bi, Abu
Makhlad, Sa'id bin Jubair, Ibrahim An-Nakha'i, Abu Shalih, Qatadah dan
Ar-Rabi' bin Anas.
Demikianlah karunia dan rahmat Allah Ta'ala kepada anak-anak
atas berkah dari amalayah mereka.
Allah Memuliakan Ayah, Berkat Amal Anak-anaknya
Adapun karunia Allah To'olo kepada ayah, atas berkah dari doa anakanaknya, maka halitu:
1009. Diriwayatkan oleh Ahmad dariAbu Hurairah Radhiyatlahu Anhu,
s abda Rasulullah S hal I all ahu Al aihi w a S al I arn,
"Sesungguh nya AIIah benar-benar mengangkat derajat hamba yang
saleh di surga kelak, maka dia berkata, 'YaTuhan-ku, dari mana ini
sem ua aku peroleh?' AIIah menj aw ab,' Karena anakmu senantiasa
m emoho n ampunan untukm L/. "' 1 )
1010. Hadits diatas ada syahidnya dalam Shohih Muslim dari Abi
Hurairah Ro dhiy all ahu An h u, dim ana Rasulullah Shallallahu Al aihi
waSallambersabda,
"Apabila anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah (pahala)
amalnya kecuali tiga hal: shadaqah jariyah,.atau ilmu yang
bermant'aat, atau anak saleh yang mendoakannya."
Surga dan Neraka Sekarang Sudah Ada
Surga dan neraka sekarang sudah ada dan sudah disiapkan bagipara
calon penghuninya. Demikian, sebagaimana dinyatakan dalam AlQur'an dan berbagai hadits mutawatir dari Rasulullah Shollo/lahu Alaihi
wa Sallam. Keyakinan ini merupakan i'tikad Ahlu Sunnah wal-Jama'ah,
yang senantiasa berpegang teguh pada tali yang kokoh, yaitu As-Sunnah
sampai Hari Kiamat. Berbeda dengan anggapan golongan lainnya yang
berkeyakinan bahwa surga dan neraka itu sekarang belum diciptakan,
tetapi baru diciptakan nanti pada Hari Kiamat. Pendapat ini sebenarnya
berasaldari orang yang tidak tahu hadits-hadits yang telah disepakati
keshohihannya, baik yang ada dalam Shohih Al-Bukhari dan Shohih
Muslim maupun dalam kitab-kitab lainnya, yang menjadiandalan umat
Islam dan yang cukup dikenal, dengan isnad-isnad yang shohih maupun
hoson, yang tidak mungkin disanggah ataupun ditolak, karena di
antaranya ada yang mutawatir dan ada pula yang rnasyhur.
101 lHadits-hadits tersebut antara lain diriwayatkan secara otentik dalam
Shahih Al-Bukharidan Shohih Muslimdari Rasulullah Sho/lollohu
AlaihiwaSallam,
"Bahwasanya beliau sudoh melihat surga dan neroka pada malam
Isra'."
Dan sabda Rasulullah ShallallahuAlaihi u.'o So//om pula,
"N eraka m engadu kepada Tuhan-nya ser ay a b erkata,' Yo Tuhan- ku.
seba$anku memakan sebagian yang lain.' MakaTiuhon mengizinkan
neraka itu bernat'as dua kali (dalam setahun), sekali di musiin dingin
dan sekali lagi di musim ponas. Hawa paling dingin yang kamu
rosokon adalah berasal dinginnya nerokq. Dan howa paling panas
yang kamu rasakan adalah berosal dari panasnya neraka. Oleh
karena itu, apabilaterjadi hawa panas, makatunggulah sampai hawa
menj adi dingin untuk m elakukan shalat. " 1 )
L0I2. Dan dalam ShahihAl-Bukhori dan ShahihMus/im terdapat riwayat
dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, bahwasannya Rasulullah
Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
"Tbrjadi perdebatan antara surga dan nerako. Kata nerako, Akulebih
utam a, karena aku dimasuki orong- orang besar dan tokoh-tokoh
penguasa.' Surgo berkata,' Kenapa aku hanya dimasuki orong-orangIemah dan kaum bawahan, sedang yang lain tidak?' Maka AIIah
berfirman kepada surga,' Kamu adalah rahmat-Ku. D enganmu Aku
menyayangi hamba-hamba-Ku yang Aku kehendaki.' Sedang
kepada neraka AIIah bert'irman, 'Kamu adalah adzabku. Denganmu '
Aku m eny ikso o ron g- o r an g y ang Aku kehendaki. Mos i n g- m os i ng
dari kalian berdua ada penghuninya.' Adapun neraka tidak kunjung
penuh, sompoi akhirnya Tuhan meletakkan telapak koki-Nyo ke
dalamnya, maka neraka itu berkata,' Cukup, cukup,' dan barulah dia
menjadi penuh dan sebagian darinya menyusut kepada yang lain,
sedang AIIah sekali-kali tidak menganiaya seorsng pun di antara
makhluk-Nya. Adapun untuk surgo, maka Allah menciptakan
m akhluk- m akhl uk. . .
Lafazh hadits ini menurut Muslim.
1013. Dan diriwayatkan pula dalam Shohih Al-Bukharidan Shohih
Muslim dari Anas Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah
Shallallahu Alaihi u.ro Sollom bersabda,
'Jahanam itu selalu diisi. tetapi masih juga berkata, Apakah mosih
ada tambahan?' Sehingga akhirnya Tuhan Yang Mahakuoso
meletakkan telapak kaki-Nya ke dalam neraka itu, barulah seba$an
darinya menyusut kepada sebagian yang lain dan berkata, 'Cukup,'
cukup, demi kep erkas aan -M u dan kem uli aan -M u.' S ed an g dal am
surga masih juga ada kekosongan. Sehingg akhirnya Allah
m e nciptakan u ntukny a m akhl uk - m akhl uk, I al u m e n e mp atk an
mereka pada bagian surgo yang kosong itu. "zt
1014. Adapun yang diriwayatkan dalam Shohih Al-BukharidariAbu
Hurairah Radhiyallahu Anhu, dari Nabi Shallallahu Alaihi wa
Sollom, bahwa Allah S u b h anahu w a Ta' alamenciptakan beberapa
makhluk yang dikehendaki-Nya lalu dilemparkan ke dalam neraka,
tetapi neraka itu masih juga berkata, "Apakah ada tambahan?",
riwayat ini musykil. Dan mengenai kem.usykilannya, ditanggapi
oleh sebagian para penghapal hadits, bahwa ini kesalahan dari
sebagian perawi, dan agaknya perawi itu mengalamikerancuan
ketika menyampaikannya, sehingga ada satu lafazhdiselipkan kedalam lafazh yang lain, Ialu ketentuan yang semestinya mengenai
surga dia alihkan ke neraka. Tapi, Allah jualah yang lebih tahu.
Saya katakan: Andaikan hadits Bukhari ini yang maht'uzh (dihapal
dengan baik), maka barangkali maksudnya, Allah Ta'ala hendak menguji
makhluk-makhluk ciptaan itu saat berlangsungnya masa penantian di
Mahsyar, sebagaimana Dia menguji golongan-golongan manusia lainnya
yang tidak bisa dipersalahkan, karena belum sempat mendengar dakwah
semasa didunia. Lalu, barangsiapa yang tidak mematuhi seruan dakwah,
maka dimasukkan ke neraka. Dan barangsiapa memenuhinya, maka
dimasukkan ke surga.
1015. Hal itu karena Ailah To'olo berfirman,
"Dan Kami tidok akan mengadzab sebelum Kami mengutus seorang
Rosul." (Al-lsra': 15)
1016. Dan Allah Ta'alaberfirman pula:
" (Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan
pemberi peringatan. ogar supaya tidak ada alasan bagi manusia
untuk membantah Allah sesudoh diufusnyo Rosu/-rosu/ itu. Dan
adal ah All ah M ahap erk asa I a gi M ahabij aks ana. " (An-N isa' : 1 6 5)
Beberapa Sifat Penghuni Surga
Dulu sudah pernah kami terangkan sifat penghuni surga saat mereka
memasukinya dan baru tiba di sana, bahwa tubuh mereka dirubah
menjadi setinggi 60 hasta dengan lebarT hasta. Mereka kembali menjadi
muda, matanya bercelak dan sebaya deng;an yang berusia 33 tahun.
1017. Dan diterangkan pula,
"Bahwasannya pora penghuni surgo itu makan dan minum, tetapi
tidak buang air kecil m aupun besar. M akanan y ang mereka makan
Ienyap kembali menjodi keringat dengan bau harum seperti minyak
kesturi yang semerbak. Nafas mereka adalah tahmid, takbir dan
tasbih
Dan juga diterangkan, bahwa rombongan pertama yang memasuki
surga, wajah mereka bagaikan bulan. Kemudian rombongan
berikutnya secerah bintang yang bercahaya bagaimutiara yang
paling terang di langit. Mereka dalam surga melakukan
persetubuhan tanpa berketurunan ataupun beranak, kecuali bila
mereka menginginkan. Mereka tidak matidan tidak tidur, karena
hidup mereka sepenuhnya untuk menikmati berbagai macam
kelezatan. Makanan dan minuman mereka tiada teqrutus. Semakin
lama mereka semakin elok, tampan, muda, kuat dan sempurna.
Dan surga pun bagimereka semakin indah, megah, harum dan
bersinar. Mereka semakin menyukainya dan senang kepadanya.
Sehingga surga bagi mereka menjadisemakin mulia, berharga, lezat
dan manis. Allah To'olo berfirman,
" M er ek u kekal di dal am ny a, m ereka tidak in gin b erpindah dariny a. "
(Al-Kahfi:108)
Tokoh-tokoh Yang Pertama-tama Masuk Surga
Telah kami terangkan sebelum ini, bahwa orang yang pertama-tama
masuk surga di antara sekalian anak-cucu Adam adalah Muhammad
Rasulullah Shallollahu Alaihi w a S all am . Beliau m em ang m anusia paling
tinggi derajatnya. Dan umat yang pertama-tama masuk surga diantara
sekalian umat manusia adalah umat Muhammad. Sedang dari umat ini,
yang pertama-tama masuk surga adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq
RadhiyallahuAnhu.
Dan dulu telah diterangkan pula, bahwa jumlah umat inidalam
surga amat banyak, hingga mencapai dua-pertiga dari seluruh penduduk
surga.
1019. Demikian, sebagaimana dinyatakan,
"Penduduk surgo ada 120 barison, dan umat ini mencopoi 80
barisan."
Selisih Waktu Masuknya Orang Fakir dan Orang
Kaya Ke dalam Surga
Berikut iniditerangkan bahwa kaum muslimin yang fakir masuk surga
lebih dahulu daripada mereka yang kaya, dengan selisih 500 tahun. Dan
diterangkan pula beberapa sifat penghuni surga dan neraka, selain yang
telah tersebut di atas.Dalam Musnadlmam Ahmad,Jami' At-Tirmidzi dan Sunon /bnu
Majah, ada diriwayatkan secara mart'u'.dari Abu Hurairah
RadhiyallahuAnhu,
"Kaum muslimin yang t'akir mosuk surgo lebih dahulu daripada
mereka yangkaya dengan se/isih setengah sehari, yaitu lima ratus
tahun."1)
Sanad hadits ini sesuai syarat Muslim, dan menurut At-Tirmidzi
derajatnya hasan-shahih.
7021.Sedang menurut riwayat Muslim dari Abdullah bin Umar, bahwa
Rasulullah Shall allahu Alaihi w a Sallam bersabda,
"Sesunggu hny a orang-orang f akir dari kaum Muhajirin ( masuk
surga) mendahului orang-orang kaya pada Hari Kiamat dengan
selisih empat puluh kali musim gtrgur. "
1022. Dan diriwayatkan pula dalam Shohih Muslim dari 'lyadlbin
Hammad Al-Mujasyi'i, dari Nabi Sho/lallahu Alaihi wa Sallam,
bahwabeliau bersabda,
"Penghuni surgo itu ada tiga golongan: Penguasa yang odil Suko
bersedakah dan mengikuti petunjuk AIIah; Orang yang berhati
pengasih terhadap semua kerabatnya; dan muslim yang menjaga din
dari dosa dan tidak suka meminta-minta, sekalipun banyak keluarga
yang menjadi anggungannya. Adapun penghuni neraka itu ada lima
glongan: Orang yang lemah semangat dan tidak berguna, yang di
tengah kamu sekalian menjadi penumpang saja, tidak bergairah
untuk berkeluarga ataupun mencan harta; orang yang penakut, yang
tidak tersembunyi ker akusannya terhadap apa pun --betapa p un
kecilnya- namun dia pasti curangterhadapnya; Orang yang pagi
don sore pekerjaannya hanya menipumu pada keluargamu dan
hartamu, " lalu beliau menyebutkan bakhil <tau dusta- dan orang
yang bermulut nyinyir dan gemar bebicara kotor. "2)
tJ23.Dalam Shahih Al-Bukharidan Shohih Muslim terdapat riwayat dari
Haritsah bin Wahab, Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,Tidakkah aku beritahukan kepadamu sekalian siapa penghuni
surga? Yaitu setiap orang lemah yang tertindas, namun jika dia
bersumpah atas nama Allah, niscaya diatunaikan sumpahnyo. Dan
tidakkah aku beritahukan kepadamu sekalian siopo penghuni
neraka? Yaitu setiap orangyangkasar dan sombong."l)
1024. Dan telah disebutkan pula dalam hadits-hadits shahih terdahulu,
bahwasannya Rasulullah Sho//o//o hu Alaihi wa Sallam bersabda,
'Aku telah memeriksa surga, maka kulihat kebanyakan penghuninya
adalah orang-orang fakir. Dan aku telah memeriksa neraka, maka
kulihat keb onyakan penghuniny a adalah or ong- or ang kay a. "
Umat Nabi Muhammad Mayoritas Penduduk Surga
dan Menempati Posisi-posisi Terkemuka
Umat ini merupakan penduduk surga yang terbanyak, terkaya, dan
tertinggi derajatnya. Mereka merupakan golongan terkemuka dalam
masyarakat surga,
1025. Sebagaimana difirmankan oleh Allah Ta'olo ketika mensifati orangorang muqarr ab in (yang didekatkan kepada-Nya ),
" (Orang-orang yong didekotkan adalah) segolongan besar dari
orang-orang yangterdahulu, dan segolongan kecil dari orang-orang
yang kemudian. " (Al-Waqi'ah: I 3- 14)
1026. Dan firman Allah To'olo ketika mensifati AhlulYamin (golongan
kanan),
"(Golongan kanan adalah) segolongan besar dari orang-orang
terdahulu, dan segolongan besar (pula) dari orang-orang yang
kemudian. " (Al-Waqi'ah : 39-40)
Para Sahabat Nabi Angkatan Terbaik dari Umat ini
1027 . Demikianlah, sebagaimana dinyatakan dalam ShahihAl-Bukhari
dan SJrohih Muslim,Sebaik-boik moso adalah masa (hidup)-ku, kemudian generasi
berikutnya, kemudian generasi berikutnya /ogi. Sesudah itu
datanglah suotu kaum di bawah matahari -atau langit-yang
bernazar tapi tidak ditunaikannya, bersyahadattapi enggan mati
s y ahi d, b erkhian at don ti dak b isa dip ercay a. " I )
Memang begitu, bahwa sebaik-baik umat ini adalah angkatan
pertama, yang terdiri dari para sahabat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa
Sol/o m, sebagaim ana dinyatakan ole h Ibnu Mas' u d Radhiy allahu Anhy,
"Barangsiapa di antara kamu sekalian mau mengikuti, maka ikutilah
angkatan yang sudah meninggal, yaitu para sahabat NabiMuhammad
Shallallahu Alaihi wa Sallam. Di antara umat ini merekalah yang hatinya
paling beriman, ilmunya paling agung, dan paling sedikit mengada-ada.
Mereka adalah kaum yang telah dipilih oleh Allah untuk menemani NabiNya dan menoiong agama-Nya. Maka, akuilah kedudukan mereka, dan
ikutilah mereka. Sesungguhnya mereka senantiasa berpegang pada
petunjukyang lurus."
Berita-berita tentang Masuknya Sejumlah Besar
Umat Nabi Muhammad Ke Dalam Surga Tanpa
Hisab
Dan telah diterangkan pula sebelum ini, bahwasanya ada 70.000 orang
dari umat iniyang kelak masuk surga tanpa hisab.
1028. Sedang dalam Shoh th Muslimdisebutkan,
"Tiap-tiap seribu orang disertai tujuh puluh ribu orang."
Dan menurut riwayat Ahm ad,
"Tiap-tiap seorang disertai tujuh puluh ribu orang. "
Dan berikut inikamisampai bererapa hadits yang lain, lengkap
dengan jalur-jalur sanadnya dan lafazh-lafazhnya yang berbeda-beda:
" KamLt kedahuluan oleh' Ukasyah"
1029. Dalam ShahihAl-Bukhandan Shohih Muslim adadiriwayatkan dari
Abu Hurairah Rodhiyo llahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu
AI aihi w a S allam bersabda,
"Dari umatku ada satu golongan yang mosuk surgo, mereka ada
tujuh puluh ribu orang, wajah mereka bersinar bagaikan bulan padamalam pur netne. Maka berdirilah 'Ukasyah bin Muhshin (AI-Asadi,
sambil menyerahkan secarik kain wol bergans) dia berkata, "Ya Rasul
AIIah, doakan aku kepada Allah supaya menjadikan aku tergolong
mereka." Maka Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pun
mendoakan dia agar Allah menjadikanny,a tergolong mereka. Dan
tiba-tiba berdiri pula seorang lainnya dari kaum Anshar seraya
berkata, 'Ya Rasul AIIah, doakan aku juga kepada Allah agar
menjadikan tergolong mereka.' Tapi beliau bersabda, 'Kamu
kedahuluan oleh' U kasy eh. "' 1 )
1030. Dan diriwayatkan pula dalam Shohih Al-Bukharidan Shohih
Muslim dari Ibnu Abbas, dariNabi Shallallahu Alaihi wa Sallam,
beliau bersabda,
"Tblah diperlihatkan kepadaku berbagai umat. Maka aku melihat
seorong nabi diikuti beberapa orang, seorang nabi lainnya diikuti
seorang dan dua orang, dan seorang nabi lainnya tidak diikuti
seorang pun. Kemudian nampaklah sekelompok orangbanyak,
kukira mereka umatku, ternyata dijelaskan kepadaku, 'lni adalah
Musa dan kaumnya, tapi lihatlah ke ut'uk itu.' Dan aku pun melihat,
maka tampaklah olehku segolongan manusia yang sangat banyak.
Maka dijelaskanlah kepadaku,' Inilah umatmu, di antara mereka ada
tujuh puluh ribu orang yang masuk surgo tanpa hisab dan tanpa
diadzab (terlebih dahulu) . "'
Dalam hadits lain dinyatakan,
"Mereka adalah orang-orang yang tidak pernah meminta
dimanterai, tidak pernah meramalkan nosib buruk, dan hanya
kepada T\han mereka berserah diri. "
Maka berdirilah 'Ukasyah, dan seterusnya seperti hadits di atas.
1031. Sedang menurut riwayat Muslim dari Imran bin Hushain
Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam
bersabda,
"Dari umatku ado tujuh puluh ribu orang yang masuk surga tanpa
hisob dan adzab. Nobi ditanya, 'Siapo mereka?' Maka beliau
m e nj aw ab,' M er eka adal ah or an g- or on g y an g tidak m e ngandalkan
kesembuhan penyakitnya pada pengobatan azimat, tidak pernahmeramol nasib buruk, dan honya kepadaTuhan merekaberserah
diri."'1)
Sekall lagi: Surga dan Neraka Sudah Ada dan Sudah
Dlclptakan
Pada pasal ini sekali lagi ditegaskan bahwa surga dan neraka sekarang
sudah ada dan sudah diciptakan. sebagai trantahan terhadap para
penganjur kebatilan, yang beranggapan surga dan neraka sekarang belum
ada. t
1032. Allah To'olo berfirm an.
"Dan bersegeralah kamuuntuk (memperoleh) ompunan dari Tihonmu, dansurgo yang luasnyo seluos langit dan bumi' yang telah
dlo,cdlaken untuk orang-orong y ong bertakwa. " (Al I lmran : I 33)
1033. Dan Allah Ta' alaberfirman,
,, Berlomba - Iombolah kamu untuk ( mendap'atkan) amp unan dari
Tuhan-mu don surga yang luosnyaseluos langlt dan bumi, yang telah
dloadlckan bagi orong-orang yang beriman kepada AIIah dan
Rosul-Nyo . ltulah karunia AIIah, Dia berikan kepada siapa yang
dtkehendakl-Nyo. Dan Altoh mempunyai karunia yang besar. " (Al'
Hedtd:21)
Dan peliharalah dirimu dari api neraka, yang telah dlsediakan
untuk orang- or ang y ang kaf ir. " (Ali Imran: I 3 I )
1035. Dan Allah Ta'ala berfirman tentang Fir'aun dan para pembesar
kerajaannya,
"Kepada mereka ditampakkan neraka pada pagi dan petang. Dan
pada hari terjadinya Kiamat (dikatakan kepada malaikat),
'Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam adzab yang sangat
keras."' (Al-Mukmin: 46)
1 036. Dan Allah Ta' alaberfirman,
" Tidak s e or an g p un m en getahui ap a y an g tel ah di s emb u ny ik an
untuk mereka, yaitu (bermacam-macam nikmat) yang
menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan atas apa yang telah
mereka kerjakan." (As-Sajdah: I 7)
1 03 7. D an dalam Shahih AI -B ukhar i dan Shoh ih M uslim terdapat riwayat
dari Abu Hurairah Radiyallahu Anhu, dari Nabi Shallallahu Alaihi
w a Sallam,bahwa beliau bersabda,
' AI I ah Ta' al a b er t' i r m an, Aku tel ah m e ny e di akan untuk h o mb a -
hamba-Ku yang saleh, apa-apa yangtidak pernah dilihat mota siapa
pun, tak pernah didengar telinga siapa pun, dan tidak pernah terdetik
dalam hati manusia manapun, sebogoisim panan (yanglebih besar)
daripada hal-hal tidak berharga yang kalian lihat dengan penuh
keinginan ini.' Kemudian beliau membaca, 'Tidak seorang pun
m engetahui ap a y an g tel ah d i s embuny ikan untuk m erek a, y aitu
(bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pondangan
mata... "' (As-Sajdah: 17)tt
1 03 8. D alam Shahih AI -B ukhar i dan S ha h ih M uslim terdapat riway at dari
Malik, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
"Sesungguh nya apabila seorang dari kamu sekalian telah meninggal
dunia, maka diperlihatkan kepadanya tempat duduknya pada waktu
pagi dan petang. Jika dia tergolong penghuni surgo, maka tempat
dudukny a itu te m p at duduk p enghun i s u rgo. D an j ika di a ter gol o n g
penghuni neraka, maka tempat duduknya itu tempat duduk
penghuni neraka. Lalu dikatakan, 'lnilah tempat dudukmu,
(tunggulah) sampai Allah membangkitkan kamu di Hari Kiamat.
Dan dalam Shahih Muslim terdapat riwayat dari lbnu Mas'ud
RadhiyollohuAnhu,
"Roh-roh para syuhoda ada dalam tembolok burung berworno hijau,
yang dibiarkan berkeliaran dalam surga sekehendaknya, kemudian
roh-roh ifu mosuk ke dalam lampu-lampu yangtergontung pada
Arsy."tt
1 040. Dalam sebuah hadits Muttaf aq Aloih terdahulu, yang diriwayatkan
dari Abu Hurairah RodhiyallahuAnhu, dinyatakan bahwa Rasulullah
Shallallahu Al aihi w a Sallam bersabda,
"Surga dikelilinE dengan hal-hal yangtidok menyenongkan, sedang
neraka dikelilingi dengan berbagai kesenangan. "2)
1o4 1. Dan disebutkan pula dalam sebuah hadits yang diriwayatkan secara
m arf u' dari Abu Hurairah Radhiy all ahu Anhu,
"Setelah Allah menciptakan surga, maka berfirman kepada Jibril,
'Pergilah kamu memeriksa sLtrge. . . . "'s)
1042. Dan telah disebutkan puladulu pada hadits lainnya,
"Setelah Allah menciptakan surge, maka berfirmon kepadanya,
'Berkatalah.' Maka surga itu pun berkata, 'Sungguh, beruntungloh
oran g - or an g y an g b erim an. "'
1043. Dan dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim terdapat riwayat
dariAbu Hurairah Radhiyallohu Anhu, dan diriwayatkan pula
dalam Shahih M usli m dari Abu Sa' id Rod hiy allahu An h u, dari Nabi
Shallallahu Alaihi wa Sallam, bahwa beliau bersabda,
"Tblahterjadi pedebatan antara surgo dan neraka. . ."4)
70M. Dan dalam ShahihAl-Bukhari dan Shohih Muslim terdapat riwayat
pula secara marfu' dari lbnu Umar Rodh iyallahu Anhu,
" Demam itu berasal dari panasnya J ahanam. Dan dalam shahih Al-B ukharidan shohih Muslim juga diriwayatkan secara marfu' dariAbu Dzar Al-Ghiffari Ro dhiyallahu Anhu,
" Apabila hawa panas menyengat, maka tunggulah sompoi dingin
untuk melakukon sholot. Sesungguhnyapanas yang menyengat itu
b er asal dar i p anasny a J ohanam. "
1046.,Dan dalam shohihAl-Bukhari dan shohih Muslim dinyatakan pula,
'Apabila mosuk bulan Ramodlan, maka pintu-pintu surga dibuka,
dan pintu-pintu neroka dihttuP."
tO47. Dan telah kamisebutkan pula dalam hadits Isra', bahwa pada
malam itu Rasulullah shollollo hu Alaihi wo sallam sempat melihat
surga dan neraka
1048. Sementara itu Allah Ta' alaberfirman,
'Don sesun gguhnya Mihammad telah melihat Jibnl (dalam rupanya
yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha. Di
dekatny a ada sur ga M a' w a ( tempat tinggal) . " (An-Nai m : 1 3 - 1 5 )
1049 . Dan mengenai sifat Sid ratul Muntaho Rasulullah Shollolloh u Alaihi
waSallam bersabda,
"sesungguhnyakeluar dari pangkalnya dua aliran sungai yang
nampak nyata, dan dua aliran sungoi lainnya yangtidak nampak
nyata, " D an seterusnya beliau katakan dua sungai yang tidak tampak
nyata itu ada dalam surge."
1 050. Dan dalam S h ahih AI -B ukhari dan S hoh ih M uslim dinyatakan pula
sabda Rasulu I lah Shall all ahu AI aihi w a S all am,
"Kemudian aku dimasukkan ke dalam surgo, dan ternyata di sono
ada batu-batu mutiara yang besar. Dan ternyata pula tanahnya
berupakesturi."
1051. Sedang dalam Shohih Muslim terdapat riwayat dari Anas bin Malik
Radiy all ahu Anhu,b ahwasannya Rasulullah S hollollo hu Alaihi w a
Sallam bersabda,
"Ketika aku berialan dalamsurgo, makaterlihatlah olehku sebatang
sungoi yang kedua tepinya berupa kubah-kubah mutiara berongga.
Aku bertany'a, Apa ini?"' Maka iawab Jibril, 'lnilah Kautsar yang
Tuhan b er ikan kep adam u. "'
1052. Begitu pula dalam manaqib (biografi) Umar Radhiyallahu Anhu,
disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam
bersabda,
Aku dimasukkan ke dalamsurgo, maka aku melihat seorang wanita
sedang berwudhu' dalam sebuah istana. Maka aku tanyai dia, 'Milik
siapa kamu?' Wanita itu m enj aw ab, Aku m ilik U mar bin Khatthab.'
Akuhendak mosuk ke dalam isfono itu,' kataRosul, 'tetapiteringat
olehku kecemburuanmu.' (Mendengar itu), Umar menangis lalu
berkata, 'Layakkah aku mencemburui engkau, ya Rasul Allah? ' "
Hadits ini ada dalam Shohih Al-Bukhari dan Shoh ih Muslim,
diriwayatkan dari Jabir.
1053. Dan pernah pula Rasulullah Shol/o/lahu Alaihi wa Sallam berkata
kepadaBilal,
'Aku mosuk surgo, makaterdengar olehkusuoro gesek an sandalmu
di hadapanku dalam surgo itu. Maka dari itu, beritahulah aku, amol
apakah yang paling kamu harapkan (monfaatnya), yang telah komu
lakukan dalam Islam? Bilal berkata, 'Tidak amal yangtelah aku
lokukan dalam Islam, yang lebih aku horapkan monfaotnyo, selain
bersuci dengan sempurna, boik siong otaupun molam, lolu aku shalat
dengan wudhu itu sebanyak-banyaknya yang teloh ditetapkon Allah
untukku."'
"Dan Rasulullah Shallallohu Aloihi wa Sollam memberitahukan
pula kepadaku," kata Jabir, "tentang Rumaisha', bahwa beliau melihatnya
dalam surga."
Demikian menurut hadits yang dikeluarkan Al-Bukhari dan Muslim
dari Jabir bin Abdullah.
1054. Dan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sollam pernah juga
menceritakan pada saat melakukan shalat Khusuf (gerhana
matahari), bahwa surga.dan neraka diperlihatkan kepada beliau.
Dan ketika surga telah ada di dekat beliau, maka beliau hendak
mengambilbeberapa petik anggur, yang andaikan wahu itu beliau
berhasil mengambilnya, "niscaya kamu akan dapat memakannya
selama dunia masih terkembang," demikian kata beliau.
1055. Dan dalam Shahrh Al-Bukhandan Shohih Muslimada diriwayatkan
dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dia berkata, Sabda
Rasulullah ShallallahuAlaihiwaSallam,
,
'Aku melihat Amr bin Amir bin Luhay Al-Khuza' i (lbnu Qam'' ah bin
Khandaq saudara Bani Ka'ab) sedang menyeret punggungnyo
(beqalan terlentang) dalam nerako. "
1056. Dan sabda beliau pula dalam hadits lainnya
" D an di sana aku melihat si Pemilik tongkat. "
t057 . Dan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi uo sollom pula,
'Ada seorang wanita masuk neraka gara-gara seekor kucing. Kucing
diikatnya sampai mati. Yakni dia tidak memberinya makan dan
minum, tetapi tidak juga dia lepaskan sehingga dapat memakan
binatang-binatang kecil di tanah. Sungguh, kulihat api itu
m em anggangny a samp ai m el el eh. "
1058. Sebaliknya, beliau pernah bercerita tentang seorang lelakiyang
menyingkirkan dahan berduri darijalan lalu lintas orang, beliau
katakan,
'Aku melihatnyaberteduhpada dahan itu di surga."
1 059. Dan dalam Shahih AI -B ukhan dan Shoh ih M uslim terdapat riwayat
dari Imran bin Hushain Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah
Shallallahu Alaihi w a S allam bersabda,
"Aku pernah memerilcso surga, maka kulihat kebanyakan
penghuninya adalah orang-orang fakir. Dan pernah pula aku
memeriksa neraka, maka kulihat kebanyakan penghuninya adalah
kaumwanita."
1060. Sementara itu dalam ShahihMuslim terdapat riwayat dariAnas bin
Mal ik Radhiy all ahu An hu, bahwasan nya Rasulu I ah S hal I ol I ahu
Alaihi w a Sollam bersabda,
"Demi Allah yang menggenggam jiwaku, andoikan kamu dopot
melihat apa yang aku lihat, niscaya kamu hanya sedikit tertawa dan
banyak menangis. Para sahabat bertanya,'Ya Rosul Allah, apa yang
engkau lihat?' Beliau menjawob, Aku melihof surgo don neraka,"'
1061. Dan pemah pula Rasulullah Shollollo hu Atatht wa Sallammcmbcrltahukan,
" Bahwasonya orang yang berwudhu', apabllo membaca tyahodod
seusoi wudhu'nya, maka dlbukakan baglnya plntu-plnta turge, dla
boleh masuk darl plntu monapun Wng dtaruko. "
1062. Dan dalam Shohih Al-Bukharl terdapat rlwayat darlAl-Bara'btn
'Aeib Rodht yollahu Anhu, dia berkata,
"Ketlko wafatnya lbrahtm putero Rasulullah Shallollohu Alothl wa
Sollcm, bellou bercabdo,'Sesungguh nya dla me,mpun1vrll pngwuh
yong menyusuinyo di surga. "'
Dan Kami berfirman, 'Hai Adam, diamilah olehmu dai istrimu
surgo ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi
baik di mana saja yang kamu sukoi, dan janganlah kamu dekati
pohon ini. "' (AI-B aqarah : 3 5)
Kebanyakan ulama berpendapat bahwa surga yang dimakud pada
ayat di atas adalah surga Ma'wa. Sedang menurut segolongan ulama
lainnya, surga itu adalah sebuah taman di bumi. Allah sengaja
menciptakannya untukAdam, kemudian mengeluarkan dia dari sana.
Semua itu telah kami terangkan panjang lebar pada kisah Nabi
Adam Alaihis Salaam dalam buku kami ini, jadi tidak perlu diulangi lagi
di sini. Dan kepada Allah kita memohon segala pertolongan-Nya.
Orang-orang Fakir dari Kaum Muhajirin Lebih Dulu
Masuk Surga Sebelum Orang-orang Kaya Mereka
1064. Dalam Shahih Muslim terdapat riwayat dari Abdullah bin Amr bin
'Ash, bahwasannya Rasulullah bersabda,
i
" Sesungguhnyo orang-orang f akir dari kaum M uhajirin mendahului
orang-orang kaya mosuk surgo pada Hari Kiamat, dengan selisih
empatpuluhtahun."l)
Begitu juga menurut riwayat At-Tirmidzi dari Jabir
-yang
dia
nyatakan shahih- dan dariAnas --yang dia nyatakan gharib-.
Sedang dalam hadits riwayat At:TirmizidariAbu Hurairah --yang
dia nyatakan shohih-, dan dari Abu Sa'id --yang dia nyatakan hosondinyatakan,
" . . . D engan selis i h sete n gah har i, y aitu I im a r atus tahun. "
Wanita Penghuni Surga Yang Ketika di Dunia Telah
Bersuamikan Lebih dari Seorang
Di sini ditegaskan, bahwa wanita yang semasa di dunia berkali-kali
menikah, sehingga banyak lelakiyang pernah menjadisuaminya, maka
kelak dalam surga dia dijodohkan dengan salah seorang suaminya yang
terbaik akhlaknya terhadap dirinya.
1065. Menurut riwyat Abu BakarAn-Najjad dari Hamid bin Anas,
.
"Bahwasanya Ummu Habibah pernah bertanya, 'Ya RasulAllah,
ada wanita yang semasa didunia inipernah bersuamikan dua orang lelaki.
Maka, dengan suami yang manakah dia akan dijodohkan?' Beliau
menjawab, '(Dia dijodohkan) dengan salah seorang darikeduanya yang
akhlaknya paling baik terhadapnya semasa di dunia. "'
Kemudian beliau bersabda pula,
.{i\i'r$lt * eC;t#
" Hai Ummu Habibah, akhlak yang luhur itu membawa kebaikan di
dunia dan akhirat."l)
Hadits yang serupa telah diriwayatkan pula dari Ummu Salamah.
Dan Allah Yang Mahasuci dan Mahatinggi-lah yang lebih
mengetahui, dan hanya kepada-Nya tempat kembali dan bertaubat.