ritakan
oleh Rasulullah Sho//o/lahuAlaihi u.ro Sol/om itu."
Dalam hal ini agaknya Ibrahim bin Muhammad bin Sufyan Al-Faqih
mengambilzhahir dari hadits shahih riwayat Muslim ini, lalu dia sampaikan
cerita yang berasaldarisebagian ulama, bahwa pemuda itu adalah AlKhidlir. Dan cerita ini agaknya disampaikan pula oleh Al-Qadhi 'lyadl dari
Ma'mardalam Jomi'nya.
Mengenaikisah Al-Khadir ini, kami telah sampaikan apa kata orangorang tentang perjalanan hidupnya. Dan telah kamibuktikan bahwa dia
telah wafat, dengan dalil-dalilyang semuanya telah kami kemukakan di
sana. Barangsiapa ingin mengetahui lebih lanjut, silakan baca kisahnya
dengan seksama dalam QoshoshA/-Anbiya'(kisah para Nabi) darikitab
kami. Wallahu Tb' alo A'lom u bis-S haw ab.
KIAT-KIAT BERLINBUNE DARI
EANEEUAN OAJJAL
Memohon Perlindungan dengan lkhlas Kepada Allah
149. Berlindung darigangguan Dajjalantara lain dilakukan, dengan
memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta' ala setulus-tulusnya
agar dilindungi dari fitnahnya. Hal ini diajarkan dalam haditshadits shahih yang diriwayatkan tidak hanya dari satu jalur sanad
saja, bahwa Rasulullah Sho/lollohu Alaihi wa Sallam senantiasa
meminta perlindungan dari fitnah Dajjaldalam shalatnya, dan
bahwa beliau menyuruh umatnya melakukan halyang sama,
yaitu agar berdoa,
"Ya Allah, sesungguhnya kami berlindungkepoda-Mu dori odzob
Jahanam, dari fitnah kubur, dari litnah kehidupan dan kemahan, dan
dari t'itnah si Picak D ajj al. "
Menghapal 10 Ayat Terakhir dari Surat Al-Kahfi
Secara Rutin
150. Imam Al-Hafidh Abu Abdillah Adz-Dzahabiberkata, Memohon
perlindungan (isti'adzah)dari Dajjal adalah suatu hal yang
diriwayatkan secara mutawatir dari Nabi Shallallahu Alaihi wa
Sollom. Antara lain seperti yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari
Ab u Darda', Nabi Shallallahu Alaihi w a S allam bersabda,
-
"Barangsiapa menghapal sepuluh ayat dari surat Al-Kaht'i, maka dia
akan terpelihara dari t'itnah Dajjal . "
Tinggal di Makkah atau Madinah
15 1 . Di antara orang-orang yang akan terpelihara dari fitnah Dajjal ialah
mereka yang tinggal di Madinah dan Makkah. Menurut riwayat AlBukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu,
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah bersabda,
" D i mulut- mulut jalan koto Madinah ada molaikat-malaikai, (*hinga)
kota ini takkan dimasuki wabah penyakit maupun DajjaL "rt
1 52. Al-Bukhari meriwayatkan pula, bahwa perawi hadits ini menyatakan :
Aku diceritai Abu Bakar Radhiyallahu Anhu, dari Nabi Shallallahu
Alaihi us Sollom. beliau bersabda.
"Madinah takksn dimosuki rasa takut terhadop si PicakDajjal.
(Karena) pada waktu itu kota ini memiliki tuiuh pintu. mosing-mosing
dij aga duo or an g m al aikat. "
153. Demikian pula menurut / rt-Tirmidzi dari Anas, Rasulullah Shollollohu
AI aihi w a S all om bersabda,
"Dajjal akan datangke Madinah ini, tetapi dia dapati kota ini diiaga
para malaikat. OIeh kareno itu --lnsgo AIIah-- kota ini takkan
dimasuki wabah penyakit maupun Dajjal."
154. Bahkan dalam sebuah hadits shahih lainnya dinyatakan.
"Bahwa Dajjal itu tidak dapat memasuki Makkah dan Madinah.
karena dihalangi para malaikat."
Hal itu tak lain karena kemuliaan kedua kota tersebut. Keduanya
adalah Tanah Haram yang aman dari gangguan Dajjal Dia hanya bisa
datang di wilayah yang tidak subur dekat Madinah Di kala itu,
bergoncanglah kota Madinah tiga kali
-barangkali berupa benar-benar
gempa atau hanya kegemparan masyarakat saja, ada dua pendapatMaka keluarlah dari dalam kota siapa pun yang berhati munafik. laki-laki
maupun perempuan. Sehingga kota Madinah pada waktu itu bersih dari
segala kotoran, berubah menjadi kota yang harum semerbak di manamana, sebagaimana diterangkan dalam hadits terdahulu. Dan Allah jualah
yang lebih tahu.
RINEKASAN PERJALANAN
HIDUP DAIJAL
Dajjalitu keturunan manusia juga. Dia sengaja diciptakan Allah untuk
menguji manusia yang hidup di akhirzaman. Gara-gara Dajjal itu banyak
manusia yang disesatkan Allah, dan banyak pula yang diberi-Nya
petunjuk. Tetapi tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang
fasik.l)
155. Sementara itu Al-Hafizh Ahmad bin Ali Al-Abar dalam Tarikhnya
meriwayatkan dari Mujalid, dari As-sya'bi, bahwa dia berkata,
"Nama panggilan (kunyah)Dajjal adalah Abu yusuf. Sedang
menurut riwayat um ar bin Khatthab, Abu Daud, Jabir bin Abdullah
dan para sahabat lainnya, dan juga yang lain-lain -sebagaimana
telah diterangkan dulu- bahwa nama panggilannya adalah Ibnu
Shayyad.
156. Adapun menurut riwayat Imam Ahmad dariAbdurrahman bin Abu
Bakrah, dari ayahnya, Rasulullah shal/o llahu Ataihi wa sailam
bersabda,
"Kedua orang tua Dajjal menunggu selama tiga puiuh tahun tidak
mempunyai anak. Dan setelah tiga puluh tahun, barulah merekadikaruniai anak lelaki yang matanya picak sebelah, banyak
mencelakakan don songof sedikit mant'aatnya. Kedua matanya
terpej am, tetapi hatinya tidak tidur. "
Kemudian Abu Bakrah menerangkan tentang kedua orang tua
Dajjalseraya katanya:
"Ayahnya seorang lqlakiyang tinggi kurus, berhidung panjang
seperti paruh burung. Sedang ibunya adalah seorang perempuan dengan
payudara yang sangat besar.
Suatu ketika kamimendengar ada seorang bayiYahudi lahir di
Madinah. Maka aku dan Zubair bin Awwam pergi menemui kedua orang
tua bayi itu. Ternyata kedua suami-istri itu sifat-sifatnya persis sepertiyang
diterangkan Rasulullah S hallallahu Alaihi wa Sallam. Sedang anak mereka
tiduran ditanah di bawah terik matahari, mendengkur dalam selimut.
Kami bertanya kepada kedua orangtua itu, maka mereka mengaku: "Kami
telah menunggu selama tiga puluh tahun tidak mempunyai anak.
Kemudian kami mendapatkan anak lelaki yang matanya picak sebelah,
bdnyak mencelakakan dan sangat sedikit manfaatnya."
Ketika kami keluar, kami melewati anak itu. Dia berkata, 'Aku tahu
apa yang kalian bicarakan."
"Kamu tadi mendengar?" tanya kami, dan dia jawab: "Ya, kedua
mataku terpejam, tetapi hatiku tidak tidur. "
Dan ternyata anak itu adalah Ibnu Shayyad.
Memang, hnu Shayyad adalah seorang Yahudi, tinggaldi Madinah.
Dia dipanggilAbdullah, dan juga dipanggil Shafi. Panggilan keduanya
banyak diriwayatkan orang. Dan barangkali nama aslinya adalah Shafi,
kemudian setelah masuk Islam dia dipanggil Abdullah. Karena anaknya
memang bernama 'lmarah bin Abdullah, tergolong ulama tabi'in
terkemuka. Bahkan Imam Malik dan lainnya mengambilperiwayatan
darinya.
Sebagaimana telah kami terangkan di atas, bahwa yang benar,
DajjalTerbesar itu bukan lbnu Shayyad. Ibnu Shayyad hanyalah salah
seorang diantara sekian banyak dajjal-dajjal..Dia bahkan kemudian
bertaubatdan menyatakan masuk Islam. Dan Allah sajalah yang lebih tahu
lubuk hati dan sanubarinya.
Adapun DajjalTerbesar adalah tokoh yang diceritakan dalam hadits
Fatimah binti Qais tersebut di atas, yarrg diriwayatkan dari Rasulullah
Shallallahu Alaihi uo Sollom, dari Tamim Ad-Dari, yang memuat kisah
Jassasah.Dajjal Terbesar inilah yang kelak diizinkan keluar dari penjaranya di
akhirzaman, setelah kaum Muslimin berhasilmenaklukkan sebuah kota
kerajaan Romawiyang bernama Konstantinopel. Dia akan keluar dari
daerah Isfahan, yakni darisuatu perkampungan di sana yang disebut
Yahudiyah. Waktu itu diadibantu oleh 70.000 balatentaraYahudiyang
tinggaldi kota itu. Mereka bersenjata lengkap dan mengenakan pakaian
kebesaran berupa jubah hijau. Juga dibantu pula 70.000 balatentara
Tartar dan beberapa orang dari Khurasan.
Pertama-tama, Dajjal akan tampil sebagai seorang maharaja,
kemudian mengaku sebagai nabi, selanjutnya mengaku sebagai tuhan.
Namun demikian dia diikuti orang-orang bodoh, rakyat jelata dan kaum
awam yang tidak tahu apa-apa. Sedang orang-orang yang mendapat
hidayah dariAllah, yaitu hamba-hamba-Nya yang saleh dan para pejuang
yang bertah,va akan menolaknya.
Selanjutnya Dajjal memasuki negara demi negara, benteng demi
benteng, daerah demi daerah, perkampungan demi perkampungan.
Tidak tersisa satu negara pun melainkan dia jelajahi semua dengan kuda
dan kakinya, kecuali Makkah dan Madinah.
Dia tinggaldi muka bumiselama 40 hari. Sehariseperti setahun.
sehari seperti sebulan, sehari seperti sejum'at, dan selanjutnyan seperti
hari-haribiasa. Jadi totalnya, sama dengan setahun lebih dua setengah
bulan. Selama itu Allah Ta'ala mengadakan hal-halluar biasa ditangan
Dajjal, untuk menyesatkan beberapa orang yang Dia kehendaki. Tetapi
orang-orang yang beriman akan tetap teguh dalam keimanannya. bahkan
bertambah meningkat iman dan hidayah mereka.
Pada saat jaya-jayanya Al-Masih Dajjal, yakniAl-Masih pembawa
kesesatan, turunnya Nabi lsa bin Maryam, yaitu Al-Masih pembawa
petunjuk. Beliau turun dimenara sebelah timur dikota Damaskus.
Kedatanganya disambut kaum mukminin dan orang-orang yang
bertakr,va. Mereka berhimpun di sekeliling beliau, lalu dibawanya mereka
berjalan mencari Dajjal. Wahu itu Dajjaldalam perjalanan menuju Baitul
Maqdis. Ia bertemu rombongan Nabi Isa disebuah jalan di perbukitan
bernama Afiq. Dajjal lari menghindari Nabi Isa, tetapi dapat beliau kejar
dan terperangkap dipintu sebuah kota bernama Lud. Nabi lsa berhasil
membunuhnya dengan tombak beliau saat manusia durhaka itu hendak
memasuki kota. Waktu itu beliau berkata kepadanya: "Untuk
membunuhmu cukuplah aku memukulmu sekalisaja. yang tidak akan
meleset."
Memang, saat Dajjalberhadapan dengan Nabi Isa. langsung
meleieh sepertigaram dalam air. Maka Nabi Isa cepat-cepat membunuh
nya dengan tombak di pintu kota Lud itu Di sanalah Daiial rnenejnrur
ajalnya. Semoga dia mendapat kutukan Allah.
Demikianlah riwayat hidup Dajjal, sebagaimana ditunjukkan oleh
hadits-hadits shahih bukan darisatu jalursanad saja, sepertiyang telah dan
akan dikemukakan nanti.
157. Begitulah sebagaimana diriwayatkan pula oleh At-Tirmidzi dari
Majma' bin Jariyah, dia berkata, Aku pernah mendengar Rasulullah
Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
"Putro Maryam itu akan membunuhDajjal di pintukotaLud."
CIRI.CIRI DAJJAL
Dalam hadits-hadits terdahulu dikatakan, bahwa Dajjal itu pendek.
Sedang dalam hadits lain dikatakan dia tinggi.
Tapi ada pula riwayat yang mengatakan, bahwa jarak antara kedua
telinga darikeledainya saja 40 hasta, sebagaimana telah diterangkan
dalam hadits Jabir. Dan dalam hadits lain diriwayatkan jaraknya 70 depa,
tapi ini tentu tidak benar. Sedang periwayatan yang pertama masih perlu
ditelitilagi.
1 58. Imam Ahm ad meriwayatkan dari Abu Hurair ah Radhiy allahu Anhu
sabda Ras ulullah Shal I all ahu Al aihi w a S all am,
"Aku keluar menemui kamu sekalian, sedang aku telah mendapat
keterangan yang jelas mengenai Lailatul Qadar don si Picak
pembawa kesesatan itu. D ia tampak diapit oleh dua orang (malaikat)
di halaman mesjid. Maka aku pisahkan keduanya iauh-iauh supaya
jangan berhimpun lagi, Ialu aku lupakan (hiarkan) , Aclapun Lairatur
Qadar, carilah ia di sepuluh malam terakhir yang ganjil. Sedong si
Picak pembawa kesesatan itu, dia picak sebalah matanya. keningnya
luas, lehernya lebar, agak bongkok, seperti Qathan bin Abdut '(Jzza.
(Mendengar itu) Qathan bertanya, 'Ya Rasul AIIah, apakah kerniripon
dia (denganku) membahayakan aku?' 'Tidak,' jawabRosu/. ,Kamu
orang muslim, sedang dia orang kat'ir. "'
159. Menurut riwayat dari Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhu, bahwa
dia pernah bercerita tentang Dajjal: "Dajjalitu shafibin shayyad. Dia
akan munculdari kampung Yahudiyah di Isfahan, mengendarai
seekor keledai terputus ekornya. Antara kedua telinga binatang itu
40 hasta, dan antara telapak kaki dan telapak kaki lainnya sejauh
perjalanan empat hari. Dajjalmenggapai langit dengan tangannya.
Di depannya ada gunung asap, dan di belakangnya ada gunung
yang lain. Diantara kedua matanya tertulis 'kafir'. Dia mengaku:
Akulah tuhanmu yang tertinggi.' Pengikutnya adalah orang-orang
yang bersikap riya dan anak-anak haram."
Ahar ini diriwayatkan oleh Abu iAmr Ad-Dani dalam r<tab Ad-Dajjal,
tetapi sanadnya tidak shahih.
TURUNNYA RA5ULULLAH I5A BIN
MARYAM DARI LANEIT YANE
TERDEKAT KE BUMI DI AKHIR
ZAMAN
I 60 Allah Ta' alaberfirman.
" ..Dan karena ucapan ntereka, 'Sesuaggu hnya kami telah
mernbunuh Al-Masih lsa putra Maryam, Rosu/ Allah,,, padahal
rnere.ka tidak rnembunuhtlya dan tidak (puta) menyalibnya, tetapi
(yang rnereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan lsa bagi
(penglihatan) mereka, sesungguh nys orang-orang yang berserisih
paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keraguraguan tentang yang dibunuh itu, Mereka tidak mempunyai
keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti
persangkaan belaka. Mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka
bunuh itu adalah [sa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah
mengangkat Isa kepado-Nyo. Dan adalah Altah Mahaperkasa lagi
Mahabijaksono. " (An-Nisa' : 157-158)
161. Ibnu Jarir dalam Tat'sirnya meriwayatkan dari Ibnu Abbas
Radhiyallahu Anhu. mengenai tafsir firman Allah To'o/o.
"Dan tidak seorang pun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman
kepadanya (lsa) sebelum kematiannyo, " (An-Nisa': 159)
Ibnu Abbas mengatakan, bahwa yang dimaksud, sebelum matinya
Nabi Isa bin Maryam. Dinisbatkannya tafsiran ini kepada Ibnu Abbas
adalah shahih. Demikian pula tafsiran yang disebutkan oleh Al-Aufi dari
IbnuAbbas.
Apakah Nabi Isa Sudah Meninggal, ataukah
Diangkat Hidup-hidup ke Langit?
162. Abu Malik mengatakan, bahwa firman Allah Subhanahu wa
Ta'ala, "Dan tidak seorang pun dari Ahli Kitab, kecuali akan
beriman kepadanya (lsa) sebelum kematiannyo. " (An-Nisa':
159), itu terlaksananya besok ketika Nabi Isa bin Maryam turun
darilangit. Beliau sekarang hidup disisiAllah To'olo. Kelak jika
beliau sudah turun, maka semua Ahli Kitab beriman kepada
beliau. Demikian, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Jarir AthThabari.
163. Sedang menurut riwayat Ibnu Abi Hatim dariAbu Malik, bahwasanya ada seseorang bertanya kepada Al-Hasan tentang firman Allah
Subhanahu wa Ta' ala, " D an tidak searang pun dan Ahli Kitab, kecuali
akan b eri m an k ep adan y a ( I s a) s eb elum kem atiannyo. " (An-Nisa' :
159).
Maka jawab Al-Hasan: "Yang dimaksud sebelum kematian Isa.
Yakn i, bahwa Allah telah m engangkat Nab i Isa A /oih is S alaam ke hadiratNya, kemudian Dia akan membangkitkannya kembali kelak menjelang
Hari Kiamat pada suatu posisi, dimana orang baik maupun orang jahat
sem uanya beriman kepadanya. "
Demikian pula kata Qatadah bin Da'amah, Abdurrghman bin Zaid
bin Aslam dan banyak ulama lainnya. Berita itu diriwayatkan secara
otentik dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim dariAbu Hurairah
Radhiyallahu Anhu -sebagaimana
akan diterangkan lagi nanti- secara
mauqul, bahkan dalam periwayatan lainnya secara mart'u'. Dan tentu
Allah To'olo jualah yang lebih tahu.
Kedua periwayatan di atas maksudnya, bahwa Nabi Isa bin
Maryam Aloihis So/lom itu sekarang masih hidup di langit. Jadi, tidak
sepertipengakuan Ahli Kitab bahwa mereka telah menyalibnya. Tetapi
Allah Subhonoh u wa Ta'olo telah mengangkatnya ke hadirat-Nya,
kemudian kelak akan menurunkannya kembali dari langit menjelang
Hari Kiamat, sebagaimana telah ditunjukkan oleh hadits-hadits
mutawatir mengenai Dajjal, baik yang telah disebutkan di atas maupun
berikut nanti.
DankepadaAllah-lahkitasenantiasamemohonpertolongan-Nya,I
dan hanya r."p"Ju Nva jua kita bertawakat. Tiada daya dan.kekuatan I
metainkan d;;;;;;ri"tongan Allah vu.,g Mun.perkasa, Mahabijalsana,
HADITs-HADITS TAMBAHAN
MENEENAI DAJJAL DAN NABI I5A
164. Imam Muslim meriwayatkan. bahwa pera\vr haciits ini (Nu'rrran)
berkata, Aku pernah mendengar (keterangan) AbclLrllah bin Anrr.
ketika dia didatangiseorang lelaki lalu berkata. "Haclrts apa rni. y.rrrg
kamu ceritakan? Kamu mengatakan. bahw.r Kiarrrerl akan terladi
pada begini-begini."
Maka Abdullah berkata, "Subhono//oh " atau "I.a ilahal//o//o/r " atau
kalimat lain yang serupa. "Sebenarnya aku telah bertekad ticlal< akarr
menceritakan apa-apa (tentang nrasalah ini) ke1;ada siapa lrun buat
selamalamanya. Aku hanya mengatakan. bahwa kanru sekalian sebentar
lagi akan melihat perkara yang lebih besar, yang menyedihkan clatr lrasti
terjadi."
Kemudian dia menyebutkan sabda Rasuh-rllah Slallallahu Alaihi u,a
Sallam,
"Dajjalakan munculditengah umatku. Dia akan tinggalselan.ra 40
hari, atau 40 bulan. atau 40 tahun. Lalu Allah mengutus Nabi Isa bin
Maryam. Dia seperti 'Urwah bin Mas'ud. Dia akan mencari Dajjaldan
membinasakannya. Sesudah itu manusia hidup (sejahtera) selama tujuh
tahun, tidak ada permusuhan antara dua orang Kenrudian Allah
mengirim angin sejuk dari arah Syam. Maka tidak ada seorang pun di
muka bumi, yang dalam hartinya terdapat kebaikan atau iman, nieskipun
hanya seberat zarrah, melainkan nyawanya tercabut oleh angin itu.
Sampai sekalipun seorang dari kamu sekalian masuk ke pet'ut gunLing,
maka angin itu akan masuk dan mencabut nyawanya "
Abdullah berkata, aku mendengar keterangan itu dari Rasulullah
Shallallahu Alaihi wa Sallam. dimana beliau kemudian nieneruskan
tinggallah orang-oraliq Jahat saja (yarrg rnelakukan kelahatan begrtrr
ringannya) seringan burung (terbang) dan setenang binatang buas
(memangsa korbannya). Mereka tidak mengenal perkara ma'ruf dar-r tidak
mengingkari perkara mungkar. Maka datanglah setan menghampiri
mereka lalu berkata, "Tidakkah kalian menuruti perintahku'?"
Mereka berkata, 'Apa yang kamu perintahkan?"
Setan pun menyuruh mereka menyembah berhala. Namun
demikian rizkimereka tetap melimpah dan penghidupan mereka baik.
Tetapi, kemudian ditiuplah sangkakala. Maka tidak seorang pun
yang tidak menundukkan sisi lehernya lalu mendongakkannya (terkejut) . "
Rasul bersabda. "Dan yang pertama-tama mendengar suara
sangkakala itu adalah seseorang yang sedang melepa kolam buat
untanya."
Rasulbersabda, "Maka orang itu pun mati, dan matipula orangorang yang lain. Kemudian Allah mengirim -atau kata beliau: Allah
menurunkan- hujan seperti kabut tebal atau naungsn -\q'6an raguMaka tumbuhlah jasad-jasad manusia karenanya. Lalu ditiuplah
sangkakala sekali lagi, maka mereka tiba-tiba bangkit menunggu.
Kemudian dikatakanlah : "Hai sekalian man usia. kemarilah menuj u
Tuhan-mu."
(Sedang kepada para malaikat diperintahkan),
"Dan tahanlah mereka (ntanusia di tempat pemberhentianj . kor.no
sesungguhn ya mereka ak.an ditanyo. " (Ash-Shaffat: 24 )
Kemudian dikatakan pula, "Keluarkan dari neraka."
Ditanyakan, "Dari berapa?"
Dijawab, "Dari setiap 1000, (keluarkanlah) 999. "
Rasul bersabda, "ltulah hari yang menjadikan anak-anak beruban,
dan hari disingkapkannya betis."
Beberapa Keajaiban Menjelang Kiamat
1 65. Im am Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurair ah Radhiy allahu Anhu.
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
berkahrryat sehinggcr tumk kecirbisrr b.rrno irt dengarr ttlar tonpa
ntendapat bahaya darirtvr, kantbitg cio' serigu la berkelraran
bersanto tonpo odo boho-vcr. singcr dan Iernbtt berkeliarun bersanta
tanpa ada bahayu."
Hadits ini hanya diriwayatkan .teh Ahnrad ser-rdiri, tapr sanardnya
jayid, qawiy dan sho/ih
Menjelang Kiamat lbadah sedikit dan Harta Banyak
166. Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hur.rirah Radhiyattaltu Arthu.
sab<la Rasulullah Shallaltahu Alaihi ruo Scr//onr.
q+
"Demi Allah yang menggenggam jiwaku. tidak lama lagi Isa putra
Maryam akan turun kepadamu sebagai hakim yang adit. Dia akan
mematahkan salib, membunuhbabi dan membatarkan upeti. Dan
(waktu itu) harta melimpah ruah, sehingga tidak ada seirang pun
yang mau menerima (zakat)-nya, dan sehingga satu kali sujud
(nilainya) Iebih baik daripada dunia seisinya.,,
Kemudian Abu Hurairah mengatakan, "Bacalah kalau kamu mau
Dan tidak seorang pun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman
kepadanya (lsa) sebelum kematiannya. Dan pada Hari Kiamat lsa
akan menjadi soksi terhadap mereka." (ArrNisa' : 1 59)
167. Sedang Ahmad dan Muslim meriwayatkan dariAbu Hurairah
Radhiyallahu Anhu,bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam
bersabda,
"Sesunggu hnyo lsa putra Maryam akan tingal di Rauha' . Lolu dori
sono dio akan berangkat menunaikan haji atau umroh atau
keduanyasekaligus."
Para Nabi Bersaudara Seayah, Putra darl lbu-ibu
Terhormat
168. Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyaltahu Anhu,
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, 'e'&6\'&;; u.r,Siri1 ,;i -'5
"Bagaimana kamu, apbila lsa bin Maryam telah turun kepadamu,
sedang imam kamu tetap dari kalangan kamu? "
Kemudian Al-Bukhari mengatakan, hadib ini ada mufobi'nya, yaitu
'UqailAl-Auza'i.
169. Sedang menurut riwayat Imam Ahmad dari Abu Hurairah
Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam
bersabda,
Seluruh para nabi bersaudara seayah. Ibu mereka memang
berbeda-beda, tetapi agama mereka sama. Dan sesungguhn ya aku
adalah orang yang terdekat dengan Isa putra Maryam, karena tidak
ada seorang nabi pun antara aku dan dia. Dan sesungguh nya dia
akan turun lagi. Apabila kamu melihatnya, maka kenalilah dia. D ia
adalah seorang lelaki berperawakan sedang, Berkulit putih
kemerahan. Dia mengenokan dua baju berwarna tanah merah.
Kepalanya seolah-olah meneteskan air, meskipun tidak basah. Dia
okan menghancurkan salib berkeping-keping, m embunuh b abi,
membatalkan upeti don menyeru monusio mosuk Islom . Pada masa
(turunnya) nanti, Allah membinosokon semua ogoma selain
Islam. Dan pada masa (turunnya Alloh membinasokon si Picok
Dajjal) terjadilah keamanan di seluruh bumi, sompoi singo
berkelioran bersama unta, harimau bersamo sopi, dan serigala
bersama kambing, dan anak kecil bermain dengan ular. Isa akan
hidup selama empat puluh tahun, kemudian beliau wafot dan
dtshalatt oleh kaum muslimin."
Nabi Muhammad Famili Terdekat Nabi lsa Pr,rtra
Maryam
1 70. Al-Bulfi ari m eriwayatkan dari Abu Hurairah Ro dhiy allahu An h u, dia
berkata, Aku mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam
bersabda,
'Aku adalah t'amili terdekat dengan (lsa) putra Maryam. Para nabi
semuanya bersaudara seayah. Tidak ada seorang nabi pun antara
akudandia."
171. Al-Bukhari meriwayatkan pula dari Abu Hurairah Radhiyallahu
Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
' Aku adal ah f am il i y an g terd ek at d en gan I sa putr a M ar y am di duni a
dan akhirat. Para nabi adalah bersaudara seayah. Ibu mereka
berbeda-beda, tetapi agama mereka sema."
1 72. Masih dari Abu Hurairah Ro dhiyallahu Anhu, Al-Bukhari meriwayatkan sabda Rasulullah shallallahu Alaihi wa sailam, dan seterusnya
dan seterusnya
Semua ini m erupakah riwayat-riwayat melalui berbagai jalur sanad
yang banyak, sehingga menjadi seperti hadits mutawatir yang diriwayatkan dari Abu Hurair ah Radhiyallahu Anhu.
sifat Nabi lsa Putra Maryam dan sifat umat Akhir
Zaman
1 73. Dalam shahih Al -Bukharidan shohih Muslimterdapat riwayat dari
Abu Hurai rah Radhiyallahu Anhu dim ana Rasulullah shallallahu
Alaihi w a Sall am bersabda,
" Pada m al am aku diisr a' kan, aku bertem u N ab i M usa. B aikl ah aku
jelaskan cirinya. Tbrnyato dia adalah seorang relaki jangkung -
maksudnya tinggi-, (rombut) kepalanya berombak, seperti orang
dari syanu' ah. Rasul bersobda,'Dan aku bertemu pura dengan Nabi
Isa. Baiklah aku jelaskan cirinya.' Laru beriau katakan, Aku lihat dia
(bekulit) kemerahan, seolah-olah dia baru keruor dari'dimes' -
malcsudny a kam ar mandi. "'
L7 4. D an m enurut riwayat Al-Bukhari dari hnu um ar Ra dhiyal I ahu Anhu,
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
"Aku melihof Nabi Musa, Nobi /so don Nobi lbrahim. Adapun Isa
( b erkulit) kemer ahan, ( b erambut) keriting dan berdado Ld.ong.
Adapun M usa ( berkulit) saw o matang, berper aw akan tinggi -besir,
ber ambut lurus seperti orang Zuth. "
175. sedang menurut riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar
Radhiy allahu Anhu, b ahwa dia berkata,
.
" pada suatu hari Rasulullah
sh al I all ahu AI aihi w a s all am m e nceritakan tentang si picak Dajj al di
tengah orang banyak, beliau bersabda,
"sesungguhnya Allah itu tidak picak. Ketahuirah, bahwasi picolc
Dajjal itu cacat mata kanannya. Matanya bagaikan anggur yang
mengapung (di atas air). Allah memperlihatkan kepdaku dalam
mimpi di sisi Ka'bah seorang lelaki berkulit souro matang dengon
warna paling indah yang wrnah dillhat pada kullt stap pun.bb
biarkan ujung rambutnya terurai antara kedua jun-daknya.
Rambutnya bercmfuk, kepalanya (wlahotah) mer.tetakan ab. bialetakkan kedua tangonnya di pundak dua orang lelaki sambil
b er thaw af m engel il in gi Ka' b ah. M aka aku b ertanyo,'Siopo ko h ini?'
M er eko m e nj aw ab, Al - M asih P utr a M ar y am.' D an di b el akan gny a
aku melihat seorong lelaki berambut pendek-keriting, cacat mata
kanannya, sangat mirip dengan lbnu Qathan. Dia meletakkan kedua
tanganny o di pundak seorang lelaki sambil berthaw af mengel ilin gi
Ka'bah. Mako aku berkata, 'Siapakah ini?' Mereka menjawab, 'Si
PicakDojjal."'
Hadits ini ada mutabi'nya diriwayatkan oleh 'Ubaidillah dari
Nafi'.
176. Kemudian Al-Bukhari meriwayatkan pula dariSalim, dari ayahnya,
dia berkata, Tidak, demi Allah. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa
Sallam tidak mengatakan Nabi Isa itu berkulit merah, tetapibeliau
mengatakan:
.
"Ketika aku tidur, aku (bermimpi melakukan) thawaf di sekeliling
Ka'bah. Tiba-tiba aku melihat seorang berkulit sawo matang,
berambut lurus, berjalan pelan diapit dua orang lelaki. Kepalanya
(seolah-olah) meneteskan air. Maka aku bertanya, 'siapakah ini?'
Mereka menjawab ,
'lnilah Al-Masih Putra Maryam.' Lalu aku pergi
sombil menoleh. Tiba-tiba aku melihat seorang berkulit merah,
berperaw akan tinggi-b esar, berambut keriting, mata kananny a cacat,
matanya bagaikan anggur yang mengapung (di atas air). Aku
bertanya, 'Siapakah ini?' Mereka menjawab, 'Dajjal.' Orang yang
paling mirip dengannya adalah Ibnu Qathan. "
Kala Az-Zuhri, "lbnu Qathan adalah seorang lelakidari kabilah
Khuza'ah, meninggal pada masa Jahiliyah."
Dalam riwayat An-Nawwas bin Sam'an, Rasulullah Shollollohu
Alaihi w a Sallam bersabda,
"No b i Iso o ko n iur un di m enar o putih s e b eloh tim ur kota Do m os k us,
mengenakan dua baju berwarna tanah merah, meletakkan kedua
telapak tangannya poda sayap dua orang malaikaL Apabila dia
menundukkan kepala, maka (seolah-olah) meneteskan air, dan
ap ab il a m e n ga n gkat ke p al a, m aka ( s eo I ah - o I ah ) b e r j atuhanl ah
tetesan-tete.son itu bagai manik-manik mutiara. Dan tidak seorong
kat'ir pun yang mencium bau nat'asnya melainkan mati. Padahal
nat'asnya dapat dirasakan sejauh matanya memandang."
Inilah hadits yang paling masyhur tentang tempat turunnya Isa AlMasih, yaitu di atas menara putih timur kota Damaskus. Namun demikian,
pernah juga saya membaca di sebuah kitab, bahwa Nabi Isa as akan turun
di menara putih sebelah timur Mesjid Jamikota Damaskus. Barangkali
riwayat inilah yang dihapal dengan baik (maht'uzh/. Sedang riwayat yang
mengertakan, "bahu)a beliau turun di olos menara putih timur kota
Damaskus," ifu merupakan ungkapan yang telah berubah, yakni ungkapan
yang oleh perawinya diucapkan menurut apa yang dia pahami. Karena
kenyataannya di Damaskus tidak ada menara yang disebut"Al-lt4anarah
Asy-Sgorqiyoh " (Menara Timur) selain menara yang terletak sebelah timur
Mesjid Jami Umawi. Dan agaknya pengertian inilah lebih pas dan cocok,
karena ketika turunnya Nabi Isa itu iqamat telah dikumandangkan. Maka
seseorang mempersilakan beliau: "Wahaiimam kaum muslimin, wahai Ruh
Allah, majulah." Lalu jawab beliau: "Majulah kamu, karena iqamat ini
dikum andangkan untukmu. " Dan dalam riwayat lain dikatakan : "Sebagian
kainu adalah pemimpin atas sebagian yang lain."
Semoga Allah benar-benar memuliakan umat ini. Sekarang ini
bangunan menara tersebut telah direnovasi pada tahun 74t H,
mengunakan batu-batu putih. Pembangunannya dilaksanakan atas biaya
orang-orang Nasrani, yang telah membakar menara sebelumnya di
tempat itu. Barangkali inipun salah satu buktikenabian Muhammad
Shallallahu Alaihi wa Sallam yang tampak dengan mata kepala, dimana
Allah menakdirkan pembangunan menara ini atas biaya kaum Nasranisampai dengan turunnya Nabi Isa bin Maryam kelak. Lalu beliau akan
membunuh babi, mematahkan salib, tidak menerima upeti darimereka.
Tetapi barangsiapa yang masuk Islam, maka diterima Islamnya. Dan kalau
tidak, maka dibunuh. Begitupun hukum yang akan beliau putuskan
terhadap orang-orang kafir di belahan bumi yang lain pada waktu itu.
Demikianlah diantara pemberitahuan mengenai apa yang akan dilakukan
Isa Al-Masih dan syariat yang akan diterapkannyu, yuitu bahwa yang akan
beliau laksanakan tak lain adalah syariat Islam yang suci ini.
sementara itu, menurut beberapa hadits -sebagaimana tersebut
pada kitab terdahulu- bahwa beliau akan turun diBaitulMaqdis. Dan
menurut riwayat lainnya, di Yordan. Dan riwayat lainnya lagi mengatakan,
ditengah laskar kaum muslimin. Inisemua ada pada sebagian riwayat
Muslim, sebagaimana tersebut pada kitab terdahulu. Dan tentu Allah
jualah yang lebih tahu.
Begitu pula tersebut hadits shahih, bahwa ya'juj Ma'juj akan m uncul
pada masa turunnya NabilsaA/oihis so/oom, dimana Allah membinasakan mereka atas berkah doa beliau dalam satu malam, sebagaimana telah
dan akan diterangkan lebih lanjut nanti. Dan disebutkan-pula, bahwa
beliau sempat menunaikan haji selam a menetap di bum i setelah fu runnya
kembali.
YA'JUJ MA'JUJ
Munculnya Ya'juj Ma'juj akan terjadi pada masa turunnya kembali Nabi
Isa bin Maryam ke bumi, yakni setelah beliau berhasil membunuh Dajjal.
Setelah munculnya Ya'juj MaJuj, Allah membinasakan mereka semuanya
dalam satu malam atas berkah doa Nabi Isa A/oihis Salaam.
177 .krlaitan dengan ini, Allah Subhanahu waTa'ala berfirmanm.
"Hingga, apabila dibukakan (tembok) Ya' juj dan Ma' juj
, don mereka
turun dengan cep at dar i s el uruh temp at y an g ti n ggi. " (Al -Anb iya' :
e6)
1 78. Dalam kisah Dzulqarnain AllahTa' alaberfirman,Kemudian dia (Dzulqamain) menempuh suafu jalan (yang lain tagi).
Hingga apabila dia telah sampai di antara dua buah gunung, dia
mendapati di depan kedua bukit itu suaht kaum yang hampir tidak
mengerti pembicaraan. Mereka berkata, 'Hai Dzulqarnain,
sesungguhnyaYa'juj dan Ma'juj itu orang-orang yang membuat
kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuofu
pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara
kami dan mereka?' Dzulqamain berkata,'Kemampuan yang telah
diberikan kepadaku oleh ruhan-ku adalah lebih baii, maka bantulah
aku dengan kekuatan ( manusia dan alat- alat), agar aku membuatkan
dinding antara kamu dan mereka. Berilah aku potongan-potongan
besi.' HingEa apabila br*;i itu telah sama rata dengan kedua (puncak)
gunung itu, maka berkatalah Dzulqamain,'Tiuplah (api itu).' Hingga
apabila besi ifu sud ah menjadi (merah seperti) api, dia pun berkata,
'Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar aku tuangkan ke atas
besi panas itu.' Maka mereka tidak bisa mendakinya dan mereka
tidak bisa (pula) melubanginya. Dzulqamain berkata, 'lni (dinding)
adalah rahmat dariTuhan-ku, maka apabira sudah datang janji
Tuhawku, Dia akan menjadikannya hancur luluh. D an janji Tuhan-ku
itu adalah benar.' Kami biarkan mereka di hari itu bercampur aduk
antara satu dengan yang lain, kemudian ditiup logi sangsalc ara, raru
Kami kumpulkan mereka semuanyo. " (Al-K ahft: 92-991
Dalam tafsir kami (Tafsir lbnu Katsir), telah kami ceritakan kisah
Dzulqarnain dan bagaimana cara dia membangun dinding dari besi dan
tembaga antara dua gunung, sehingga keduanya menjadisebuah tanggul
yangkokoh.
Dzulqarnain berkata, "Dinding ini adalah rahmat dari Tuhan-ku.
Diharapkan dinding ini dapatmenghalangi kaum teroris yang melakukan
kerusakan di muka bumi ifu daribangsa-bangsa lainnya. Tetapi, apabila
janji Tuhan-ku telah tiba, yakni saat yang telah Dia tentukan bagi
kehancuran dinding ini, maka akan Dia hancurkan dinding ini hingga rata
dengan tanah. Dan janjiTuhan-ku adalah benar, yaknipastiterjadi."
"Kemudian," Allah berfirman, "Kami biarkan mereka di hari itu
bercampur aduk antara satu dengan yang lain." Maksudnya, pada saat
hancurnya dinding tersebut, kaum Ya'juj Ma'juj itu keluar dari dalam
tempat pengurungannya menyerbu bangsa-bangsa sekelilingnya. Mereka
berjalan dengan cepat dari segala penjuru seolah-oleh meluncur dari
tempat yang tinggi.
Dan dekat sesudah itu terdengarlah tiupan sangkakala yang
m engej utkan (No/khof u I Faza' ), sebagaimana disebutkan dalam ayat lain :
179. Yaitu firman Allah To'olo,
" Hingga, apabila dibukakan (tembok) Ya' juj dan Ma' juj, dan mereka
turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah
dekatlah kedatangan janji yang benar (hari kebangkitan), rnaka tibatibaterbelalaklahmata orang-orangyangkat'ir. . . " (Al-Anbiya': 96-
97)
Dalam hadits-hadits tentang munculnya Dajjaldan turunnya Nabi
Isa Aloihis So/oom di atas, telah kami ceritakan sepintas tentang Ya'juj
Ma'juj ini, yaknidalam hadits riwayatAn-Nawwas bin Sam'an maupun
lainnya.
lsyarat Rasulullah tentang Adanya Ancaman Yang
Mendekati Bangsa Arab
180. Dalam Shohih Al-Bukhari dan Shoh ih Muslim ada sebuah hadits
riw ay at Zainab binti Jahsy :
Bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam tidur di sisinyo,
kemudian beliau bangun dengan muka memerah seraya bersabda,
'La ilaha illallah, celaka bangsa Arab, gara-gora ancaman buruk yang
benar-benqr telah dekat. Poda hari ini dibuka dindingYa' juj Ma' juj
seperti ini,' demikian sabda beliau sambil membuat tanda lingkaran
antara kedua jarinya. Dan dalam riwayat lain: sambil membuat tujuh
puluh atau sembilan pulul, ikatan. Zainab bertanya,'Ya Rasul Allah,
apakah kita akan binasa, padahal masih ada di antara kita orangorang saleh?' 'Ya,' jawab beliau, 'Apabila kejahatan telah
merajalela."'
Keluarnya Ya'iuj Ma'juj
1 8 1 . Diriwayatkan dalam Shahih AIB ukhari dan S hoh i h Muslim dari Abu
Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu A(aihi wa
Sallam bersabda,
"Pada hari ini dibuka sebagian dari dindingYa' juj Ma' juj seperti ini,"
sambil membuat sembilan puluh ikatan.
182. Menurut riwayat Imam Ahmad dariAbu Hurairah Radhiyallahu
Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
"sesunggu hnyaYa' juj Ma' juj setiap hari berusaha keras melubangi
dinding itu, sehingga apabila mereka rnelihat cahaya matahari,
berkatalah pemimpin mereka, 'Pulanglah, besok kalian akan
(teruskan) melubangi lagi.' M aka ( esok harinya) nt ereka pun kernbali
(melubangi) dinding itu lebih giat lagi. Sehinggo, monakala telah
sampai saatnya Allah hendak membangkitkan mereka kepada
manusia, maka (terus) melubangi. Seh inggo apabila mereka m elihat
cahay a m otahari, berkotalah pemimpin m ereka,' Pergilah, besok
kalian akan (teruskan) melubanE laE, Insya' allah,' -biso juga kiranyo
dio mengucapkan kata pujian itu-. (Namun ketika) mereka kemboli
hendak (melubangi)nya, ternyata dndingitu sudah seperti keodaan
semula saot merekatinggalkan (kemarin). Topi merekateruskon jugo
pelubangon, dan (akhirnya) berhasillah rnereka keluar menyerbu
orang-orong. Lalu mereko meminum habis air (yang ada). Sementara
sebagian orang ada yang bersembunyi dalam benteng-benteng
mereka. OIeh karena ituYa' juj Ma' juj melet nparkan anak-anok ponall
rnereka ke langit. (Akhirnya) Allah mengirim ulat-ulat ke tengkulc
mereka. Dengan ulat-ulat itulah Allah menbinusokan mereka."
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sollam bersabda.
" Demi Allah yong menggenggam jiwa Muhammad, sesungguhnya
binatong-binatang di bumi benar-benar menjadi kenyang dan
berterima kosih, kareno (dapat memakan) daging dan daralt
mereka."
183. Imam Ahmad meriwayatkan pula dari Abu Sa'id Al-Khudri
Radhiyallahu Anhu, dia berkata, Aku mendengar Rasulullah
Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
"(Kelak bila dinding) Ya'juj Ma'juj dibuka, maka mereka pun
keluarlah, sebagaimana difirmankah Allah Ta' ala:'Mereka berjalan cepat
dari segala tempat yang tinggi.'1) Maka manusia lari ketakutan,menghindari mereka ke kota-kota dan benteng-benteng sambil
menggiring ternak.
Sementara itu Ya'juj-Majuj menjelajah dan meminum air di manaana, sehingga ketika seseorang dari mereka melewatisungaiyang tadi
dim inum, dia berkata, "Di sini tadi ada airnya. "
Dan akhirnya ketika semua orangsudah mengungsi ke kota-kota
dan benteng-benteng, maka berkatalah seorang dari mereka:
"Penduduk bumi ini sudah habis kita binasakan. Sekarang tinggal
penduduk langit."
Rasulullah Shallallahu Alaihi w a Sallam melanj utkan ceritanya:
Sesudah itu seorang dari mereka menggoyang-goyangkan tombaknya,
kemudian dia lemparkan ke angkasa, maka tombak itu kembali lagi
kepada mereka berlumuran darah, sebagai kecohan dan tipuan (terhadap
mereka).
Ketika mereka dalam keadaan demikian, Allah Subhanahu wa
Ta'ala mengirim suatu penyakit kepada mereka bagaikan ulat belalang
yang menyerang ke dalam leher mereka. Pagi harinya, mereka sudah pada
mati. Karena tidak terdengar lagi gerakan mereka, maka kaum muslimin
berkata, "Tidakkah seseorang berani mengorbankan dirinya untuk melihat
apayang dilakukan musuh ini?"
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallom bersabda: Maka
seseorang tampil merelakan dirinya" Dia yakin dirinya akan terbunuh,
tetapi dia turun juga. Ternyata dia dapati mereka sudah pada mati,
tindih-menidih satu sama lain. Maka orang itu pun berseru: "Hai semua
kaum muslimin, ketahuilah kabar gembira. Sesunguhnya Allah telah
membela kamu sekalian terhadap musuhmu!" Mereka pun keluar dari
kota-kota dan benteng-benteng mereka. Dan mereka melepaskan
kembali ternak mereka hendak digembalakan, tetapi tidak ada tempat
buat menggembala. Semuanya penuh dengan bangkaiYa'juj Ma'juj.
Sedang binatang-binatang itu sendiri bersyukur sekali memakan
daging mereka, sama sekali tidak mau memakan tumbuhan yang
mereka dapatkan."
Perlu saya katakan di sini:Ya'juj Ma'juj adalah dua golongan dari
bangsa Turki, keturunan Nabi Adam A Isih is Soloom juga.
184. Demikianlah, sebagaimana diceritakan dalam sebuah hadits shahih,
bahwa pada Hari Kiamat kelak Aliah Subhonohu wa Ta'ala
berfirman, "HaiAdam!"
Labbaika wa sa'daika. " (aku penr_rhi panggilan-Mu denqan senang
hati),.iawab Adam.
Lalu Allah memerintahkan dengan suatu seruan. "Masukkan ahli
nerakal"
Maka terdengarlah suatu pertanyaan. "Berapa?"
Allah meriawab. "Darisetiap seribu orang. masukkan sembilan
ratus sembilan puluh sembilan orang ke neraka. dan masukkan seorang
ke dalam surga.
Pada saat itulah anak kecil menjadiberuban dan setiap wanita hamil
melahirkarr kandungannya. Namun kemudian terdegar seruan:
"Bergembiralah. karena diantara Ya'juj Ma'juj ada yang menjadi tebusan
bagimu." Menu'ut riwayat lain dikatakan: "Diantara kamu sekalian ada
dua umat. dimar.rapun mereka berada pastiberkembang biak begitu pesat.
Itulah Ya'juj Ma' jui."
Selain itu ada cerita. konon Ya'jujMa'ju.i itu berasaldarisitiHawa
Alaihas So/oonr. sedang menurut sebagian lainnya. mereka berasal dari
Adam Alaihis salaam. tanpa siti Hawa. ceritanya. hal itu dikarenakan
pada suatu ketil<a Nabi Adam Alaihis Salaam bermimpi keluar mani, lalu
maninya itu bercampur dengan tanah Dan dari mani itu Allah
menciptakan Ya'juj Ma'juj. Cerita ini tentu saia tidak ada dalilnya, dan
datang dari orang yang tidak wajib diterima perkataannya. Dan Allah tentu
lebih tahu.
Yang benar. Ya'juj Majuj itu keturunan Nabi Nuh A/oihis Salaam.
Mereka adalah anak-cucu Yafits bin Nuh, nenek-moyang bangsa Turki.
Dulu mereka hidup di muka bumi seperti layaknya manusia biasa, namun
selalu membuat keonaran. oleh karena itu kemudian mereka dikurung
oleh Dzulqarnain di balik dinding penghalang yang dibuatnya, sampai
Allah mengizinkan mereka keluar dari sana kelak untuk menyerbu bangsabangsa sekitarnya. Diantara cerita tentang mereka ialah seperti yang
disebutkan dalam hadits-hadits.
Ya'iuj Ma'juj Manusia Biasa
Ya'juj Majuj adalah manusia biasa sepertilayaknya manusia yang lain.
Mereka mirip orang-orang yang sebangsa dengan mereka, yaitu bangsa
Turki, dengan mata cekung, berhidung pesek, berambut pirang, sekalipun
bentuk dan warna kulit mereka bervariasi.
Kalau ada orang yang beranggapan, bahwa Ya'juj Ma'juj itu
diantaranya ada yang badannya tinggi sepertipohon korma, ada pula
yang sangat pendek seperti orang cebol, dan ada lagi bertelinga lebar,J- \
telinga yang sebelah bisa untuk berselimut, dan yang sebelah lagi sebagai
tikar, itu semua adalah mengada-ada tanpa didasarkan pada ilmu. Dan
orang yang berkata begitu pasti tidak punya dalil, sekalipun ada
dinyatakan dalam sebuah hadits, bahwa ada diantara Ya'juj Ma'juj yang
tidak mati-mati sebelum melihat anak-cucunya berjumlah seribu orang.
Namun Allah jualah yang lebih tahu benar-tidaknya hadits itu.
KA'BAH trIHANCURKAN
Pada suatu saat nanti Ka'bah akan dirobohkan oleh seorang manusia
terkutuk bernam a Dzussuwaiqatain.
185. Demikianlah, sebagaimana kami riwayatkan dari Ka'ab Al-Ahbar
dalam Tafsir kami ketika membahas tentang firman Allah ro'alo,
" S ehingga, apabila telah dibukakan ( pintu) ya' juj dan Ma, juj . . . .', t )
Bahwa munculnya Dzussuwaiqatain bermula pada masa furunnya
Nabi Isa A /oih is Saloo m, yaitu setelah dibinasakan nya ya'j uj Ma'j uj.
Ketika itu Nabi IsaA/aihis salaam mengirim pasukannya untuk
memerangi balatentara Dzussuwaiqatain. Mereka berkekuatan antara 700
sampai 800 orang. Namun ketika mereka berjalan, Allah mengirimkan
angin sejuk dari arah negeri Yaman. Angin itu mencabut nyawa setiap
orang yang beriman. Dan sisanya tinggal manusia-manusia jahat. Mereka
bersetubuh bebas seperti binatang.
Ka'ab Al-Ahbar mengatakan, pada saat itu Kiamat sudah dekat. Dan
kini saya ingatkan pula, bahwa di atas telah disebutkan dalam sebuah
hadits shahih, bahwa Nabi Isa menunaikan haji setelah beliau turun ke
bumi.
Sesudah Munculnya Ya'juj Ma'juj Masih Ada Orang
Yang Menunaikan Haji dan Umrah
186. Imam Ahmad meriwayatkan dariAbu sa'id Al-Khudri Rodhiy allahu
Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sall ambersabda,Sesunggu hnya di Baitullah ini akan tetap ada orang yang berhaji
dan b er um r ah setel ah m un cul ny a Ya' j uj M a' j uj. "
Menjelang Kiamat Tidak Ada Lagi Orang Yang
Berhaji
187. Ada diriwayatkan dari Qatadah Radhiyallahu Anhu,bahwasanya:
.
"Kiamat takkan terjadi sehingga tidak ada lagi orang yang berhaji di
Baitullahini."
Saya katakan: Tidak ada pertentangan antara kedua periwayatan
diatas. Karena Ka'bah tetap dikunjungi oleh orang yang berhaji maupun
berum rah setelah m uncul dan binasanya Ya' j uj Ma'j uj, yakni setelah kaum
muslimin tenteram kembali dan memperoleh rizkiyang melimpah pada
masa Al-Masih Isa bin Maryam Aloihis Soloom.
Sesudah itu barulah Allah mengirim angin sejuk yang mencabut
nyawa setiap mukmin. Nabi IsaAloihis Soloom termasukyang meninggal
di waktu itu. lalu dishalati kaum muslimin dan dikubur dekat pusara
Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam. Dan sesudah itu
terjadilah perobohan Ka'bah oleh Dzussuwaiqatain, meskipun mulai
munculnya pada masa Nabi IsaAloihis Sollom, sebagaimana dikatakan
oleh Ka'abAl-Ahbar.
Perobohan Ka'bah oleh Dzussuwaiqatain
188. Imam Ahmad meriwayatkan dariAbdullah bin Amr Radhiyallahu
Anhu, dia berkata, Aku mendengar Rasulullah S hallallahu Alaihi wa
Sollom bersabda,
"Ka'bah ini akan dirobohkan oleh Dzussuwaiqatain dari Habasyah.
D ia mer ampas p erhiasenny a, dan m el ep as kis r.uoh n yo . Aku seakon
akan melihatnya, orangnya kecil botak dengan tulang-tulang
persendian bengkok, sedang menghantam Ka'bah dengan sekop
dankapaknya."
Isnad hadits ini jayyiddanqawiyl)
1 89. Dan Abu Daud meriwayatkan dari Abdullah bin'Amr juga, dari Nabi
S hal I all ahu Al aihi w a S al I am, ba hwa b e liau bersabda,
"Biarkan orang-orang Habasyah selagi mereka membiarkan (tidak
menggonggu) kamu. Sesungguhnyo tidak akan ada orcing yang
(berani) membongkar barang-barang simpanan dalam Ka' bah selain
D zussuw aiqatain dari H ab asy ah. "
190. Dan Imam Ahmad meriwayatkan pula, bahwa Ibnu Abbas mengabarkan kepada perawi hadits ini, bahwa Rasulullah Sh allqllahu Alaihi
waSallam bersabda,
" Seakqn-akan aku melihatnya, orangnya hitam, dengan congkaknya
dia m er ob o hkanny a -m aksu dny a Ka' b ah- b atu dem i b atu. "
191. Dan menurut riwayat Imam Ahmad pula dari Abu Hurairah
Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam
bersabda,"Malarn don siong takkan berhenti bergulir sebelum ada seorang
Ielaki dori kalangan koum budak menjadi raja, dia bernama
Jahjah."
Suasana Kota Makkah dan Madtnah Mentelang
Kiamat
Adapun kota Madinah, sebagaimana telah dijelaskan dalam hadits shahih
terdahulu, bahwa Dajjal tidak dapat memasukinya, maupun memasuki
kota Makkah. Disetiap mulut jalan di Madinah ada malaikat-malaikat
yang menjaganya agar tidak dimasuki Dajjal.
192. Dalam Shohih Al-Bukhari diriwayatkan dari Abu Hurairah
Radhiy all ahu Anhu, bahwa Rasululla h S hall al I ahu AI aihi w a S all am
bersabda,
"Madinah tidak dapat dimosukiD ajjal maupun wabah penyakit."
Diatas telah dijelaskarn, bahwa Dajjalhanya bisa tinggaldi luar kota,
lalu terjadilah goncangan hebat tiga kali, yang mengakibatkan kaum
munafik maupun orang-orang fasik, laki-laki dan perempuan, semuanya
keluar dari dalam kota, dan tinggallah orang-orang mukmin dan muslim,
laki-laki dan perempuan. Dan hari itu disebut "Yaumul Khalash" (hari
pembersihan).
193. Demikian, sebagaimana pernah dinyatakan oleh Rasulullah
Shall all ahu Alaihi luo Sol/om,
,
"sesunggu hnya kota ini adalahThaibah (harum)i. Dia sendiri yang
akan membuang kotorannya lalu sem erbaklah keharumanny a. "
194. Allah Ta' alaberfirman, '4,i,' Utii -r++i). a>:i+ii'#i.,: :.+ti
"Wanita-wanita yangtidak baik adalah uituk laki-laki yangtidak
baik, dan laki-laki yangtidak baik adalah untuk wanita-wanita yang
tidak baik (pula). Dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki
yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang
baik (pula). Merekaitubersih." (An-Nur: 26)
Maksudnya, kota Madinah akan tetap ramaipada saat Dajjal
beroperasi, dan ramai pada masa datangnya Rasulullah, Isa bin Maryam
Aloihis Salaam, sampaibeliau wafat dan dikubur disana. Sesudah itu
semua, barulah penduduk Madinah akan keluar meninggalkan kota itu.
KELUARNYA BINATANE MELATA
YAN6 BISA BERBIEARA DARI
DALAM TANAH
1 95. Allah Ta' alaberfirman.
"Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, maka Kami
keluarkan sejenis binatang melata dari dalam bumi. yang akan
mengatakan kepada rnereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu
tidak yakin kepada ayat- ay at Kam i. " (An-Naml : 82)
Pada tafsir kami (Tolsir lbnu Katsir), telah kamibicarakan hal-hal
yang ada kaitannya dengan ayat yang mulia ini, sekaligus kami sebutkan
pula hadits-hadits secukupnya yang berkenaan dengannya. Dan kalau kita
ringkas saja maksudnya disini, tentu itu lebih baik dan cukup memadai:
Menurut Ibnu Abbas, Hasan dan Qatadah, binatang itu memang
benar-benar berbicara kepada manusia. Pendapat ini didukung oleh Ibnu
Jarir, bahwa binatang itu memang berbicara kepada mereka, yakni
mengatakan: "Sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayatayatKami."
Agaknya Ibnu Jarir menceritakan pula tafsiran yang sama dariAtha'
dan Ali. Tapi, benarkah keduanya mengatakan seperti itu, masih perlu
penelitian.
Sementara itu ada diriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa kata-kata
"tukallimuhum" (binatang itu berbicara kepada manusia), maksudnya,binatang itu membeberkan identitas mereka, yakni menulis pada dahi
orang l<afir 'kot'ir', dan pada dahi orang mukmin: 'mukmin' .
Dan ada pula riwayat dari lbnu Abbas, bahwa maksudnya, binatang
itu berbicara kepada manusia dan juga membeberkan identitas mereka
masing-masing. Tafsiran yang terakhir ini mencakup dua pendapat
tersebut diatas. Dan tentu saja merupakan tafsiran yang kuat dan baik.
karena memuat kedua-duanya. Tapi, Allah jualah yang lebih tahu.
Sepuluh Tanda Menjelang Kiamat, Termasuk
Binatang Melata
196. Di atas telah disebutkan hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad,
Muslim dan para penyusun kitab-kitab Sunon, dariAbu Syarihah
Hu&aifah b in Usaid, bahwa Rasulul lah Shall all ahu AI aihi w a S all am
bersabda,
"Kiamat takkan terjadi sebelum kamu melihat iepuluh tanda:
terbitnya matahari dari barat, asap, binatang melata, munculnya
'Ya'jujMa'juj, turunnya Nobilso bin Maryam, Dajjal, tiga kali
gempa, sekali di barat, sekali di timur dan sekali lagi di jazirah Arab,
api yang keluar dari sebuah jurang di Aden, yang menggiring
manusia -dtou mengumpulkan manusia_ . Apiiu menginap
bersama mereka di malam hari, dan tetap menyala saat mereka
tidur disiong hari."
1 97. Dan menurut riwayat Muslim dari Abu Hurairah Ro dhiyallahu Anhu,
bahwa Nab i S hall all ahu AI aihi w a S all am bersabda,Cepat- cepol beramal sebelurn teriadinrla e nen r perkara: terbrtr-tyo
matahari dari baraL munculnya Daijul, asap, binatang melata dari
dalam bumi, uruson umum (Kiarnat) dan ketnatian setiap orang dari
kamusekalian."
198. Imam Muslirn meriwayatkan puladariAbdutlah bin Amr. bahwa dia
berkata, Aku hapal dari Rasulullah Sho//o/lahu Alaihi wa Sallam
sebuah hadits yang belum aku lupakan: Aku mendengar Rasulullah
Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
"Sesunggu hnya pertanda (Kiarnat) yang pertama muncul ialah
terbitnya matahari dari barat dan keluarnya binatang melata
mendatangi manusia pada waktu Dhuha. Manapun dari keduanya
yang lebih dulu terjadi, maka yang lainnya tidak lama lagi akan
terjadipula."
Maksudnya, bahwa keduanya adalah yang pertama-tama teriadi
diantara pertanda-pertanda Kiamat yang dianggap sangat luar biasa.
karena tidak biasa dialami manusia, meskipun datangnya Dajjal. turunnya
Nabi IsaA/oihis So/oom dari langit, dan juga keluarnya Ya'juj Ma'juj telah
terjadi sebelum itu. Karena ketiga-tiganya dianggap termasuk perkara
lumrah yang biasa dialami manusia, lain halnya munculnya binatang
melata dengan kelakuan yang aneh, yakni pandai berbicara dengan
manusia dan menandai siapa yang mukmin dan siapa yang kafir. Ini
memang luarbiasa.
Kalau binatang melata ini merupakan pertanda luar biasa pertama
yang terjadi dibumi, maka terbitnya matahari daribarat adalah kejadian
luar biasa, yang merupakan pertanda pertama yanE terjadi di langit.MATAHARI TERBIT DARI BARAT
Taubat Tidak Diterima Setelah Terbitnya Matahari
dari Barat
1 99. Allah Tb' alab erfirm an,
,
"Yang mereka tunggu-tunggu tidak lain hanyalah kedotangan para i
malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa) , atau datangnya
Tuhan-mu atau datangnya sebagian tanda-tandaTuhan-mu. Pada ,
hari datangnya sebagian tanda-tanda Tuhan-mu tidaklah
bermanfa'at lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri, yang belum
beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan
dalam moso imannya. Kotakanlah, 'Tunggulah olehmu,
sesu ngg,u h ny a Kami pun menunggu ( pula) . "' (A