuhnya keseriusan
dosa dan mengatasinya dengan kerahiman-Nya.
393. Apakah ada bermacam-macam dosa?
Ada banyak macam dosa. Dosa bisa digolongkan menurut objek atau ke-
utamaan atau perintah yang dilanggar. Dosa dapat secara langsung berkenaan
dengan Allah, sesama, atau diri kita sendiri, dapat pula dibagi menjadi dosa pikiran,
perkataan, perbuatan, atau kelalaian.
unsur: hal berat, pengetahuan penuh, dan persetujuan bebas. Dosa ini merusak
cinta kasih dalam diri kita, kita kehilangan rahmat pengudusan, dan jika tidak
menyesal akan membawa kita kepada kematian abadi neraka. Dosa ini dapat
diampuni dengan cara biasa melalui Sakramen Pembaptisan dan Tobat atau
Rekonsiliasi.
396. Kapan seseorang melakukan dosa ringan?
Seseorang melakukan dosa ringan yang berbeda secara esensial dengan dosa
di dalamnya tidak terdapat pengetahuan yang penuh dan persetujuan yang lengkap.
Dosa ringan tidak merusak perjanjian dengan Allah, tetapi melemahkan cinta
kasih dan memunculkan afeksi yang tidak teratur terhadap barang-barang ciptaan.
Dosa ini menghalangi kemajuan jiwa dalam melaksanakan keutamaan dan dalam
mempraktekkan kebaikan moral. Dosa ini patut mendapatkan ganjaran hukuman
sementara yang memurnikan.
1849-1851
1871-1872
1822-1829
1844
1830-1831
1844
1832
1846-1848-
1870
1855-1861
1874
394. Bagaimana dosa dibedakan menurut bobotnya?
Perbedaannya ialah dosa berat dan dosa ringan.
395. Bilamana orang melakukan dosa berat?
Seseorang melakukan dosa berat bilamana secara serentak terdapat unsur-
berat jika berkenaan dengan hal yang kurang serius, atau jika menyangkut hal besar,
Seksi Satu: Panggilan Manusia – Hidup dalam Roh
136
397. Bagaimana dosa berkembang?
Dosa menciptakan kecenderungan ke arah kebiasaan untuk berdosa: lewat
pengulangan tindakan yang sama, dosa melahirkan kebiasaan buruk.
398. Apa itu kebiasaan buruk?
kebiasaan yang melenceng dari kebaikan yang mengaburkan suara hati dan membuat
seseorang cenderung melakukan hal buruk. Kebiasaan buruk ini dapat dikaitkan
399. Apakah kita ikut bertanggung jawab terhadap dosa yang dilakukan
oleh orang lain?
mereka.
400. Apa itu struktur dosa?
Struktur dosa adalah situasi atau institusi sosial yang bertentangan dengan
hu kum ilahi. Struktur dosa ini merupakan ungkapan dan akibat dari dosa-dosa
pribadi.
BAB DUA
KoMUNITAS MANUSIA
PRIBADI DAN MASYARAKAT
401. Terdiri dari apa saja dimensi sosial manusia?
Bersamaan dengan panggilan pribadi kepada kebahagiaan, manusia mem-
punyai dimensi sosial sebagai unsur esensial kodrat dan panggilannya. Semua
dipanggil ke arah tujuan yang sama, yaitu Allah. Ada kesamaan tertentu antara
persatuan Pribadi Ilahi dan persaudaraan yang dibangun manusia di antara
mereka dalam kebenaran dan cinta. Cinta kepada sesama tidak terpisahkan
dengan cinta kepada Allah.
1865, 1876
1866-1867
1868
1869
402. Apa hubungan antara pribadi dan masyarakat?
Pribadi manusia harus menjadi prinsip, subjek dan tujuan dari semua
insti tusi sosial. Masyarakat tertentu, seperti keluarga dan komunitas sipil,
perlu bagi pribadi manusia. Beberapa asosiasi lainnya, baik pada level nasional
maupun internasional, juga bisa membantu, tetapi perlu menghormati prinsip
subsidiaritas.
403. Apa itu prinsip subsidiaritas?
Prinsip subsidiaritas menyatakan bahwa komunitas pada level yang lebih
tinggi tidak boleh mengambil alih tugas komunitas pada level yang lebih rendah
dan mengambil otoritasnya. Namun jika ada kebutuhan, komunitas yang levelnya
lebih tinggi wajib mendukungnya.
404. Apa lagi yang dituntut untuk terciptanya masyarakat manusia yang
autentik?
Masyarakat manusia yang autentik menuntut hormat untuk keadilan, hierarki
nilai-nilai yang adil, dan subordinasi dari dimensi material dan naluriah kepada
dimensi interior dan spiritual. Secara khusus, jika dosa sudah menyelewengkan
suasana sosial, perlulah menyerukan pertobatan hati dan memohon rahmat Allah
untuk memperoleh perubahan sosial yang betul-betul berguna bagi pribadi dan
seluruh masyarakat. Cinta kasih yang menuntut dan memungkinkan praktek
keadilan adalah perintah sosial yang paling agung.
PARTISIPASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL
405. Apa dasar otoritas sosial?
Setiap komunitas manusia membutuhkan otoritas yang sah untuk menjaga
keteraturan dan memberikan sumbangan untuk mewujudkan kebaikan umum.
Dasar otoritas itu terletak dalam kodrat manusia karena berhubungan dengan
tatanan yang ditetapkan oleh Allah.
1883-1885
1894
1881-1882
1892-1893
1877-1880
1890-1891
Kita mempunyai tanggung jawab jika dengan sadar kita bekerja sama dengan
Kebiasaan buruk merupakan lawan dari keutamaan. Kebiasaan buruk adalah
kemarahan, keserakahan, kecemburuan, kemalasan.
dengan yang ini tujuh dosa pokok, yaitu: kesombongan, iri hati, hawa nafsu,
Bagian Tiga: Hidup dalam Kristus
137
402. Apa hubungan antara pribadi dan masyarakat?
Pribadi manusia harus menjadi prinsip, subjek dan tujuan dari semua
insti tusi sosial. Masyarakat tertentu, seperti keluarga dan komunitas sipil,
perlu bagi pribadi manusia. Beberapa asosiasi lainnya, baik pada level nasional
maupun internasional, juga bisa membantu, tetapi perlu menghormati prinsip
subsidiaritas.
403. Apa itu prinsip subsidiaritas?
Prinsip subsidiaritas menyatakan bahwa komunitas pada level yang lebih
lebih tinggi wajib mendukungnya.
404. Apa lagi yang dituntut untuk terciptanya masyarakat manusia yang
autentik?
Masyarakat manusia yang autentik menuntut hormat untuk keadilan, hierarki
suasana sosial, perlulah menyerukan pertobatan hati dan memohon rahmat Allah
untuk memperoleh perubahan sosial yang betul-betul berguna bagi pribadi dan
keadilan adalah perintah sosial yang paling agung.
PARTISIPASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL
405. Apa dasar otoritas sosial?
Setiap komunitas manusia membutuhkan otoritas yang sah untuk menjaga
keteraturan dan memberikan sumbangan untuk mewujudkan kebaikan umum.
Dasar otoritas itu terletak dalam kodrat manusia karena berhubungan dengan
tatanan yang ditetapkan oleh Allah.
1883-1885
1894
1881-1882
1892-1893
1877-1880
1890-1891
1886-1889
1895-1896
1897-1902
1918-1920
seluruh masyarakat. Cinta kasih yang menuntut dan memungkinkan praktek
dan mengambil otoritasnya. Namun jika ada kebutuhan, komunitas yang levelnya
Seksi Satu: Panggilan Manusia – Hidup dalam Roh
tinggi tidak boleh mengambil alih tugas komunitas pada level yang lebih rendah
dimensi batiniah dan rohaniah. Secara khusus, jika dosa sudah menyelewengkan
nilai-nilai yang adil, dan subordinasi dari dimensi material dan naluriah kepada
138
406. Bilamana otoritas itu dilaksanakan dengan cara yang sah?
Otoritas dilaksanakan secara sah jika bertindak demi kebaikan umum dan
menggunakan sarana yang bisa dibenarkan secara moral untuk mencapainya. Karena
itu, rezim politik harus ditentukan oleh keputusan bebas dari warga negaranya.
Mereka harus menghormati prinsip ”aturan hukum” (rule of law) tempat hukum
yang berkuasa, bukan kehendak sewenang-wenang dari beberapa orang. Hukum
yang tidak adil dan peraturan-peraturan yang bertentangan dengan tatanan moral
itu tidak mengikat bagi suara hati.
407. Apa itu kebaikan umum?
Yang dimaksud dengan kebaikan umum ialah semua kondisi kehidupan
sosial yang memungkinkan orang-orang sebagai kelompok atau individu
mencapai kesempurnaan (kebahagiaan) mereka sendiri.
408. Apa saja yang tercakup dalam kebaikan umum?
baikan umum ini?
Realisasi paling lengkap dari kebaikan umum ini dapat ditemukan dalam
komunitas politik yang membela dan mengembangkan kebaikan warga mereka
dan kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat tanpa melupakan kebaikan
universal seluruh keluarga manusia.
410. Bagaimana seseorang dapat berpartisipasi dalam mengusahakan ke-
baikan umum?
Semua orang menurut tempat dan peranan yang mereka punyai dapat ber-
partisipasi dalam mengusahakan kebaikan umum, yakni dengan menghormati
hukum yang adil dan melaksanakan tugas di tempat dia mempunyai tanggung jawab,
misalnya mengurus keluarga dan komitmen pada pekerjaannya sendiri. Para warga
negara juga wajib berpartisipasi aktif dalam kehidupan publik sejauh itu mungkin.
1901
1903-1904
1921-1922
1934-1935
1945
1936-1938
1946-1947
1939-1942
1927
KEADILAN SOSIAL
411. Bagaimana masyarakat menjamin keadilan sosial?
Masyarakat menjamin keadila