Minggu, 12 Oktober 2025

katekismus gereja katolik 4


 ahmat yang diperoleh pada 

saat menerima Sakramen Pembaptisan dan Penguatan, dan membuat kita berkembang 

dalam cinta kepada sesama, memperkuat kita dalam cinta kasih, menghapus dosa-

293. Bagaimana kemungkinan memberikan Komuni Kudus kepada orang 

Kristen yang lain?

Pelayan Katolik boleh memberikan Komuni Kudus secara legitim kepada 

anggota Gereja Timur yang tidak dalam kesatuan penuh dengan Gereja Katolik 

jika mereka memintanya dengan kehendak mereka sendiri dan mempunyai 

disposisi yang memenuhi syarat. Sedangkan, kepada anggota komunitas 

mempunyai disposisi yang dituntut, dan ada tanda yang jelas bahwa mereka juga 

mempunyai iman yang sama mengenai Sakramen Ekaristi.

294. Mengapa Ekaristi merupakan ”jaminan untuk kemuliaan yang akan 

datang”?

Ekaristi merupakan jaminan untuk kemuliaan yang akan datang karena 

Ekaristi memberikan berkat dan rahmat surgawi kepada kita, memperkuat kita 

1385-1389

1415

1391-1397

1416

1398-1401

1402-1405

dosa ringan, dan menjaga kita dari bahaya dosa berat di masa depan.

gerejawi lainnya boleh diberikan jika mereka memintanya atas kemauan sendiri, 

Komuni Kudus mempererat kesatuan kita dengan Kristus dan dengan Gereja-

Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen

105

1. Qual e` il disegno di Dio per l’uomo?

1Dio, infinitamente perfetto e beato in se stesso, per un disegno di pura

bonta` ha liberamente creato l’uomo per renderlo partecipe della sua vita

beata. Nella pienezza dei tempi, Dio Padre ha mandato suo Figlio come

redentore e salvatore degli uomini caduti nel peccato, convocandoli nella

sua Chiesa e rendendoli figli adottivi per opera dello Spirito Santo ed eredi

della sua eterna beatitudine.

CAPITOLO PRIMO

L’UOMO E` «CAPACE» DI DIO

2

2. Perche´ nell’uomo c’e` il desiderio di Dio?

34Dio stesso, creando l’uomo a propria immagine, ha iscritto nel suo

cuore il desiderio di vederlo. Anche se tale desiderio e` spesso ignorato,

Dio non cessa di attirare l’uomo a se´, perche´ viva e trovi in lui quella

pienezza di verita` e di felicita`, che cerca senza posa. Per natura e per

vocazione, l’uomo e` pertanto un essere religioso, capace di entrare in co-

munione con Dio. Questo intimo e vitale legame con Dio conferisce all’uo-

mo la sua fondamentale dignita`.

3. Come si puo` conoscere Dio con la sola luce della ragione?

56Partendo dalla creazione, cioe` dal mondo e dalla persona umana,

l’uomo, con la sola ragione, puo` con certezza conoscere Dio come origine

e fine dell’universo e come sommo bene, verita` e bellezza infinita.

4. Basta la sola luce della ragione per conoscere il mistero di Dio?

7L’uomo, nel conoscere Dio con la sola luce della ragione, incontra

molte difficolta`. Inoltre non puo` entrare da solo nell’intimita` del mistero

divino. Per questo, Dio l’ha voluto illuminare con la sua Rivelazione non

1-25

30

27-30

44-45

31-36

46-47

37-38

dalam peziarahan kita dalam kehidupan ini dan membuat kita rindu akan kehidupan 

kekal. Ekaristi mempersatukan kita dengan Kristus yang duduk di sisi kanan Bapa, 

dengan Gereja di surga, dengan Perawan Maria yang Terberkati, dan dengan semua 

santo-santa.

Dalam Ekaristi, kita ”memecah-mecah satu roti

 yang memberi kita obat keabadian, penawar racun kematian, 

dan makanan yang membuat kita hidup selamanya dalam Yesus Kristus” 

(Santo Ignatius dari Antiokhia)

BAB DUA

SAKraMEN-SAKraMEN PENYEMBUhAN

295. Mengapa Kristus menetapkan Sakramen Pengampunan Dosa dan 

Sakramen Pengurapan orang Sakit?

kramen ini karena kehidupan baru yang Dia berikan kepada kita dalam Sakramen-

 

SAKRAMEN TOBAT

296. Apa nama Sakramen ini?

Namanya Sakramen Penebusan Dosa, Sakramen Rekonsiliasi, Sakramen 

Pengampunan, Sakramen Pengakuan, dan Sakramen Tobat.

297. Mengapa ada Sakramen Rekonsiliasi setelah Sakramen Pembaptisan?

Karena rahmat kehidupan baru yang diterima dalam Sakramen Pembaptisan 

tidak menghapuskan kelemahan kodrat manusia dan juga kecenderungan kepada 

dosa (yang ini  konkupisensi), Kristus menetapkan Sakramen ini untuk 

pertobatan orang yang dibaptis yang terpisah dari Dia karena dosa.

1420-1421

1426

1422-1424

1425-1426

1484

itu, Kristus menghendaki agar Gereja melanjutkan karya penyembuhan dan 

penyelamatan-Nya melalui Sakramen-Sakramen ini.

Kristus, Sang Penyembuh jiwa dan badan kita, menetapkan Sakramen-Sa-

Sakramen inisiasi Kristiani dapat melemah, bahkan hilang karena dosa. Karena 

Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja

106 

298. Bilamana Kristus menetapkan Sakramen ini?

Tuhan yang sudah bangkit menetapkan Sakramen ini pada malam Paskah 

ketika Dia menampakkan Diri kepada para Rasul dan berkata kepada mereka: 

”Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya 

diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap 

ada” (Yoh 20:23).

299. Apakah orang yang dibaptis itu membutuhkan pertobatan?

Panggilan Kristus untuk pertobatan terus berlangsung selama hidup 

orang yang dibaptis. Pertobatan merupakan kewajiban terus-menerus bagi se-

luruh Gereja. Gereja itu kudus, tetapi di dalamnya juga termasuk orang-orang 

berdosa.

300.  Apa itu pertobatan batin?

Perbuatan silih dapat diungkapkan dalam macam-macam bentuk, tetapi 

terutama dalam puasa, doa, dan memberi derma. Bentuk-bentuk itu dan banyak 

bentuk yang lainnya dapat dipraktekkan dalam kehidupan seorang Kristen, secara 

khusus selama masa Puasa dan pada hari Jumat, hari silih.

302. Apa unsur-unsur pokok Sakramen Rekonsiliasi?

Unsur-unsur pokok itu ada dua: tindakan orang yang datang dan bertobat 

melalui karya Roh Kudus dan pengampunan dosa dari Imam yang bertindak 

atas nama Kristus untuk memberikan pengampunan, menentukan cara untuk 

berbuat silih atas dosa-dosa yang diperbuatnya. 

1450-1460

1487-1492

1427-1429

1434-1439

303. Apa yang harus dilakukan oleh peniten?

Yang harus dilakukan adalah: pemeriksaan batin yang saksama; pertobatan 

(atau penyesalan) akan sempurna jika motivasinya cinta akan Allah; tidak 

sempurna jika berdasarkan pada motivasi-motivasi lainnya dan disertai niat 

yang tulus untuk tidak berdosa lagi; pengakuan terdiri dari menyatakan dosa-

dosanya kepada Imam dan perbuatan silih atau laku tapa yang diusulkan oleh 

bapa pengakuan kepada orang yang bertobat untuk memperbaiki ”kerusakan” 

yang terjadi akibat dosa.

304. Dosa-dosa apa yang harus diakukan?

Semua dosa berat yang belum diakukan yang disadari melalui pemeriksaan 

batin yang teliti harus dibawa ke dalam Sakramen Tobat. Pengakuan dosa-do-

sa berat merupakan satu-satunya cara yang biasa untuk mendapatkan peng-

ampunan.

305. Bilamana seseorang itu harus mengakukan dosa maut?

Setiap umat beriman yang sudah mencapai umur diskresi (mampu mem-

bedakan antara yang baik dan yang jahat) terikat untuk mengakukan dosa-dosa 

mautnya paling sedikit sekali setahun dan selalu dilakukan sebelum menerima 

Komuni Kudus.

306. Mengapa dosa-dosa ringan juga dapat menjadi objek pengakuan Sa-

kramental?

Pengakuan dosa-dosa ringan juga sangat dianjurkan oleh Gereja, bahkan 

walaupun hal ini tidak mutlak perlu karena bisa membantu kita untuk membentuk 

suara hati yang benar dan melawan kecenderungan jahat. Ini membantu kita untuk 

disembuhkan oleh Kristus dan berkembang maju dalam hidup Roh.

307. Siapa pelayan Sakramen ini?

Kristus telah mempercayakan pelayanan Rekonsiliasi ini kepada para Rasul-

Nya, kepada para Uskup yang menjadi pengganti-pengganti para Rasul dan kepada 

para imam, rekan sekerja Uskup. Mereka ini menjadi alat kerahiman dan kebenaran 

Allah. Mereka melaksanakan kuasa pengampunan dosa atas nama Bapa dan Putra 

dan Roh Kudus.

1485

1456

1457

1458

1461-1466

1495

1434-1439

1430-1433

1490

longan Allah. Orang yang bertobat ini berharap penuh kepada kerahiman ilahi.

yang digerakkan oleh rahmat ilahi untuk menjawab cinta yang penuh kerahiman  

Pertobatan batin ialah suatu dinamika ”hati yang patah dan remuk (Mzm 51:19)  

dari Allah. Pertobatan ini mengandung penyesalan akan dosa-dosa yang telah dilaku- 

301. Apa bentuk-bentuk silih dalam kehidupan Kristen?

kan, niat yang kuat untuk tidak berdosa lagi di masa datang, dan percaya akan perto- 

Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen

107

298. Bilamana Kristus menetapkan Sakramen ini?

Tuhan yang sudah bangkit menetapkan Sakramen ini pada malam Paskah 

ketika Dia menampakkan Diri kepada para Rasul dan berkata kepada mereka: 

”Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya 

diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap 

ada” (Yoh 20:23).

299. Apakah orang yang dibaptis itu membutuhkan pertobatan?

Panggilan Kristus untuk pertobatan terus berlangsung selama hidup 

orang yang dibaptis. Pertobatan merupakan kewajiban terus-menerus bagi se-

luruh Gereja. Gereja itu kudus, tetapi di dalamnya juga termasuk orang-orang 

berdosa.

300.  Apa itu pertobatan batin?

Pertobatan batin ialah suatu dinamika ”hati yang hancur” (Mzm 51:19) yang 

digerakkan oleh rahmat ilahi untuk menjawab cinta yang penuh kerahiman dari 

Allah. Pertobatan ini mengandung penyesalan akan dosa-dosa yang telah dilakukan, 

niat yang kuat untuk tidak berdosa lagi di masa datang dan percaya akan pertolongan 

Allah. Orang yang bertobat ini berharap penuh kepada kerahiman ilahi.

301. Apa bentuk-bentuk silih dalam kehidupan Kristen?

Perbuatan silih dapat diungkapkan dalam macam-macam bentuk, tetapi 

terutama dalam puasa, doa, dan memberi derma. Bentuk-bentuk itu dan banyak 

bentuk yang lainnya dapat dipraktekkan dalam kehidupan seorang Kristen, secara 

khusus selama masa Puasa dan pada hari Jumat, hari silih.

302. Apa unsur-unsur pokok Sakramen Rekonsiliasi?

Unsur-unsur pokok itu ada dua: tindakan orang yang datang dan bertobat 

melalui karya Roh Kudus dan pengampunan dosa dari Imam yang bertindak 

atas nama Kristus untuk memberikan pengampunan, menentukan cara untuk 

berbuat silih atas dosa-dosa yang diperbuatnya. 

1450-1460

1487-1492

1427-1429

1434-1439

303. Apa yang harus dilakukan oleh peniten?

Yang harus dilakukan adalah: pemeriksaan batin yang saksama; pertobatan 

(atau penyesalan) akan sempurna jika motivasinya cinta akan Allah; tidak 

sempurna jika berdasarkan pada motivasi-motivasi lainnya dan disertai niat 

yang tulus untuk tidak berdosa lagi; pengakuan terdiri dari menyatakan dosa-

dosanya kepada Imam dan perbuatan silih atau laku tapa yang diusulkan oleh 

bapa pengakuan kepada orang yang bertobat untuk memperbaiki ”kerusakan” 

yang terjadi akibat dosa.

304. Dosa-dosa apa yang harus diakukan?

Semua dosa berat yang belum diakukan yang disadari melalui pemeriksaan 

batin yang teliti harus dibawa ke dalam Sakramen Tobat. Pengakuan dosa-do-

sa berat merupakan satu-satunya cara yang biasa untuk mendapatkan peng-

ampunan.

305. Bilamana seseorang itu harus mengakukan dosa maut?

Setiap umat beriman yang sudah mencapai umur diskresi (mampu mem-

bedakan antara yang baik dan yang jahat) terikat untuk mengakukan dosa-dosa 

Komuni Kudus.

306. Mengapa dosa-dosa ringan juga dapat menjadi objek pengakuan Sa-

kramental?

Pengakuan dosa-dosa ringan juga sangat dianjurkan oleh Gereja, bahkan 

walaupun hal ini tidak mutlak perlu karena bisa membantu kita untuk membentuk 

suara hati yang benar dan melawan kecenderungan jahat. Ini membantu kita untuk 

disembuhkan oleh Kristus dan berkembang maju dalam hidup Roh.

307. Siapa pelayan Sakramen ini?

Kristus telah mempercayakan pelayanan Rekonsiliasi ini kepada para Rasul-

Nya, kepada para Uskup yang menjadi pengganti-pengganti para Rasul dan kepada 

para imam, rekan sekerja Uskup. Mereka ini menjadi alat kerahiman dan kebenaran 

Allah. Mereka melaksanakan kuasa pengampunan dosa atas nama Bapa dan Putra 

dan Roh Kudus.

1485

1456

1457

1458

1461-1466

1495

beratnya paling sedikit sekali setahun dan selalu dilakukan sebelum menerima 

Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja

108 

308. Kepada siapa pengampunan dosa-dosa tertentu dikhususkan?

Pengampunan dosa-dosa berat tertentu (misalnya, yang dihukum dengan 

atau Imam yang diberi kuasa khusus oleh Uskup. Tetapi, setiap Imam dapat 

309. Apakah bapa pengakuan terikat oleh rahasia?

Setiap bapa pengakuan, tanpa kecuali dan di bawah ancaman hukuman yang 

amat berat, terikat untuk memegang teguh ”meterai pengakuan” yang berarti 

kerahasiaan mutlak tentang dosa-dosa yang diungkapkan kepadanya dalam 

pengakuan karena keagungan pelayanan ini dan hormat yang harus diberikan 

kepada pribadi manusia.

310. Apa buah Sakramen ini?

311. Dalam kasus tertentu, dapatkah Sakramen ini dilaksanakan dengan 

pengakuan umum dan absolusi umum?

Dalam kasus kebutuhan yang amat mendesak (seperti dalam bahaya maut) 

bisa dilakukan upacara rekonsiliasi umum dengan pengakuan umum dan absolusi 

umum, sejauh norma-norma Gereja dipatuhi dan ada intensi secara pribadi untuk 

mengakukan dosa-dosa berat jika hal itu memungkinkan.

312.  Apa itu indulgensi?

Indulgensi ialah penghapusan hukuman sementara di hadapan Allah seba-

gai akibat dari dosa-dosa yang kesalahannya sudah diampuni. Umat Kristen yang 

setia bisa mendapatkan indulgensi ini bagi dirinya sendiri atau bagi orang-orang 

1463

1467

1468-1470

1496

1471-1479

1498

1480-1484

yang berada dalam bahaya maut.

ekskomunikasi) dikhususkan kepada Takhta Suci atau kepada Uskup setempat 

memberikan pengampunan atas setiap dosa dan ekskomunikasi kepada orang  

keadaan rahmat jika keadaan itu sudah hilang karena dosa, penghapusan hukuman 

Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen

kekal karena dosa-dosa berat dan penghapusan, paling sedikit untuk sebagian, 

Buah Sakramen Tobat ialah: berdamai kembali dengan Allah karena itu juga 

hukuman sementara sebagai akibat dosa. Sakramen ini juga memberikan keda-

berarti pengampunan dosa-dosa, dan berdamai kembali dengan Gereja; pemulihan 

maian, ketenangan suara hati, penghiburan rohani, dan bertambahnya keku- 

atan rohani untuk berjuang dalam kehidupan Kristen.

109

yang sudah meninggal dengan syarat-syarat tertentu. Indulgensi ini diberikan 

melalui petugas Gereja, sebagai penyalur rahmat penebusan, membagikan keka-

yaan rahmat Kristus dan santo-santa.

SAKRAMEN PENGURAPAN ORANG SAKIT

313. Bagaimana Perjanjian lama memandang penyakit?

Dalam Perjanjian Lama, penyakit dialami sebagai tanda kelemahan dan 

sekaligus dipahami sebagai sesuatu yang terikat dengan dosa. Para nabi menyadari 

bahwa penyakit dapat juga mempunyai nilai penebusan bagi dosa-dosanya sendiri 

dan orang lain. Demikianlah, penyakit ini dialami di hadapan Allah yang kepada-

Nya mereka mohon kesembuhan.

314. Apa makna bela rasa Yesus kepada orang sakit?

Bela rasa Yesus kepada orang sakit dan banyak penyembuhan yang dilakukan-

Nya bagi yang sakit merupakan suatu tanda nyata bahwa Kerajaan Allah sudah 

datang bersama-Nya dan karena itu juga berarti kemenangan terhadap dosa, 

terhadap penderitaan, dan terhadap kematian. Dengan penderitaan dan kematian-

Nya, Yesus memberikan makna baru kepada penderitaan kita yang jika dipersatukan 

dengan penderitaan-Nya dapat menjadi sarana pemurnian dan penyelamatan bagi 

kita dan bagi orang lain.

315. Bagaimana sikap Gereja terhadap orang sakit?

Setelah menerima tugas dari Allah untuk menyembuhkan orang sakit, Gereja 

berusaha melaksanakannya dengan merawat orang sakit dan menemani mereka 

ditujukan bagi orang sakit. Sakramen ini ditetapkan oleh Kristus dan ditegaskan 

316. Siapa yang dapat menerima Sakramen pengurapan orang sakit?

Setiap anggota umat beriman dapat menerima Sakramen ini segera setelah dia 

berada dalam bahaya maut karena penyakit atau usia lanjut. Si sakit bisa menerima 

1499-1502

1503-1505

1506-1513

1526-1527

1514-1515

1528-1529

Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja

ngan minyak dalam nama Tuhan” (Yak 5:14).

oleh Santo Yakobus, ”Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia me-

dengan doa permohonan. Terlebih lagi, Gereja mempunyai Sakramen yang khusus 

manggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya de-

110 

Sakramen ini beberapa kali jika penyakitnya bertambah berat atau karena ada pe-

nyakit berat lainnya. Upacara sakramen ini, jika memungkinkan, didahului dengan 

pengakuan dosa pribadi si sakit.

317. Siapa pelayan Sakramen ini?

Sakramen ini hanya dapat dilayani oleh Imam tertahbis (Uskup atau 

Pastor).

318. Bagaimana upacara Sakramen ini dilaksanakan?

 Upacara Sakramen ini secara esensial terdiri dari pengurapan dengan minyak 

yang, sedapat mungkin, diberkati oleh Uskup. Pengurapan ini diberikan pada dahi 

dan kedua tangan si sakit (ritus Roma) atau juga bagian-bagian tubuh lainnya (dalam 

ritus lainnya) diiringi dengan doa Imam yang memohon rahmat khusus Sakramen 

ini bagi si sakit.

319. Apa buah Sakramen ini?

Sakramen ini memberikan rahmat khusus yang mempersatukan si sakit 

pengampunan dosa jika si sakit tidak mampu mengakukan dosanya. Kadang-kadang 

Rumah Bapa.

320.  Apa itu viaticum?

Viaticum adalah Ekaristi Kudus yang diterima oleh mereka yang akan 

meninggalkan kehidupan dunia ini dan mempersiapkan diri untuk perjalanan 

menuju kehidupan kekal. Komuni dalam rupa tubuh dan darah Kristus yang wafat 

dan bangkit dari mati, yang diterima pada saat keberangkatan dari dunia ini menuju 

Bapa, merupakan benih kehidupan kekal dan kekuatan kebangkitan.

1516

1530

1517-1519

1531

1520-1523

1532

1524-1525

Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen

lebih erat dengan Pribadi Kristus untuk kebaikannya dan kebaikan seluruh Gereja. 

Secara umum, Pengurapan ini mempersiapkan si sakit untuk perjalanan menuju 

Sakramen ini memberikan penghiburan, kedamaian, keberanian, dan bahkan 

jika dikehendaki Allah, Sakramen ini bahkan dapat mengembalikan kesehatan fisik. 

111

BAB TIGA

SAKraMEN UNTUK PElAYANAN PERSEKUTUAN DAN 

PERUTUSAN

321.  Sakramen untuk pelayanan persekutuan dan perutusan?

Dua Sakramen, Penahbisan dan Perkawinan, memberikan rahmat khusus 

untuk perutusan tertentu dalam Gereja untuk melayani dan membangun Umat 

Allah. Sakramen-Sakramen ini memberikan sumbangan dengan cara yang khusus 

pada persekutuan gerejawi dan penyelamatan orang-orang lain.

SAKRAMEN PENAHBISAN 

323. Mengapa Sakramen ini ini  dengan Penahbisan?

Allah.

ilahi?

Sakramen ini sudah dipralambangkan dalam Perjanjian Lama dalam pelayanan 

para Levi, dalam imamat Harun, dan dalam penetapan tujuh puluh ”Penatua” (Bil 

melalui kurban salib-Nya merupakan ”satu pengantara antara Allah dan manusia” 

1533-1535

1537-1538

1539-1546

1590-1591

1536Sakramen yang melaluinya perutusan yang dipercayakan Kristus pada pa-

ra Rasul-Nya terus dilaksanakan dalam Gereja sampai akhir zaman.

324. Di mana tempat Sakramen Penahbisan dalam rencana penyelamatan 

Tahbisan (ordo) menunjukkan tingkatan gerejawi yang dimasuki oleh se-

seorang melalui upacara pengudusan khusus (ordinasi). Melalui rahmat khusus  

Roh Kudus, Sakramen ini membuat orang yang ditahbiskan mampu melaksa- 

11:25). Pralambang awal ini mencapai pemenuhannya dalam diri Yesus Kristus yang 

Kristus yang tunggal dihadirkan melalui imamat jabatan.

(1Tim 2:5), ”Imam Besar menurut peraturan Melkisedek” (Ibr 5:10). Imamat  

nakan kuasa suci atas nama dan dengan wewenang Kristus untuk pelayanan Umat 

Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja

322.  Apa itu Sakramen Penahbisan?

112 

1. Qual e` il disegno di Dio per l’uomo?

1Dio, infinitamente perfetto e beato in se stesso, per un disegno di pura

bonta` ha liberamente creato l’uomo per renderlo partecipe della sua vita

beata. Nella pienezza dei tempi, Dio Padre ha mandato suo Figlio come

redentore e salvatore degli uomini caduti nel peccato, convocandoli nella

sua Chiesa e rendendoli figli adottivi per opera dello Spirito Santo ed eredi

della sua eterna beatitudine.

CAPITOLO PRIMO

L’UOMO E` «CAPACE» DI DIO

2

2. Perche´ nell’uomo c’e` il desiderio di Dio?

34Dio stesso, creando l’uomo a propria immagine, ha iscritto nel suo

cuore il desiderio di vederlo. Anche se tale desiderio e` spesso ignorato,

Dio non cessa di attirare l’uomo a se´, perche´ viva e trovi in lui quella

pienezza di verita` e di felicita`, che cerca senza posa. Per natura e per

vocazione, l’uomo e` pertanto un essere religioso, capace di entrare in co-

munione con Dio. Questo intimo e vitale legame con Dio conferisce all’uo-

mo la sua fondamentale dignita`.

3. Come si puo` conoscere Dio con la sola luce della ragione?

56Partendo dalla creazione, cioe` dal mondo e dalla persona umana,

l’uomo, con la sola ragione, puo` con certezza conoscere Dio come origine

e fine dell’universo e come sommo bene, verita` e bellezza infinita.

4. Basta la sola luce della ragione per conoscere il mistero di Dio?

7L’uomo, nel conoscere Dio con la sola luce della ragione, incontra

molte difficolta`. Inoltre non puo` entrare da solo nell’intimita` del mistero

divino. Per questo, Dio l’ha voluto illuminare con la sua Rivelazione non

1-25

30

27-30

44-45

31-36

46-47

37-38

”Hanya Kristuslah Imam yang sejati, 

yang lainnya hanyalah pembantu-pembantu-Nya”

(Santo Thomas Aquinas)

325. Apa tingkatan-tingkatan dalam Sakramen Penahbisan?

Sakramen Penahbisan terdiri dari tiga tingkatan yang tak tergantikan dalam 

struktur organik Gereja, yaitu: Episkopat, Presbiterat, dan Diakonat.

326. Apa buah Penahbisan Episkopat?

Penahbisan episkopat memberikan kepenuhan Sakramen Penahbisan. 

Penahbisan ini menyebabkan seorang Uskup menjadi penerus sah para Rasul dan 

mengintegrasikannya ke dalam kolegium para Uskup untuk bersama-sama dengan 

menguduskan, dan memerintah.

327. Apa wewenang yang diserahkan kepada seorang Uskup dalam Gereja 

partikular?

merupakan kepala yang kelihatan dan dasar kesatuan bagi Gereja partikular 

tersebut. Demi Gereja dan sebagai wakil Kristus, seorang Uskup menjalankan 

wewenangnya sebagai gembala dibantu para Imam dan Diakon.

328. Apa buah Penahbisan Presbiterat?

Pengurapan Roh memeteraikan Imam dengan suatu meterai rohani yang 

tak dapat dihapuskan dan yang menjadikan dia serupa dengan Kristus sang Imam 

Agung, dan membuatnya mampu bertindak atas nama Kristus sang Kepala. Sebagai 

rekan kerja Uskup, dia ditahbiskan untuk mewartakan Injil, melaksanakan upacara 

liturgi, terutama Sakramen Ekaristi, dari sinilah dia mendapatkan kekuatan dalam 

pelayanannya, dan menjadi gembala umat beriman.

329. Bagaimana Imam melaksanakan pelayanan ini?

Seorang Imam, walaupun ditahbiskan untuk perutusan universal, melaksana-

kan pelayanannya dalam Gereja partikular. Pelayanan ini dilakukan dalam persau-

daraan sakramental dengan yang lainnya yang bersama-sama membentuk ”Presbi-

1554

1593

1557-1558

1594

1560-1561

1562-1567

1595

1568

Paus melayani seluruh Gereja. Penahbisan ini memberikan wewenang mengajar, 

Uskup yang diserahi tanggung jawab untuk mengurus Gereja partikular 

Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen

113

terat”. Dalam kesatuan dengan Uskup dan tergantung darinya, mereka bertanggung 

jawab atas Gereja partikular.

Diakon yang dipersatukan dengan Kristus sang pelayan untuk semua, 

ditah biskan untuk pelayanan Gereja. Dia melaksanakan pelayanannya di bawah 

wewenang Uskupnya dengan pelayanan Sabda, upacara liturgi, reksa pastoral, dan 

karya karitatif.

331. Bagaimana pelaksanaan upacara Sakramen Penahbisan?

Sakramen Penahbisan dilaksanakan, dalam setiap tingkatannya, dengan cara 

penumpangan tangan ke atas kepala yang ditahbiskan oleh Uskup yang mengucapkan 

doa agung Penahbisan. Dengan doa ini, Uskup memohon kepada Allah, bagi yang 

ditahbiskan, pencurahan Roh Kudus dan anugerah Roh sesuai dengan pelayanan 

yang dimaksud oleh Penahbisan tersebut.

332. Siapa yang dapat melayani Sakramen ini?

Hanya para Uskup yang ditahbiskan dengan sah sebagai pengganti para 

333. Siapa yang dapat menerima Sakramen ini?

Sakramen ini hanya dapat diterima secara sah oleh orang yang sudah dibaptis. 

Gereja mengakui dirinya terikat pada pilihan yang sudah dibuat oleh Tuhan. Tak 

seorang pun dapat menuntut untuk menerima Sakramen Penahbisan ini, tetapi 

334. Apakah perlu menjalani hidup selibat untuk menerima Sakramen 

Penahbisan?

setelah seseorang ditahbiskan. Orang yang sudah kawin dapat ditahbiskan 

menjadi Diakon permanen.

1569-1571

1596

1572-1574

1597

1575-1576

1600

1577-1578

1598

1579-1580

1599yang dipilih adalah orang yang Katolik dan mempraktekkan selibat: orang-orang 

Untuk episkopat, mutlak perlu. Untuk presbiterat dalam Gereja Latin,  

(Mat 19:12). Dalam Gereja-Gereja Timur, perkawinan tidak boleh dilaksanakan 

yang bermaksud melanjutkan penghayatan hidup selibat ”karena Kerajaan Surga” 

Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja

330. Apa buah Penahbisan Diakonat?

Rasul yang dapat melaksanakan Sakramen Penahbisan ini.

harus melalui penilaian kelayakan untuk pelayanan ini oleh otoritas Gereja.

114 

Sakramen ini memberikan pencurahan khusus Roh Kudus yang menjadikan 

orang yang menerimanya serupa dengan Kristus dalam tiga jabatan-Nya sebagai 

Imam, Nabi, dan Raja sesuai dengan tingkatan Sakramen yang diterimanya. 

Penahbisan memberikan meterai spiritual yang tidak dapat dihapuskan, dan karena 

itu tidak dapat diulangi atau diberikan untuk sementara waktu.

336. Dengan wewenang apakah pelayanan imamat itu dilaksanakan?

Dalam menjalankan tugas pelayanan sucinya, para Imam yang ditahbiskan 

berbicara dan bertindak bukan atas wewenang mereka sendiri, bukan pula karena 

Kepala dan atas nama Gereja. Karena itu, imamat jabatan ini berbeda secara esensial 

dan tidak hanya dalam tingkatan dengan imamat umum seluruh umat beriman. 

Untuk pelayanan umat beriman, Kristus menetapkan Sakramen ini. 

SAKRAMEN PERKAWINAN

337. Apa rencana Allah berkenaan dengan laki-laki dan perempuan?

338. Untuk tujuan apa Allah menetapkan Perkawinan?

Hubungan perkawinan antara laki-laki dan perempuan, yang didasarkan 

dan didukung dengan hukum-hukumnya sendiri oleh sang Pencipta, menurut 

serta mendidik anak-anak. Menurut rencana ilahi asali, persatuan perkawinan ini 

1581-1589

1547-1553

1592

1601-1605

1659-1660

335. Apa buah Sakramen Penahbisan?

mandat atau delegasi komunitas tertentu, tetapi atas nama Pribadi Kristus Sang 

Allah yang adalah cinta dan yang telah menciptakan laki-laki dan perempuan 

dan perempuan, Allah memanggil mereka kepada persatuan hidup yang intim dan 

bah banyak” (Kej 1:28).

19:6). Allah bersabda dan memberkati mereka: ”Beranak-cuculah dan bertam- 

untuk cinta telah memanggil mereka untuk mencinta. Dengan menciptakan laki-laki 

tak dapat diceraikan, seperti Yesus Kristus menegaskan: ”Apa yang telah dipersa- 

kodratnya bertujuan untuk persatuan dan kebaikan pasangan dan menurunkan 

tukan Allah, tidak boleh diceraikan  manusia” (Mrk 10:9).

Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen

cinta dalam perkawinan. ”Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu” (Mat  

115

339. Bagaimana dosa mengancam Perkawinan?

Karena dosa asal, yang menyebabkan perpecahan persekutuan laki-laki dan 

perempuan yang dianugerahkan Allah, kesatuan perkawinan sangat sering terancam 

oleh ketidakharmonisan dan ketidaksetiaan. Tetapi, Allah dalam kerahiman-Nya 

yang tanpa batas memberikan kepada laki-laki dan perempuan rahmat untuk 

membawa kesatuan hidup mereka ke dalam harmoni dengan rencana ilahi asali.

340. Apa yang diajarkan Perjanjian lama mengenai Perkawinan?

Allah membantu umat-Nya terutama melalui ajaran Hukum dan para Nabi 

perkawinan. Perjanjian perkawinan antara Allah dengan Israel mempersiapkan 

dan melambangkan awal Perjanjian Baru yang ditetapkan oleh Yesus Kristus, Putra 

Allah, dengan mempelai-Nya, yaitu Gereja.

341. Unsur baru apa yang diberikan Kristus kepada Perkawinan?

Kristus tidak hanya memulihkan tujuan asali perkawinan, tetapi mengangkat-

rahmat khusus untuk menghayati perkawinan mereka sebagai simbol cinta 

342. Apakah semua orang harus kawin?

Perkawinan bukanlah suatu keharusan bagi setiap orang, terutama karena 

343. Bagaimana upacara Sakramen Perkawinan dilaksanakan?

Karena Sakramen Perkawinan menetapkan kedua mempelai dalam sebuah 

status publik kehidupan dalam Gereja, pelaksanaan liturginya bersifat publik terjadi 

di hadapan seorang Imam (atau seorang saksi yang diberi wewenang oleh Gereja) 

dan para saksi lainnya.

1606-1608

1609-1611

1612-1617

1661

1618-1620

1621-1624

untuk sedikit demi sedikit mendalami pemahaman kesatuan dan ketakterceraian 

nya ke dalam martabat Sakramen, memberikan kepada kedua mempelai suatu 

dapatkan hal-hal yang baik dari perkawinan ini dalam rangka memusatkan diri 

Allah memanggil beberapa laki-laki dan perempuan untuk mengikuti Yesus dalam 

pada urusan-urusan Allah dan berusaha menyenangkan-Nya. Mereka menjadi tan- 

hidup keperawanan atau selibat demi Kerajaan Surga. Pantangan untuk men- 

da keunggulan mutlak cinta Kristus dan penantian kembalinya kemuliaan-Nya.

Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja

Kristus untuk mempelai-Nya, Gereja: ”Hai suami, kasihilah istrimu sebagaimana  

Kristus telah mengasihi jemaat ” (Ef 5:25).

116 

344. Apa kesepakatan Perkawinan itu?

Kesepakatan perkawinan diberikan ketika seorang laki-laki dan seorang 

perempuan mengungkapkan kehendak untuk saling memberikan diri mereka satu 

sama lain dengan tujuan untuk hidup bersama dalam perjanjian cinta yang setia 

dan subur. Karena kesepakatan menyebabkan perkawinan terjadi, kesepakatan itu 

mutlak perlu dan tidak tergantikan. Agar perkawinan itu sah, persetujuan ini harus 

jelas-jelas mengenai perkawinan yang sungguh-sungguh dan merupakan tindakan 

manusia yang sadar, bebas, tanpa kekerasan dan paksaan.

345. Apa yang diperlukan jika salah satu mempelai bukan Katolik?

Perkawinan campur (antara seorang Katolik dan seorang yang dibaptis bukan 

Katolik) membutuhkan izin otoritas gerejawi demi layaknya. Dalam kasus disparitas 

kultus (antara seorang Katolik dan seorang yang tidak dibaptis) memerlukan 

dispensasi demi sahnya. Dalam kedua kasus itu, hal yang pokok ialah kedua belah 

pihak mengakui dan menerima tujuan pokok dan ciri khas perkawinan. Perlu juga 

ditekankan bahwa pihak Katolik menerima kewajiban, yang juga sudah diketahui 

oleh pihak non-Katolik, untuk tetap menghayati imannya dan membaptis serta 

mendidik anak-anak mereka secara Katolik.

346. Apa buah Sakramen Perkawinan?

Sakramen Perkawinan menetapkan ikatan yang kekal dan eksklusif antara 

kedua mempelai. Allah memeteraikan kesepakatan perkawinan mereka. Karena 

itu, perkawinan yang sudah dilaksanakan dengan sah (ratum) dan sudah dilengkapi 

dengan persetubuhan (consumatum) antara dua orang yang sudah dibaptis tidak 

pernah dapat diceraikan. Terlebih lagi, Sakramen ini memberikan rahmat yang 

dibutuhkan bagi kedua mempelai untuk mencapai kesucian dalam kehidupan 

perkawinan mereka dan jika dianugerahi anak-anak, menerima tanggung jawab 

untuk merawat dan mendidik mereka.

347. Dosa apa yang sungguh-sungguh bertentangan dengan Sakramen Per-

kawinan?

Perzinaan dan poligami bertentangan dengan Sakramen Perkawinan karena 

kedua hal itu betul-betul berlawanan dengan martabat kesetaraan antara laki-laki 

dan perempuan dan dengan kesatuan dan eksklusivitas cinta perkawinan. Dosa-

1625-1632

1662-1663

1633-1637

1638-1642

1645-1648

Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen

117

dosa lainnya termasuk penolakan secara sadar untuk kemungkinan mempunyai 

anak yang bertentangan dengan kesuburan cinta perkawinan dan keterbukaan akan 

anugerah anak serta perceraian yang bertentangan dengan sifat tak terceraikannya 

perkawinan.

348. Bilamana Gereja mengizinkan perpisahan fisik antara pasangan suami-

istri?

Gereja mengizinkan perpisahan fisik pasangan suami-istri jika karena alasan 

yang serius mereka tidak mungkin hidup bersama, walaupun mungkin ada harapan 

untuk rekonsiliasi. Tetapi selama salah satu dari pasangan itu masih hidup, yang 

lainnya tidak bebas untuk kawin lagi kecuali jika perkawinan itu batal dan dinyata-

kan demikian oleh otoritas Gereja.

349. Apa sikap Gereja terhadap mereka yang cerai dan kemudian kawin 

lagi?

Gereja, karena setia kepada Tuhannya, tidak dapat mengakui perkawinan 

orang-orang yang secara sipil bercerai dan kawin lagi. ”Barangsiapa menceraikan 

istrinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinaan terhadap 

istrinya itu. Dan jika si istri menceraikan suaminya dan kawin dengan laki-laki lain, 

ia berbuat zina” (Mrk 10:11-12). Gereja benar-benar menunjukkan keprihatinan 

yang dalam terhadap orang-orang itu, dan menganjurkan mereka hidup dalam 

iman, doa, beramal, dan memberikan pendidikan Kristiani bagi anak-anak mereka. 

Tetapi, mereka tidak dapat menerima absolusi Sakramental, menerima Komuni 

Kudus, atau mengemban tanggung jawab gerejawi tertentu selama situasi mereka 

tidak berubah karena secara objektif bertentangan dengan perintah Allah.

350. Mengapa keluarga Kristen ini  Gereja domestik?

Keluarga Kristen ini  Gereja domestik karena keluarga menampilkan dan 

menghayati kodrat keluarga dan komunal Gereja sebagai keluarga Allah. Setiap 

anggota keluarga, sesuai dengan peranannya masing-masing, melaksanakan imamat 

baptisan dan memberikan sumbangan untuk menjadikan sebuah keluarga itu suatu 

komunitas rahmat dan doa, sebuah sekolah keutamaan manusiawi dan Kristiani 

dan merupakan tempat iman pertama kali diwartakan kepada anak-anak.

1629

1649

1650-1651

1665

1655-1658

1666

Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja

118 

BAB EMPAT

UPACAra-UPACAra lITURGI lAINNYA

SAKRAMENTALI

351.  Apa itu Sakramentali?

Sakamentali adalah tanda-tanda suci yang ditetapkan oleh Gereja untuk 

menguduskan macam-macam situasi kehidupan. Di sini, termasuk doa yang diiringi 

dengan tanda salib dan tanda-tanda lainnya. Di antara Sakramentali yang penting 

untuk memperoleh karunia-Nya, pemberkatan seseorang dan barang-barang bagi 

ibadah kepada Allah.

352.  Apa itu pengusiran setan?

wa seseorang atau objek tertentu dilindungi terhadap kuasa si Jahat dan mem-

bebaskannya dari cengkeraman si Jahat, maka hal itu ini  dengan pengusiran 

Pembaptisan. Exorcisme Meriah dapat dilaksanakan hanya oleh seorang Imam yang 

diberi wewenang oleh Uskup.

353. Bentuk-bentuk kesalehan populer apa yang mengiringi hidup Sa-

kramental Gereja?

tuk kesalehan yang mengiringi hidup Sakramental Gereja, misalnya penghormatan 

terhadap relikwi, kunjungan terhadap tampat-tempat suci, ziarah, prosesi, jalan 

salib, dan rosario. Gereja dengan terang iman mendukung bentuk-bentuk auten tik 

kesalehan populer ini.

1667-1672

1677-1678

1673

1674-1676

1679

ialah: pemberkatan-pemberkatan yang merupakan pujian kepada Allah dan doa 

setan (exorcisme). Dalam bentuk biasa, hal ini dilaksanakan dalam ritus Sakramen 

Bilamana Gereja meminta dengan otoritasnya dalam nama Yesus bah-

Cita rasa religius umat Kristen selalu terungkap dalam bermacam-macam ben-

Bagian Dua: Perayaan Misteri Kristen

119

PEMAKAMAN KRISTEN

354. Apa hubungan antara Sakramen-Sakramen dan kematian seorang 

Kristen?

Seorang Kristen yang meninggal dalam Kristus, pada akhir eksistensinya 

di dunia ini, mencapai kepenuhan kehidupan baru yang sudah dimulai dalam 

Sakramen Pembaptisan, diperkuat dalam Sakramen Penguatan, dan diberi makan 

Kristen menjadi jelas dalam terang wafat dan kebangkitan Kristus, satu-satunya 

355. Apa yang diungkapkan oleh ritus pemakaman?

Walaupun dilaksanakan dalam bermacam-macam ritus yang berbeda sesuai 

dengan situasi dan tradisi macam-macam daerah, pemakaman mengungkapkan 

ciri khas pascakematian Kristen dalam pengharapan akan kebangkitan. Pema-

kaman juga menampilkan arti persekutuan dengan orang-orang yang sudah 

meninggal secara khusus melalui doa untuk pemurnian jiwa-jiwa mereka.

356. Apa momen-momen utama dalam pemakaman?

Biasanya, ritus pemakaman terdiri dari empat bagian utama: penyambutan 

jenazah oleh jemaat dengan kata-kata penghiburan dan pengharapan, liturgi 

Sabda, Ekaristi, dan perpisahan yang antara lain berisi penyerahan jiwa orang 

yang meninggal ke dalam tangan Allah, Sumber kehidupan kekal, sementara 

jenazah dimakamkan dengan harapan akan kebangkitan.

1680-1683

1684-1685

1686-1690

dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan” (2Kor 5:8).

harapan kita. Orang Kristen yang meninggal dalam Kristus Yesus pergi ”beralih 

dalam Ekaristi, sebagai antisipasi dari perjamuan surgawi. Makna kematian seorang 

Seksi Dua: Tujuh Sakramen Gereja

120 Kompendium 

Bagian Dua  121

122 Kompendium 

Dalam lukisan ini, Yesus duduk bersama para Rasul di sekitar meja yang berbentuk 

”Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam 

Ekaristi adalah persekutuan dengan Yesus dan makanan rohani untuk menunjang umat 

beriman dalam perjuangan hidupnya untuk menaati perintah-perintah-Nya.

”Juru Selamat ... selalu dan sepenuhnya hadir bagi mereka yang hidup dalam Dia. Dia 

mencukupi setiap kebutuhan mereka. Dia adalah segalanya bagi mereka dan tidak akan 

yang terpisah dari-Nya. Bagi para kudus, betul-betul tak ada sesuatu pun yang lain yang 

mereka butuhkan kecuali hanya Dia; Dia memberi mereka kehidupan dan perkembangan; 

memberi makan. Dialah yang memberikan roti kehidupan dan yang Dia berikan itu Diri-Nya, 

jalan dan juga tempat istirahat, dan tujuan akhir. Kita adalah anggota-anggota-Nya, Dia 

adalah Kepala. Apakah perlu bertempur? Dia bertempur bersama dengan kita, dan Dialah 

yang memaklumkan kemenangan kepada mereka yang layak menerima kehormatan. Apakah 

kita menang? Lihatlah, Dialah mahkota kemenangan. Jadi dari setiap arah, Dia membimbing 

pikiran kita kembali kepada-Nya, dan Dia tidak akan membiarkan kita berpaling kepada hal-

hal lain ataupun ditangkap oleh cinta akan sesuatu yang lain. ... Dari apa yang sudah kita 

katakan seharusnya menjadi jelas bahwa hidup dalam Kristus tidak hanya berkenaan dengan 

masa yang akan datang, tetapi Dia sungguh sudah hadir bagi para Kudus yang hidup dan 

berkarya di dalamnya” (N. Cabasilas, Hidup dalam Kristus, 1, 13-15).

___________

Jacob Copista, Illustration from the Tetraevangelo, Library of the Mechitarist Fathers, Vienna.

murid terhadap undangan Sang Guru.

membiark an mereka memalingkan muka mereka kepada hal-hal lain atau mencari sesuatu 

Yohanes menyandarkan kepalanya ke dada Yesus (bdk. Yoh 13:25). Yohanes menampakkan 

mu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku” (Yoh 15:5.9-10).

Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak. ... Tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau ka- 

persatuan cinta yang dihasilkan Ekaristi dalam diri umat beriman. Ini merupakan jawaban 

Dia memberi mereka makan; Dia merupakan cahaya dan napas mereka; Dia membentuk 

yang akan memakainya. Sekali lagi, Dialah yang membuat kita mampu berjalan dan Dialah 

kehidupan dari segala yang hidup, keharuman bagi yang menghirup, pakaian bagi mereka 

mudian menampakkan Diri-Nya kepada mereka. Dia sekaligus makanan dan Dia yang 

dalam sebuah ruang besar dengan permadani menutup lantai (bdk. Mrk 14:15).

piala. Di meja, terletak roti dan anggur. Ruangan yang digambarkan dengan latar belakang 

melambangkan Gereja, tempat tinggal Kristus Ekaristi. Ada detail yang cukup berarti, Rasul 

”Ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecah-

perjanjian, yang  ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa’.” (Mat 26:26-28).

kannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: ’Ambillah, makanlah, ini- 

Ilustrasi ini menggambarkan Perjamuan Malam Terakhir dengan penetapan Ekaristi 

lah tubuh-Ku’. Sesudah itu, Ia mengambil cawan, mengucap syukur, lalu memberikannya ke- 

pada mereka dan berkata: ’Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah 

arsitektur yang dikerjakan dengan teliti, bangunan dan tabernakel bundar dengan tujuh tiang 

gambaran Diri-Nya dalam diri mereka; Dia menyinari mereka dengan sinar-Nya dan ke- 

Bagian Tiga  123

BAGIAN TIGA

hIDUP DAlAM KRISTUS

124 Kompendium 

Bagian Tiga  125

SEKSI SATU

PANGGIlAN MANUSIA: hIDUP DAlAM Roh

SEZIONE PRIMA

LA VOCAZIONE DELL’UOMO:

LA VITA NELLO SPIRITO

126 Kompendium 

Maria, Panhagia (seluruhnya kudus) merupakan karya agung Roh Kudus (Panhagion). 

Eksistensinya, sejak dikandung tanpa noda sampai dengan kenaikannya yang mulia ke surga, 

ditopang sepenuh-penuhnya oleh cinta Allah. Roh cinta Bapa dan Putra menjadikan Maria 

suatu ciptaan baru, yaitu Hawa yang baru. Hati dan pikirannya diarahkan kepada pujian 

dan ketaatan kepada Bapa surgawi. Dia adalah anak-Nya yang terkasih dan dikhususkan 

untuk menerima dan melayani Putra. Dia adalah ibu dan sekaligus murid-Nya. Jiwanya 

juga diarahkan kepada penyerahan dan kerja sama dengan Roh Kudus, dan bagi-Nya Maria 

adalah tempat suci yang sangat berharga.

Dalam lukisan ini, Maria dikelilingi oleh para malaikat yang sedang memainkan alat-

alat musik dan berpesta, kepalanya bermahkotakan cinta ilahi Roh Kudus, yang disimbolkan 

oleh burung merpati. Maria adalah bunda dan pelindung Gereja (pada kakinya tampak 

samar-samar bangunan suci). Melalui perantaraannya sebagai bunda bersama dengan Yesus, 

Maria mencurahkan rahmat surgawi yang berlimpah-limpah kepada Gereja (disimbolkan 

Di bawah sebelah kiri, Rasul Yohanes yang sedang berkontemplasi tentang Maria yang 

tak bernoda, melambangkan setiap orang dari umat beriman yang melihat dalam diri Maria 

sebagai model sempurna, guru, dan penuntun untuk hidup dalam Roh.

Seorang abas Cistercian yang bernama Kristiano (abad ke-12) merefleksikan bagaimana 

para Rasul berbagi pengalaman spiritual mereka dengan Maria. Sambil membandingkan 

mereka dengan kedua belas bintang yang memahkotai Perawan Terberkati ini, dia menulis:

”Sering mereka berkumpul bersama mengelilingi Perawan yang sangat bijak ini seperti 

para murid mengelilingi guru mereka untuk belajar dengan sungguh-sungguh mengenai 

kebenaran yang telah dia lakukan, kebenaran yang akan mereka wartakan kepada orang lain 

pada saat yang tepat. Karena dia secara ilahi dikhususkan dan diajar, dia tampak menjadi 

sebuah tempat penyimpanan autentik kebijaksanaan surgawi sebab dalam kehidupannya 

sehari-hari dia sangat dekat sebagai teman satu-satunya dengan kebijaksanaan itu sendiri, 

yaitu Putranya, dan belajar mengingat dan menyimpan dalam hati dengan setia segala sesuatu 

yang sudah dia lihat dan dengar (Khotbah I tentang Maria diangkat ke surga)

___________

EL GRECO, Saint John Contemplates the Immaculate Conception, Museum of Santa 

Cruz, Toledo.

dengan bunga mawar yang sedang mekar).

1. Qual e` il disegno di Dio per l’uomo?

1Dio, infinitamente perfetto e beato in se stesso, per un disegno di pura

bonta` ha liberamente creato l’uomo per renderlo partecipe della sua vita

beata. Nella pienezza dei tempi, Dio Padre ha mandato suo Figlio come

redentore e salvatore degli uomini caduti nel peccato, convocandoli nella

sua Chiesa e rendendoli figli adottivi per opera dello Spirito Santo ed eredi

della sua eterna beatitudine.

CAPITOLO PRIMO

L’UOMO E` «CAPACE» DI DIO

2

2. Perche´ nell’uomo c’e` il desiderio di Dio?

34Dio stesso, creando l’uomo a propria immagine, ha iscritto nel suo

cuore il desiderio di vederlo. Anche se tale desiderio e` spesso ignorato,

Dio non cessa di attirare l’uomo a se´, perche´ viva e trovi in lui quella

pienezza di verita` e di felicita`, che cerca senza posa. Per natura e per

vocazione, l’uomo e` pertanto un essere religioso, capace di entrare in co-

munione con Dio. Questo intimo e vitale legame con Dio conferisce all’uo-

mo la sua fondamentale dignita`.

3. Come si puo` conoscere Dio con la sola luce della ragione?

56Partendo dalla creazione, cioe` dal mondo e dalla persona umana,

l’uomo, con la sola ragione, puo` con certezza conoscere Dio come origine

e fine dell’universo e come sommo bene, verita` e bellezza infinita.

4. Basta la sola luce della ragione per conoscere il mistero di Dio?

7L’uomo, nel conoscere Dio con la sola luce della ragione, incontra

molte difficolta`. Inoltre non puo` entrare da solo nell’intimita` del mistero

divino. Per questo, Dio l’ha voluto illuminare con la sua Rivelazione non

1-25

30

27-30

44-45

31-36

46-47

37-38

357. Bagaimana kehidupan moral Kristen berhubungan dengan iman dan 

Sakramen?

Apa yang diakui dalam pengakuan iman disampaikan oleh Sakramen-Sakramen. 

Melalui Sakramen-Sakramen, orang beriman menerima rahmat Kristus dan anugerah-

anugerah Roh Kudus yang membuat mereka mampu mengalami kehidupan baru 

sebagai anak-anak Allah dalam diri Kristus yang mereka terima dalam iman.

”Hai orang-orang Kristen, kenalilah martabatmu” 

(Santo Leo Agung)

BAB SATU

MARTABAT PRIBADI MANUSIA

MANUSIA GAMBARAN ALLAH

358. Apa akar martabat manusia?

Martabat pribadi manusia berakar pada penciptaannya menurut gambar 

dan rupa Allah. Dilengkapi dengan jiwa yang spiritual dan tak dapat mati, intelek 

kebahagiaan kekal dalam jiwa dan badannya.

PANGGILAN KITA UNTUK KEBAHAGIAAN

359. Bagaimana kita mencapai kebahagiaan?

Kita mencapai kebahagiaan melalui jasa rahmat Kristus yang membuat kita 

ambil bagian dalam kehidupan ilahi. Dalam Injil, Kristus menunjukkan kepada para 

pengikut-Nya, jalan menuju kepada kebahagiaan abadi: Sabda Bahagia. Rahmat 

1699-1715

1691-1698

dan kehendak bebas, pribadi manusia terarah kepada Allah dan dipanggil untuk 

1716

128 

Kristus juga bekerja dalam diri setiap orang yang mengikuti suara hatinya yang benar, 

mencari dan mencintai kebenaran dan kebaikan serta menghindari yang jahat.

360. Mengapa Sabda Bahagia itu penting bagi kita?

Sabda bahagia merupakan inti pewartaan Yesus. Sabda itu melaksanakan dan 

memenuhi janji yang dibuat Allah sejak Abraham. Sabda itu melukiskan wajah 

Yesus dan menjadi ciri hidup Kristen yang autentik, serta menunjukkan tujuan 

akhir hidup manusia, yaitu kebahagiaan abadi.

361. Apa hubungan antara Sabda Bahagia dan kerinduan kita akan keba-

hagiaan?

Sabda Bahagia menjawab kerinduan asali akan kebahagiaan yang diletakkan 

Allah ke dalam hati manusia untuk menarik kita kepada-Nya. Hanya Allah yang 

dapat memuaskan kerinduan ini.

362. Apa kebahagiaan abadi itu?

Ialah memandang Allah dalam kehidupan kekal saat kita sepenuhnya 

”mengambil bagian dalam kodrat ilahi” (2Ptr 1:4), dalam kemuliaan Kristus 

dan kegembiraan hidup Tritunggal. Kebahagiaan ini melampaui kemampuan 

manusia, merupakan anugerah adikodrati dan cuma-cuma dari Allah seperti 

menantang kita untuk membuat pilihan moral yang tegas berkenaan dengan hal-

hal duniawi, dan mendorong kita untuk mencintai Allah di atas segala-galanya.

KEBEBASAN MANUSIA

363. Apakah kebebasan itu?

Kebebasan adalah kemampuan yang diberikan Allah untuk bertindak atau 

tidak bertindak, untuk melakukan ini atau itu, dan dengan demikian melaksanakan 

tindakan yang sudah dipertimbangkan dan atas tanggung jawab sendiri. Kebebasan 

merupakan ciri tindakan manusia. Semakin seseorang itu melakukan yang baik, 

semakin bebaslah dia. Kebebasan mencapai kesempurnaannya jika diarahkan kepada 

1716-1717

1725-1726

1718-1719

1739-1742

1748

17491754

1757-1758

untuk memilih antara yang baik dan yang jahat. Pilihan akan yang jahat merupakan 

penyalahgunaan kebebasan dan akan berujung pada perbudakan dosa.

364. Apa hubungan antara kebebasan dan tanggung jawab?

Kebebasan membuat orang bertanggung jawab terhadap tindakannya 

sejauh tindakan itu dikehendaki, bahkan walaupun kesalahan  dan tanggung 

jawab dari suatu tindakan dapat berkurang atau kadang-kadang malah ditiadakan 

karena ketidaktahuan, kelalaian, paksaan dengan kekerasan, ketakutan, kelekatan 

yang tidak teratur, atau kebiasaan.

365. Mengapa setiap orang mempunyai hak untuk melaksanakan kebe-

basannya?

Melaksanakan kebebasan adalah hak setiap orang karena kebebasan itu tidak 

terpisahkan dari martabatnya sebagai pribadi manusia. Karena itu, hak ini harus 

selalu dihormati, khususnya yang menyangkut hal-hal moral dan religius, dan 

kebebasan ini harus diakui dan dilindungi oleh otoritas sipil dalam batas-batas 

kebaikan umum dan tatanan publik yang adil.

366. Di mana tempat kebebasan manusia dalam rencana keselamatan?

Kebebasan kita menjadi lemah karena dosa asal. Kelemahan ini menjadi 

lebih berat lagi karena dosa-dosa yang dilakukan sesudahnya. Tetapi, Kristus 

membebaskan kita ”sehingga kita harus tetap tinggal bebas” (Gal 5:1). Berkat 

rahmat-Nya, Roh Kudus membimbing kita ke arah kebebasan spiritual untuk 

menjadikan kita teman sekerja dengan-Nya dalam Gereja dan dunia.

367. Apa sumber-sumber moralitas tindakan manusia?

Moralitas tindakan manusia tergantung dari tiga sumber: objek yang dipilih, 

apakah berupa kebaikan sejati atau semu, intensi dari subjek yang melakukan 

tindakan, yaitu tujuan yang dimaksud oleh subjek dalam melaksanakan tin-

dakannya, dan konteks yang berkenaan dengan tindakan itu, termasuk juga kon-

sekuensinya.

368. Kapan suatu tindakan itu baik secara moral?

Suatu tindakan itu baik secara moral jika mencakup sekaligus kebaikan dari 

objek, tujuan, dan konteksnya. Objek yang dipilih dapat menyebabkan tindakan 

1738

1747

1720-1724

1727-1729

1743-1744

1734-1737

1745-1746

1730-1733

halnya rahmat yang menuntun ke arahnya. Kebahagiaan yang dijanjikan ini 

Allah, Kebaikan tertinggi dan Kebahagiaan kita. Kebebasan juga berarti kemungkin- 

Bagian Tiga: Hidup dalam Kristus

129

Kristus juga bekerja dalam diri setiap orang yang mengikuti suara hatinya yang benar, 

mencari dan mencintai kebenaran dan kebaikan serta menghindari yang jahat.

360. Mengapa Sabda Bahagia itu penting bagi kita?

Sabda bahagia merupakan inti pewartaan Yesus. Sabda itu melaksanakan dan 

memenuhi janji yang dibuat Allah sejak Abraham. Sabda itu melukiskan wajah 

Yesus dan menjadi ciri hidup Kristen yang autentik, serta menunjukkan tujuan 

akhir hidup manusia, yaitu kebahagiaan abadi.

361. Apa hubungan antara Sabda Bahagia dan kerinduan kita akan keba-

hagiaan?

Sabda Bahagia menjawab kerinduan asali akan kebahagiaan yang diletakkan 

Allah ke dalam hati manusia untuk menarik kita kepada-Nya. Hanya Allah yang 

dapat memuaskan kerinduan ini.

362. Apa kebahagiaan abadi itu?

Ialah memandang Allah dalam kehidupan kekal saat kita sepenuhnya 

”mengambil bagian dalam kodrat ilahi” (2Ptr 1:4), dalam kemuliaan Kristus 

dan kegembiraan hidup Tritunggal. Kebahagiaan ini melampaui kemampuan 

manusia, merupakan anugerah adikodrati dan cuma-cuma dari Allah seperti 

halnya rahmat yang menuntun ke arahnya. Kebahagiaan yang dijanjikan ini 

menantang kita untuk membuat pilihan moral yang tegas berkenaan dengan hal-

hal duniawi, dan mendorong kita untuk mencintai Allah di atas segala-galanya.

KEBEBASAN MANUSIA

363. Apakah kebebasan itu?

Kebebasan adalah kemampuan yang diberikan Allah untuk bertindak atau 

tidak bertindak, untuk melakukan ini atau itu, dan dengan demikian melaksanakan 

tindakan yang sudah dipertimbangkan dan atas tanggung jawab sendiri. Kebebasan 

merupakan ciri tindakan manusia. Semakin seseorang itu melakukan yang baik, 

semakin bebaslah dia. Kebebasan mencapai kesempurnaannya jika diarahkan kepada 

Allah, kebaikan tertinggi dan kebahagiaan kita. Kebebasan juga berarti kemungkinan 

1716-1717

1725-1726

1718-1719

1739-1742

1748

1757-1758

364. Apa hubungan antara kebebasan dan tanggung jawab?

Kebebasan membuat orang bertanggung jawab terhadap tindakannya 

jawab dari suatu tindakan dapat berkurang atau kadang-kadang malah ditiadakan 

karena ketidaktahuan, kelalaian, paksaan dengan kekerasan, ketakutan, kelekatan 

yang tidak teratur, atau kebiasaan.

365. Mengapa setiap orang mempunyai hak untuk melaksanakan kebe-

basannya?

Melaksanakan kebebasan adalah hak setiap orang karena kebebasan itu tidak 

terpisahkan dari martabatnya sebagai pribadi manusia. Karena itu, hak ini harus 

selalu dihormati, khususnya yang menyangkut hal-hal moral dan religius, dan 

kebebasan ini harus diakui dan dilindungi oleh otoritas sipil dalam batas-batas 

kebaikan umum dan tatanan publik yang adil.

366. Di mana tempat kebebasan manusia dalam rencana keselamatan?

Kebebasan kita menjadi lemah karena dosa asal. Kelemahan ini menjadi 

lebih berat lagi karena dosa-dosa yang dilakukan sesudahnya. Tetapi, Kristus 

367. Apa sumber-sumber moralitas tindakan manusia?

Moralitas tindakan manusia tergantung dari tiga sumber: objek yang dipilih, 

apakah berupa kebaikan sejati atau semu, intensi dari subjek yang melakukan 

tindakan, yaitu tujuan yang dimaksud oleh subjek dalam melaksanakan tin-

dakannya, dan konteks yang berkenaan dengan tindakan itu, termasuk juga kon-

sekuensinya.

368. Kapan suatu tindakan itu baik secara moral?

Suatu tindakan itu baik secara moral jika mencakup sekaligus kebaikan dari 

objek, tujuan, dan konteksnya. Objek yang dipilih dapat menyebabkan tindakan 

1738

1747

1720-1724

1727-1729

17301733

1743-1744

1734-1737

1745-1746

1755-1756

1759-1760

an untuk memilih antara yang baik dan yang jahat. Pilihan akan yang jahat merupa- 

sejauh tindakan itu dikehendaki, bahkan walaupun kesalahan  dan tanggung 

kan penyalahgunaan kebebasan dan akan berujung pada perbudakan dosa.

menjadikan kita teman sekerja dengan-Nya dalam Gereja dan dunia.

rahmat-Nya, Roh Kudus membimbing kita ke arah kebebasan spiritual untuk 

1749-1754

Seksi Satu: Panggilan Manusia – Hidup dalam Roh

membebaskan kita ”supaya kita sungguh-sungguh merdeka” (Gal 5:1). Berkat 

130 

itu buruk seluruhnya (secara moral), bahkan walaupun intensinya baik. Tidaklah 

bisa dibenarkan melakukan suatu kejahatan agar kebaikan dapat muncul darinya. 

Tujuan yang jahat merusak tindakan, bahkan walaupun objeknya itu baik pada 

dirinya sendiri. Di lain pihak, tujuan yang baik tidak membuat suatu tindakan 

itu baik jika objek tindakan itu buruk karena tujuan tidak menghalalkan sarana. 

Keadaan konteks dapat menambah atau mengurangi tanggung jawab seseorang 

yang melakukan tindakan, tetapi tidak dapat mengubah kualitas moral tindakan 

itu sendiri. Konteks tidak pernah dapat membuat suatu tindakan yang buruk pada 

dirinya sendiri menjadi baik.

369. Apakah ada tindakan yang selalu tidak halal?

Ada tindakan-tindakan tertentu yang selalu tidak halal pada dirinya sendiri 

karena objeknya (misalnya, menghujat Allah, pembunuhan manusia, perzinaan). 

Memilih tindakan-tindakan tersebut menyebabkan kekacauan kehendak. Suatu 

keburukan moral tidak pernah dapat dibenarkan dengan menunjuk kepada akibat 

MORALITAS NAFSU

370.  Apa itu nafsu?

Nafsu ialah perasaan, emosi, atau gerakan dari selera yang dirasakan – komponen 

alamiah dari psikologi manusia – yang mendorong manusia untuk bertindak atau 

tidak bertindak menurut apa yang dipandangnya baik atau buruk. Nafsu-nafsu yang 

penting ialah cinta dan benci, keinginan dan ketakutan, kegembiraan, kesedihan, dan 

kemarahan. Nafsu yang utama ialah cinta yang didorong oleh kebaikan. Seseorang 

hanya dapat mencintai apa yang baik, entah nyata entah palsu.

371. Secara moral, nafsu itu baik atau buruk?

Nafsu, sejauh merupakan gerakan selera yang bisa dirasakan, tidak baik dan 

juga tidak buruk pada dirinya sendiri. Nafsu bisa menjadi baik jika ikut andil 

dalam melaksanakan suatu tindakan yang baik, dan bisa menjadi buruk dalam 

hal sebaliknya. Nafsu bisa diangkat menjadi keutamaan atau dibelokkan oleh 

kebiasaan buruk.

1783-1788

1799-1800

1789

SUARA HATI MORAL

372. Apakah suara hati moral itu?

Suara hati moral yang terdapat dalam hati setiap orang, merupakan suatu 

pertimbangan akal budi yang muncul pada saat tertentu dan mengarahkannya 

untuk melakukan yang baik dan menghindari yang jahat. Berkat suara hati moral 

ini, pribadi manusia memahami kualitas moral suatu tindakan untuk dilaksanakan 

atau sudah dilakukan, membuat dia bisa mengambil tanggung jawab terhadap 

tindakannya. Jika betul-betul memperhatikan suara hati moral ini, orang bijak 

dapat mendengar suara Allah yang berbicara kepadanya.

373. Apa peranan martabat manusia berhadapan dengan suara hati moral 

ini?

Martabat pribadi manusia menuntut suara hati moral ini lurus dan benar 

(yang berarti sesuai dengan apa yang adil dan baik menurut hukum Allah). Karena 

menyangkut martabat manusia, tak seorang pun dapat dipaksa untuk melakukan 

tindakan yang berlawanan dengan suara hatinya, atau dihalangi untuk bertindak 

sesuai dengan suara hatinya, khususnya dalam hal-hal religius dan dalam batas-

batas kebaikan umum.

374. Bagaimana membentuk suara hati agar menjadi lurus dan benar?

Suara hati yang lurus dan benar dibentuk melalui pendidikan, penghayatan 

Sabda Allah dan pengajaran Gereja, didukung oleh anugerah Roh Kudus dan 

dibantu oleh orang-orang bijak. Doa dan penelitian batin juga dapat sangat 

membantu pembentukan suara hati moral ini.

375. Norma-norma apa yang selalu harus diikuti oleh suara hati?

Ada tiga norma umum: 1) seseorang tidak pernah boleh melakukan se-

suatu yang jahat untuk mendapatkan hasil yang baik darinya, 2) Perintah Emas 

mengatakan: ”Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat 

kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka” (Mat 7:12), 3) kasih selalu 

mulai dengan menghormati sesama dan suara hatinya walaupun ini bukan berarti 

menganggap baik apa yang secara objektif jahat.

1762-1766

1771-1772

1767-1770

1773-1775

1656, 1761

baik yang mungkin dapat muncul darinya.

Bagian Tiga: Hidup dalam Kristus

131

itu buruk seluruhnya (secara moral), bahkan walaupun intensinya baik. Tidaklah 

bisa dibenarkan melakukan suatu kejahatan agar kebaikan dapat muncul darinya. 

Tujuan yang jahat merusak tindakan, bahkan walaupun objeknya itu baik pada 

dirinya sendiri. Di lain pihak, tujuan yang baik tidak membuat suatu tindakan 

itu baik jika objek tindakan itu buruk karena tujuan tidak menghalalkan sarana. 

Keadaan konteks dapat menambah atau mengurangi tanggung jawab seseorang 

yang melakukan tindakan, tetapi tidak dapat mengubah kualitas moral tindakan 

itu sendiri. Konteks tidak pernah dapat membuat suatu tindakan yang buruk pada 

dirinya sendiri menjadi baik.

369. Apakah ada tindakan yang selalu tidak halal?

Ada tindakan-tindakan tertentu yang selalu tidak halal pada dirinya sendiri 

karena objeknya (misalnya, menghujat Allah, pembunuhan manusia, perzinaan). 

Memilih tindakan-tindakan tersebut menyebabkan kekacauan kehendak. Suatu 

keburukan moral tidak pernah dapat dibenarkan dengan menunjuk kepada akibat 

baik yang mungkin dapat muncul dari padanya.

MORALITAS NAFSU

370.  Apa itu nafsu?

Nafsu ialah perasaan, emosi, atau gerakan dari selera yang dirasakan – komponen 

alamiah dari psikologi manusia – yang mendorong manusia untuk bertindak atau 

tidak bertindak menurut apa yang dipandangnya baik atau buruk. Nafsu-nafsu yang 

penting ialah cinta dan benci, keinginan dan ketakutan, kegembiraan, kesedihan, dan 

kemarahan. Nafsu yang utama ialah cinta yang didorong oleh kebaikan. Seseorang 

hanya dapat mencintai apa yang baik, entah nyata entah palsu.

371. Secara moral, nafsu itu baik atau buruk?

Nafsu, sejauh merupakan gerakan selera yang bisa dirasakan, tidak baik dan 

juga tidak buruk pada dirinya sendiri. Nafsu bisa menjadi baik jika ikut andil 

dalam melaksanakan suatu tindakan yang baik, dan bisa menjadi buruk dalam 

hal sebaliknya. Nafsu bisa diangkat menjadi keutamaan atau dibelokkan oleh 

kebiasaan buruk.

1783-1788

1799-1800

1789

SUARA HATI MORAL

372. Apakah suara hati moral itu?

pertimbangan akal budi yang muncul pada saat tertentu dan mengarahkannya 

untuk melakukan yang baik dan menghindari yang jahat. Berkat suara hati moral 

ini, pribadi manusia memahami kualitas moral suatu tindakan untuk dilaksanakan 

atau sudah dilakukan, membuat dia bisa mengambil tanggung jawab terhadap 

tindakannya. Jika betul-betul memperhatikan suara hati moral ini, orang bijak 

dapat mendengar suara Allah yang berbicara kepadanya.

ini?

Martabat pribadi manusia menuntut suara hati moral ini lurus dan benar 

(yang berarti sesuai dengan apa yang adil dan baik menurut hukum Allah). Karena 

menyangkut martabat manusia, tak seorang pun dapat dipaksa untuk melakukan 

tindakan yang berlawanan dengan suara hatinya, atau dihalangi untuk bertindak 

sesuai dengan suara hatinya, khususnya dalam hal-hal religius dan dalam batas-

batas kebaikan umum.

374. Bagaimana membentuk suara hati agar menjadi lurus dan benar?

Suara hati yang lurus dan benar dibentuk melalui pendidikan, penghayatan 

Sabda Allah dan pengajaran Gereja, didukung oleh anugerah Roh Kudus dan 

dibantu oleh orang-orang bijak. Doa dan penelitian batin juga dapat sangat 

membantu pembentukan suara hati moral ini.

375. Norma-norma apa yang selalu harus diikuti oleh suara hati?

Ada tiga norma umum: 1) seseorang tidak pernah boleh melakukan se-

mengatakan: ”Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat 

kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka” (Mat 7:12), 3) kasih selalu 

mulai dengan menghormati sesama dan suara hatinya walaupun ini bukan berarti 

menganggap baik apa yang secara objektif jahat.

1762-1766

1771-1772

1767-1770

1773-1775

1776-1780

1795-1797

1780-1782

1798

suatu yang jahat untuk mendapatkan hasil yang baik darinya, 2) Hukum Emas 

Seksi Satu: Panggilan Manusia – Hidup dalam Roh

Suara hati moral yang terdapat dalam hati setiap orang merupakan suatu 

373. Apa peranan martabat manusia berhadapan dengan suara hati moral 

132 

376. Apakah suara hati moral dapat membuat penilaian yang salah?

Seseorang harus selalu menaati penilaian yang keluar dari suara hatinya, tetapi 

ada kemungkinan dia membuat penilaian yang salah karena alasan-alasan yang 

mungkin berasal dari kesalahan orangnya. Tetapi, kesalahan dari suatu tindakan 

buruk yang dilakukan karena ketidaktahuan yang tak disengaja tidak dapat 

ditimpakan kepadanya. Namun demikian, tindakan tersebut tetaplah buruk secara 

objektif. Karena itu, seseorang harus berusaha untuk memperbaiki kesalahan suara 

hati moralnya.

KEUTAMAAN

377.  Apa itu keutamaan?

Suatu keutamaan adalah disposisi yang tegas dan menjadi kebiasaan untuk 

melakukan kebaikan. ”Tujuan kehidupan yang utama ialah untuk menjadi serupa 

dengan Allah” (Santo Gregorius dari Nyssa). Ada keutamaan manusiawi dan ada 

pula keutamaan teologal.

Keutamaan manusiawi adalah kesempurnaan intelek dan kehendak, yang 

stabil dan menjadi kebiasaan, yang mengendalikan tindakan, mengatur nafsu, dan 

dan diperkuat lewat kebiasaan melakukan tindakan yang baik secara moral, 

dimurnikan, dan diangkat oleh rahmat ilahi.

Keutamaan-keutamaan manusiawi yang penting ini  keutamaan pokok, 

semua yang lain dikelompokkan di bawahnya dan merupakan sendi kehidupan 

utama. Keutamaan-keutamaan pokok itu adalah kebijaksanaan, keadilan, kebe-

ranian, dan penguasaan diri.

Kebijaksanaan menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan ke-

baikan kita yang sejati dalam setiap situasi dan memilih sarana yang tepat 

untuk mencapainya. Kebijaksanaan menuntun keutamaan yang lainnya dengan 

menunjukkan ukuran dan kualitasnya.

1790-1794

1801-1802

381. Apa itu keadilan?

Keadilan tampak dalam kehendak yang teguh dan terus-menerus untuk 

memberikan kepada orang lain yang menjadi haknya. Keadilan terhadap Allah 

ini  ”keutamaan religius”.

382. Apa itu keberanian?

Keberanian tampak dalam kekuatan di tengah-tengah kesulitan dan terus-

menerus mengikuti kebaikan. Keberanian bahkan dapat sampai pada kemampuan 

untuk mengorbankan hidup demi alasan yang bisa dibenarkan.

383. Apa itu penguasaan diri?

Penguasaan diri bisa membatasi kecenderungan daya tarik untuk kesenangan, 

mampu mengendalikan kehendak terhadap naluri, dan memberi keseimbangan 

dalam penggunaan barang-barang ciptaan.

384. Apa itu keutamaan teologal?

Objek langsung, alasan, dan asal mula keutamaan teologal ialah Allah. Di-

penuhi dengan rahmat pengudusan, keutamaan teologal memberikan kepada 

seseorang kemampuan untuk hidup dalam hubungan dengan Tritunggal. Ke-

utamaan-keutamaan teologal merupakan dasar dan kekuatan bagi tindakan moral 

seorang Kristen dan memberi hidup pada keutamaan manusiawi. Keutamaan 

teologal merupakan jaminan kehadiran dan karya Roh Kudus dalam kemampuan-

kemampuan manusiawi.

385. Apa saja itu keutamaan teologal?

Keutamaan teologal adalah iman, harapan, dan cinta kasih.

386. Apa itu keutamaan iman?

Iman adalah keutamaan teologal yang olehnya kita percaya kepada Allah dan 

semua yang sudah diwahyukan kepada kita dan disampaikan oleh Gereja karena 

Allah adalah Kebenaran. Melalui iman, manusia dengan bebas menyerahkan 

dirinya kepada Allah. Karena itu, orang yang percaya berusaha mencari dan 

melaksanakan kehendak Allah karena ”iman bekerja melalui cinta kasih” (Gal 

5:6).

1805

1834

1806

1835

1803-1833

1804

1810-1811

1834, 1839

Bagian Tiga: Hidup dalam Kristus

380.  Apa itu kebijaksanaan?

menuntun perbuatan kita menurut akal budi dan iman. Keutamaan ini diperoleh 

379. Apa saja keutamaan-keutamaan manusiawi yang penting?

378. Apakah keutamaan manusiawi itu? 

133

381. Apa itu keadilan?

Keadilan tampak dalam kehendak yang teguh dan terus-menerus untuk 

memberikan kepada orang lain yang menjadi haknya. Keadilan terhadap Allah 

ini  ”keutamaan religius”.

382. Apa itu keberanian?

Keberanian tampak dalam kekuatan di tengah-tengah kesulitan dan terus-

menerus mengikuti kebaikan. Keberanian bahkan dapat sampai pada kemampuan 

untuk mengorbankan hidup demi alasan yang bisa dibenarkan.

383. Apa itu penguasaan diri?

Penguasaan diri bisa membatasi kecenderungan daya tarik untuk kesenangan, 

mampu mengendalikan kehendak terhadap naluri, dan memberi keseimbangan 

dalam penggunaan barang-barang ciptaan.

384. Apa itu keutamaan teologal?

Objek langsung, alasan, dan asal mula keutamaan teologal ialah Allah. Di-

penuhi dengan rahmat pengudusan, keutamaan teologal memberikan kepada 

seseorang kemampuan untuk hidup dalam hubungan dengan Tritunggal. Ke-

utamaan-keutamaan teologal merupakan dasar dan kekuatan bagi tindakan moral 

seorang Kristen dan memberi hidup pada keutamaan manusiawi. Keutamaan 

teologal merupakan jaminan kehadiran dan karya Roh Kudus dalam kemampuan-

kemampuan manusiawi.

385. Apa saja itu keutamaan teologal?

Keutamaan teologal adalah iman, harapan, dan cinta kasih.

386. Apa itu keutamaan iman?

semua yang sudah diwahyukan kepada kita dan disampaikan oleh Gereja karena 

Allah adalah Kebenaran. Melalui iman, manusia dengan bebas menyerahkan 

dirinya kepada Allah. Karena itu, orang yang percaya berusaha mencari dan 

1805

1834

1806

1835

1807

1836

1808

1837

1809

1838

1812-1813

1840-1841

1813

1814-1816

1842

melaksanakan kehendak Allah karena ”iman bekerja melalui kasih” (Gal 5:6).

Iman adalah keutamaan teologal yang olehnya kita percaya kepada Allah dan 

Seksi Satu: Panggilan Manusia – Hidup dalam Roh

134 

387. Apa itu harapan?

Harapan adalah keutamaan teologal, dengannya kita merindukan dan 

menantikan kehidupan abadi yang berasal dari Allah sebagai kebahagiaan kita, 

Roh Kudus agar pantas menerimanya dan tetap bertahan sampai akhir hidup kita.

388. Apa itu cinta kasih?

cinta kasih sebagai perintah yang baru, pemenuhan hukum. ”Cinta kasih adalah 

pengikat kesempurnaan” (Kol 3:14) dan dasar dari keutamaan yang lainnya. Dari 

cinta kasih ini, semua keutamaan yang lain memperoleh hidup, inspirasi, dan 

389. Apa itu karunia-karunia Roh Kudus?

sebagai buah-buah pertama kemuliaan abadi. Tradisi Gereja membuat daftar 

dan kemurnian (Gal 5:22-23, Vulgata).

DOSA

391. Apa yang dituntut dari kita untuk menerima kerahiman Allah?

Yang dituntut adalah agar kita mengakui kesalahan-kesalahan kita dan 

menyesal atas dosa-dosa kita. Allah dengan Sabda-Nya dan Roh-Nya telah 

menyingkap dosa-dosa kita dan memberikan kebenaran suara hati dan harapan 

akan pengampunan.

1817-1821

1843

1852-1853

1873

1854

1862-1864

1875

392. Apa itu dosa?

Dosa adalah ”perkataan, tindakan, atau keinginan yang bertentangan 

dengan Hukum Abadi” (Santo Agustinus). Dosa adalah penghinaan terhadap 

Allah dalam ketidaktaatan kepada cinta-Nya. Dosa melukai kodrat dan solidaritas 

manusia. Kristus dalam penderitaan-Nya menyingkap sepenuhnya keseriusan 

dosa dan mengatasinya dengan kerahiman-Nya.

393. Apakah ada bermacam-macam dosa?

Ada banyak macam dosa. Dosa bisa digolongkan menurut objek atau ke-

utamaan atau perintah yang dilanggar. Dosa dapat secara langsung berkenaan 

dengan Allah, sesama, atau diri kita sendiri, dapat pula dibagi menjadi dosa pikiran, 

perkataan, perbuatan, atau kelalaian.

394. Bagaimana dosa dibedakan menurut beratnya?

Perbedaannya ialah dosa maut dan dosa ringan.

395. Bilamana orang melakukan dosa maut?

Seseorang melakukan dosa maut bilamana secara serentak terdapat unsur-

unsur: hal berat, pengetahuan penuh, dan persetujuan bebas. Dosa ini merusak 

cinta kasih dalam diri kita, kita kehilangan rahmat pengudusan, dan jika tidak 

menyesal akan membawa kita kepada kematian abadi neraka. Dosa ini dapat 

diampuni dengan cara biasa melalui Sakramen Pembaptisan dan Tobat atau 

Rekonsiliasi.

396. Kapan seseorang melakukan dosa ringan? 

Seseorang melakukan dosa ringan yang berbeda secara esensial dengan dosa 

maut jika berkenaan dengan hal yang kurang serius, atau jika menyangkut hal besar, 

di dalamnya tidak terdapat pengetahuan yang penuh dan persetujuan yang lengkap. 

Dosa ringan tidak merusak perjanjian dengan Allah, tetapi melemahkan cinta 

kasih dan memunculkan afeksi yang tidak teratur terhadap barang-barang ciptaan. 

Dosa ini menghalangi kemajuan jiwa dalam melaksanakan keutamaan dan dalam 

mempraktekkan kebaikan moral. Dosa ini patut mendapatkan ganjaran hukuman 

sementara yang memurnikan.

1849-1851

1871-1872

1822-1829

1844

1832

1870

Cinta kasih adalah keutamaan teologal, dengannya kita mengasihi Allah di 

atas segala sesuatu dan mengasihi sesama seperti diri kita sendiri. Yesus menyebut 

mempercayakan diri kita kepada janji Kristus, dan bersandar pada bantuan rahmat 

1830-1831

1845

kemurahan hati, kelemahlembutan, kesetiaan, kesederhanaan, penguasaan diri, 

390. Apa itu buah-buah Roh Kudus?

dah mengikuti ilham Roh Kudus. Karunia-karunia itu ada tujuh: hikmat, pengertian, 

Buah-buah Roh Kudus adalah kesempurnaan yang dibentuk dalam diri kita 

Karunia-karunia Roh Kudus adalah disposisi tetap yang membuat kita mu- 

nasihat, keperkasaan, pengenalan akan Allah, kesalehan, dan Roh takut akan Allah.

dua belas: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, k ebaikan hati, kebajikan, 

1846-1848

Bagian Tiga: Hidup dalam Kristus

yang gemerincing” dan ”aku sama sekali tidak berguna” (1Kor 13:1-3).

keteraturan. Tanpa cinta kasih, ”sama dengan gong yang berkumandang dan canang  

135

387. Apa itu harapan?

Harapan adalah keutamaan teologal, dengannya kita merindukan dan 

menantikan kehidupan abadi yang berasal dari Allah sebagai kebahagiaan kita, 

mempercayakan diri kita kepada janji Kristus, dan bersandar pada bantuan rahmat 

Roh Kudus agar pantas menerimanya dan tetap bertahan sampai akhir hidup kita.

388. Apa itu cinta kasih?

Cinta kasih adalah keutamaan teologal, dengannya kita mengasihi Allah di 

atas segala sesuatu dan mengasihi sesama seperti diri kita sendiri. Yesus menyebut 

cinta kasih sebagai perintah yang baru, pemenuhan hukum. ”Cinta kasih adalah 

pengikat kesempurnaan” (Kol 3:14) dan dasar dari keutamaan yang lainnya. Dari 

cinta kasih ini, semua keutamaan yang lain memperoleh hidup, inspirasi, dan 

keteraturan. Tanpa cinta kasih, ”aku bukan apa-apa” dan ”aku tidak mendapatkan 

apa-apa” (1Kor 13:1-3).

389. Apa itu karunia-karunia Roh Kudus?

Karunia-karunia Roh Kudus adalah disposisi tetap yang membuat kita 

mudah mengikuti ilham Roh Kudus. Karunia-karunia itu ada tujuh: kebijaksanaan, 

pemahaman, nasihat, keteguhan hati, pengetahuan, kesucian, dan takut akan Allah.

390. Apa itu buah-buah Roh Kudus?

Buah-buah Roh Kudus adalah kesempurnaan yang dibentuk dalam diri kita 

sebagai buah-buah pertama kemuliaan abadi. Tradisi Gereja membuat daftar 

dua belas: cinta kasih, kegembiraan, damai, kesabaran, keramahan, kebaikan, 

kemurahan hati, kelemahlembutan, kesetiaan, kesederhanaan, penguasaan diri, 

dan kemurnian (Gal 5:22-23, Vulgata).

DOSA

391. Apa yang dituntut dari kita untuk menerima kerahiman Allah?

Yang dituntut adalah agar kita mengakui kesalahan-kesalahan kita dan 

menyesal atas dosa-dosa kita. Allah dengan Sabda-Nya dan Roh-Nya telah 

menyingkap dosa-dosa kita dan memberikan kebenaran suara hati dan harapan 

akan pengampunan.

1817-1821

1843

1852-1853

1873

1854

1862-1864

1875

392. Apa itu dosa?

Dosa adalah ”perkataan, tindakan, atau keinginan yang bertentangan 

dengan Hukum Abadi” (Santo Agustinus). Dosa adalah penghinaan terhadap 

Allah dalam ketidaktaatan kepada cinta-Nya. Dosa melukai kodrat dan solidaritas 

manusia. Kristus dalam penderitaan-Nya menyingkap sepenuhnya keseriusan 

dosa dan mengatasinya dengan kerahiman-Nya.

393. Apakah ada bermacam-macam dosa?

Ada banyak macam dosa. Dosa bisa digolongkan menurut objek atau ke-

utamaan atau perintah yang dilanggar. Dosa dapat secara langsung berkenaan 

dengan Allah, sesama, atau diri kita sendiri, dapat pula dibagi menjadi dosa pikiran, 

perkataan, perbuatan, atau kelalaian.

unsur: hal berat, pengetahuan penuh, dan persetujuan bebas. Dosa ini merusak 

cinta kasih dalam diri kita, kita kehilangan rahmat pengudusan, dan jika tidak 

menyesal akan membawa kita kepada kematian abadi neraka. Dosa ini dapat 

diampuni dengan cara biasa melalui Sakramen Pembaptisan dan Tobat atau 

Rekonsiliasi.

396. Kapan seseorang melakukan dosa ringan? 

Seseorang melakukan dosa ringan yang berbeda secara esensial dengan dosa 

di dalamnya tidak terdapat pengetahuan yang penuh dan persetujuan yang lengkap. 

Dosa ringan tidak merusak perjanjian dengan Allah, tetapi melemahkan cinta 

kasih dan memunculkan afeksi yang tidak teratur terhadap barang-barang ciptaan. 

Dosa ini menghalangi kemajuan jiwa dalam melaksanakan keutamaan dan dalam 

mempraktekkan kebaikan moral. Dosa ini patut mendapatkan ganjaran hukuman 

sementara yang memurnikan.

1849-1851

1871-1872

1822-1829

1844

1830-1831

1844

1832

1846-1848-

1870

1855-1861

1874

394. Bagaimana dosa dibedakan menurut bobotnya?

Perbedaannya ialah dosa berat dan dosa ringan.

395. Bilamana orang melakukan dosa berat?

Seseorang melakukan dosa berat bilamana secara serentak terdapat unsur-

berat  jika berkenaan dengan hal yang kurang serius, atau jika menyangkut hal besar, 

Seksi Satu: Panggilan Manusia – Hidup dalam Roh

136 

397. Bagaimana dosa berkembang?

Dosa menciptakan kecenderungan ke arah kebiasaan untuk berdosa: lewat 

pengulangan tindakan yang sama, dosa melahirkan kebiasaan buruk.

398. Apa itu kebiasaan buruk?

kebiasaan yang melenceng dari kebaikan yang mengaburkan suara hati dan membuat 

seseorang cenderung melakukan hal buruk. Kebiasaan buruk ini dapat dikaitkan 

399. Apakah kita ikut bertanggung jawab terhadap dosa yang dilakukan 

oleh orang lain?

mereka.

400.  Apa itu struktur dosa?

Struktur dosa adalah situasi atau institusi sosial yang bertentangan dengan 

hu kum ilahi. Struktur dosa ini merupakan ungkapan dan akibat dari dosa-dosa 

pribadi.

BAB DUA

KoMUNITAS MANUSIA

PRIBADI DAN MASYARAKAT

401. Terdiri dari apa saja dimensi sosial manusia?

Bersamaan dengan panggilan pribadi kepada kebahagiaan, manusia mem-

punyai dimensi sosial sebagai unsur esensial kodrat dan panggilannya. Semua 

dipanggil ke arah tujuan yang sama, yaitu Allah. Ada kesamaan tertentu antara 

persatuan Pribadi Ilahi dan persaudaraan yang dibangun manusia di antara 

mereka dalam kebenaran dan cinta. Cinta kepada sesama tidak terpisahkan 

dengan cinta kepada Allah.

1865, 1876

1866-1867

1868 

1869

402. Apa hubungan antara pribadi dan masyarakat?

Pribadi manusia harus menjadi prinsip, subjek dan tujuan dari semua 

insti tusi sosial. Masyarakat tertentu, seperti keluarga dan komunitas sipil, 

perlu bagi pribadi manusia. Beberapa asosiasi lainnya, baik pada level nasional 

maupun internasional, juga bisa membantu, tetapi perlu menghormati prinsip 

subsidiaritas. 

403.  Apa itu prinsip subsidiaritas?

Prinsip subsidiaritas menyatakan bahwa komunitas pada level yang lebih 

tinggi tidak boleh mengambil alih tugas komunitas pada level yang lebih rendah 

dan mengambil otoritasnya. Namun jika ada kebutuhan, komunitas yang levelnya 

lebih tinggi wajib mendukungnya.

404. Apa lagi yang dituntut untuk terciptanya masyarakat manusia yang 

autentik?

Masyarakat manusia yang autentik menuntut hormat untuk keadilan, hierarki 

nilai-nilai yang adil, dan subordinasi dari dimensi material dan naluriah kepada 

dimensi interior dan spiritual. Secara khusus, jika dosa sudah menyelewengkan 

suasana sosial, perlulah menyerukan pertobatan hati dan memohon rahmat Allah 

untuk memperoleh perubahan sosial yang betul-betul berguna bagi pribadi dan 

seluruh masyarakat. Cinta kasih yang menuntut dan memungkinkan praktek 

keadilan adalah perintah sosial yang paling agung.

PARTISIPASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL

405. Apa dasar otoritas sosial?

Setiap komunitas manusia membutuhkan otoritas yang sah untuk menjaga 

keteraturan dan memberikan sumbangan untuk mewujudkan kebaikan umum. 

Dasar otoritas itu terletak dalam kodrat manusia karena berhubungan dengan 

tatanan yang ditetapkan oleh Allah.

1883-1885

1894

1881-1882

1892-1893

1877-1880

1890-1891

Kita mempunyai tanggung jawab jika dengan sadar kita bekerja sama dengan 

Kebiasaan buruk merupakan lawan dari keutamaan. Kebiasaan buruk adalah 

kemarahan, keserakahan, kecemburuan, kemalasan.

dengan yang ini  tujuh dosa pokok, yaitu: kesombongan, iri hati, hawa nafsu, 

Bagian Tiga: Hidup dalam Kristus

137

402. Apa hubungan antara pribadi dan masyarakat?

Pribadi manusia harus menjadi prinsip, subjek dan tujuan dari semua 

insti tusi sosial. Masyarakat tertentu, seperti keluarga dan komunitas sipil, 

perlu bagi pribadi manusia. Beberapa asosiasi lainnya, baik pada level nasional 

maupun internasional, juga bisa membantu, tetapi perlu menghormati prinsip 

subsidiaritas. 

403.  Apa itu prinsip subsidiaritas?

Prinsip subsidiaritas menyatakan bahwa komunitas pada level yang lebih 

lebih tinggi wajib mendukungnya.

404. Apa lagi yang dituntut untuk terciptanya masyarakat manusia yang 

autentik?

Masyarakat manusia yang autentik menuntut hormat untuk keadilan, hierarki 

suasana sosial, perlulah menyerukan pertobatan hati dan memohon rahmat Allah 

untuk memperoleh perubahan sosial yang betul-betul berguna bagi pribadi dan 

keadilan adalah perintah sosial yang paling agung.

PARTISIPASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL

405. Apa dasar otoritas sosial?

Setiap komunitas manusia membutuhkan otoritas yang sah untuk menjaga 

keteraturan dan memberikan sumbangan untuk mewujudkan kebaikan umum. 

Dasar otoritas itu terletak dalam kodrat manusia karena berhubungan dengan 

tatanan yang ditetapkan oleh Allah.

1883-1885

1894

1881-1882

1892-1893

1877-1880

1890-1891

1886-1889

1895-1896

1897-1902

1918-1920

seluruh masyarakat. Cinta kasih yang menuntut dan memungkinkan praktek 

dan mengambil otoritasnya. Namun jika ada kebutuhan, komunitas yang levelnya 

Seksi Satu: Panggilan Manusia – Hidup dalam Roh

tinggi tidak boleh mengambil alih tugas komunitas pada level yang lebih rendah 

dimensi batiniah dan rohaniah. Secara khusus, jika dosa sudah menyelewengkan

nilai-nilai yang adil, dan subordinasi dari dimensi material dan naluriah kepada 

138 

406. Bilamana otoritas itu dilaksanakan dengan cara yang sah?

Otoritas dilaksanakan secara sah jika bertindak demi kebaikan umum dan 

menggunakan sarana yang bisa dibenarkan secara moral untuk mencapainya. Karena 

itu, rezim politik harus ditentukan oleh keputusan bebas dari warga negaranya. 

Mereka harus menghormati prinsip ”aturan hukum” (rule of law) tempat hukum 

yang berkuasa, bukan kehendak sewenang-wenang dari beberapa orang. Hukum 

yang tidak adil dan peraturan-peraturan yang bertentangan dengan tatanan moral 

itu tidak mengikat bagi suara hati.

407. Apa itu kebaikan umum?

Yang dimaksud dengan kebaikan umum ialah semua kondisi kehidupan 

sosial yang memungkinkan orang-orang sebagai kelompok atau individu 

mencapai kesempurnaan (kebahagiaan) mereka sendiri.

408. Apa saja yang tercakup dalam kebaikan umum?

baikan umum ini?

Realisasi paling lengkap dari kebaikan umum ini dapat ditemukan dalam 

komunitas politik yang membela dan mengembangkan kebaikan warga mereka 

dan kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat tanpa melupakan kebaikan 

universal seluruh keluarga manusia.

410. Bagaimana seseorang dapat berpartisipasi dalam mengusahakan ke-

baikan umum?

Semua orang menurut tempat dan peranan yang mereka punyai dapat ber-

partisipasi dalam mengusahakan kebaikan umum, yakni dengan menghormati 

hukum yang adil dan melaksanakan tugas di tempat dia mempunyai tanggung jawab, 

misalnya mengurus keluarga dan komitmen pada pekerjaannya sendiri. Para warga 

negara juga wajib berpartisipasi aktif dalam kehidupan publik sejauh itu mungkin.

1901

1903-1904

1921-1922

1934-1935

1945

1936-1938

1946-1947

1939-1942

1927

KEADILAN SOSIAL

411. Bagaimana masyarakat menjamin keadilan sosial?

Masyarakat menjamin keadila